Posts made by Maulia Putri

Maulia putri 2111011002,
Bagaimana struktur laporan bisnis yang benar ?
Jawab :
1. Membuat Topik-topik atau Kriteria.
2. Menyusun urutan suatu peristiwa atau Kejadian-kejadian.
3. Mendeskripsikan Lokasi atau Tempat.
4. Menjelaskan suatu proses atau Prosedur.
5. Menyusun urutan tingkat pentingnya secara alfabet.
6. Menyusun urutan tingkat Familiaritas.

2. Buatlah contoh laporan bisnis kuliner!
Jawab :
•Profil Perusahaan
D'crepes Aneka Rasa berdiri sejak tanggal 12 Mei 2021. Alasan dari mendirikan usaha ini yaitu alasan umum karena banyaknya permintaan masyarakat sebagai konsumen pasar akan crepes sebagai cemilan manis yang dapat menemani masyarakat menghabiskan waktu luangnya, khususnya para mahasiswa kampus. Sedangkan alasan khususnya usaha ini demi menumbuhkan keterampilan kami sebagai mahasiswa dalam berbisnis.

•Jenis komoditi yang diproduksi.
Komoditi yang kami produksi adalah crepes aneka rasa yang bahannya kami olah dari tepung menjadi cemilan crepes aneka rasa (Coklat, Tiramisu, Keju)

•Nilai penjualan per hari.
Diasumsikan setiap hari usaha ini memasarkan 50 crepes ber aneka rasa.

•Prospek pengembangan perusahaan.
Selain menjual produk kami di Student Saturday Market (SSM), kami juga berencana menjual Crepes Aneka Rasa sebagai cemilan andalan produk kami di lingkungan sekitar Rajabasa dan sekitarnya. Target konsumen pasar yang kami bidik adalah kaula muda karena mereka lah yang suka melakukan rutinitas mengemil. Potensi ini sangat besar meliputi anak remaja, mahasiswa, dan mereka yang sudah bekerja yang sangat suka mengemil sambil menghabiskan waktu luang mereka dan dapat dipastikan dengan aneka rasa Crepes membuat para kaula muda tersebut ketagihan. Dengan harga terjangkau kantong serta rasa yang mantap cukup kompetitif produk ini akan laku keras di pasaran dan dapat menghasilkan profit yang maksimal.

•Target Penjualan.
Apabila dalam lingkup Fakultas Ekonomi yang menjadi pelanggan kami adalah teman teman kami dan para senior yang mau berpartisipasi untuk produk ini. Tidak ketinggalan juga teman-teman kami atau masyarakat yang berminat mengunjungi usaha kami ini menjadi target konsumen kami.


3. Poin-poin ketentuan apa saja yang harus diperhatikan dalam menyampaikan informasi yang kurang menyenangkan?
Jawab :
TUJUAN RAPAT BISNIS
1. Berbagi informasi
2. Penjajakan ide/gagasan (brainstorming)
3. Evaluasi ide/gagasan
4. Pengambilan keputusan
5. Membuat dokumen
6. Memotivasi pekerja.

CARA MENDESAIN RAPAT BISNIS YANG BAIK
1.Dapatkan saran dari anggota tim.
2. Tentukan topik yang memengaruhi tim secara keseluruhan.
3. Buat daftar pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta.
4. Beritahu tujuan rapat.
5.Tentukan durasi pembahasan suatu topik.
6. Tentukan proses yang akan dilakukan.
DESAIN RAPAT BISNIS
Nama rapat: Peninjauan kampanye pemasaran tahun 2022
Hari, tanggal dan tahun: Jumat, 6 oktober 2022
Waktu: 15.00 WIB
Durasi: 1 jam 20 menit
Lokasi : Meeting room 1
Tujuan Rapat:
Untuk meninjau agenda kampanye pemasaran tahun lalu, mengidentifikasi kemerosotan dalam permintaan produk di tiap kuartal, mencari solusi tentang cara meningkatkan kemerosotan tersebut dan untuk memastikan kesiapan kampanye di tahun depan.

4. Buatlah informasi tertulis yang kurang menyenangkan untuk pelanggan !
Jawab : • Menyampaikan informasi kepada anggota kelompok lain agar didengar dan diketahui oleh anggota kelompok lain.
• Untuk mendapatkan masukan berupa kritik atau saran dari anggota lain apabila ada suatu masalah.
• Untuk memecahkan masalah yang dihadapi secara bersama-sama.
• Menjalin kerjasama antar anggota kelompok rapat untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
• Mengambi keputusan secara adil yang disepakati bersama sesuai dengan kewenangan dan orang-orang yang terlibat.

5. Sebutkan tujuan dari rapat bisnis !
Jawab :
• Menyampaikan informasi kepada anggota kelompok lain agar didengar dan diketahui oleh anggota kelompok lain.
• Untuk mendapatkan masukan berupa kritik atau saran dari anggota lain apabila ada suatu masalah.
• Untuk memecahkan masalah yang dihadapi secara bersama-sama.
• Menjalin kerjasama antar anggota kelompok rapat untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
• Mengambi keputusan secara adil yang disepakati bersama sesuai dengan kewenangan dan orang-orang yang terlibat.

