Kepada kelompok penyaji diminta untuk mengupload bahan diskusinya di forum ini, selanjutnya silahkan untuk memimpin diskusi kelas. Kepada mahasiswa nonpenyaji diwajibkan untuk tetap berpartisipasi aktif selama jalannya diskusi. Terima kasih
In reply to Anggreini Anggreini
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kami kelompok 2 yang beranggotakan:
1. Rizqi Marya Ulfah (1913022024)
2. Revina Rosa (1913022028)
3. Rika Fitriyani (1913022038)
4. Andri Kurnia Safitri (1913022048)
Akan mendiskusikan tentang platform kahoot, silahkan kepada teman-teman kelompok 2 serta teman-teman kelompok lain yang ingin mendiskusikan terkait platform kahoot
1. Rizqi Marya Ulfah (1913022024)
2. Revina Rosa (1913022028)
3. Rika Fitriyani (1913022038)
4. Andri Kurnia Safitri (1913022048)
Akan mendiskusikan tentang platform kahoot, silahkan kepada teman-teman kelompok 2 serta teman-teman kelompok lain yang ingin mendiskusikan terkait platform kahoot
In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Izin menambahkan terkait video yang telah kami buat sebelumnya terkait platforn Kahoot yang kami pilih yang dapat dijadikan sebagai instrumen tes.
Silahkan teman-teman dapat mencermati video tersebut dan jika ada yang kurang jelas bisa kita diskusikan secara bersama-sama. Terimakasih
In reply to Revina Rosa 1913022028
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
by M. Bachri Maulana -
terimakasih kelompok 2, dengan tutorial yang teman teman buat.. jadi bisa menggunakan aplikasi kahoot
In reply to Revina Rosa 1913022028
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Nama : Luqman Hakim
NPM : 1913022037
Izin bertanya, kalo dilihat dalam tayangan video lebih banyak mengulas terkait penggunaan kahoot dalam web browser. Yang saya ingin tanyakan bagaimana untuk versi aplikasi mobilenya itu penggunaannya seperti apa?
NPM : 1913022037
Izin bertanya, kalo dilihat dalam tayangan video lebih banyak mengulas terkait penggunaan kahoot dalam web browser. Yang saya ingin tanyakan bagaimana untuk versi aplikasi mobilenya itu penggunaannya seperti apa?
In reply to Revina Rosa 1913022028
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Zulfani Nadia Agustina (1913022036)
Izin bertanya pada kelompok 2. Jadi setelah kita terjun langsung dalam pembuatan kuis menggunakan kahoot dan juga seperti yang teman-teman contoh kan di video terbaru, ternyata dalam penulisan soal dan jawabannya terdapat maksimal huruf yang bisa digunakan +/- 120 huruf. Sedangkan dalam pelajaran fisika, biasanya soal yang dibuat itu panjang dan kompleks (contoh seperti tipe soal pernyataan). Bagaimanakah cara kita dapat mengatasi permasalahan tersebut pada platform Kahoot? Lalu menurut kalian, apakah platform kahoot ini efektif jika digunakan sebagai instrumen tes pelajaran fisika?
Terima kasih.
Izin bertanya pada kelompok 2. Jadi setelah kita terjun langsung dalam pembuatan kuis menggunakan kahoot dan juga seperti yang teman-teman contoh kan di video terbaru, ternyata dalam penulisan soal dan jawabannya terdapat maksimal huruf yang bisa digunakan +/- 120 huruf. Sedangkan dalam pelajaran fisika, biasanya soal yang dibuat itu panjang dan kompleks (contoh seperti tipe soal pernyataan). Bagaimanakah cara kita dapat mengatasi permasalahan tersebut pada platform Kahoot? Lalu menurut kalian, apakah platform kahoot ini efektif jika digunakan sebagai instrumen tes pelajaran fisika?
Terima kasih.
In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Sebelum itu, izinkan saya terlebih dahulu menjelaskan pengertian kahoot
Kahoot! adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Platform ini adalah permainan pembelajaran, "Kahoots", adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui penjelajah web atau aplikasi Kahoot.
