གནས་བསྐྱོད་བཟོ་མི་ Feby Viola

Nama : Feby Viola Ayu Anjar Sari
NPM : 2213032013

1. Penggunaan Media Game Edukatif "Semai Anti Korupsi" dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI Miftahul Falah Bangkalan (Mundiro Lailatul Muawaroh & Mursidah, 2020)
2. Pengaruh Media Interaktif terhadap Efektivitas Pendidikan Karakter (Guntoro dkk., 2024)
3. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR
4. Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Team Game Tournament) Melalui Media Wordwall Untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas Xi Sman 1 Menganti
Nama : Feby Viola Ayu Anjar Sari
NPM : 2213032013
Penyusunan kajian pustaka bertujuan untuk memberikan landasan teoretis yang kuat bagi penelitian, sekaligus mempertegas relevansi dan kontribusi penelitian tersebut dalam menjawab permasalahan yang diangkat. Kajian pustaka tidak hanya sekadar mengumpulkan dan mendeskripsikan literatur terkait, tetapi juga menyintesis, mengevaluasi, dan mengkritisi temuan-temuan sebelumnya untuk mengidentifikasi kesenjangan penelitian (research gap). Dengan demikian, kajian pustaka membantu peneliti memahami konteks penelitian secara lebih mendalam, merancang metodologi yang tepat, serta membangun argumen yang mendukung tujuan penelitian.

Dalam konteks penelitian tentang penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran dalam Pendidikan Anti Korupsi (PAK), kajian pustaka berperan penting dalam menegaskan relevansi topik ini. Berdasarkan latar belakang yang telah peneliti buat menjelaskan rendahnya pemahaman siswa terhadap nilai-nilai anti korupsi serta kurang efektifnya metode pembelajaran konvensional menjadi masalah utama yang perlu diatasi. Penelitian sebelumnya, seperti oleh Mundiro Lailatul Muawaroh & Mursidah (2020), menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis game edukatif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai moral. Namun, implementasi spesifik Wordwall dalam konteks PAK belum banyak dieksplorasi. Kajian pustaka dapat membantu mengidentifikasi celah ini dan menegaskan bahwa penelitian ini memberikan kontribusi baru dalam bidang pendidikan anti korupsi.

Selain itu, kajian pustaka juga memberikan dasar teoretis untuk mendukung penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran inovatif. Dengan meninjau literatur terkait efektivitas media digital dalam pendidikan moral, peneliti dapat menunjukkan bahwa fitur interaktif Wordwall mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan membantu mereka menginternalisasi nilai-nilai kejujuran dan integritas. Kajian pustaka juga memungkinkan peneliti untuk membandingkan temuan mereka dengan hasil studi sebelumnya, seperti penelitian Guntoro dkk. (2024), yang menemukan bahwa media interaktif dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik nilai-nilai integritas.

Jadi secara keseluruhan, penyusunan kajian pustaka dalam penelitian ini tidak hanya memperkuat argumen tentang pentingnya inovasi dalam metode pembelajaran PAK tetapi juga memberikan panduan bagi peneliti untuk merancang pendekatan yang efektif dalam memanfaatkan Wordwall sebagai solusi pendidikan di era digital.