Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Number of replies: 38
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Ayu Septiana 2213053205 -
Nama: Ayu Septiana
NPM: 2213053205

Analisis jurnal!
Bangsa Indonesia yang plural secara sosiologis membutuhkan ideologi pemersatu Pancasila. Oleh karena itu nilainilai Pancasila perlu dilestarikan dari generasi ke generasi untuk menjaga keutuhan masyarakat bangsa. Pelestarian nilai-nilai Pancasila dilakukan khususnya lewat proses pendidikan formal, karena lewat pendidikan berbagai butir nilai.
Persiapan Kemerdekaan Indonesia tanggal 18 Agustus 1945.
Indonesia dan dalam konteks politis-yuridis sebagai Dasar Negara Indonesia.
Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk
Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar NRI Tahun 1945.
Oxford Advanced Learner Dictionary mencantumkan bahwa sikap berasal dari bahasa Italia attitudine yaitu

«Manner of placing or holding the body, dan way of feeling, thinking or behaving».
Artinya sikap adalah sekumpulan respon yang konsisten terhadap obyek sosial.
Menurut Eagle dan Chaiken dalam buku A. Wawan dan Dewi M. mengemukakan bahwa sikap dapat diposisikan sebagai hasil evaluasi terhadap obyek sikap yang diekspresikan ke dalam proses-proses kognitif, afektif dan perilaku.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Ninda Putriayu 2213053136 -
Nama : Ninda Putriayu
NPM : 2213053136

Analisis Jurnal

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan iptek dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan iptek bisa membantu pembangunan negara. Saat ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Kemajuan teknologi menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia. Pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. Sebenarnya bukan Pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi tetapi masyarakat itu sendiri yang memberi pengaruh baik atau buruk terhadap Pancasila. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Dimas Prasetyo 2213053138 -
Nama : Dimas Prasetyo
Npm. : 2213053138
Analisis Jurnal.

PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KONTROL
SOSIAL OLEH MEDIA MASSA UNTUK MENEKAN KEJAHATAN DI
INDONESIA.

Media massa adalah pendukung dari kebijakan hukum pidana, yaitu memberikan peran pencegahan kejahatan. Pencegahan melalui media massa sangat disarankan karena kebijakan hukum pidana tidak selamanya dapat digunakan sebagai sarana
utama menekan kejahatan. Meski demikian, peran tersebut harus disertai dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kesadaran diri masing-masing manusia Indonesia.

Hakekat isi Pancasila menurut
Sunoto yakni terdiri atas hakekat Tuhan,
hakekat manusia, hakekat satu, hakekat
rakyat, dan hakekat adil.12 Inti sila-sila
Pancasila tersebut merupakan norma
Pancasila. Sebagai suatu postulat, maka
norma Pancasila tersebut harus menjadi
tolok ukur bagi seluruh penilaian
terhadap segala kegiatan kenegaraan,
kemasyarakatan, dan perorangan di
Indonesia. Pemanfaatan media massa pada umumnya dapat diklasifikasikan ke
dalam dua jenis, yaitu media cetak dan
media elektronik.

Pengaruh media massa dalam
kehidupan sehari-hari kini, misalnya,
iklan di perempatan, layar informasi di
lampu lalu lintas, surat kabar, majalah,
komik, dan sebagainya, sudah diteliti
oleh ilmuwan sejak pecahnya Perang.
Kekuatan besar media massa
pada masa awal abad ke-20
digambarkan sebagai peluru yang
ditembakkan atau obat yang
disuntikkan. Istilah ini kemudian
memunculkan gagasan teori kekuatan
pengaruh media massa. Norma-norma terkait media massa disandingkan dengan asas-asas serta doktrin mengenai kontrol sosial
oleh media massa untuk dianalisis berdasarkan penanaman nilai-nilai Pancasila pada kehidupan masyarakat Indonesia.

Norma Pancasila dapat ditemukan melalui hakekat isi Pancasila.
Hakekat yang pertama yakni hakekat Tuhan, ditemukan dalam pernyataan-pernyataan seperti causa prima, sangkan paraning dhumadhi, dzat yang mutlak dan mudah dipahami melalui sifat-sifat Tuhan seperti Maha Kuasa, Maha Adil, Maha Mengetahui, Maha Bijaksana, dan lain sebagainya. Hakekat yang kedua, yakni hakekat manusia. Menurut Notonegoro,
hakekat manusia terbagi menjadi dua
teori, yaitu teori monodualisme dan
monopluralisme. Hakekat yang ketiga, yakni
hakekat satu. Kata “satu” menunjukkan sesuatu yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Hakekat yang keempat, yakni rakyat, berarti segenap penduduk suatu negara, anak buah, orang kebanyakan, atau orang biasa. Kemudian hakekat yang kelima, adalah hakekat adil, yakni tidak berat sebelah, tidak sewenang-wenang, seimbang, atau perlakuan yang sama.

Globalisasi merupakan situasi
dan kondisi kehidupan intemasional
yang seolah tanpa batas, sehingga
kehidupan manusia berubah, besar
kemungkinan untuk menjadikan
manusia individualistik. Tidak dapat
disangkal, bahwa globalisasi timbul
karena didorong kemajuan pesat di
bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,
terutama teknologi komunikasi,
menyebabkan semakin derasnya arus
informasi dengan segala dampaknya
baik positif maupun negatif.

Pengamalan nilai-nilai Pancasila
oleh media massa dalam menerapkan
fungsi kontrol sosial di Indonesia
khususnya belum terlaksana secara
menyeluruh. Berita yang diedarkan
kepada khalayak ramai seringkali tidak
sesuai dengan fakta dan disebarkan oleh
oknum yang tidak bertanggung jawab.
Media massa di Indonesia belum sampai pada keadaan yang dapat membuat
masyarakat mengubah moral untuk
menerapkan nilai-nilai Pancasila, hal
demikian tercermin pada pudarnya jiwa
patriotik, berkembangnya manusia
individual-liberalistik, masih tertanamnya kepentingan pribadi atau golongan di atas kepentingan bangsa dan negara. Secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Mahasiswa sebagai generasi muda
harus menjaga kepribadian bangsa
dalam menghadapi tantangan
perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu perkembangan bangsa indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by VITA MULYASARI 2213053080 -
Nama: Vita Mulyasari
NPM: 2213053080
Analisis Jurnal

Generasi muda harus mengaktualisasikan pancasila melalui
Kementrian Pendidikan nasional dengan mengemas materi dan metode pembelajaran yang tidak bersifat
indoktrinasi. Pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informasi perlu meningkatkan filtering penyaringan terhadap globaliasai
arus informasi yang dikemas dalam berbagai media, khususnya teknologi
informasi (internet) untuk menangkal
berbagai susupan informasi.
perkembangan
IPTEK yang ada dimanfaatkan untuk
mempermudah proses belajar, untuk
bertransaksi dan berbisnis dalam berbagai bidang bidang perdagangan.
Semua informasi yang masuk melalui media sosial penyebab laju perkembangan IPTEK disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang semakin berkembang diberbagai bidang.
Bangsa Indonesia yang secara sosiologis membutuhkan ideologi pemersatu Pancasila. Oleh karena itu nilai - nilai Pancasila perlu dilestarikan atau di implementasikan dari generasi ke generasi untuk menjaga keutuhan masyarakat bangsa. Pelestarian nilai-nilai Pancasila dilakukan khususnya lewat proses pendidikan formal, karena lewat pendidikan berbagai butir nilai.
Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Tahun 1945.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Putri Azzahra 2213053058 -
Nama: Putri Azzahra
Npm: 2213053058