Kahoot! adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Platform ini adalah permainan pembelajaran, "Kahoots", adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui penjelajah web atau aplikasi Kahoot.
In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
by M. Bachri Maulana -
dimengerti
In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Zulfani Nadia Agustina (1913022036)
Apakah kahoot hanya dapat melakukan kuis tipe soal pilihan ganda saja? Lalu berapa banyakah opsi jawaban yang dapat kita buat di tipe soal pilihan ganda tersebut?
Terima kasih.
Apakah kahoot hanya dapat melakukan kuis tipe soal pilihan ganda saja? Lalu berapa banyakah opsi jawaban yang dapat kita buat di tipe soal pilihan ganda tersebut?
Terima kasih.
In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Izin menambahkan kelebihan dari platform kahoot dalam kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut :
- Suasana kelas dapat lebih menyenangkan
- Anak-anak dilatih untuk menggunakan teknologi sebagai media untuk belajar
- Siswa di latih kemampuan motoriknya dalam pengoperasikan KAHOOT
- Kahoot menawarkan keterlibatan yang luar biasa dari sisi siswa. Mereka menikmatinya karena ini adalah jenis kuis yang divisualisasikan dan unik.
- Karena tingkat minat siswa yang tinggi, guru dapat dengan mudah menilai tingkat pemahaman siswa melalui kuis dan polling.
- Kahoot telah menjadi sangat sukses dalam mengurangi monoton dan kebosanan.
- Kahoot adalah platform yang energik dan hidup.
Hal ini dapat digunakan sebagai alat penilaian bagi guru.
- Kahoot telah berhasil menciptakan lingkungan yang positif di kalangan siswa dengan menciptakan motivasi.
- Hal ini telah meningkatkan kinerja siswa karena peningkatan kehadiran siswa.
- Ini secara efektif mengurangi tingkat frustrasi siswa dan stres tentang ketakutan akan penilaian formatif dalam metode tradisional.
- Suasana kelas dapat lebih menyenangkan
- Anak-anak dilatih untuk menggunakan teknologi sebagai media untuk belajar
- Siswa di latih kemampuan motoriknya dalam pengoperasikan KAHOOT
- Kahoot menawarkan keterlibatan yang luar biasa dari sisi siswa. Mereka menikmatinya karena ini adalah jenis kuis yang divisualisasikan dan unik.
- Karena tingkat minat siswa yang tinggi, guru dapat dengan mudah menilai tingkat pemahaman siswa melalui kuis dan polling.
- Kahoot telah menjadi sangat sukses dalam mengurangi monoton dan kebosanan.
- Kahoot adalah platform yang energik dan hidup.
Hal ini dapat digunakan sebagai alat penilaian bagi guru.
- Kahoot telah berhasil menciptakan lingkungan yang positif di kalangan siswa dengan menciptakan motivasi.
- Hal ini telah meningkatkan kinerja siswa karena peningkatan kehadiran siswa.
- Ini secara efektif mengurangi tingkat frustrasi siswa dan stres tentang ketakutan akan penilaian formatif dalam metode tradisional.
In reply to Revina Rosa 1913022028
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
by M. Bachri Maulana -
terimakasih revina sudah merangkum kelebihan dan kekurangan kahoot, saya jadi lebih paham mengenai aplikasi ini
In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Izin menambahkan mengenai cara membuat kuis pada Kahoot
Saat hendak membuat kuis, kita akan dihadapkan pada dashboard Kahoot!
1. Pada halaman dashboard, pilih tombol Create.
2. Pada halaman Create, kita dapat membuat sebuah kuis mulai dari awal atau menggunakan template
3. Selanjutnya kita akan dihadapkan pada pilihan jenis kuis yang dapat dibuat (kuis, benar atau salah, menjawab pertanyaan, teka-teki, polling, slide, dan world cloud)
4. Pada halaman Create, kita dapat membuat pertanyaan, memasukkan gambar tambahan, menentukan waktu untuk menjawab, pilihan jawaban, dan menambahkan pertanyaan.
