Posts made by Dini Tangzila Rani 2213023020

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat malam ibu dan teman-teman, sebelumnya izin memperkenalkan diri,

Nama : Dini Tangzila Rani
NPM : 2213023020
Kelas : 3A
Progam Studi : Pendidikan Kimia
Mata Kuliah : Kewirausahaan

Izin mengirimkan analisis video 1 dan 2 pada pertemuan 2.

ANALISIS VIDEO 1
Pada video pertama menunjukkan tempat bisnis konveksi, yaitu Ribbie Handmade. Ribbie Handmade merupakan bisnis konveksi yang dibangun oleh Maulida Arifyani. Ari memulai bisnis konveksinya saat masih duduk di bangku perkuliahan tahun 2010. Produk awal yang dibuat Ari saat itu adalah bross, lalu merambah ke bantal, mukena, gamis, souvenir, dll. Pemasaran dilakukan secara offline membuka toko di rumah dan secara online melalui beberapa platfrom online shop.

Memulai bisnis dengan modal hanya 70 ribu, kini Maulida Arifyani menjadi pebisnis konveksi yang sukses. Itu semua berkat kegigihan dan kemampuan berwirausaha yang baik. Memiliki kreativitas dan inovasi sehingga mampu membuat berbagai souvenir dan produk lainnya yang menarik perhatian. Selain itu, dari bisnis konveksinya Ari dapat membuka lowongan pekerjaan untuk warga sekitar. Kisah tersebut dapat menginspirasi kita bahwa untuk menjadi pebisnis yang sukses dapat dimulai dari produk kecil-kecilan dulu.

ANALISIS VIDEO 2
Pada video kedua yaitu cara mengkonstruksi ide bisnis yang inovatif. Dapat dilakukan dengan rumus sebagai berikut:
Business Idea Generation
Rumus umum;
Y+ (-k+s) = I
Dimana= (Y)= Produk; (-k)= Kekurangan dari produk hari ini; (s)= Solusi yang diberikan atas kekurangan dari produk; (I)= inovasi
Dengan syarat (-k < s), solusi yang diberikan harus lebih besar dari pada kekurangan yang ada.

Contohnya gojek, Y nya yaitu ojek pangkalan. -k yaitu kekurangan dari ojek tersebut salah satunya yaitu kekurangan aksesibilitas dari pelanggan terhadap pelayanan ojek tersebut. s nya Solusi yang ditawarkan gojek yaitu gojek menawarkan kemudahan aksesibilatas. Jadi gojek memberi solusi dari kekurangan dengan cara mempermudah aksesibilitas dengan hanya menggunakan smartphone. Contoh lainnya yaitu martabak manis yang biasa kita jumpai di pinggir jalan yaitu Y atau produknya. -k atau kekurangannya yaitu minimnya varian rasa yang dimiliki oleh martabak manis. s atau solusinya adalah ditambah varian rasa, ditambah toping varian rasa yang berkualitas, ditambah lagi user experiens yang unik dan ditambah packagin yang unik.

Ada tambahan variabvel penting, rumusnya yaitu:
Y + {[-K^a.A]} + [s^a.A]} = I
Dimana a.A yaitu anxiety index. Anxiety index adalah keresahan, maksudnya apakah kekurangan yang ada yang dimiliki adalah keresahan dari banyak konsumen. Anxiety index berfungsi sebagai faktor pengganda. Semakin besar anxiety index, semakin besar pula ide bisnis anda menarik minat konsumen. Dalam anxiety index penting untuk mengidentifikasi kekurangan, apakah kekurangan tersebut merupakan keresahan dari banyak konsumen, keresahan dari banyak masyarakat. Kemudian ditambahkan solusinya, apakah solusinya itu juga merupakan keresahan dari banyak konsumen dan masyarakat.

Jadi jika kita ingin memastikan ide bisnis kita cetar membahana kita harus jeli melihat anxiety index tersebut.

Terima kasihIbu dan teman-teman atas perhatiannya, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.