Posts made by Qonita Hafiza 2213053180

PKn SD 4J -> TUGAS

by Qonita Hafiza 2213053180 -
Nama: Qonita Hafiza
NPM: 2213053180

Teori belajar lebih berfokus pada proses internal individu dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap.Ini mencakup konsep seperti motivasi, persepsi, pengalaman belajar, dan perubahan perilaku yang terjadi dalam diri individu. Contoh teori belajar termasuk teori kognitif, teori behavioristik, dan teori konstruktivis. Contohnya, teori kognitif Jean Piaget menekankan peran pengalaman dan kognisi individu dalam pembentukan pemahaman.

Teori pembelajaran menyoroti proses eksternal yang melibatkan interaksi antara guru, siswa, dan lingkungan belajar. Fokusnya lebih pada bagaimana pengetahuan dan keterampilan dipindahkan dari guru atau lingkungan ke siswa.Teori-teori ini menekankan peran penting komunikasi, interaksi, dan sosialisasi dalam pembelajaran. Contoh teori pembelajaran termasuk teori konstruktivis sosial Albert Bandura yang menekankan pembelajaran melalui pengamatan dan model.

Dalam contoh ini, perbedaan terletak pada fokus dan konteks pembelajaran: teori belajar menyoroti proses mental individu siswa dalam memahami konsep-konsep kewarganegaraan, sedangkan teori pembelajaran menekankan interaksi sosial dan praktik kewarganegaraan dalam konteks situasi kehidupan nyata.

PKn SD 4J -> Tugas 2

by Qonita Hafiza 2213053180 -
Nama: Qonita Hafiza
NPM: 2213053180

Untuk kelas rendah, seperti kelas 1 hingga 3, materi PKN dapat disampaikan dengan pendekatan yang sederhana dan berorientasi pada pengenalan konsep-konsep dasar tentang negara, lambang negara, dan nilai-nilai dasar seperti gotong royong, rasa saling menghargai, dan cinta tanah air.
Contohnya, dalam pembelajaran PKN untuk kelas 1 SD, materi yang tepat dapat berfokus pada pengenalan lambang negara seperti bendera, lagu kebangsaan, dan lambang negara lainnya. Siswa juga dapat diperkenalkan pada konsep sederhana tentang arti dari lambang-lambang tersebut dan mengapa mereka penting bagi identitas negara. Selain itu, melalui cerita pendek atau permainan peran, siswa dapat diajak untuk memahami makna gotong royong dan kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, untuk kelas tinggi, seperti kelas 4 hingga 6, materi PKN dapat diperdalam dengan mengeksplorasi konsep-konsep yang lebih kompleks tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, proses demokrasi, dan peran individu dalam pembangunan negara. Contohnya, siswa dapat diajak untuk memahami lebih dalam tentang peran parlemen, pemerintah daerah, dan proses pemilihan umum.

PKn SD 4J -> Forum Diskusi

by Qonita Hafiza 2213053180 -
Nama: Qonita Hafiza
NPM: 2213053180

melalui program-program pendidikan karakter dan kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong partisipasi aktif siswa dalam kegiatan sosial dan kegiatan di sekolah.
Misalnya, sebuah sekolah dasar dapat menyelenggarakan kegiatan seperti kegiatan kebersihan lingkungan, program penghijauan, atau kampanye penggalangan dana untuk amal. Dalam kegiatan ini, siswa dapat diajak untuk terlibat secara langsung dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasilnya. Melalui pengalaman langsung ini, siswa dapat belajar untuk menghargai pentingnya keterlibatan dalam upaya kolektif untuk memperbaiki lingkungan mereka.