5. Apabila semua sudah diisi sesuai keinginan, maka kita dapat menambahkan Summary mulai judul, deskripsi, tempat penyimpanan, bahasa, dan masih banyak lagi
6. Setelah Summary diisi, maka tekan tombol Done
7. Setelah kuis selesai dibuat, maka tekan tombol Done di bagian atas kanan.
Saat hendak membuat kuis, kita akan dihadapkan pada dashboard Kahoot!
1. Pada halaman dashboard, pilih tombol Create.
2. Pada halaman Create, kita dapat membuat sebuah kuis mulai dari awal atau menggunakan template
3. Selanjutnya kita akan dihadapkan pada pilihan jenis kuis yang dapat dibuat (kuis, benar atau salah, menjawab pertanyaan, teka-teki, polling, slide, dan world cloud)
4. Pada halaman Create, kita dapat membuat pertanyaan, memasukkan gambar tambahan, menentukan waktu untuk menjawab, pilihan jawaban, dan menambahkan pertanyaan.
5. Apabila semua sudah diisi sesuai keinginan, maka kita dapat menambahkan Summary mulai judul, deskripsi, tempat penyimpanan, bahasa, dan masih banyak lagi
6. Setelah Summary diisi, maka tekan tombol Done
7. Setelah kuis selesai dibuat, maka tekan tombol Done di bagian atas kanan.
In reply to Andri Kurnia Safitri (1913022048)
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Anisa Pramita (1913022016)
Izin bertanya, pada poin nomor 3 telah disebutkan bahwa pada Kahoot! terdapat berbagai pilihan jenis kuis yang dapat dibuat (kuis, benar atau salah, menjawab pertanyaan, teka-teki, polling, slide, dan world cloud). Lantas dari berbagai jenis pilihan kuis tersebut, jenis apa yang akan kalian gunakan sebagai calon guru yang paling efektif untuk mengukur kemampuan siswa?
Terima Kasih
Izin bertanya, pada poin nomor 3 telah disebutkan bahwa pada Kahoot! terdapat berbagai pilihan jenis kuis yang dapat dibuat (kuis, benar atau salah, menjawab pertanyaan, teka-teki, polling, slide, dan world cloud). Lantas dari berbagai jenis pilihan kuis tersebut, jenis apa yang akan kalian gunakan sebagai calon guru yang paling efektif untuk mengukur kemampuan siswa?
Terima Kasih
In reply to Anisa Pramita 1913022016
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Izin menjawab pertanyaan anisa, menurut kami yang paling efektif untuk mengukur kemampuan siswa adalah jenis kuis dan benar atau salah, karena pada jenis tersebut dapat memberikan keakuratan dalam menyajikan jenis soal yang mengacu pada suatu konsep yang ada dalam materi yang telah dipelajari, sedangkan jenis soal lainnya tersebut seperti menjawab pertanyaan, teka-teki, polling, slide, dan world cloud lebih cocok untuk digunakan pada saat proses pembelajarannya.
In reply to Revina Rosa 1913022028
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Baik, terima kasih Revina atas jawabannya.
In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Saya akan menjelaskan kekurangan dari platform kahoot, Kahoot memiliki beberapa kelemahan diantaranya yaitu:
1. Karena beberapa pemain terhubung ke platform yang sama, harus ada koneksi WiFi yang kuat. Jika tidak maka tidak akan bekerja.
2. Musik latar dapat mengganggu dan membuat stres, yang pada akhirnya mengarah pada pengalihan siswa dari tujuannya.
3. Karena banyak pemain terhubung, tingkat persaingan dapat meningkat, sehingga menyebabkan stres dan kemarahan di antara anak-anak.
4. Ketersediaan gadget juga bisa menjadi masalah.
1. Karena beberapa pemain terhubung ke platform yang sama, harus ada koneksi WiFi yang kuat. Jika tidak maka tidak akan bekerja.
2. Musik latar dapat mengganggu dan membuat stres, yang pada akhirnya mengarah pada pengalihan siswa dari tujuannya.
3. Karena banyak pemain terhubung, tingkat persaingan dapat meningkat, sehingga menyebabkan stres dan kemarahan di antara anak-anak.