Analisis jurnal

Perkembangan yang terjadi
tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dankomunikasi pada skala
dunia. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di
Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu (Kemendikbud, 2013):
(1) Dasar Filosofis; Ketika Republik Indonesia diproklamasikan pasca Perang Dunia kedua, dunia dicekam oleh pertentangan ideologi kapitalisme dengan ideologi komunisme.
(2). Dasar Sosiologis; Kebhinekaan atau pluralitas masyarakat bangsa Indonesia yang tinggi, dimana agama, ras, etnik, bahasa, tradisibudaya penuh perbedaan, menyebabkan
ideologi Pancasila bisa diterima sebagai ideologi pemersatu.
(3). Dasar Yuridis; Pancasila sebagai norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang berlaku adalah Pancasila yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Secara etimologi, istilah “ilmu” adalah
sebagai arti dari kata science (bahasa Inggris), yang berarti pengetahuan. Kata ini berasal dari bahasa latin, scientia yang diturunkan dari kata scire yang berarti mengetahui (to know) dan belajar (to learn). Secara terminologi, pengertian ilmu sekurang-kurangnya mencakup tiga hal, yaitu pengetahuan, aktivitas, dan metode untuk mendapatkan pemahaman terhadap pengertian ilmu. Sementara itu, pengetahuan, menurut Jujun Surya
Sumantri digolongkan menjadi tiga macam, yaitu etika (pengetahuan tentang baik dan buruk), estetika (pengetahuan tentang indah dan jelek), dan logika (pengetahuan tentang benar dan salah). Secara etimologis, kata teknologi berasal dari kata techne dan logos. Techne berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan denganpembuatan suatu objek atau kecakapan tertentu, sedangkan logosmengacu kepada kata logi yang mengacu kepada makna tata pikir. Secara terminologi, teknologi mempunyai arti kemampuan manusia (masyarakat) untuk memanfaatkan kekuatan-kekuatan alam guna kepentingan hidupnya.Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Ricky surya perdana 2253053036 -
Nama : Ricky surya perdana
NPM : 2253053036

"Analisis jurnal Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi"

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara.Iptek semakin hari semakin pesat perkembangan nya dikarenakan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang semakin berkembang di kebutuhan teknologi.secara terminologi, pengertian ilmu sekurang-kurangnya mencakup tiga hal, yaitu pengetahuan, aktivitas, dan metode
untuk mendapatkan pemahaman terhadap
pengertian ilmu.

Ilmu dan pengetahuan merupakan dua
istilah yang tidak dapat dipisahkan, namun
tidak selamanya bahwa pengetahuan itu
sebagai ilmu, melainkan pengetahuan yang
diperoleh dengan cara-cara tertentu berdasarkan kesepakatan para ilmuwan.ilmu adalah proses yang membuat pengetahuan,istilah ilmu juga merupakan suatu metode untuk memperoleh pengetahuan yang objektif dan dapat diperiksa kebenarannya.

Ilmu adalah serangkaian aktivitas manusia yang rasional dan kognitif, dilakukan dengan beberapa metode berupa prosedur sehingga menghasilkan pengetahuan yang sistematis mengenai gejala-gejala alam, masyarakat,
atau manusia dengan tujuan untuk mendapatkan kebenaran, pemahaman,
memberikan penjelasan atau melakukan
penerapan.secara etimologis,kata teknologi berasal dari kata techne dan logos.Secara terminologi,teknologi mempunyai arti kemampuan manusia "masyarakat" untuk memanfaatkan kekuatan-kekuatan alam guna kepentingan hidupnya.dalam
memanfaatkan kekuatan alam tersebut
dilakukan dengan menciptakan alat-alat.dari definisi diatas,dapat kita simpulkan bahwasanya teknologi merupakan aplikasi dari kreativitas manusia yang berkaitan dengan alat dan bahan,serta mewujudkan dalam bentuk materi yang diterapkan untuk membantu tercapainya kebutuhan manusia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Neng Sarah Aprillia 2213053067 -
Nama: Neng Sarah Aprillia
NPM: 2213053067

Analisis jurnal!

Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yg signifikan.Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak
adanya globalisasi. Bangsa Indonesia yang plural secara sosiologis membutuhkan ideologi pemersatu Pancasila. Oleh karena itu nilainilai Pancasila perlu dilestarikan dari generasi ke generasi untuk menjaga keutuhan masyarakat bangsa. Pelestarian nilai-nilai Pancasila dilakukan khususnya lewat proses pendidikan formal, karena lewat pendidikan berbagai butir nilai. Persiapan Kemerdekaan Indonesia tanggal 18 Agustus 1945.
Indonesia dan dalam konteks politis-yuridis sebagai Dasar Negara Indonesia. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar NRI Tahun 1945.
Oxford Advanced Learner Dictionary mencantumkan bahwa sikap berasal dari bahasa Italia attitudine yaitu
«Manner of placing or holding the body, dan way of feeling, thinking or behaving». Artinya sikap adalah sekumpulan respon yang konsisten terhadap obyek sosial.

Menurut Eagle dan Chaiken dalam buku A. Wawan dan Dewi M. mengemukakan bahwa sikap dapat diposisikan sebagai hasil evaluasi terhadap obyek sikap yang diekspresikan ke dalam proses-proses kognitif, afektif dan perilaku.

Ciri-ciri sikap menurut Heri Purwanto (1998) dalam buku Notoatmodjo (2003,
p.34) adalah: Sikap bukan dibawa sejak lahir melainkan dibentuk atau dipelajari
sepanjang perkembangan itu dalam hubungannya dengan obyeknya, Sikap dapat berubah-ubah karena itu sikap dapat dipelajari dan sikap dapat berubah pada orang-orang bila terdapat keadaan-keadaan dan
syarat-syarat tertentu yang mempermudah sikap pada orang itu.

Obyek sikap itu merupakan suatu hal tertentu tetapi dapat juga merupakan kumpulan dari hal-hal tersebut. Sikap mempunyai segi-segi motivasi dan segi-segi perasaan, sifat alamiah yang membedakan sikap dan kecakapan- kecakapan atau
pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki
orang.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Yurma Vadelta 2213053035 -
Nama : Yurma Vadelta
NPM : 2213053035

Setelah saya mengamati jurnal tersebut dapat disimpulkan bahwa, jurnal ini dapat membuktikan mengenai penelitian dimana hasil penelitian membuktikan secara umum responden dalam penelitian yang mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden mahasiswa perlu sikap jujur dalam kehidupannya, perlu juga sifat toleransi yang tinggi akan adanya perbedan ras dan agama. Karena itu pansasila sangatlah penting dalam kehidupan dan harus selalu diterapkan. Penelitian ini karena bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi IPTEK. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang. Pada tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional cluster random sampling, dimana dalam hal ini tiap kelas diambil 70% sehingga jumlah mahasiswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Data berupa kuesioner diuji menggunakan analisis deskriptif dan regresi, dan sebelumnya data ini diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas nya menggunakan pearson product moment. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Rahmadani 2213053162 -
Nama : Rahmadani
NPM : 2213053162

*Analisis Jurnal "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi".


Di era globalisasi, banyak aspek-aspek
yang mengalami perkembangan yang
signifikan. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam proses globalisasi.

