གནས་བསྐྱོད་བཟོ་མི་ Indah Budiani

PANCASILA 2022 -> FORUM TUGAS -> TUGAS -> Re: TUGAS

Indah Budiani གིས-
Nama : Indah Budiani
NPM : 2214211065
Kelas : PPN A
Pendidikan Pancasila

Berikan contoh bagaimana pancasila sebagai etika
jawaban:
1.Percaya dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dengan beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
2.Saling menghormati dan bekerja sama antar pemeluk agama sehingga terjadi kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga tidaj terjadi konflik antar agama.
3.Mengakui adanya kebebasan beribadah sesuai agama dan kepercayaannya
4.Tidak memaksakan agama yang dianutnya kepada orang lain dan memberikan kesempatan orang lain untuk memilih agama sesuai dengan kepercayaannya.
5.Tidak mengatasnamakan agama untuk kepentingan sendiri atau kelompok yang memicu adanya konflik.
6.Mengakui persamaan derajat, status sosial dan hak asasi manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa
7.Saling menghormati dan mencintai, tidak memiliki stereotip negatif antar sesama manusia sehingga terjadi kerukunan antar sesama.
8.Tidak melakukan bullying, kekerasan, dan diskriminasi kepada orang lain baik melalui verbal maupun fisik
9.Aktif dalam kegiatan kemanusiaan seperti penggalangan dana bagi korban bencana, pemberian petisi terhadap penanganan pelanggaran HAM, dan sebagainya
10.Rela berkorban dalam membela kebenaran dan keadilan, mengorbankan tenaga, waktu dan pikirannya untuk melindungi masyarakat yang lemah sehingga sikap keadilan dapat tercipta.
11.Bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang beraneka ragam budaya dan sumber daya alamnya.
12.Mengurangi stereotip negatif antar masyarakat yang berbeda suku, agama, ras dan golongannya
13.Menempatkan persatuan di atas kepentingan pribadi dan golongan sehingga menjaga kedaulatan negara Indonesia tetap utuh
14.Meningkatkan solidaritas bersama dan pergaulannya tanpa membeda-bedakan asal dalam wadah Bhinneka Tunggal Ika
15.Meredam konflik dan mencegah adu domba atas kepentingan pihak yang berusaha mengacaukan persatuan Indonesia
16.Mengutamakan musyawarah ketika mengambil keputusan bersama atas permasalahan yang sedang dihadapi.
17.Menerima hasil keputusan dari adanya makna musyawarah dengan tanggung jawab dan lapang dada
18.Turut andil dalam menyampaikan gagasan, ktitik dan sarannya kepada pemerintah sebagai input atas kebijakan publik baik melalui media sosial, instansi dan sarana lainnya.
19.Berpartisipasi dalam pemilu dengan jujur, mengindari golput serta tidak memaksakan pilihannya kepada orang lain
20.Menjalankan arti demonstrasi kepada pemerintah dilakukan dengan akal sehat dan hati nurani yang luhur. 21.Menghindari kekerasan atau anarkisme sehingga tidak mengganggu ketertiban umum.
22.Mengutamakan gotong royong dan saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan
23.Tidak egois dalam menuntut hak tanpa menjalankan kewajiban sebagai warga negara
24.Menghindari sikap boros, menghamburkan harta dan energi serta tidak bergaya hidup mewah
25.Menghargai karya orang lain, tidak membajak tulisan, lagu dan hak cipta milik orang lain untuk memperkaya dan menguntungkan diri sendiri.
Memperjuangkan keadilan dalam penyelesaian peradilan hukum, membela masyarkat yang menjadi korban ketidakadilan hukum dari penguasa dan pemilik modal.

PANCASILA 2022 -> FORUM TUGAS -> TUGAS -> Re: TUGAS

Indah Budiani གིས-
Nama : Indah Budiani
NPM : 2214211065


Bagaimana cara generasi muda menghadapi pergaulan yang mengancam kehancuran bangsa?

Menurut saya caranya adalah dengan melakukan pembatasan dalam berteman,meskipun berteman tidak boleh pilih-pilih,kita sebagai generasi muda harus tetap memilah pergaulan,karna dampaknya pun akan terjadi di kita nantinya,walaupun kita tidak dapat memprediksi kapan dampak itu terjadi tetapi kita harus bisa mecegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya nanti.Sebagai generasi muda juga kita seharusnya sudah tau mana hal yang baik dan mana hal yang buruk,maka dari itu berteman lah dengan orang yang akan membawa kita ke arah yang positif bukan ke arah yang negatif,karna pergaulan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita.

