གནས་བསྐྱོད་བཟོ་མི་ Mona Safitri

Nama : Mona Safitri
NPM : 2213032012

Judul Jurnal 1: Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPAS Jelas IV di SD Supriyadi Semarang
Daftar Pustaka:
Safitri, R., Sukamto, Subekti, E. E., dan Nafiah, U. 2023. Analisis penerapan model problem based learning pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Supriyadi Semarang. Jurnal of Social Science Research. 3(2): 297-308.

Judul 2: Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya
Daftar Pustaka:
Khakim, N., Santi, N. M., Assalami, A. B. U., Putri, E., dan Fauzi, A. 2022. Penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar PPKn di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues. 2(2): 347-358.

Judul Jurnal 3: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 45 Mataram
Daftar Pustaka:
Andiniati, M. R., Tahir, M., dan Rahmatih, A. N. 2023. Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 45 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 8(3):1649-1647.
Nama : Mona Safitri
NPM : 2213032012

Penyusunan kajian pustaka bertujuan untuk memberikan landasan teoritis dalam penelitian serta mengidentifikasi kesenjangan penelitian yang ada (research gap). Dengan melakukan kajian pustaka, seorang peneliti dapat memahami konsep, teori, dan temuan penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan topik yang diteliti. Hal ini juga membantu dalam menentukan pendekatan metodologis yang sesuai dan menghindari pengulangan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Kajian pustaka juga berfungsi untuk memperkuat argumentasi penelitian dengan membandingkan temuan-temuan terdahulu dan mengembangkan perspektif baru terhadap permasalahan yang diangkat.

Dalam penelitian berjudul Inovasi Model Pembelajaran Digital Berbasis PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dan Kesiapan Siswa di SD Negeri 1 Kedamaian, kajian pustaka memiliki peran penting dalam mengidentifikasi bagaimana pembelajaran digital berbasis Problem-Based Learning (PBL) telah diterapkan di berbagai konteks pendidikan sebelumnya. Dengan menelaah berbagai literatur yang membahas efektivitas model pembelajaran digital, tantangan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan teknologi di kelas, serta kesiapan siswa dalam menerima pembelajaran digital, penelitian ini dapat mempertegas kontribusi inovatif yang ditawarkan. Kajian pustaka juga memungkinkan peneliti untuk menemukan celah penelitian, misalnya dengan menyoroti bagaimana implementasi model PBL berbasis digital di tingkat SD masih jarang diteliti secara mendalam. Dengan demikian, kajian pustaka dalam penelitian ini tidak hanya berfungsi sebagai landasan teori, tetapi juga sebagai alat untuk memperkuat relevansi dan urgensi penelitian yang dilakukan.