Kemajuan teknologi ini menyebabkan segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan
mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila. Maka akar permasalahan yang dihadapi adalah apakah nilai-nilai dalam pancasila
yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia terpengaruh perkembangan teknologi informasi. sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu(1) Dasar Filosofis; Ketika Republik Indonesia diproklamasikan pasca Perang Dunia
kedua, dunia dicekam oleh pertentangan ideologi kapitalisme dengan ideologi komunisme. Namun para pendiri negara Republik Indonesia mampu melepaskan
diri dari tarikan-tarikan dua kutub ideologi dunia tersebut, dengan merumuskan pandangan dasar (philosophische grondslag) pada sebuah konsep filosofis
yang bernama Pancasila, (2) Dasar Sosiologis; Kebhinekaan atau pluralitas masyarakat bangsa Indonesia yang tinggi, dimana agama, ras, etnik, bahasa, tradisi-budaya penuh perbedaan, menyebabkan ideologi Pancasila bisa diterima sebagai ideologi pemersatu. (3) Dasar Yuridis; Pancasila sebagai norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang berlaku adalah Pancasila yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Khairunnisa 2253053002 -
Nama: Khairunnisa
NPM: 2253053002

Analisis Jurnal

Dalam pelaksanaan Pendidikan Pancasila di
Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar,
yaitu Dasar Filosofis dimana Republik Indonesia diproklamasikan pasca Perang Dunia kedua, Dasar Sosiologis; Kebhinekaan atau multikultural masyarakat bangsa Indonesia yang tinggi yaitu agama, ras, etnik, bahasa, tradisinya penuh perbedaan, menyebabkan
ideologi Pancasila bisa diterima sebagai ideologi pemersatu, Dasar Yuridis yaitu Pancasila sebagai aturan dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang berlaku. Menurut Oxford Advanced Menurut Oxford Advanced Learner Dictionary mencantumkan bahwa sikap (attitude) berasal dari bahasa Italia attitudine yaitu“Manner of placing or holding the body, dan way of feeling, thinking or behaving". Ciri-ciri dari sikap menurut Heri Purwanto (1998) dalam buku Notoatmodjo (2003, p.34) yaitu:
1. Perlakuan bukan dibawa sejak lahir, tetapi dipahami atau dipelajari sepanjang perkembangan itu.
2. Sikap dapat berubah-ubah karena itu sikap dapat dipelajari.
3. Sikap tidak berdiri sendiri, tetapi sewaktu-waktu mempunyai hubungan tertentu terhadap suatu obyek.
Tingkatan Sikap
Menurut Notoadmodjo (2003) dalam buku Wawan dan Dewi (2010), sikap terdiri dari berbagai tingkatan yaitu Menerima (receiving), Merespon (responding), Menghargai (valuing), dan Bertanggung jawab (responsible). Menurut Katz (1964) dalam buku Wawan dan Dewi (2010, p.23) sikap mempunyai beberapa fungsi, yaitu fungsi instrumental atau fungsi penyesuaian, fungsi
pertahanan ego, fungsi ekspresi nilai, dan fungsi pengetahuan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Nadhofa Agustyawulandari 2253053044 -
Nadhofa Agustyawulandari
2253053044

Analisis jurnal

Menganalis jurnal berjudul Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Globalisasi berlangsung di semua
bidang kehidupan seperti bidang ideologi,
politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan
keamanan dan lain- lain. Kemajuan teknologi ini menyebabkan
perubahan yang begitu besar pada
kehidupan manusia dengan segala
peradaban dan kebudayaannya.Dalam
pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di
Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar,
yaitu (Kemendikbud, 2013): (1) Dasar
Filosofis; Ketika Republik Indonesia
diproklamasikan pasca Perang Dunia
kedua, dunia dicekam oleh pertentangan
ideologi kapitalisme dengan ideologi
komunisme.Laju perkembangan iptek tersebut
semakin hari semakin pesat
perkembangannya disebabkan adanya
tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga
semakin berkembang di berbagai bidang. dalam menghadapi tantangan
perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi
pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga
budaya yang masuk tidak merugikan dan
berdampak negatif kepada bangsa
Indonesia dan harus tetap berpegang teguh
kepada Pancasila sebagai dasar negara
sehingga perkembangan Iptek bisa
membantu pembangunan dan
perkembangan Negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Suherli Evarianti 2253053029 -
Nama : Suherli Evarianti
NPM : 2253053029

Analisis Jurnal 1
"Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi"

Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi.Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya.Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila. Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri.

Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak dapat tergantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu bersahabat dengan agama. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Zakia Az'zahra Qurota'aini 2213053028 -
NAMA : ZAKIA AZ'ZAHRA QUROTA'AINI
NPM : 2213053028
KELAS : 1C

Analisis jurnal " Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi "

Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan.Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi,
politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia.

Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu (Kemendikbud, 2013):
(1) Dasar Filosofis
(2) Dasar Sosiologis
(3) Dasar Yuridis

Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Rendo Fahestama 2213053274 -
Nama : Rendo Fahestama
NPM : 213053274

Ananlisis Jurnal

PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KONTROL
SOSIAL OLEH MEDIA MASSA UNTUK MENEKAN KEJAHATAN DI
INDONESIA.

Pancasila merupakan warisan luar biasa dari pendiri bangsa yang mengacu kepada nilai-nilai luhur. Hampir tidak ada keraguan lagi, mayoritas bangsa Indonesia ini berpendapat bahwa Pancasila sebagai dasar negara sekaligus pandangan hidup masyarakat Indonesia yang plural tidak tergantikan. Globalisasi mendorong munculnya
berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Globalisasi akan membawa perspektif baru tentang konsep “Dunia Tanpa Tapal Batas” yang saat ini diterima sebagai realita masa depan yang akan mempengaruhi perkembangan budaya. jika dikaitkan dengan ideologi
yang dianut Indonesia yakni pancasila. Maka akar permasalahan yang dihadapi adalah apakah nilai-nilai dalam pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia terpengaruh perkembangan teknologi informasi. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang. Oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila. Mahasiswa sebagai generasi muda
sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by ARCILIA INTAN PERMADANI 2213053041 -
Nama : Arcilia Intan Permadani
NPM : 2213053041

Hasil analisis saya pada jurnal yang berjudul "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila Dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi"

Era globalisasi adalah era dimana berbagai bidang sangat berkembang salah satunya yaitu perkembangan teknologi. Teknologi informasi dan komunikasi adalah salah satu faktor pendukung utama era globalisasi karena dalam perkembangan teknologi yang begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan mudah disebarluaskan ke seluruh dunia.
Di era globalisasi inilah yang mendorong munculnya munculnya berbagai perubahan di dunia ini. Tetapi dampak dari era globalisasi baik dari dampak positif maupun negatif mudah diakses oleh masyarakat Salah satu dampaknya adalah perlahan-lahan era globalisasi ini membawa perubahan dalam pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. Dan dampak negatifnya yang terlihat jelas yaitu dalam hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sehingga jika terus dibiarkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam masyarakat bisa terkikis habis dengan budaya barat dan dampak negatif dari era globalisasi tersebut. Dan itulah mengapa pendidikan Pancasila perlu dalam mata kuliah di perguruan tinggi karena agar bisa mengkaji, menganalisis dan memecahkan masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Republik Indonesia. Secara spesifik Berikut ini adalah tujuan dari pembelajaran yang memuat materi pendidikan Pancasila di perguruan tinggi :
1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan, bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasarnya Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia.
3. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan kemanusiaan kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokrasi berkeadilan, dan martabat berlandaskan Pancasila, untuk berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.