4. Ketersediaan gadget juga bisa menjadi masalah.
In reply to Rika Fitriyani (1913022038)
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
by Rizky Isnani -
Rizky Isnani 1913022018
Izin bertanya, apakah ada solusi untuk masalah no.3 pada tingkat persaingan agar tidak menyebabkan anak-anak stress dan kemarahan diantara anak-anak? Terimakasih.
Izin bertanya, apakah ada solusi untuk masalah no.3 pada tingkat persaingan agar tidak menyebabkan anak-anak stress dan kemarahan diantara anak-anak? Terimakasih.
In reply to Rizky Isnani
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Izin menjawab, solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelemahan no 3 yaitu dengan menampilkan soal-soal yang interaktif dan tidak membosankan sehingga dapat mengurangi stres dan kemarahan. selain itu juga harus ada motivasi untuk menguji kemampuan diri, semakin banyak pesaing maka akan semakin maksimal dalam mengukur kemampuan.
In reply to Rika Fitriyani (1913022038)
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
by Rizky Isnani -
Terimakasih Rika atas jawabannya!
In reply to Rizky Isnani
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Sama-samaa Rizky Isnani
In reply to Rizky Isnani
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Nama : Luqman Hakim
NPM : 1913022037
Izin menambahkan pertanyaan dari saudari Rizky Isnaini, apakah musik latar yang tersedia bisa dinonaktifkan apabila siswa sedang mengerjakan soal-soal interaktif?
NPM : 1913022037
Izin menambahkan pertanyaan dari saudari Rizky Isnaini, apakah musik latar yang tersedia bisa dinonaktifkan apabila siswa sedang mengerjakan soal-soal interaktif?
In reply to Rika Fitriyani (1913022038)
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
by Anis Tasyani -
Anis Tasyani 1913022008
Izin bertanya, apakah ada solusi untuk masalah no.1 jika saat sedang mengerjakan quiz tiba-tiba koneksi terputus apakah jawaban akan tetap tersimpan? Terimakasih.
Izin bertanya, apakah ada solusi untuk masalah no.1 jika saat sedang mengerjakan quiz tiba-tiba koneksi terputus apakah jawaban akan tetap tersimpan? Terimakasih.
In reply to Anis Tasyani
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
solusi untuk masalah no 1 yaitu kita tunggu sampai koneksi terhubung kembali, ketika sudah terhubung kembali bisa melanjutkan quiz karena jawaban tetap tersimpan.
In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Egi Dia Ekayani 1913022002
Apakah kahoot dapat digunakan untuk soal essai? Dan apakah ada fitur yang tidak bisa digunakan karena harus berlangganan?
Apakah kahoot dapat digunakan untuk soal essai? Dan apakah ada fitur yang tidak bisa digunakan karena harus berlangganan?
In reply to Egi Dia Ekayani (1913022002)
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Izin menjawab ya egi
Jadi Kahoot sendiri bisa menggunakan tipe soal essai, namun untuk aksesnya kita setidaknya harus menggunakan akun premium gi.
Jadi akun Kahoot itu ada 4 tingkatan; Basic, Pro, Premium, dan Premium+
Tentu saja tiap tingkatan akun tersebut memiliki kelebihan masing-masing gi, dan yang aksesnya gratis hanya akun Basic saja
Jadi Kahoot sendiri bisa menggunakan tipe soal essai, namun untuk aksesnya kita setidaknya harus menggunakan akun premium gi.
Jadi akun Kahoot itu ada 4 tingkatan; Basic, Pro, Premium, dan Premium+
Tentu saja tiap tingkatan akun tersebut memiliki kelebihan masing-masing gi, dan yang aksesnya gratis hanya akun Basic saja
Untuk lebih lengkapnya egi bisa cek di link berikut yaaa
In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
by Cindy May 1913022056 -
Cindy May (1913022056) izin bertanya, bagaimana perbedaan antara Kahoot dan Quizizz? karena kalau dilihat, kedua aplikasi tersebut rada-rada mirip yaahh...