PANCASILA 2022 -> FORUM TUGAS -> tugas -> Re: tugas

Indah Budiani གིས-
Indah Budiani
2214211065

Bagaimana cara kalian sebagai mahasiswa menerapkan ideologi pancasila dalam kehidupan sehari hari?

penerapannya dimulai dari sila pertama yaitu kita dapat saling menghargai perbedaan agama yang dianut.

lalu sila kedua yaitu memiliki sikap toleransi yang tinggi,dikarenakan di kampus pasti banyak sekali perbedaan suku,ras,dan juga agama maka kita sebagai mahasiswa harus mempunyai sikap toleransi antar sesama.

selanjutnya sila ketiga yaitu memiliki rasa solidaritas yang tinggi antar teman di kampus

kemudian sila keempat yaitu melakukan musyawarah atau diskusi ketika ada yang ingin kita selesaikan secara bersama sama.

dan yang terakhir yaitu sila kelima kita sebagai mahasiswa harus menjunjung tinggi nilai nilai keadilan kepada siapapun itu.

PANCASILA 2022 -> FORUM TUGAS -> FORUM TUGAS -> Re: FORUM TUGAS

Indah Budiani གིས-

Episteme: Pengetahuan dan Logos : Ilmu

Epistemologi: Ilmu tentang Pengetahuan

• Ada 5 Metode

• 1.Metode Induktif

• 2.Deduktif

• 3.Positivis

• 4.Kontemplatif

• 5.Dialektik

1. Metode Induktif/Rasional

• Pengetahuan yang diperoleh oleh manusia melalui akal, indera, dan lain-lain mempunyai metode tersendiri dalam teori pengetahuan, diantaranya adalah :

• Metode Induktif (Proses berfikir dari peristiwa khusus (konkrit) ke Umum. (Khusus ke Umum)

• Induksi yaitu suatu metode yang menyimpulkan pernyataan-pernyataan hasil observasi (khusus) disimpulkan dalam suatu pernyataan yang lebih umum. Dan menurut suatu pandangan yang luas diterima, ilmu-ilmu Rasioanalis ditandai oleh metode induktif, suatu inferensi bisa disebut induktif bila bertolak dari pernyataan-pernyataan tunggal, seperti gambaran mengenai hasil pengamatan dan penelitian orang sampai pada pernyataan-pernyataan universal.

• David Hume (1711-1716), telah membangkitkan pertanyaan mengenai induksi yang membingungkan para filosof dari zamannya sampai sekarang

• Apa Fungsi Induktif

• Dalam induksi, setelah diperoleh pengetahuan, maka akan dipergunakan hal-hal lain, seperti

• Pengetahuan mengajarkan kita bahwa kalau logam dipanasi, ia mengembang, bertolak dari teori ini kita akan tahu bahwa logam lain yang kalau dipanasi juga akan mengembang.

• Dari contoh di atas bisa diketahui bahwa induksi tersebut memberikan suatu pengetahuan yang disebut juga dengan pengetahuan (sintetik).

2.Metode Deduktif/Empiris

• Deduksi Proses berfikir dari hal umum ke Khusus (umum ke khusus)

• Atau metode yang menyimpulkan bahwa data-data empiris diolah lebih lanjut dalam suatu sistem pernyataan yang runtut. Hal-hal yang harus ada dalam metode deduktif ialah adanya perbandingan logis antara kesimpulan-kesimpulan itu sendiri. Ada penyelidikan bentuk logis teori itu dengan tujuan apakah teori tersebut mempunyai sifat empiris atau ilmiah, ada perbandingan dengan teori-teori lain dan ada pengujian teori dengan jalan menerapkan secara empiris kesimpulan-kesimpulan yang bisa ditarik dari teori tersebut.

• Karl Poper

• Popper tidak pernah menganggap bahwa kita dapat membuktikan kebenaran-kebenaran teori dari kebenaran pernyataan-pernyataan yang bersifat tunggal. Tidak pernah ia menganggap bahwa berkat kesimpulan-kesimpulan yang telah divertifisikasikan, teori-teori dapat dikukuhkan sebagai benar atau bahkan hanya mungkin benar, contoh: jika penawaran besar, harga akan turun. Karena penawaran beras besar, maka harga beras akan turun.

