Posts made by Intan purnama sari 2213053072

PKn SD 4J -> TUGAS

by Intan purnama sari 2213053072 -
Nama: Intan Purnama Sari
NPM: 2213053072

Teori belajar adalah teori yang mengatur tentang bagaimana siswa membelajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Ini meliputi teori-teori yang berhubungan dengan pemahaman, kemampuan, perilaku, dan persepsi siswa dalam belajar. Contoh teori belajar antara lain:
Teori Piaget: Teori ini mengatasi tentang pemahaman dan pengembangan pendapat siswa.
Teori Gardner: Teori ini mengatasi tentang pemahaman dan pengembangan kreativitas siswa.
Teori Bruner: Teori ini mengatasi tentang pemahaman dan pengembangan pendapat siswa.
Teori pembelajaran adalah teori yang mengatur tentang bagaimana guru atau pengajar harus mengajar dan mengembangkan pembelajaran efektif. Ini meliputi teori-teori yang berhubungan dengan pengembangan materi, pengembangan kursus, pengembangan kinerja guru, dan pengembangan sistem pembelajaran. Contoh teori pembelajaran antara lain:
Teori Konstruktivisme: Teori ini mengatasi tentang bagaimana guru harus mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan pendapat siswa.
Teori Behaviorisme: Teori ini mengatasi tentang bagaimana guru harus menggunakan teknologi pembelajaran yang efektif.
Teori Kognitivisme: Teori ini mengatasi tentang bagaimana guru harus mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan pemahaman dan kemampuan siswa.
Keduanya adalah konsep yang berbeda, tetapi seringkali digabungkan karena mereka berkaitan dengan pengajaran. Teori belajar membantu guru untuk memahami bagaimana siswa membelajar, sambil teori pembelajaran membantu guru untuk mengembangkan pembelajaran efektif

PKn SD 4J -> Tugas 2

by Intan purnama sari 2213053072 -
Nama: Intan Purnama Sari
NPM: 2213053072

Materi PKN SD (Pendidikan Kewarganegaraan) merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat tentang hak-hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia. Materi PKN SD dapat dibagi menjadi beberapa kompetensi dasar, seperti:
Mengetahui hak-hak asasi manusia
Memahami konsep kewarganegaraan
Membangun kepribadian dan kepemimpinan
Membangun hubungan dengan masyarakat
Materi PKN SD yang tepat untuk kelas rendah (SD) adalah materi yang mudah dipahami dan dapat dimengerti oleh peserta didik. Contohnya, materi hak-hak asasi manusia, konsep kewarganegaraan, dan kepribadian dan kepemimpinan. Materi ini dapat diintegrasikan dalam kurikulum sekolah, seperti dijelaskan dalam referensi

Materi PKN SD yang tepat untuk kelas tinggi (SD) adalah materi yang lebih kompleks dan memerlukan pemahaman yang lebih dalam tentang konsep kewarganegaraan, hubungan dengan masyarakat, dan pengembangan kepemimpinan. Contohnya, materi tentang konsep demokrasi, hak asasi manusia, dan pengembangan kepemimpinan. Materi ini dapat diintegrasikan dalam kurikulum sekolah, seperti dijelaskan dalam referensi

Contoh analisis materi PKN SD dalam KTSP (Kurikulum Tinggi Sekolah Dasar) ditinjau dari konsep, nilai, moral, dan norma untuk membentuk warga negara yang baik. Berikut adalah contoh analisis materi PKN SD:
Konsep: Menjelaskan konsep kewarganegaraan, seperti hak-hak asasi manusia, konsep demokrasi, dan konsep hukum.
Nilai: Menjelaskan nilai yang diingatkan dalam materi PKN SD, seperti nilai keadilan, kebebasan, dan kesadaran masyarakat.
Moral: Menjelaskan moral yang diingatkan dalam materi PKN SD, seperti moral kepemimpinan, moral kepribadian, dan moral hubungan dengan masyarakat.
Norma: Menjelaskan norma yang diingatkan dalam materi PKN SD, seperti norma hukum, norma kepemimpinan, dan norma hubungan dengan masyarakat.
Contoh analisis materi PKN SD dalam KTSP dapat digunakan untuk membentuk warga negara yang baik, yang memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang konsep kewarganegaraan, nilai, moral, dan norma.

PKn SD 4J -> Forum Diskusi

by Intan purnama sari 2213053072 -
Nama: Intan Purnama Sari
NPM: 2213053072

1. Mengintegrasikan civic partisipasi dalam kurikulum: Sekolah dapat memintegrasikan civic partisipasi dalam kurikulum sebagai bagian dari pembelajaran yang lebih berkesinambungan. Misalnya, siswa dapat mengikuti program pembelajaran yang menyertakan aktivitas seperti menjaga lingkungan, mengumpulkan sampah, dan membantu masyarakat sekitar sekolah.
2. Membantu siswa untuk memahami konsep civic partisipasi: Sekolah dapat membantu siswa untuk memahami konsep civic partisipasi sebagai bagian dari pembelajaran. Misalnya, siswa dapat mempelajari tentang hak-hak dan tanggung jawab masyarakat, seperti hak-hak untuk bertindak balas terhadap perubahan yang tidak baik dan tanggung jawab masyarakat untuk membantu membuat lingkungan yang lebih baik.
3. Membantu siswa untuk membangun kepribadian dan kepemimpinan: Sekolah dapat membantu siswa untuk membangun kepribadian dan kepemimpinan yang diperlukan untuk menanamkan civic partisipasi. Misalnya, siswa dapat mengikuti program yang membantu mereka membangun kepribadian yang positif dan membantu mereka belajar cara mengorganisir kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar sekolah.
4. Membantu siswa untuk membangun hubungan dengan masyarakat: Sekolah dapat membantu siswa untuk membangun hubungan dengan masyarakat sekitar sekolah. Misalnya, siswa dapat mengikuti program yang membantu mereka membangun hubungan dengan komunitas, seperti mengikuti program peningkatan kepemimpinan dan kemahasiswaan yang bertujuan untuk membantu siswa membangun hubungan dengan masyarakat.
Contoh: Sebagai contoh, sekolah dapat membantu siswa untuk membangun civic partisipasi dalam lingkungan SD dengan membantu mereka membangun kepribadian dan kepemimpinan. Siswa dapat mengikuti program pembelajaran yang menyertakan aktivitas seperti membangun rumah sakit, membantu masyarakat sekitar sekolah, dan membantu masyarakat dalam perjuangan terhadap perubahan yang tidak baik. Sekolah juga dapat membantu siswa untuk membangun hubungan dengan masyarakat sekitar sekolah, seperti mengikuti program peningkatan kepemimpinan dan kemahasiswaan yang bertujuan untuk membantu siswa membangun hubungan dengan komunitas.