Nama : Fitri Novita
NPM : 2213053081
Analisis materi PKN SD :
Materi PKn di SD disusun secara berjenjang, dimulai dari hal-hal yang sederhana dan dekat dengan kehidupan siswa di kelas rendah, kemudian berkembang ke materi yang lebih kompleks di kelas tinggi. Dan Materi PKn di SD memiliki peran penting dalam membentuk warga negara yang berkepribadian baik, memahami hak dan kewajibannya, serta menghargai kebhinekaan di Indonesia. Pembelajaran PKn di SD perlu dilakukan dengan metode yang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa dapat terlibat aktif dan memahami konsep-konsep kewarganegaraan dengan baik.
Materi PKN untuk Kelas Rendah (Kelas 1-3) SD:
1. Identitas diri
Nama lengkap, jenis kelamin, tempat/tanggal lahir, alamat rumah, dan anggota keluarga.
Contoh: Siswa dapat memperkenalkan dirinya dengan menyebutkan nama lengkap, jenis kelamin, tempat/tanggal lahir, alamat rumah, dan anggota keluarganya.
2. Aturan di rumah dan sekolah
Membiasakan diri mematuhi aturan dan tata tertib di rumah dan sekolah.
Contoh: Siswa dapat menyebutkan beberapa aturan di rumah dan sekolah, seperti merapikan tempat tidur, membuang sampah pada tempatnya, dan antri saat makan siang.
3. Gotong royong
Pentingnya kerjasama dan tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh: Siswa dapat menjelaskan pentingnya saling membantu dalam membersihkan kelas atau membereskan peralatan belajar.
Materi PKN untuk Kelas Tinggi (Kelas 4-6) SD:
1. Sistem pemerintahan di Indonesia
Struktur pemerintahan mulai dari pusat hingga daerah.
Contoh: Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan struktur pemerintahan mulai dari presiden, gubernur, hingga kepala desa.
2. Hak dan kewajiban sebagai warga negara
Hak dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan keamanan.
Kewajiban dasar seperti mematuhi peraturan, membayar pajak, dan melaksanakan ibadah.
Contoh: Siswa dapat menjelaskan hak mereka untuk mendapatkan pendidikan gratis dan kewajiban mereka untuk mematuhi tata tertib sekolah.
3. Keberagaman budaya di Indonesia
Menghargai keberagaman suku, agama, ras, dan budaya.
Contoh: Siswa dapat menceritakan pengalaman mereka berinteraksi dengan teman-teman yang memiliki latar belakang berbeda dan menjelaskan pentingnya saling menghargai perbedaan