3.Metode Positivis

• Metode ini dikeluarkan oleh August Comte (1798-1857),. Metode ini berpangkal dari apa yang telah diketahui, yang faktual, yang positif. Ia mengenyampingkan segala uraian/persoalan di luar yang ada sebagai fakta. Oleh karena itu, ia menolak metafisika.

• Apa yang diketahui secara positif, adalah segala yang tampak dan segala gejala. Dengan demikian metode ini dalam bidang filsafat dan ilmu pengetahuan dibatasi kepada bidang gejala-gejala saja. (Semua serba terukur)

Tiga Tahapan

Menurut Comte, perkembangan pemikiran manusia berlangsung dalam tiga tahap:

1. Teologis,

2. Metafisis, dan

3. Positif.

Pada tahap teologis, orang berkeyakinan bahwa dibalik segala sesuatu tersirat pernyataan kehendak khusus. (Tuhan, Dewa atau apa saja namanya yang mengendalikan alam) Orang beragama rendah.

• Tahap dua metafisik

• Pada tahap metafisik, kekuatan adikodrati itu diubah menjadi kekuatan yang abstrak, yang kemudian dipersatukan dalam pengertian yang bersifat umum yang disebut alam dan dipandangnya sebagai asal dari segala gejala./ hukum alam

• Ketiga

• Pada tahap ini, usaha mencapai pengenalan yang mutlak, baik pengetahuan teologis ataupun metafisis dipandang tak berguna, menurutnya tidaklah berguna melacak asal dan tujuan akhir seluruh alam, melacak hakikat yang sejati dari segala sesuatu. Yang penting adalah menemukan hukum-hukum kesamaan dan urutan yang terdapat pada fakta-fakta dengan pengamatan dan penggunaan akal. Positif

4. Metode Kontemplatif

• Metode ini mengatakan adanya keterbatan indera dan akal manusia untuk memperoleh pengetahuan, sehingga objek yan dihasilkan pun akan berbeda-beda harusnya dikembangkan suatu kemampuan akal yang disebut dengan intuisi.

• Pengetahuan yang diperoleh lewat intuisi ini bisa diperoleh dengan cara berkontemplasi seperti yang dilakukan oleh Al-Ghazali.

• Intuisi

• Intuisi dalam tasawuf disebut dengan ma’rifah yaitu pengetahuan yang datang dari Tuhan melalui pencerahan dan penyinaran. Al-Ghazali menerangkan bahwa pengetahuan intuisi atau ma’rifah yang disinarkan oleh Allah secara langsung merupakan pengetahuan yang paling benar.

• Pengetahuan yang diperoleh lewat intuisi ini hanya bersifat individual dan tidak bisa dipergunakan untuk mencari keuntungan seperti ilmu pengetahuan yang dewasa ini bisa dikomersilkan

5. Metode Dialektis

• Dalam filsafat, dialektika mula-mula berarti metode tanya jawab untuk mencapai kejernihan filsafat. Metode ini diajarkan oleh Socrates. Namun Plato mengartikannya diskusi logika. Kini dialektika berarti tahap logika, yang mengajarkan kaidah-kaidah dan metode-metode penuturan, juga analisis sistematik tentang ide-ide untuk mencapai apa yang terkandung dalampandangan.

• Dielaktika/Hegel

• Dalam kehidupan sehari-hari dialektika berarti berusaha untuk melakukan niat. Dalam teori pengetahuan ini m,erupakan bentuk pemikian yang tidak tersusun dari satu pikiran tetapi pemikiran itu speerti dalam percakapan, bertentangan paling kurang dua kutub.

• Hegel menggunakan metode dialektis untuk menjelaskan filsafatnya, meurut Hegel dalam realitas ini berlangsung dialektika. Dan dialektika di sini berarti mengompromikan hal-hal yang berlawanan seperti

• Dialektika Hegel

• Diktator. Di sini manusia diatur dengan baik, tapi mereka tidak punya kebebasan (tesis).

• Keadaan di atas menampilkan lawannya, yaitu negara anarki (anti tesis) dan warga negara memiliki kebebasan tanpa batas, tetapi hidup di dalam sel.

• Tesis dan anti tesis ini disintesiskan yaitu negara demokrasi. Dalam bentuk ini kebebasan warga negara dibatasi oleh undang-undang dan hidup masyarakat tidak kacau. (sintesis