གནས་བསྐྱོད་བཟོ་མི་ Anggun Putri Pradani 2213053172

PKn SD 4I -> TUGAS

Anggun Putri Pradani 2213053172 གིས-
Nama : Anggun Putri Pradani
NPM : 2213053172

Teori belajar fokus utamanya adalah memberikan proses pembelajaran yang memperhatikan cara seseorang belajar, memusatkan perhatian pada hubungan antar variabel yang menentukan hasil belajar. Contoh teori belajar adalah teori kognitif yang memandang belajar sebagai suatu proses, dikaitkan dengan ide-ide lama yang membentuk pemikiran.
Teori pembelajaran berfokus pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain sehingga terjadi pembelajaran, menekankan upaya pengendalian variabel-variabel yang ditentukan dalam teori pembelajaran untuk memfasilitasi kondisi pembelajaran yang menguntungkan, selalu menyebutkan dasar pembelajaran dan metode penelitian yang dilakukannya. Contoh teori pembelajaran adalah Teori Konstruktivisme Sosial dari Vygotsky. Vygotsky menekankan peran penting interaksi sosial dalam pembelajaran, seperti kolaborasi antara siswa dan guru atau kerja kelompok, serta konstruksi pengetahuan melalui zona perkembangan proksimal (jarak antara apa yang dapat dipelajari secara mandiri oleh individu dan apa yang dapat dipelajari dengan bantuan).
Perbedaan inilah yang menunjukkan bahwa teori belajar lebih fokus pada proses internal individu, sedangkan teori pembelajaran menekankan interaksi antara individu dengan lingkungan eksternal dalam proses pembentukan pengetahuan dan keterampilan.

PKn SD 4I -> Forum Diskusi

Anggun Putri Pradani 2213053172 གིས-
Nama: Anggun Putri Pradani
NPM: 2213053172

Civic Participan mengacu pada kemampuan berpartisipasi sebagai warga Negara yang dilakukan secara sadar dan penuh tanggung jawab, dalam ranah sekolah dasar, guru serta lingkungan sekolah berperan penting dalam mengembangkan kemampuan tersebut. berikut beberapa contoh cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan civic participan di SD :
1. memperkenalkan sistem voting dalam pemilihan perangkat kelas, dengan cara ini peserta didik berkontribusi langsung dalam pemilihan yang melatih siswa menggunakan hak pilihnya dalam berdemokrasi,
2. melatih rasa toleransi dan menghargai pendapat dengan melakukan diskusi atau tanya jawab yang setiap siswa diberikan kebebasan dalam mengemukakan pendapatnya,
3. melatih tanggung jawab siswa dengan cara memberi amanah untuk piket kelas, dengan cara ini anak akan terbiasa bertanggung jawab dengan kewajiban yang harus ia jalankan,
4. sekolah mengadakan agenda rutin yaitu gotong royong, kegiatan ini akan menimbulkan rasa empati tolong menolong dalam diri anak,
5. adanya peraturan disekolah yang harus ditaati oleh seluruh warga sekolah merupakan wujud dari mendisiplinkan diri peserta didik agar terbiasa taat dalam berwarganegara.

PKn SD 4I -> Tugas 2

Anggun Putri Pradani 2213053172 གིས-
Nama : Anggun Putri Pradani
NPM : 2213053172

Materi untuk kelas rendah sebaiknya yang secara logis dan sistematis untuk membelajarkan siswa yang berkenaan dengan fakta dan kejadian di lingkungan sekitar siswa di antaranya adalah ceramah, tanya jawab, latihan atau drill, belajar kelompok, observasi atau pengamatan.
Materi PKN untuk kelas rendah yaitu meliputi:

1. Pengenalan Negara: Identifikasi simbol-simbol negara seperti bendera, lambang negara, dan lagu kebangsaan.
Contoh: Mengajarkan siswa tentang arti warna-warna pada bendera negara dan mengajak mereka menyanyikan lagu kebangsaan.
2. Hak dan Kewajiban Anak: Menjelaskan hak dan kewajiban anak sebagai warga negara.
Contoh: Berdiskusi tentang hak untuk mendapatkan pendidikan dan kewajiban untuk menghormati orang tua dan guru.

Sedangkan untuk kelas tinggi, sebaiknya yang secara logis dan sistematis untuk membelajarkan siswa tentang konsep dan generalisasi sehingga penerapannya (menyelesaikan soal, menggabungkan, menghubungkan, memisahkan, menyusun, menderetkan, melipat, dan membagi).
Materi PKN untuk kelas tinggi meliputi:

1. Sistem Pemerintahan: Memahami struktur dan fungsi pemerintahan, serta peran masing-masing lembaga.
Contoh: Membandingkan sistem pemerintahan di negara demokratis dengan negara otoriter.
2. Hukum dan Keadilan: Mempelajari konsep hukum, keadilan, dan penegakan hukum dalam masyarakat.
Contoh: Memahami proses pengadilan dan pentingnya prinsip praduga tak bersalah.