Apa kelebihan yang dimiliki Kahoot jika dicompare dengan Quizizz? Terima kasih.
Apa kelebihan yang dimiliki Kahoot jika dicompare dengan Quizizz? Terima kasih.
In reply to Cindy May 1913022056
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Izin menjawab ya Cindy
Keduanya memiliki fitur yang dapat mendukung suasana belajar mengajar dengan menyenangkan, namun terdapat perbedaan di antara kedua platform tersebut seperti:
1. Fitur Quizizz sepenuhnya dapat dirasakan secara gratis, sedangkan kahoot perlu mengupgrade ke versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih bervariasi.
2. Kahoot lebih memiliki fitur interaktif yang canggih
3. Quizizz dapat dimainkan secara Tim dan support mode ujian, untuk kahoot tidak akan menemukannya dalam mode gratis.
4. Kahoot dapat support interaksi secara langsung melalui video, sedangkan quizizz tidak bisa.
5. Permainan Kahoot dapat dilakukan dengan mode perangkat siswa sebagai remote untuk memilih jawab atas soal yang ditampilkan pada layar interaktif di kelas, untuk kahoot soal dan jawaban langsung tersaji di perangkat pengguna.
6. Quzizz dapat memuat peserta yang banyak, sedangkan Kahoot dalam mode gratisnya terbatas.
Keduanya memiliki fitur yang dapat mendukung suasana belajar mengajar dengan menyenangkan, namun terdapat perbedaan di antara kedua platform tersebut seperti:
1. Fitur Quizizz sepenuhnya dapat dirasakan secara gratis, sedangkan kahoot perlu mengupgrade ke versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih bervariasi.
2. Kahoot lebih memiliki fitur interaktif yang canggih
3. Quizizz dapat dimainkan secara Tim dan support mode ujian, untuk kahoot tidak akan menemukannya dalam mode gratis.
4. Kahoot dapat support interaksi secara langsung melalui video, sedangkan quizizz tidak bisa.
5. Permainan Kahoot dapat dilakukan dengan mode perangkat siswa sebagai remote untuk memilih jawab atas soal yang ditampilkan pada layar interaktif di kelas, untuk kahoot soal dan jawaban langsung tersaji di perangkat pengguna.
6. Quzizz dapat memuat peserta yang banyak, sedangkan Kahoot dalam mode gratisnya terbatas.
In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
by Cindy May 1913022056 -
Terbatasnya itu berapa peserta untuk mode gratis pada Kahoot?
In reply to Cindy May 1913022056
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Izin menjawab cims, mode gratis pada Kahoot atau disebut dengan Akun Basic atau Free dapat digunakan untuk menyelenggarakan Live Game dan Challege untuk 50 peserta.
In reply to Revina Rosa 1913022028
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
by Cindy May 1913022056 -
Oke terima kasih Ulfa dan Revi atas jawabannya!
In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Sofia Nurulita Hardini (1913022054)
izin bertanya kepada kelompok 2, bagaimana cara untuk mengatur batas waktu untuk menjawab soal pada kahoot? terima kasih
izin bertanya kepada kelompok 2, bagaimana cara untuk mengatur batas waktu untuk menjawab soal pada kahoot? terima kasih
In reply to Sofia nurulita hardini
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Izin menjawab
Pada halaman untuk memulai membuat quiz halaman membuat soal kuis kahoot!, disana terdapat gambar yang kurang lebih seperti di bawah ini, disana anda dapat membuat pertanyaan beserta jawaban pilihan dan durasi waktu.
Pada halaman untuk memulai membuat quiz halaman membuat soal kuis kahoot!, disana terdapat gambar yang kurang lebih seperti di bawah ini, disana anda dapat membuat pertanyaan beserta jawaban pilihan dan durasi waktu.