Definisi dari sikap yaitu sikap terdiri dari komponen kognitif atau ide, perilaku, dan emosi. Adapun tingkatan sikap menurut Notoatmodjo tahun (2003) dalam buku Wawan dan Dewi (2010) sikap terdiri dari berbagai tingkatan yaitu : 1) menerima 2) merespon 3) menghargai.
Berikutnya yaitu menurut Katz tahun (1964) dalam buku Wawan dan Dewi tahun (2010) Sikap mempunyai beberapa fungsi yaitu 1) fungsi instrumental, 2) fungsi pertahanan ego, 3) fungsi ekspresi nilai, 4) Fungsi pengetahuan individu.
Ilmu pengetahuan merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan, yaitu secara etimologi istilah ilmu adalah sebagai arti dari kata pengetahuan dan juga pengetahuan yang digolongkan menjadi tiga macam yaitu etika, estetika, dan logika. Sedangkan teknologi adalah serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek atau kecakapan tertentu yang dimiliki oleh manusia yang dapat memanfaatkan kekuatan itu untuk kepentingan hidup.
Dari jurnal tersebut diketahui bahwa perkembangan teknologi dalam era globalisasi sangatlah berpengaruh karena banyak dampak-dampak negatif yang perlahan mulai mengikis nilai-nilai Pancasila yang sebagai dasar dan ideologi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pentingnya pendidikan Pancasila menjadi mata kuliah wajib bagi perguruan tinggi agar kita bisa tetap menjaga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan agar kita bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by ANNISYA ANGGREINY -
Nama : Annisya Anggreiny
NPM : 2213053229

Analisis jurnal.
"Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi"

Di era globalisasi seperti saat ini, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek kehidupan. Salah satu perkembangan yang terjadi di era globalisasi yaitu adanya perkembangan iptek yang menjadi faktor pendukung utama terjadinya globalisasi.
Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan perubahan yang akan terjadi serta akan membawa perspektif baru yang akan mempengaruhi perkembangan budaya bangsa Indonesia. Kemajuan teknologi juga memiliki pengaruh besar terhadap dunia pendidikan yang memberikan dampak positif maupun negatif dalam dunia pendidikan.
Ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara. perkembangan iptek semakin hari semakin pesat, disebabkan dengan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang semakin berkembang di berbagai bidang.

Nilai-nilai pancasila tidak terpengaruh dengan adanya perkembangan iptek melainkan bergantung pada masyarakat itu sendiri serta bagaimana suatu masyarakat itu menyikapi adanya perkembangan iptek yang memudahkan keluar masuknya pengaruh budaya luar yang bertentangan dengan nilai-nilai pancasila.
Pancasila merupakan warisan luhur serta pedoman bagi bangsa Indonesia yang menjadi pemersatu bangsa. Oleh karena itu nilai-nilai pancasila harus dilestarikan dari generasi ke generasi untuk menjaga keutuhan masyarakat bangsa. Pelestarian nilai-nilai pancasila dilakukan khususnya lewat proses pendidikan formal, karena lewat pendidikan butir-butir nilai pancasila tersebut dapat disemaikan dan dikembangkan secara terencana dan terpadu.
Mahasiswa sebagai generasi muda sudah seharusnya dapat menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi perkembangan dan pengaruh iptek serta tetap berpegang teguh terhadap Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Diperlukan pula pengaktualisasian nilai-nilai pancasila kepada generasi muda yang bersifat menyeluruh agar tidak terpengaruh dampak negatif perkembangan iptek.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Marsya Yarasyimah 2213053252 -
Nama : Marsya Yarasyimah
NPM : 2213053252

Analisis Jurnal

Dalam pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar, yaitu (Kemendikbud, 2013): Dasar filosofis, Dasar Sosiologis, dan Dasar Yuridis. Sila-sila Pancasila yang tertuang dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 secara filosofis-sosiologis berkedudukan sebagai Norma Dasar Indonesia dan dalam konteks politis-yuridis sebagai Dasar Negara Indonesia. tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa, Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa, Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa.

sikap terdiri dari komponen kognitif (ide yang umumnya berkaitan dengan pembicaraan dan dipelajari), perilaku (cenderung mempengaruhi respons sesuai dan tidak sesuai) dan emosi (menyebabkan respons-respons yang konsisten). Sikap memiliki ciri-ciri yaitu sebagai berikut : Sikap bukan dibawa sejak lahir, sikap dapat berubah-ubah, dan sikap mempunyai hubungan dengan obyek. Sikap memiliki empat tingkatan yaitu : menerima (receiving), merespons (responding), menghargai (valuing), dan bertanggung jawab (responsible). Selain itu juga dikap memiliki empat fungsi yaitu fungsi instrumental, fungsi pertahanan ego, fungsi ekspresi nilai, dan fungsi pengetahuan individu.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara. Secara terminologi, pengertian ilmu sekurang-kurangnya mencakup tiga hal, yaitu pengetahuan, aktivitas, dan metode. pemahaman terhadap pengertian ilmu. Sementara itu, pengetahuan, menurut Jujun Surya Sumantri digolongkan menjadi tiga macam, yaitu etika (pengetahuan tentang baik dan buruk), estetika (pengetahuan tentang indah dan jelek), dan logika (pengetahuan tentang benar dan salah). teknologi merupakan aplikasi dari kreativitas manusia berkaitan dengan alat dan bahan, serta diwujudkan dalam bentuk materi yang digunakan untuk membantu tercapainya kebutuhan manusia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Muadhatus Solehah 2213053174 -
Nama : Muadhatus Solehah
Npm : 2213053174

Analisis jurnal

Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan adalah pada aspek teknologi informasi, contoh paling sederhana tentang hal ini adalah bila pada pendidikan yang masih tradisional dulu dalam mendapatkan sumber ilmu hanya dari buku, hal tersebut juga masih mempunyai kendala yaitu tidak semua orang bisa mendapatkan buku yang harganya relative mahal.Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.
Tingkatan Sikap Menurut Notoadmodjo dalam buku Wawan dan Dewi, sikap terdiri dari berbagai tingkatan yaitu: Menerima Menerima diartikan bahwa orang mau dan memperhatikan stimulus yang diberikan, Merespon Memberikan jawaban apabila memberikan jawaban apabila ditanya, mengerjakan tugas yang diberikan adalah suatu indikasi sikap karena dengan suatu usaha untuk menjawab pertanyaan atau mengerjakan tugas yang diberikan.
Sikap ini diambil oleh seseorang pada waktu orang yang bersangkutan terancam keadaan dirinya atau egonya, Fungsi ekspresi nilai, Sikap yang ada pada diri seseorang merupakan jalan bagi individu untuk mengekspresikan nilai yang ada pada dirinya.
Tiga aspek tersebut merupakan satu kesatuan yang menunjukkan satu pemahaman bahwa ilmu terbentuk oleh aktivitas manusia yang dilakukan dengan cara atau metode tertentu sehingga pada akhirnya menghasilkan suatu pengetahuan yang sistematis.
Ketika berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media, agar dapat selalu menggunakan bahasa yang santun, sebagai bangsa yang berbudaya sudah selayaknya tidak terpengaruh dengan budaya yang tidak sesuai dengan budaya kita.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by FARISA ALICIA 2213053026 -
NAMA : FARISA ALICIA
NPM : 2213053026
KELAS : 1.C

Analisis Jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan teknologi menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya.
Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang.

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia.

Tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
- Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
- Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Saran saya, mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan dan perkembangan Negara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by adzkya salsabila cahyono 2213053280 -
Nama : adzkya salsabila cahyono
Npm : 2213053280

Analisis jurnal
Dalam jurnal tersebut dijelaskan bahwa globalisasi memungkinkan perubahan dunia yang akan berlangsung, penyebab utama suatu perubahan tersebut paling utama pada aspek teknologi informasi kemajuan teknologi menyebabkan suatu perubahan besar pada kehidupan manusia pada peradabannya dan juga kebudayaannya dan memberikan dampak juga terhadap dunia pendidikan. Kemajuan teknologi bukan hanya melanda pada masyarakat kota tetapi juga ke seluruh aspek bosok desa akibatnya segala informasi yang bersifat positif ataupun negatif mudah diakses oleh seluruh masyarakat. Pancasila merupakan suatu warisan yang sangat luar biasa yang mengacu kepada nilai-nilai luhur oleh karena itu perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat apalagi kehidupan masyarakat sekarang sudah sangat dipengaruhi oleh iptek. Pancasila perlu dilestarikan dari generasi ke generasi yang akan membentuk sikap mental yang dapat mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan kemanusiaan kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa serta penguatan masyarakat madani yang demokratis berkeadilan dan bermartabat berlandaskan Pancasila. Ilmu pengetahuan dan teknologi ataupun iptek selalu menjadi bagian yang paling penting dalam mendorong perkembangan suatu negara, ilmu dan pengetahuan merupakan dua aspek istilah yang tidak dapat dipisahkan namun tidak selamanya pengetahuan sebagai ilmu melainkan pengetahuan yang diperoleh dengan cara-cara tertentu berdasarkan kesepakatan para ilmuwan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Ni Wayan Deliani 2253053030 -
Nama : Ni Wayan Deliani
Npm : 2253053030

Analisis Jurnal
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini selain dapat memberikan dampak positif dan berbagai kemudahan untuk kehidupan manusia, tak bisa kita pungkiri juga perkembangan IPTEK ini juga dapat mendatangkan berbagai hal-hal yang negatif. Oleh karena itu IPTEK perlu menyesuaikan dan mempertimbangkan nilai-nilai ideologi bangsa dalam pengembangnya baik dari aspek nilai agama maupun budaya semua haruslah relevan dan senantiasa mengacu pada nilai-nilai luhur bangsa agar tidak merugikan manusia dan merusak sendi-sendi kehidupan bangsa. Pancasila yang mana merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa mengandung nilai-nilai luhur yang dipercaya sebagai perisai pelindung bangsa tentunya juga harus ikut berperan dalam menghadapi kemajuan IPTEK. Pendidikan Pancasila di Perguruan tinggi adalah untuk pengembangan kepribadian yang menjelaskan tentang landasan dan tujuan, sejarah paham kebangsaan indonesia, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai ideologi nasional bangsa dan negara indonesia, pancasila dalam konteks kenegaraan RI, pancasila sebagai etika politik dan pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Ellena Aulia Yunika Putri 2213053273 -
Nama : Ellena Aulia Yunika Putri
NPM : 2213053273

Analisis jurnalis
Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila
merupakan pelajaran yang memberikan
pedoman kepada setiap insan untuk
mengkaji, menganalisis, dan memecahkan
masalah-maslah pembangunan bangsa dan
Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar
Pancasila sebagai ideology dan dasar
Negara Republik Indonesia. Dalam
pelaksanaannya Pendidikan Pancasila di
Perguruan Tinggi memunyai dasar-dasar,
yaitu (Kemendikbud, 2013): (1) Dasar Filosofis; Ketika Republik Indonesia
diproklamasikan pasca Perang Dunia
kedua, dunia dicekam oleh pertentangan
ideologi kapitalisme dengan ideologi
komunisme.
2)Dasar
Sosiologis; Kebhinekaan atau pluralitas
masyarakat bangsa Indonesia yang tinggi,
dimana agama, ras, etnik, bahasa, tradisi-
budaya penuh perbedaan, menyebabkan
ideologi Pancasila bisa diterima sebagai
ideologi pemersatu.
(3) Dasar Yuridis; Pancasila
sebagai norma dasar negara dan dasar
negara Republik Indonesia yang berlaku
adalah Pancasila yang tertuang dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945(Pembukaan UUD NRI Tahun 1945)
junctis Keputusan Presiden RI Nomor 150
Tahun 1959 mengenai Dekrit Presiden
RI/Panglima Tertinggi Angkatan Perang
Tentang Kembali Kepada Undang-Undang
Dasar NNegara Republik Indonesia Tahun
1945.
Dengan penyelenggaraan Pendidikan
Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan
dapat tercipta wahana pembelajaran bagi
para mahasiswa untuk secara akademik
mengkaji, menganalisis, dan memecahkan
masalah-masalah pembangunan bangsa
dan negara dalam perspektif nilai-nilai
dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar
negara Republik Indonesia.
Tujuan dari penyelenggaraan
Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi yaitu untuk Memperkuat Pancasila sebagai dasar
negara dan ideologi bangsa melalui nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; Memberikan pemahaman dan
penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar
Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga
negara Republik Indonesia, serta
membimbing untuk dapat menerapkannya
dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara. Mempersiapkan
mahasiswa agar mampu menganalisis dan
mencari solusi terhadap persoalan
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara melalui pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD
NRI Tahun 1945.
Membentuk sikap mental mahasiswa
yang mampu mengapresiasi nilai-nilai Pancasila dan bermartabat
berlandaskan Pancasila, untuk mampu
berinteraksi dengan dinamika internal dan
eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan
sehari-hari, perlu mempunyai toleransi
yang tinggi akan adanya perbedaan ras
dan agama dan perlu memiliki
pemahaman yang mendalam tentang
pendidikan Pancasila.
Mahasiswa sebagai generasi muda
sebaiknya menjaga kepribadian bangsa
dalam menghadapi tantangan
perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi
pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga
budaya yang masuk tidak merugikan dan
berdampak negatif kepada bangsa
Indonesia dan harus tetap berpegang teguh
kepada Pancasila sebagai dasar negara
sehingga perkembangan Iptek bisa
membantu pembangunan dan
perkembangan Negara.
Perlu mengaktualisaikan Pancasila
khususnya pada generasi muda melalui
Kementrian Pendidikan nasional dengan
mengemas materi dan metode
pembelajaran yang tidak bersifat
indoktrinasi.
Pemerintah melalui kementrian
komunikasi dan informasi perlu
meningkatkan filtering terhadap globaliasai
arus informasi yang dikemas dalam
berbagai media, khususnya teknologi
informasi (internet) untuk menangkal
berbagai susupan informasi yang berbau
radikalisme.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Maira Amelia 2213053118 -
Nama : Maira Amelia
NPM : 2213053118

