Kiriman dibuat oleh Windy Adelia

Nama: Windy Adelia F
Npm: 2213032037

1. Analisis Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Pendidikan Interreligius

2. Peran Pelaksanaan Bimbingan Multikultural Dalam Mengembangkan Perilaku Toleransi Antar Umat Beragama.

3. Penerapan Pendidikan Multikultural Pada Keluarga Beda Agama dalam Membentuk Karakter Toleran Anak di Perumahan Tanjung Karang Kudus.
NAMA: Windy Adelia F
NPM: 2213032037

Tujuan penyusunan kajian pustaka bertujuan untuk meninjau kembali berbagai literatur yang telah dipublikasikan sebelumnya terkait topik yang akan diteliti. Melalui kajian pustaka, peneliti dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang topik penelitian, mengidentifikasi tren dan teori yang relevan, mengkritisi hasil penelitian terdahulu, serta menjembatani berbagai area topik yang terkait. Selain itu, kajian pustaka berfungsi untuk menemukan "research gap" atau kekosongan penelitian yang bisa diisi melalui penelitian yang dilakukan.kajian pustaka dalam penelitian dapat memperkuat landasan teoritis, mempertegas permasalahan penelitian, serta memberikan arah yang jelas dalam penyusunan metodologi penelitian.

Dalam konteks penelitian yang berjudul Peran Diskusi Multikultural dalam Meningkatkan Kesadaran Keberagaman Siswa di SMA Negeri 1 Kota Gajah
1. Menjelaskan Konsep dan Teori yang Relevan
Kajian pustaka membantu mendukung landasan teoritis penelitian. Dalam konteks penelitian tentang Peran Diskusi Multikultural dalam Meningkatkan Kesadaran Keberagaman Siswa di SMA Negeri 1 Kota Gajah, kajian pustaka akan menjelaskan teori tentang keberagaman, pendidikan multikultural, serta metode diskusi dalam pembelajaran.


2. Menganalisis Penelitian Terdahulu
Kajian pustaka berfungsi untuk mengidentifikasi penelitian sebelumnya yang relevan, memahami hasil-hasilnya, serta menemukan kesenjangan (gap) penelitian. Dalam penelitian ini, kajian pustaka dapat membahas penelitian terkait tentang efektivitas diskusi multikultural dalam pembelajaran dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi sikap siswa terhadap keberagaman.


3. Mengidentifikasi Kesenjangan Penelitian
Dengan menganalisis penelitian terdahulu, peneliti dapat menemukan aspek yang belum banyak dikaji atau belum tuntas dibahas. Misalnya, apakah ada penelitian yang secara spesifik membahas efektivitas diskusi multikultural di lingkungan sekolah menengah, terutama di SMA Negeri 1 Kota Gajah?


4. Menentukan Kerangka Pemikiran Penelitian
Kajian pustaka membantu menyusun kerangka pemikiran yang sistematis, sehingga penelitian memiliki alur yang jelas. Dalam penelitian ini, kajian pustaka dapat membantu menyusun hubungan antara diskusi multikultural, metode pengajaran, dan peningkatan kesadaran keberagaman siswa.


5. Mendukung Argumen dan Hipotesis Penelitian
Dengan adanya kajian pustaka, peneliti dapat memperkuat argumen yang digunakan dalam penelitian. Misalnya, jika teori pendidikan multikultural menyatakan bahwa diskusi interaktif dapat meningkatkan pemahaman tentang keberagaman, maka penelitian ini dapat menguji teori tersebut dalam konteks SMA Negeri 1 Kota Gajah.