In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Galuh Octarina Kusuma Wardhani HS (1913022044)
Izin bertanya kepada Kelompok 2. Pada platform kahoot versi tidak berbayar, hanya dapat membuat tipe soal pilihan ganda dan tidak dapat membuat soal tipe uraian pada platform tersebut. Apabila nantinya ketika kalian menjadi guru akan menggunakan platform kahoot versi tidak berbayar sebagai platform kuis untuk dikerjakan oleh siswa, bagaimana cara kalian mengukur kemampuan siswa dilihat dari hasil nilai pengerjaan kuis pilihan ganda dengan platform ini? Sedangkan kenyataannya, tidak semua siswa mengerjakan kuis tersebut sesuai dengan kemampuannya. Kemungkinan, beberapa siswa mendapatkan nilai bagus dari hasil pengerjaan kuis dengan cara mencontek atau kerja sama dengan temannya.
Izin bertanya kepada Kelompok 2. Pada platform kahoot versi tidak berbayar, hanya dapat membuat tipe soal pilihan ganda dan tidak dapat membuat soal tipe uraian pada platform tersebut. Apabila nantinya ketika kalian menjadi guru akan menggunakan platform kahoot versi tidak berbayar sebagai platform kuis untuk dikerjakan oleh siswa, bagaimana cara kalian mengukur kemampuan siswa dilihat dari hasil nilai pengerjaan kuis pilihan ganda dengan platform ini? Sedangkan kenyataannya, tidak semua siswa mengerjakan kuis tersebut sesuai dengan kemampuannya. Kemungkinan, beberapa siswa mendapatkan nilai bagus dari hasil pengerjaan kuis dengan cara mencontek atau kerja sama dengan temannya.
In reply to Galuh Octarina Kusuma Wardhani HS 1913022044
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Izin menjawab galuh, jika mengukur kemampuan siswa dilihat dari hasil nilai pengerjaan kuis pilihan ganda dengan platform ini dan terdapat kemungkinan siswa mendapatkan nilai bagus dari hasil pengerjaan kuis dengan cara mencontek, kuis ini dapat disetting pertanyaannya menjadi acak, sehingga siswa sulit mencontek karena soal yang akan muncul di layar hp/komputer masing-masing siswa satu dengan yang lain berbeda, dan nantinya sebagai guru juga dapat memberikan edukasi sebelum memulai tes untuk mengukur kemampuan kepada siswa tentang tidak baiknya mencontek serta kerugian mencontek dan lainnya supaya siswa malu dan enggan mencontek.
In reply to Revina Rosa 1913022028
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Terima kasih Revina atas penjelasannya
In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Mitha Nur Cahyani (1913022032)
Izin bertanya, bagaimana perbedaan dan keunggulan yang kita peroleh jika kita menggunakan Kahoot versi premium?
Izin bertanya, bagaimana perbedaan dan keunggulan yang kita peroleh jika kita menggunakan Kahoot versi premium?
In reply to Mitha Nur Cahyani 1913022032
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Finka Natasya Nur Ashifa (1913022052)
Izin menjawab pertanyaan Mitha. Berikut perbandingan keunggulan dari masing-masing Kahoot versi Basic, Pro, Premium, dan Premium+ berdasarkan sumber dari https://kahoot.com/schools/plans/

atau lebih lengkapnya bisa akses pada link berikut. Terima kasih.
Izin menjawab pertanyaan Mitha. Berikut perbandingan keunggulan dari masing-masing Kahoot versi Basic, Pro, Premium, dan Premium+ berdasarkan sumber dari https://kahoot.com/schools/plans/

atau lebih lengkapnya bisa akses pada link berikut. Terima kasih.
In reply to Rizqi marya ulfah 1913022024
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
Izin mengirimkan revisi video dan ppt bu, berikut ini adalah link video yang sudah kami upload di google drive beserta ppt:
https://drive.google.com/folderview?id=15PXaz6oQ_elCnG1hj3umezuZfE3VEnIt
https://drive.google.com/folderview?id=15PXaz6oQ_elCnG1hj3umezuZfE3VEnIt
In reply to Rika Fitriyani (1913022038)
Re: MERANCANG INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT
by M. Bachri Maulana -
keren cukup jelas dari kelompok 2