Maulia putri 2111011002,
Bagaimana struktur laporan bisnis yang benar ?
Jawab :
1. Membuat Topik-topik atau Kriteria.
2. Menyusun urutan suatu peristiwa atau Kejadian-kejadian.
3. Mendeskripsikan Lokasi atau Tempat.
4. Menjelaskan suatu proses atau Prosedur.
5. Menyusun urutan tingkat pentingnya secara alfabet.
6. Menyusun urutan tingkat Familiaritas.
2. Buatlah contoh laporan bisnis kuliner!
Jawab :
•Profil Perusahaan
D'crepes Aneka Rasa berdiri sejak tanggal 12 Mei 2021. Alasan dari mendirikan usaha ini yaitu alasan umum karena banyaknya permintaan masyarakat sebagai konsumen pasar akan crepes sebagai cemilan manis yang dapat menemani masyarakat menghabiskan waktu luangnya, khususnya para mahasiswa kampus. Sedangkan alasan khususnya usaha ini demi menumbuhkan keterampilan kami sebagai mahasiswa dalam berbisnis.
•Jenis komoditi yang diproduksi.
Komoditi yang kami produksi adalah crepes aneka rasa yang bahannya kami olah dari tepung menjadi cemilan crepes aneka rasa (Coklat, Tiramisu, Keju)
•Nilai penjualan per hari.
Diasumsikan setiap hari usaha ini memasarkan 50 crepes ber aneka rasa.
•Prospek pengembangan perusahaan.
Selain menjual produk kami di Student Saturday Market (SSM), kami juga berencana menjual Crepes Aneka Rasa sebagai cemilan andalan produk kami di lingkungan sekitar Rajabasa dan sekitarnya. Target konsumen pasar yang kami bidik adalah kaula muda karena mereka lah yang suka melakukan rutinitas mengemil. Potensi ini sangat besar meliputi anak remaja, mahasiswa, dan mereka yang sudah bekerja yang sangat suka mengemil sambil menghabiskan waktu luang mereka dan dapat dipastikan dengan aneka rasa Crepes membuat para kaula muda tersebut ketagihan. Dengan harga terjangkau kantong serta rasa yang mantap cukup kompetitif produk ini akan laku keras di pasaran dan dapat menghasilkan profit yang maksimal.
•Target Penjualan.
Apabila dalam lingkup Fakultas Ekonomi yang menjadi pelanggan kami adalah teman teman kami dan para senior yang mau berpartisipasi untuk produk ini. Tidak ketinggalan juga teman-teman kami atau masyarakat yang berminat mengunjungi usaha kami ini menjadi target konsumen kami.
3. Poin-poin ketentuan apa saja yang harus diperhatikan dalam menyampaikan informasi yang kurang menyenangkan?
Jawab :
TUJUAN RAPAT BISNIS
1. Berbagi informasi
2. Penjajakan ide/gagasan (brainstorming)
3. Evaluasi ide/gagasan
4. Pengambilan keputusan
5. Membuat dokumen
6. Memotivasi pekerja.
CARA MENDESAIN RAPAT BISNIS YANG BAIK
1.Dapatkan saran dari anggota tim.
2. Tentukan topik yang memengaruhi tim secara keseluruhan.
3. Buat daftar pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta.
4. Beritahu tujuan rapat.
5.Tentukan durasi pembahasan suatu topik.
6. Tentukan proses yang akan dilakukan.
DESAIN RAPAT BISNIS
Nama rapat: Peninjauan kampanye pemasaran tahun 2022
Hari, tanggal dan tahun: Jumat, 6 oktober 2022
Waktu: 15.00 WIB
Durasi: 1 jam 20 menit
Lokasi : Meeting room 1
Tujuan Rapat:
Untuk meninjau agenda kampanye pemasaran tahun lalu, mengidentifikasi kemerosotan dalam permintaan produk di tiap kuartal, mencari solusi tentang cara meningkatkan kemerosotan tersebut dan untuk memastikan kesiapan kampanye di tahun depan.
