Nama : Anggun Putri Pradani
NPM : 2213053172
Teori belajar fokus utamanya adalah memberikan proses pembelajaran yang memperhatikan cara seseorang belajar, memusatkan perhatian pada hubungan antar variabel yang menentukan hasil belajar. Contoh teori belajar adalah teori kognitif yang memandang belajar sebagai suatu proses, dikaitkan dengan ide-ide lama yang membentuk pemikiran.
Teori pembelajaran berfokus pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain sehingga terjadi pembelajaran, menekankan upaya pengendalian variabel-variabel yang ditentukan dalam teori pembelajaran untuk memfasilitasi kondisi pembelajaran yang menguntungkan, selalu menyebutkan dasar pembelajaran dan metode penelitian yang dilakukannya. Contoh teori pembelajaran adalah Teori Konstruktivisme Sosial dari Vygotsky. Vygotsky menekankan peran penting interaksi sosial dalam pembelajaran, seperti kolaborasi antara siswa dan guru atau kerja kelompok, serta konstruksi pengetahuan melalui zona perkembangan proksimal (jarak antara apa yang dapat dipelajari secara mandiri oleh individu dan apa yang dapat dipelajari dengan bantuan).
Perbedaan inilah yang menunjukkan bahwa teori belajar lebih fokus pada proses internal individu, sedangkan teori pembelajaran menekankan interaksi antara individu dengan lingkungan eksternal dalam proses pembentukan pengetahuan dan keterampilan.
NPM : 2213053172
Teori belajar fokus utamanya adalah memberikan proses pembelajaran yang memperhatikan cara seseorang belajar, memusatkan perhatian pada hubungan antar variabel yang menentukan hasil belajar. Contoh teori belajar adalah teori kognitif yang memandang belajar sebagai suatu proses, dikaitkan dengan ide-ide lama yang membentuk pemikiran.
Teori pembelajaran berfokus pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain sehingga terjadi pembelajaran, menekankan upaya pengendalian variabel-variabel yang ditentukan dalam teori pembelajaran untuk memfasilitasi kondisi pembelajaran yang menguntungkan, selalu menyebutkan dasar pembelajaran dan metode penelitian yang dilakukannya. Contoh teori pembelajaran adalah Teori Konstruktivisme Sosial dari Vygotsky. Vygotsky menekankan peran penting interaksi sosial dalam pembelajaran, seperti kolaborasi antara siswa dan guru atau kerja kelompok, serta konstruksi pengetahuan melalui zona perkembangan proksimal (jarak antara apa yang dapat dipelajari secara mandiri oleh individu dan apa yang dapat dipelajari dengan bantuan).
Perbedaan inilah yang menunjukkan bahwa teori belajar lebih fokus pada proses internal individu, sedangkan teori pembelajaran menekankan interaksi antara individu dengan lingkungan eksternal dalam proses pembentukan pengetahuan dan keterampilan.