Kiriman dibuat oleh Annisa Nur Haliza Salsabila 2213053018

EP246B -> Diskusi 3

oleh Annisa Nur Haliza Salsabila 2213053018 -
Nama : Annisa Nur Haliza Salsabila
NPM : 2213053018


Evaluasi pembelajaran efektif pada saat sebelum belajar,untuk mengetahui kemampuan awal siswa agar guru bisa menyesuaikan cara mengajar.Saat belajar ,untuk melihat sejauh mana siswa memahami materi dan memberikan bantuan jika diperlukan. Evaluasi juga perlu dilakukan pada saat setelah pembelajaran untuk menilai hasil belajar siswa dan melihat apakah metode yang digunakan sudah efektif.

Dengan adanya evaluasi proses belajar bisa lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan siswa

EP246B -> Diskusi 2

oleh Annisa Nur Haliza Salsabila 2213053018 -
Nama : Annisa Nur Haliza Salsabila
Npm : 2213053018

Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk melihat sejauh mana siswa memahami materi, menemukan kesulitan yang mereka hadapi, dan memberikan masukan agar proses belajar menjadi lebih efektif. Selain itu, evaluasi membantu guru dalam memilih metode mengajar yang lebih baik dan memastikan bahwa siswa benar-benar mengerti apa yang diajarkan. Dengan evaluasi, guru bisa menyesuaikan cara mengajarnya, dan siswa dapat mengetahui kekurangannya agar bisa belajar lebih baik.

EP246B -> Diskusi 1

oleh Annisa Nur Haliza Salsabila 2213053018 -
Nama : Annisa Nurhaliza Salsabila
Npm : 2213053018

Dalam pembelajaran sangat penting dilakukan evaluasi untuk mengukur pemahaman kita sejauh mana kita paham tentang pembelajaran tersebut, mengetahui kekuatan dan kelemahan, serta memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar. Dari evaluasi inilah dapat menyusun strategi pembelajaran apa yang efektif untuk digunakan
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

izin menjawab:
Pembelajaran IPS merupakan bagian penting dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, terutama untuk tingkat sekolah dasar. karena IPS membantu anak-anak memahami dunia di sekitar mereka, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan menumbuhkan rasa nasionalisme.

dengan pembelajaran IPS membantu anak-anak memahami lingkungan sekitar mereka, baik dalam konteks lokal maupun global. Melalui IPS, mereka belajar tentang sejarah, geografi, budaya, dan masyarakat di Indonesia dan dunia. juga IPS mendorong anak-anak untuk berpikir kritis dan menganalisis informasi. Mereka belajar untuk menanyakan pertanyaan, mencari jawaban, dan mengevaluasi berbagai perspektif. Hal ini membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir logis dan rasional, yang penting untuk menghadapi tantangan di masa depan.

IPS mengajarkan anak-anak tentang sejarah dan budaya Indonesia, termasuk nilai-nilai luhur bangsa.

dengan pembelajaran ips mendorong anak-anak untuk berinteraksi dengan orang lain dan belajar dari pengalaman mereka. Mereka belajar tentang berbagai budaya dan cara hidup, yang membantu mereka mengembangkan toleransi dan empati. Melalui kegiatan kelompok, diskusi, dan presentasi, IPS juga membantu anak-anak meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerja sama.
walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

izin menjawab :
Dalam konteks struktur Kurikulum Merdeka, penggabungan mata pelajaran IPS menjadi IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di sekolah dasar menawarkan beberapa keunggulan yang signifikan dari perspektif guru dan siswa. Pertama, integrasi ini membantu dalam menyatukan materi yang sebelumnya terpisah antara IPA dan IPS, memungkinkan siswa untuk melihat keterkaitan antara ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial secara lebih terpadu. Hal ini dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang bagaimana pengetahuan dari kedua bidang saling terkait dalam kehidupan sehari-hari.

Dari perspektif guru, penggabungan ini memungkinkan efisiensi waktu dan tenaga dalam perencanaan pembelajaran, karena guru tidak perlu lagi merancang dua mata pelajaran terpisah. Guru dapat fokus pada pengajaran yang lebih terintegrasi dan berbasis proyek, yang dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa secara holistik. Selain itu, guru dapat memperluas keterampilan dan pengetahuan mereka dengan cara yang lebih terpadu, memungkinkan mereka untuk memberikan pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan bagi siswa.

Dari perspektif siswa, penggabungan ini dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna karena siswa dapat melihat bagaimana ilmu pengetahuan alam dan sosial berinteraksi dalam konteks yang nyata. Hal ini juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan lintas disiplin yang penting dalam menghadapi tantangan dunia nyata di masa depan. Integrasi ini juga membantu siswa dalam mengenali keterkaitan antara berbagai konsep dan fenomena yang mereka pelajari, sehingga memperdalam pemahaman mereka tentang dunia sekitar.

Secara keseluruhan, penggabungan mata pelajaran IPS menjadi IPAS dalam Kurikulum Merdeka memberikan manfaat besar bagi guru dan siswa dengan meningkatkan efisiensi, relevansi, dan kedalaman pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial dalam konteks yang terintegrasi dan bermakna.