4. Buatlah informasi tertulis yang kurang menyenangkan untuk pelanggan !
Jawab : • Menyampaikan informasi kepada anggota kelompok lain agar didengar dan diketahui oleh anggota kelompok lain.
• Untuk mendapatkan masukan berupa kritik atau saran dari anggota lain apabila ada suatu masalah.
• Untuk memecahkan masalah yang dihadapi secara bersama-sama.
• Menjalin kerjasama antar anggota kelompok rapat untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
• Mengambi keputusan secara adil yang disepakati bersama sesuai dengan kewenangan dan orang-orang yang terlibat.
5. Sebutkan tujuan dari rapat bisnis !
Jawab :
• Menyampaikan informasi kepada anggota kelompok lain agar didengar dan diketahui oleh anggota kelompok lain.
• Untuk mendapatkan masukan berupa kritik atau saran dari anggota lain apabila ada suatu masalah.
• Untuk memecahkan masalah yang dihadapi secara bersama-sama.
• Menjalin kerjasama antar anggota kelompok rapat untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
• Mengambi keputusan secara adil yang disepakati bersama sesuai dengan kewenangan dan orang-orang yang terlibat.
6. Bagaimana mendisain rapat bisnis ?
Jawab :
Langkah mendesain rapat bisnis :
1. Cantumkan tanggal, tempat, waktu mulai, dan waktu selesai.
2. Alokasi waktu untuk setiap topik yang dibahas.
3. Bahan-bahan bagi peserta yang harus diselesaikan sebelum rapat dimulai.
4. Bahan-bahan rapat dibagikan kepada setiap peserta rapat bisnis maksimal seminggu sebelum rapat bisnis diadakan.
5. Daftar topik yang akan dibahas
6. Cantumkan rumusan tujuan atau maksud rapat dan cantumkan siapa saja yang hadir.
7. Buatlah suatu contoh desain rapat bisnis yang baik !
Jawab :
Yth. Direktur PT ABC No. 05 Bandar Lampung
Hal: Undangan Rapat
Dengan hormat,
Dalam rangka meningkatkan kerjasama pada perusahaan sejenis maka bagian ini kami mengharapkan kehadiran Saudara pada pertemuan yang akan diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal : sabtu, 29 Oktober 2022
Waktu : 13.00-17.00 WIB
Tempat : Hotel Radison Mall Bumi Kedaton
Acara : Penandatangan MOU dengan Depkominfo
Mengingat pentingnya acara ini kami harap Saudara datang tepat pada waktunya.
Atas kehadiran Saudara, kami ucapkan terima kasih.
8. Tidak semua komunikasi dapat berjalan baik, sebutkan hambatan-hambatan yang membuat komunikasi kurang efektif!
Jawab :
Hambatan yang membuat komunikasi tidak efektif : Hambatan fisik, budaya, personal, lingkungan
9. Sebutkan gaya-gaya komunikasi yang ada !
Jawab :
Ada 4 gaya dalam berkomunikasi yaitu :
1. Komunikasi pasif
2. Komunikasi agresif
3. Komunikasi pasif-tegas
4. Komunikasi asertif
10. Sebutkan dan gambarkan jaringan-jaringan komunikasi yang ada!
Jawab :
Jaringan komunikasi:
1. Komunikasi Sinkron Chat, Komunikasi sinkron chat dilakukan dengan cara berkirim pesan melalui tulisan kepada lawan bicara.
2. Komunikasi Sinkron Call
3. Komunikasi Sinkron Video Call
4. Komunikasi Asinkron Chat
5. Komunikasi Asinkron Video
6. Komunikasi Kelompok
7. Komunikasi Jaringan Kerja
8. Komunikasi Formal
9. Komunikasi Informal
10. Komunikasi Non formal
Bagaimana struktur laporan bisnis yang benar ?
