Posts made by Kalyya Maharani

Nama : Kalyya Maharani 
NPM : 2213032015 

1. Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Mengatasi Bullying di SMP Negeri 18 Samarinda
2. Implementasi Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Pencegahan dan Penanganan Kasus Bullying di Sekolah
3. Upaya Guru Pendidikan Pancasila dalam Mencegah Aksi Tawuran melalui Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Pancasila
Nama : Kalyya Maharani
NPM : 2213032015

Tujuan dari penyusunan kajian pustaka adalah untuk memberikan dasar teoritis yang kuat bagi penelitian serta memperjelas posisi penelitian dalam konteks studi yang telah ada. Kajian pustaka membantu peneliti memahami konsep, teori, serta hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan topik yang dikaji. Dengan mengkaji berbagai literatur yang berkaitan, peneliti dapat mengidentifikasi kesenjangan penelitian dan menemukan aspek yang belum banyak dibahas sehingga dapat memberikan kontribusi baru bagi ilmu pengetahuan. Selain itu, kajian pustaka berfungsi untuk membangun kerangka berpikir yang sistematis serta memperkuat argumen yang diajukan dalam penelitian.

Dalam kaitannya dengan penelitian yang akan dilakukan mengenai efektivitas mata pelajaran Pendidikan Pancasila dalam mencegah tindakan kekerasan dan pemalakan di SMP Islam Kalianda, kajian pustaka berperan dalam menelaah konsep efektivitas pembelajaran, peran Pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter siswa, serta faktor-faktor yang memengaruhi perilaku siswa di lingkungan sekolah. Melalui kajian pustaka, penelitian ini dapat membandingkan metode pembelajaran yang telah digunakan di berbagai sekolah dan menganalisis sejauh mana pendekatan yang diterapkan di SMP Islam Kalianda sudah efektif atau masih memerlukan inovasi. Selain itu, dengan merujuk pada berbagai penelitian sebelumnya, kajian pustaka dapat memperkuat landasan teoritis terkait hubungan antara pendidikan moral, kesadaran hukum, serta pencegahan tindakan kekerasan dan pemalakan.

Dalam penelitian ini, kajian pustaka juga akan digunakan untuk menganalisis strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada siswa agar mereka lebih memahami dan menerapkan norma hukum dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya sekadar menguji efektivitas suatu mata pelajaran, tetapi juga berupaya memberikan rekomendasi bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih kontekstual dan aplikatif guna menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan harmonis.