Analisis Jurnal
Pesatnya perkembangan teknologi informasi telah memudahkan masuknya berbagai pengaruh luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Baik atau buruknya dampak Pancasila tergantung bagaimana masyarakat menyikapi perkembangan teknologi informasi sebagai penganut ideologi Pancasila. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan faktor pendukung utama bagi globalisasi. Saat ini, kemajuan teknologi begitu pesat sehingga informasi dari segala bentuk dan kepentingan dapat disebarluaskan ke seluruh dunia. Kemajuan teknologi ini telah mengakibatkan perubahan yang begitu dramatis dalam kehidupan manusia beserta seluruh peradaban dan kebudayaannya. Saat ini, segala aspek kehidupan dapat berkembang pesat, dan perkembangan ini disinkronkan dengan perkembangan pendidikan dari tradisional ke modern, dan perkembangan ini tentu saja menuntut masyarakat untuk bergerak ke arah globalisasi. Sebagai generasi muda, mahasiswa harus menjaga karakter bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi, berpegang teguh pada Pancasila sebagai dasar negara, dan menjadikan perkembangan teknologi sebagai pembangunan negara. Pengaruh Disiplin Pengembangan Kepribadian Panchasila Teknologi Terhadap Responden Teknologi Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak pengembangan kepribadian terhadap agen yang tanggap teknologi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Samsul maarif 2213053272 -
Pengembangan mata kuliah pengembangan kepribadian pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik
Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan Iptek bisa membantu pembangunan Negara Pancasila, Pengembangan Kepribadian, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh duniaTeknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi.Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya.Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan modernisasi Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideologi pancasila menyikapi perkembangan teknologi informasi tersebut Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.Pancasila yang akomodatif terhadap agama tidak dapat tergantikan oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu bersahabat dengan agama oleh karena itu, perlu adanya pemulihan kembali kesadaran kolektif bangsa tentang posisi vital dan urgensi Pancasila dalam kehidupan masyarakat terutama mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Ratih Kurniasih 2213053159 -
Nama: Ratih Kurniasih
Npm: 2213053159

Analisis jurnal

Pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan iptek di era globalisasi memberikan dampak di segala aspek, proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa yaitu dimensi ruang dan waktu, ruang makin dipesempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi politik ekonomi sosial budaya pertahanan keamanan dan lain-lain. Ideologi membawa perspektif baru tentang konsep dunia tanpa batas, Globalisasi tentu saja memberikan dampak positif maupun negatif. Pancasila merupakan warisan luar biasa dari pendiri bangsa yang mengacu kepada nilai-nilai luhur, Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup masyarakat Indonesia yang plural tidak tergantikan.
Tiga dasar pelaksanaan pendidikan Pancasila di perguruan tinggi yaitu:
1. Dasar filosofis, Pada awal kemerdekaan Indonesia terdapat dua paham ideologi yaitu ideologi kapitalisme dan ideologi komunisme, kedua aliran ideologi ini melahirkan sistem kenegaraan yang berbeda bertentangan ideologi ini menimbulkan perang dingin yang dampaknya terasa di seluruh dunia, namun para pendiri negara republik Indonesia mampu melepaskan diri dari tarikan dua kutub ideologi dunia tersebut dengan merumuskan pandangan dasar bernama Pancasila.
2. Dasar sosiologis, perbedaan SARA menyebabkan ideologi Pancasila bisa diterima sebagai ideologi pemersatu, setiap kali ada upaya pemecahan atau pemberontakan maka nilai-nilai Pancasila yang dikedepankan sebagai solusi untuk menyatukan kembali oleh karena itu nilai Pancasila perlu dilestarikan contohnya dengan melakukannya lewat pendidikan formal.
3. Dasar yuridis, Pancasila sebagai norma dasar negara dan dasar negara republik Indonesia yang berlaku adalah Pancasila yang tertuang dalam pembukaan UUD RI tahun 1945, konsekuensi dari Pancasila tercantum dalam pembukaan UUD NRI tahun 1945 secara yuridis konstitusional mempunyai kekuatan hukum yang sah kekuatan hukum berlaku dan kekuatan hukum mengikat.
Sikap, sikap adalah reaksi atau respon yang masih tertutup dari seseorang terhadap stimulus atau objek, sikap dapat diposisikan sebagai hasil evaluasi terhadap objek sikap yang diekspresikan ke dalam proses-proses kognitif, afektif (emosi dan perilaku). Secara umum sikap terdiri dari komponen kognitif (ide yang umumnya berkaitan dengan pembicaraan dan dipelajari, perilaku cenderung mempengaruhi respon sesuai dan tidak sesuai dan emosi menyebabkan respon respon yang konsisten).
Ciri-ciri sikap, sikap bukan di bawah sejak lahir melainkan dibentuk atau dipelajari sepanjang perkembangan dalam hubungan dengan objeknya, sikap dapat berubah karena sikap dapat dipelajari.
Tingkatan sikap, yang pertama ada menerima atau receiving, kedua merespon atau responding, ketiga menghargai atau value, keempat bertanggung jawab atau responsible.
Fungsi sikap, yang pertama fungsi instrumental atau fungsi penyesuaian dan fungsi manfaat berkaitan dengan sarana dan tujuan, yang kedua fungsi pertahanan ego fungsi ini merupakan sikap yang diambil oleh seseorang demi untuk mempertahankan ego atau akunya, ketika fungsi ekspresi nilai sikap yang ada pada diri seseorang merupakan jalan bagi individu untuk mengekspresikan nilai yang ada pada dirinya, keempat fungsi pengetahuan individu mempunyai dorongan untuk ingin mengerti dengan pengalaman-pengalamannya.
Ilmu pengetahuan dan teknologi, iptek selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara, ilmu adalah proses yang memuat pengetahuan istilah ilmu juga merupakan suatu metode untuk memperoleh pengetahuan yang objektif dan dapat diperiksa kebenarannya, teknologi mempunyai arti kemampuan manusia atau masyarakat untuk memanfaatkan kekuatan-kekuatan alam guna kepentingan hidupnya dalam memanfaatkan kekuatan alam tersebut dilakukan dengan menciptakan alat-alat.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Yakub Simamora 2213053158 -
Nama: Yakub Simamora
NPM:2213053158

Analisis Jurnal

Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi.
Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan tersebut adalah pada aspek teknologi informasi, contoh paling sederhana tentang hal ini adalah bila pada pendidikan yang masih tradisional dulu dalam mendapatkan sumber ilmu hanya dari buku, hal tersebut juga masih mempunyai kendala yaitu tidak semua orang bisa mendapatkan buku yang harganya relative mahal. Namun, sekarang pada tingkat yang lebih modern telah muncul internet yang memberikan banyak informasi tentang pendidikan dan dapat dijangkau di semua kalangan masyarakat.

Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan diakui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan.

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia. Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Evangeline Yuana Elvida 2213053007 -
Nama : Evangeline Yuana Elvida
NPM : 2213053007

Analisis jurnal
Pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi

Pancasila adalah dasar dari segala aspek dan menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia. Salah satunya adalah pengembangan kepribadian dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan.
Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi).

Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa.
Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila.
Menurut responden kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang-bidang perdagangan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Putri sahapani 2213053236 -
Nama: putri sahapani
Npm: 2213053236

Analisis jurnal

Indonesia adalah bangsa yang majemuk secara sosiologis yaitu membutuhkan ideologi pemersatu Pancasila. karena itulah nilai yang terkandung dalqm pancasila perlu diterapkan dengan baik dari generasi ke generasi agar dapat menjaga keutuhan bangsa. Penerapan nilai-nilai pancasila dapat dilakukan melalui proses pendidikan, karena melalui pendidikan pembelajaran dalam penerapan pancasila dapat tersampaikan.
Teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu pendukung utama dalam globalisasi. Kemajuan teknologi ini memberikan perubahan yang besar dalan kehidupan manusia. kemajuan teknologi mempengaruhi aspek-aspek pendidikan yang ada baik itu pada masyarakat perkotaan maupun masyarakat pedesaan kemajuan teknologi mulai mengubah pola hidup dan pola pikir masyarakat terutama dalam aspek pendidikan. dalam hal ini bukan Pancasila lah yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi tetapi masyarakatlah yang memberi pengaruh pada pancasila entah itu baik ataupun buruk. 
Sebagai generasi muda Mahasiswa harus menjaga identitas bangsa agar dapat menghadapi tantangan perkembangan iptek dan dapat memilih antara pengaruh buruk dari budaya baru agar budaya yang masuk tidak berdampak negatif terhadap identitas bangsa dan harus berpegang bahwa Pancasila merupakan dasar negara dan dapat menggunakan iptek untuk membantu perkembangan bangsa tanpa menghilangkan identitas bangsa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Filicia Salsabella Choirunisa 2263053001 -
Nama: Filicia Salsabella Choirunisa
Npm: 2263053001
Kelas: 1C

Analisis Jurnal
Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Iptek selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara. Laju perkembangan iptek tersebut semakin hari semakin pesat
perkembangannya disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang. Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Ilmu dan pengetahuan merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan, namun tidak selamanya bahwa pengetahuan itu sebagai ilmu, melainkan pengetahuan yang diperoleh dengan cara-cara tertentu berdasarkan kesepakatan para ilmuwan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Mery Nurkhaliza 2213053009 -
Nama: Mery Nurkhaliza
NPM: 2213053009

Analisis Jurnal

Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan.Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi.

Proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain-lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia.

Saat ini, dapat kita saksikan di Indonesia begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat.

Pancasila perlu dilestarikan dari generasi ke generasi untuk menjaga keutuhan masyarakat bangsa. Pelestarian nilai-nilai Pancasila dilakukan khususnya lewat proses pendidikan formal, karena lewat pendidikan berbagai butir nilai Pancasila tersebut dapat disemaikan dan dikembangkan secara terencana dan terpadu, (3) Dasar Yuridis; Pancasila sebagai norma dasar negara dan dasar negara Republik Indonesia yang berlaku adalah Pancasila yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Pembukaan UUD NRI Tahun 1945) junctis Keputusan Presiden RI Nomor 150 Tahun 1959 mengenai Dekrit Presiden RI/Panglima Tertinggi Angkatan Perang Tentang Kembali Kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Naskah Pembukaan UUD NRI 1945 yang berlaku adalah Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang disahkan/ditetapkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Sila-sila Pancasila yang tertuang dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 secara filosofis-sosiologis berkedudukan sebagai Norma Dasar Indonesia dan dalam konteks politis-yuridis sebagai Dasar Negara Indonesia. Konsekuensi dari Pancasila tercantum dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, secara yuridis konstitusional mempunyai kekuatan hukum yang sah, kekuatan hukum berlaku, dan kekuatan hukum mengikat.

Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk :
Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Melda Setialista -
Nama: Melda Setialista
NPM: 2253053047

Analisis Jurnal

Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan iptek dan berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara sehingga perkembangan iptek bisa membantu pembangunan negara. Saat ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia.
Hakekat isi Pancasila menurut
Sunoto yakni terdiri atas hakekat Tuhan,
hakekat manusia, hakekat satu, hakekat
rakyat, dan hakekat adil.12 Inti sila-sila
Pancasila tersebut merupakan norma
Pancasila. Sebagai suatu postulat, maka
norma Pancasila tersebut harus menjadi
tolok ukur bagi seluruh penilaian
terhadap segala kegiatan kenegaraan,
kemasyarakatan, dan perorangan di
Indonesia. Pemanfaatan media massa pada umumnya dapat diklasifikasikan ke
dalam dua jenis, yaitu media cetak dan
media elektronik.
Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Ilmu dan pengetahuan merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan, namun tidak selamanya bahwa pengetahuan itu sebagai ilmu, melainkan pengetahuan yang diperoleh dengan cara-cara tertentu berdasarkan kesepakatan para ilmuwan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Adventinus Bernadianto 2213053165 -
Nama : Adventinus Bernadianto
NPM : 2213053165

analisis jurnal

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara Republik Indonesia.Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.Dalam buku Notoatmodjo (2003, p.124)mengemukakan bahwa sikap (attitude) adalah merupakan reaksi atau respon yang masih tertutup dari seseorang terhadap stimulus atau obyek.

Lalu ciri-ciri sikap yaitu dibentuk atau dipelajari,Sikap dapat berubah tergantung keadaan-keadaan yang terjadi,sikap memiliki segi-segi motivasi dan perasaan hal tersebut yang membedakan sikap dengan pengetahuan lainnya.Menurut Katz (1964) dalam buku Wawan dan Dewi (2010, p.23) sikap mempunyai beberapa fungsi, yaitu: (1) Fungsi instrumental atau fungsi penyesuaian atau fungsi manfaat, Fungsi ini berkaitan dengan sarana dan tujuan. (2) Fungsi pertahanan ego, Ini merupakan sikap yang
diambil oleh seseorang demi untuk mempertahankan ego.(3) Fungsi ekspresi nilai, Sikap yang ada pada diri seseorang merupakan jalan bagi individu untuk mengekspresikan nilai yang ada pada dirinya. 4) Fungsi pengetahuan Individu mempunyai doronganuntuk ingin mengerti dengan pengalaman-pengalamannya.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara ilmu merupakan rangkaian aktivitas berpikir yang bersifat sistematis, objektif, bermetode agar menghasilkan pengetahuan yang objektif pula.Sedangkan teknologi merupakan aplikasi dari kreativitas manusia berkaitan dengan alat dan bahan, serta diwujudkan dalam bentuk materi yang digunakan untuk membantu tercapainya kebutuhan manusia. Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini.Mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa Indonesia dan harus tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar negara .
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Sherli Chaca 2213053087 -
nama : Sherli Chaca Oktavia
npm : 2213053087

"PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KONTROL
SOSIAL OLEH MEDIA MASSA UNTUK MENEKAN KEJAHATAN DI
INDONESIA"

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila
merupakan pelajaran yang memberikan
pedoman kepada setiap insan untuk
mengkaji, menganalisis, dan memecahkan
masalah-maslah pembangunan bangsa dan
Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar
Pancasila sebagai ideology dan dasar
Negara Republik Indonesia.

Data sejarah menunjukan bahwa setiap kali ada upaya perpecahan atau pemberontakan oleh beberapa kelompok masyarakat, maka
nilai-nilai Pancasilalah yang dikedepankan
sebagai solusi untuk menyatukan kembali.
Bangsa Indonesia yang plural secara
sosiologis membutuhkan ideologi
pemersatu Pancasila. Oleh karena itu nilai-
nilai Pancasila perlu dilestarikan dari
generasi ke generasi untuk menjaga
keutuhan masyarakat bangsa.

Menurut Eagle dan Chaiken (1993)
dalam buku A. Wawan dan Dewi M. (2010,
p.20) mengemukakan bahwa sikap dapat
diposisikan sebagai hasil evaluasi terhadap
obyek sikap yang diekspresikan ke dalam
proses-proses kognitif, afektif (emosi) dan
perilaku.