Jawab :
1. Membuat Topik-topik atau Kriteria.
2. Menyusun urutan suatu peristiwa atau Kejadian-kejadian.
3. Mendeskripsikan Lokasi atau Tempat.
4. Menjelaskan suatu proses atau Prosedur.
5. Menyusun urutan tingkat pentingnya secara alfabet.
6. Menyusun urutan tingkat Familiaritas.
2. Buatlah contoh laporan bisnis kuliner!
Jawab :
•Profil Perusahaan
D'crepes Aneka Rasa berdiri sejak tanggal 12 Mei 2021. Alasan dari mendirikan usaha ini yaitu alasan umum karena banyaknya permintaan masyarakat sebagai konsumen pasar akan crepes sebagai cemilan manis yang dapat menemani masyarakat menghabiskan waktu luangnya, khususnya para mahasiswa kampus. Sedangkan alasan khususnya usaha ini demi menumbuhkan keterampilan kami sebagai mahasiswa dalam berbisnis.
•Jenis komoditi yang diproduksi.
Komoditi yang kami produksi adalah crepes aneka rasa yang bahannya kami olah dari tepung menjadi cemilan crepes aneka rasa (Coklat, Tiramisu, Keju)
•Nilai penjualan per hari.
Diasumsikan setiap hari usaha ini memasarkan 50 crepes ber aneka rasa.
•Prospek pengembangan perusahaan.
Selain menjual produk kami di Student Saturday Market (SSM), kami juga berencana menjual Crepes Aneka Rasa sebagai cemilan andalan produk kami di lingkungan sekitar Rajabasa dan sekitarnya. Target konsumen pasar yang kami bidik adalah kaula muda karena mereka lah yang suka melakukan rutinitas mengemil. Potensi ini sangat besar meliputi anak remaja, mahasiswa, dan mereka yang sudah bekerja yang sangat suka mengemil sambil menghabiskan waktu luang mereka dan dapat dipastikan dengan aneka rasa Crepes membuat para kaula muda tersebut ketagihan. Dengan harga terjangkau kantong serta rasa yang mantap cukup kompetitif produk ini akan laku keras di pasaran dan dapat menghasilkan profit yang maksimal.
•Target Penjualan.
Apabila dalam lingkup Fakultas Ekonomi yang menjadi pelanggan kami adalah teman teman kami dan para senior yang mau berpartisipasi untuk produk ini. Tidak ketinggalan juga teman-teman kami atau masyarakat yang berminat mengunjungi usaha kami ini menjadi target konsumen kami.
3. Poin-poin ketentuan apa saja yang harus diperhatikan dalam menyampaikan informasi yang kurang menyenangkan?
Jawab :
TUJUAN RAPAT BISNIS
1. Berbagi informasi
2. Penjajakan ide/gagasan (brainstorming)
3. Evaluasi ide/gagasan
4. Pengambilan keputusan
5. Membuat dokumen
6. Memotivasi pekerja.
CARA MENDESAIN RAPAT BISNIS YANG BAIK
1.Dapatkan saran dari anggota tim.
2. Tentukan topik yang memengaruhi tim secara keseluruhan.
3. Buat daftar pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta.
4. Beritahu tujuan rapat.
5.Tentukan durasi pembahasan suatu topik.
6. Tentukan proses yang akan dilakukan.
DESAIN RAPAT BISNIS
Nama rapat: Peninjauan kampanye pemasaran tahun 2022
Hari, tanggal dan tahun: Jumat, 6 oktober 2022
Waktu: 15.00 WIB
Durasi: 1 jam 20 menit
Lokasi : Meeting room 1
Tujuan Rapat:
Untuk meninjau agenda kampanye pemasaran tahun lalu, mengidentifikasi kemerosotan dalam permintaan produk di tiap kuartal, mencari solusi tentang cara meningkatkan kemerosotan tersebut dan untuk memastikan kesiapan kampanye di tahun depan.