6. Bagaimana mendisain rapat bisnis ?
Jawab :
Langkah mendesain rapat bisnis :
1. Cantumkan tanggal, tempat, waktu mulai, dan waktu selesai.
2. Alokasi waktu untuk setiap topik yang dibahas.
3. Bahan-bahan bagi peserta yang harus diselesaikan sebelum rapat dimulai.
4. Bahan-bahan rapat dibagikan kepada setiap peserta rapat bisnis maksimal seminggu sebelum rapat bisnis diadakan.
5. Daftar topik yang akan dibahas
6. Cantumkan rumusan tujuan atau maksud rapat dan cantumkan siapa saja yang hadir.

7. Buatlah suatu contoh desain rapat bisnis yang baik !
Jawab :
Yth. Direktur PT ABC No. 05 Bandar Lampung
Hal: Undangan Rapat

Dengan hormat,
Dalam rangka meningkatkan kerjasama pada perusahaan sejenis maka bagian ini kami mengharapkan kehadiran Saudara pada pertemuan yang akan diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal : sabtu, 29 Oktober 2022
Waktu : 13.00-17.00 WIB
Tempat : Hotel Radison Mall Bumi Kedaton
Acara : Penandatangan MOU dengan Depkominfo
Mengingat pentingnya acara ini kami harap Saudara datang tepat pada waktunya.
Atas kehadiran Saudara, kami ucapkan terima kasih.

8. Tidak semua komunikasi dapat berjalan baik, sebutkan hambatan-hambatan yang membuat komunikasi kurang efektif!
Jawab :
Hambatan yang membuat komunikasi tidak efektif : Hambatan fisik, budaya, personal, lingkungan

9. Sebutkan gaya-gaya komunikasi yang ada !
Jawab :
Ada 4 gaya dalam berkomunikasi yaitu :
1. Komunikasi pasif
2. Komunikasi agresif
3. Komunikasi pasif-tegas
4. Komunikasi asertif

10. Sebutkan dan gambarkan jaringan-jaringan komunikasi yang ada!
Jawab :
Jaringan komunikasi:
1. Komunikasi Sinkron Chat, Komunikasi sinkron chat dilakukan dengan cara berkirim pesan melalui tulisan kepada lawan bicara.
2. Komunikasi Sinkron Call
3. Komunikasi Sinkron Video Call
4. Komunikasi Asinkron Chat
5. Komunikasi Asinkron Video
6. Komunikasi Kelompok
7. Komunikasi Jaringan Kerja
8. Komunikasi Formal
9. Komunikasi Informal
10. Komunikasi Non formal
Maulia putri 2111011002, adapun Hambatan yang ada dalam pesan bisnis antara lain:
1. Hambatan yang bersifat teknis, kurangnya sarana dan prasarana yang diperlukan dalam proses penyampaian pesan, penguasaan teknik dan metode berkomunikasi yang tidak sesuai, kondisi fisik yang tidak memungkinkan terjadinya proses komunikasi untuk menyampaikan pesan
2. Hambatan semantik, hambatan yang disebabkan kesalahan dalam menafsirkan, kesalahan dalam memberikan pengertian terhadap bahasa yang digunakan pada pesan
3. Hambatan perilaku atau hambatan manusiawi, ketika setiap orang memiliki latar belakang, usia, pendidikan, dan pengalaman masing-masing. Hal tersebut memberikan pengaruh pada persepsi, pemahaman, serta daya tangkap saat mengirim maupun menerima informasi yang ada dalam pesan bisnis.
Maulia putri 2111011002, adapun valuasi pada pesan bisnis dilaksanakan dengan diawali membaca cepat dan fokus pada isi pesan, struktur, dan format. Draf pesan dibandingkan dengan rencana awal. Setelah yakin dengan konten, struktur, dan format pesan, selanjutnya adalah mengevaluasi gaya dan keterbacaannya. Periksa bagaimana kosakata, panjang kalimat dan paragraf, serta struktur kalimat untuk memastikan keterbacaan pesan tersebut
Maulia putri 2111011002, mengapa kita harus melaksanakan perencanaan dalam menyampaikan pesan bisnis karena untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis ke pihak lain agar sesuai dengan apa yang disampaikan sehingga terciptanya kolaborasi atau kerjasama antara pihak lain. Penyampaian pesan-pesan yang memberikan kesan baik dan positif pada penerima pesan maka akan berdampak positif pula pada organisasi bisnis yang menyampaikan pesan tersebut Dan untuk menginformasikan pesan-pesan bisnis ke pihak lain agar sepakat dengan apa yang disampaikan sehingga terciptanya kolaborasi atau kerjasama antara pihak lain
Maulia putri 2111011002, Hambatan komunikasi merupakan segala sesuatu yang menghalangi atau mengganggu tercapainya komunikasi yang efektif. Hambatan komunikasi dapat mempersulit dalam mengirim pesan yang jelas, mempersulit pemahaman terhadap pesan yang dikirimkan, serta mempersulit dalam memberikan umpan balik yang sesuai. Adapaun jenis hambatan: 1.Hambatan personal merupakan hambatan yang terjadi pada peserta komunikasi, baik komunikator maupun komunikan/komunikate. 2.Hambatan kultural atau budaya arti bahwa kita harus memahami perbedaan dalam hal nilai-nilai, kepercayaan, dan sikap yang dipegang oleh orang lain. 3.Hambatan fisik merupakan komunikasi mencakup panggilan telepon, jarak antar individu, dan radio. 4.Hambatan lingkungan Tidak semua hambatan komunikasi disebabkan oleh manusia sebagai peserta komunikasi. Terdapat beberapa faktor lingkungan yang turut mempengaruhi proses komunikasi yang efektif.