Posts made by Fitri Novita 2213053081

PKn SD 4J -> TUGAS

by Fitri Novita 2213053081 -
Nama : Fitri Novita
NPM : 2213053081

Teori Belajar: Teori belajar menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi di dalam diri individu. Dan berfokus pada perubahan perilaku dan pengetahuan yang terjadi pada pembelajar.
Contoh teori belajar:
1. Teori Behaviorisme Menekankan pada perubahan perilaku yang dapat diamati sebagai hasil dari proses belajar.
Contoh: Teori Operan Conditioning dari B.F. Skinner, yang menjelaskan bahwa perilaku dapat dibentuk melalui penguatan (reinforcement) dan hukuman (punishment).
2. Teori Konstruktivisme Menekankan pada peran aktif pembelajar dalam membangun pengetahuannya sendiri berdasarkan pengalamannya.
Contoh: Teori Konstruktivisme Sosial dari Lev Vygotsky, yang menekankan interaksi sosial sebagai faktor penting dalam proses pembelajaran.

Teori Pembelajaran:
Teori pembelajaran lebih berfokus pada bagaimana pembelajaran dapat didesain dan diimplementasikan. Dan memberikan panduan tentang strategi, metode, dan teknik yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif.
Contoh teori pembelajaran:
1. Teori Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning)
Menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menggunakan masalah sebagai titik awal pembelajaran.
Contoh: Siswa diminta untuk memecahkan masalah pencemaran lingkungan di sekitar sekolah dan merancang solusi yang dapat diterapkan.
2. Teori Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
Menekankan pada pembelajaran yang melibatkan kerjasama antar siswa dalam kelompok kecil.
Contoh: Siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas proyek atau memecahkan masalah secara bersama-sama

PKn SD 4J -> Tugas 2

by Fitri Novita 2213053081 -
Nama : Fitri Novita
NPM : 2213053081

Analisis materi PKN SD :
Materi PKn di SD disusun secara berjenjang, dimulai dari hal-hal yang sederhana dan dekat dengan kehidupan siswa di kelas rendah, kemudian berkembang ke materi yang lebih kompleks di kelas tinggi. Dan Materi PKn di SD memiliki peran penting dalam membentuk warga negara yang berkepribadian baik, memahami hak dan kewajibannya, serta menghargai kebhinekaan di Indonesia. Pembelajaran PKn di SD perlu dilakukan dengan metode yang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa dapat terlibat aktif dan memahami konsep-konsep kewarganegaraan dengan baik.

Materi PKN untuk Kelas Rendah (Kelas 1-3) SD:
1. Identitas diri
Nama lengkap, jenis kelamin, tempat/tanggal lahir, alamat rumah, dan anggota keluarga.
Contoh: Siswa dapat memperkenalkan dirinya dengan menyebutkan nama lengkap, jenis kelamin, tempat/tanggal lahir, alamat rumah, dan anggota keluarganya.
2. Aturan di rumah dan sekolah
Membiasakan diri mematuhi aturan dan tata tertib di rumah dan sekolah.
Contoh: Siswa dapat menyebutkan beberapa aturan di rumah dan sekolah, seperti merapikan tempat tidur, membuang sampah pada tempatnya, dan antri saat makan siang.
3. Gotong royong
Pentingnya kerjasama dan tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh: Siswa dapat menjelaskan pentingnya saling membantu dalam membersihkan kelas atau membereskan peralatan belajar.

Materi PKN untuk Kelas Tinggi (Kelas 4-6) SD:
1. Sistem pemerintahan di Indonesia
Struktur pemerintahan mulai dari pusat hingga daerah.
Contoh: Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan struktur pemerintahan mulai dari presiden, gubernur, hingga kepala desa.
2. Hak dan kewajiban sebagai warga negara
Hak dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan keamanan.
Kewajiban dasar seperti mematuhi peraturan, membayar pajak, dan melaksanakan ibadah.
Contoh: Siswa dapat menjelaskan hak mereka untuk mendapatkan pendidikan gratis dan kewajiban mereka untuk mematuhi tata tertib sekolah.
3. Keberagaman budaya di Indonesia
Menghargai keberagaman suku, agama, ras, dan budaya.
Contoh: Siswa dapat menceritakan pengalaman mereka berinteraksi dengan teman-teman yang memiliki latar belakang berbeda dan menjelaskan pentingnya saling menghargai perbedaan

PKn SD 4J -> Forum Diskusi

by Fitri Novita 2213053081 -
Nama : Fitri Novita
NPM : 2213053081

Izin menjawab :
Civic participation, atau partisipasi warga dalam lingkungan sekolah dasar (SD), mengacu pada keterlibatan aktif siswa, guru, orang tua, dan masyarakat dalam kegiatan yang berkaitan dengan kehidupan sekolah dan masyarakat sekitarnya. Partisipasi ini bertujuan untuk membangun keterampilan sosial, kepemimpinan, dan tanggung jawab sosial pada siswa sejak usia dini.
dan cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan cara melalui Pendidikan Kewarganegaraan guru menanamkan nilai-nilai demokrasi, cinta tanah air, pembentukan karakter siswa seperti tanggungjawab, tanggap dan peduli terhadap segala situasi yang sedang dialami, mengajarkan hidup rukun dengan menghargai orang lain, menghormati orang lain, dan bersikap adil tanpa membedakan antara satu dengan  yang  lain.
serta dengan melaksanakan beberapa kegiatan pengembangan bakat siswa yaitu kegiatan olahraga, pramuka yang dilaksanakan dalam waktu sekali dalam seminggu yaitu hari jum’at sore, kegiatan ekstrakurikuler seperti imtak, upacara berdera.