4. Buatlah informasi tertulis yang kurang menyenangkan untuk pelanggan !
Jawab : • Menyampaikan informasi kepada anggota kelompok lain agar didengar dan diketahui oleh anggota kelompok lain.
• Untuk mendapatkan masukan berupa kritik atau saran dari anggota lain apabila ada suatu masalah.
• Untuk memecahkan masalah yang dihadapi secara bersama-sama.
• Menjalin kerjasama antar anggota kelompok rapat untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
• Mengambi keputusan secara adil yang disepakati bersama sesuai dengan kewenangan dan orang-orang yang terlibat.
5. Sebutkan tujuan dari rapat bisnis !
Jawab :
• Menyampaikan informasi kepada anggota kelompok lain agar didengar dan diketahui oleh anggota kelompok lain.
• Untuk mendapatkan masukan berupa kritik atau saran dari anggota lain apabila ada suatu masalah.
• Untuk memecahkan masalah yang dihadapi secara bersama-sama.
• Menjalin kerjasama antar anggota kelompok rapat untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
• Mengambi keputusan secara adil yang disepakati bersama sesuai dengan kewenangan dan orang-orang yang terlibat.
6. Bagaimana mendisain rapat bisnis ?
Jawab :
Langkah mendesain rapat bisnis :
1. Cantumkan tanggal, tempat, waktu mulai, dan waktu selesai.
2. Alokasi waktu untuk setiap topik yang dibahas.
3. Bahan-bahan bagi peserta yang harus diselesaikan sebelum rapat dimulai.
4. Bahan-bahan rapat dibagikan kepada setiap peserta rapat bisnis maksimal seminggu sebelum rapat bisnis diadakan.
5. Daftar topik yang akan dibahas
6. Cantumkan rumusan tujuan atau maksud rapat dan cantumkan siapa saja yang hadir.
7. Buatlah suatu contoh desain rapat bisnis yang baik !
Jawab :
Yth. Direktur PT ABC No. 05 Bandar Lampung
Hal: Undangan Rapat
Dengan hormat,
Dalam rangka meningkatkan kerjasama pada perusahaan sejenis maka bagian ini kami mengharapkan kehadiran Saudara pada pertemuan yang akan diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal : sabtu, 29 Oktober 2022
Waktu : 13.00-17.00 WIB
Tempat : Hotel Radison Mall Bumi Kedaton
Acara : Penandatangan MOU dengan Depkominfo
Mengingat pentingnya acara ini kami harap Saudara datang tepat pada waktunya.
Atas kehadiran Saudara, kami ucapkan terima kasih.
8. Tidak semua komunikasi dapat berjalan baik, sebutkan hambatan-hambatan yang membuat komunikasi kurang efektif!
Jawab :
Hambatan yang membuat komunikasi tidak efektif : Hambatan fisik, budaya, personal, lingkungan
9. Sebutkan gaya-gaya komunikasi yang ada !
Jawab :
Ada 4 gaya dalam berkomunikasi yaitu :
1. Komunikasi pasif
2. Komunikasi agresif
3. Komunikasi pasif-tegas
4. Komunikasi asertif
10. Sebutkan dan gambarkan jaringan-jaringan komunikasi yang ada!
Jawab :
Jaringan komunikasi:
1. Komunikasi Sinkron Chat, Komunikasi sinkron chat dilakukan dengan cara berkirim pesan melalui tulisan kepada lawan bicara.
2. Komunikasi Sinkron Call
3. Komunikasi Sinkron Video Call
4. Komunikasi Asinkron Chat
5. Komunikasi Asinkron Video
6. Komunikasi Kelompok
7. Komunikasi Jaringan Kerja
8. Komunikasi Formal
9. Komunikasi Informal
10. Komunikasi Non formal