Nama: Salsabila Mutiyah
NPM: 2213032104
Tinjauan pustaka bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang topik penelitian serta mengidentifikasi celah penelitian (research gap). Selain sebagai referensi, hal ini juga mensintesis dan mengevaluasi literatur untuk memperkuat landasan teoritis dan metodologis penelitian.
Dalam penelitian "Peran Pendidikan Karakter dalam Mengurangi Perilaku Juvenile Delinquency di SMP N 12 Tulang Bawang Barat", tinjauan pustaka berperan penting. Pertama, membantu menelusuri konsep pendidikan karakter serta teori dan penelitian terdahulu terkait efektivitasnya dalam membentuk perilaku siswa. Ini memungkinkan identifikasi penerapan pendidikan karakter dan perannya dalam mengurangi kenakalan remaja.
Kedua, tinjauan ini mengulas faktor penyebab juvenile delinquency dan peran pendidikan sebagai solusinya. Dengan menelaah penelitian sebelumnya, peneliti dapat menentukan pendekatan yang paling relevan untuk sekolah tersebut.
Ketiga, tinjauan pustaka yang sistematis menunjukkan kontribusi baru dalam bidang pendidikan dan kriminologi remaja. Jika ada penelitian serupa, tinjauan ini dapat mengidentifikasi aspek yang belum dieksplorasi atau menawarkan perspektif baru.
Secara keseluruhan, tinjauan pustaka memperkuat argumentasi ilmiah, memperjelas arah penelitian, dan memastikan penelitian ini memberikan nilai tambah dalam memahami hubungan pendidikan karakter dan pengurangan kenakalan remaja di sekolah.
NPM: 2213032104
Tinjauan pustaka bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang topik penelitian serta mengidentifikasi celah penelitian (research gap). Selain sebagai referensi, hal ini juga mensintesis dan mengevaluasi literatur untuk memperkuat landasan teoritis dan metodologis penelitian.
Dalam penelitian "Peran Pendidikan Karakter dalam Mengurangi Perilaku Juvenile Delinquency di SMP N 12 Tulang Bawang Barat", tinjauan pustaka berperan penting. Pertama, membantu menelusuri konsep pendidikan karakter serta teori dan penelitian terdahulu terkait efektivitasnya dalam membentuk perilaku siswa. Ini memungkinkan identifikasi penerapan pendidikan karakter dan perannya dalam mengurangi kenakalan remaja.
Kedua, tinjauan ini mengulas faktor penyebab juvenile delinquency dan peran pendidikan sebagai solusinya. Dengan menelaah penelitian sebelumnya, peneliti dapat menentukan pendekatan yang paling relevan untuk sekolah tersebut.
Ketiga, tinjauan pustaka yang sistematis menunjukkan kontribusi baru dalam bidang pendidikan dan kriminologi remaja. Jika ada penelitian serupa, tinjauan ini dapat mengidentifikasi aspek yang belum dieksplorasi atau menawarkan perspektif baru.
Secara keseluruhan, tinjauan pustaka memperkuat argumentasi ilmiah, memperjelas arah penelitian, dan memastikan penelitian ini memberikan nilai tambah dalam memahami hubungan pendidikan karakter dan pengurangan kenakalan remaja di sekolah.