Ciri-ciri sikap menurut Heri Purwanto
(1998) dalam buku Notoatmodjo (2003,
p.34) adalah: Sikap bukan dibawa sejak
lahir melainkan dibentuk atau dipelajari
sepanjang perkembangan itu dalam hubungannya dengan obyeknya, Sikap
dapat berubah-ubah karena itu sikap dapat
dipelajari dan sikap dapat berubah pada
orang-orang bila terdapat keadaan-keadaan
dan syarat-syarat tertentu yang
mempermudah sikap pada orang itu.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(Iptek) selalu menjadi bagian terpenting
dalam mendorong perkembangan sebuah
negara. Laju perkembangan iptek tersebut
semakin hari semakin pesat
perkembangannya disebabkan adanya
tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga
semakin berkembang di berbagai bidang.
Ilmu dan pengetahuan merupakan dua
istilah yang tidak dapat dipisahkan, namun
tidak selamanya bahwa pengetahuan itu
sebagai ilmu, melainkan pengetahuan yang
diperoleh dengan cara-cara tertentu
berdasarkan kesepakatan para ilmuwan.

mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan
sehari-hari, perlu mempunyai toleransi
yang tinggi akan adanya perbedaan ras
dan agama dan perlu memiliki
pemahaman yang mendalam tentang
pendidikan Pancasila. Untuk itu
Pendidikan Pancasila penting dalam
kehidupan bermasyarakat dan harus
ditetapkan sejak dini.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Dea Oktasari 12 -
nama: Dea Oktasari
NPM: 2213053246

Dengnan di sadari Globalisasi telah mengubah banyak hal melalui perkembangan IPTEK terutama pada perkembangan Teknologi. perkembangan teknologi ini mampu mengubah banyak hal, mulai dari pola pikir masyarakat, perilaku, bahkan juga dapat merubah kebudayaan bangsa indonesia. Pengaruh globalisasi ini sangat sulit untuk dihindari, karena mengingat kembali, bahwa teknologi merupakan sumber informasi tercepat saat ini dan hal itu tentu saja membuat teknologi sulit di hindari untuk masa skarang dan masa yang akan datangn. dampak dari perkembangan Iptek itu sendiri tergantung dari bagaimana tiap individual dari masyarakat itu sendiri memanfaatkan perkembangan IPTEk. maka dari itu sebagai masyarakat yang telah di berkati pancasila sebagai pedoman bangsa, dan mengatur bagaimana tiap individual hidup di tengah masyarakat, hendaknya kita memanfaatka dan membuat IPTEK sesuai dengan sila-sila yang ada, agar kemungkinan dampak-dampak negatif yang sayangat tidak diinginkan tidak terjadi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Andini Putri Endria 2213053149 -
Nama: Andini Putri Endria
NPM: 2213053149

Analisis Jurnal
Di karenakan globalisasi mendorong munculnya perubahan contohnya pada aspek informasi dahulu untuk mendapatkan ilmu dari buku jika sekarang bisa mendapatkan lewat internet. Sehingga dari situ dapat menyebabkan perubahan besar bagi kehidupan dan pendidikan.
Tetapi akibat perkembangan itu banyak pengaruh dari luar yang muncul dan bertentangan dengan nilai-nilai pancasila. Maka dari itu perlunya kesadaran pada diri kita sendiri dalam menjalankan kehidupan.
Serta menjaga, menerapkan dan mencontohkan di kehidupan tentang nilai-nilai pancasila. Dengan penyelenggaraan pendidikan pancasila di perguruan tinggi agar mahasiswa dapat mengkaji, menganalisis dan memecahkan masalah pembangunan bangsa dan negara dalan nilai-nilai pancasila sebagai ideologi negara.

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan hal terpenting dalam perkembangan suatu negara, karena adanya tuntutan dan kebutuhan manusia. Kita sebagai manusia harus memiliki sikap jujur, toleransi terhadap perbedaan. Dan untuk membangun itu maka diperlukannya pendidikan pancasila sejak dini. Dan juga bijak dalam menanggapi kabar dan berita yang beredar, serta dapat berfikir kritis.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Brigita Theoananta Putri P 2213053131 -
Nama : Brigita Theoananta Putri P
NPM : 2213053131

Analisis jurnal

Masyarakat zaman ini dapat menyikapi
perkembangan Iptek dengan baik.
Menurut masyarakat Kemajuan teknologi
saat ini harus digunakan dengan baik dan
penuh tanggung jawab. Perkembangan
Iptek yang ada dimanfaatkan untuk
mempermudah proses belajar, untuk
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang
bidang perdagangan. Masyarakat juga akan melakukan
penyaringan terhadap semua informasi
yang masuk melalui media sosial,
memblokir teman atau situs yang sering
menampilkan konten pornografi dan
kekerasan di media sosial dan
menggunakan bahasa yang santun saat
berkomentar terhadap suatu peristiwa
baik di media online maupun di sosial
media.
Menurut mahasiswa memiliki sikap jujur dalam kehidupan
sehari-hari, perlu mempunyai toleransi
yang tinggi akan adanya perbedaan ras
dan agama dan perlu memiliki
pemahaman yang mendalam tentang
pendidikan Pancasila. Untuk itu
Pendidikan Pancasila penting dalam
kehidupan bermasyarakat dan harus
ditetapkan sejak dini.
Mahasiswa sebagai generasi muda
sebaiknya menjaga kepribadian bangsa
dalam menghadapi tantangan
perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi
pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga
budaya yang masuk tidak merugikan dan
berdampak negatif kepada bangsa
Indonesia dan harus tetap berpegang teguh
kepada Pancasila sebagai dasar negara
sehingga perkembangan Iptek bisa
membantu pembangunan dan
perkembangan Negara
Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Ni Wayan Deliani 2253053030 -
Nama : Ni Wayan Deliani
Npm : 2253053030

Analisis Jurnal
URGENSI PENEGASAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NILAI PENGMBANGAN IPTEK

Pancasila sudah di sepakati bersama sebagai cara pandangan hidup bangsa Indonesia( the way of life) dan sebagai dasar negara Secara teoritik,cara pandangan hidup bangsa Indonesia ( the way of life) selalu berbasis pada nilai-nilai yang bersifat meta yuridis, berbasis nilai-nilai dan moralitas
Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan iptek dapat ditemukan dalam sikap masyarakat
yang peka terhadap isu-isu Ketuhanan dan Kemanusiaan yang ada dibalik peristiwa yang terjadi dalam masyarakat. Misalnya dengan rencana dibangunnya pembangunan pusat tenaga nuklir
disemenanjung muria beberapa tahun yang lalu. Hal ini akan dikaitkan dengan isu-isu Ketuhanan dan Kemanusiaan. Isu Ketuhanan misalnya perkembangan iptek teknologing disepakati bersama.
Urgensi Pancasila Sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat disimpulkan sebagai berikut
1.Setiap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang dikembangkan di Indonesia harus lah berdasar dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
2.Setiap iptek yang di kembangkan di Indonesia harus menyertakan nilai- nilai Pancasila sebagai faktor perkembangan iptek
3.Pancasila di jadika sebagai rambu- rambu normatif dalam perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi di Indonesia agar nantinya mamp mengendalikan diri serta tidak keluar dari cara berpikir bangsa Indonesia
Pentingnya Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bagi kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara di harapkan dapat menjadi dasar dan akar pada pengembangan keilmuan yang disesuaikan denga nilai – nilai budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia,sehingga pengembangan iptek tidak keluar dari nilai – nilai yang telah dimiliki bangsa indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal

by Syifa Nabilla 2213053213 -
Nama: SYIFA NABILLA
NPM: 2213053213
analisis jurnal

Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang
signifikan. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam proses globalisasi. Saat ini, segala aspek kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern, secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya.Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila. Melihat kenyataan dalam masyarakat terutama pada kalangan mahasiswa, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri.