diskusi

diskusi

diskusi

Number of replies: 6

sampaikan pertanyaan, tanggapan, sanggahan diskusi di sini

In reply to First post

Re: diskusi

by Gita Indah Mustika 1913053007 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Indah Mustika
NPM : 1913053007
No. Absen : 13
Semester 6B
Izin bertanya kepada saudari Kunci Rahayu
Apa manfaat dari pelaporan penilaian proses dan hasil belajar?

Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: diskusi

by Via Inka Eliska 1913053002 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Via Inka Eliska
NPM : 1913053002
Absen : 26
Kelas : 6B

Izin bertanya kepada saudari kunci,
Laporan naratif dalam jenis dan model laporan assessment memuat rincian apa yang telah dipelajari oleh siswa, termasuk usaha yang telah dilakukan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Pertanyaan nya, berikan contoh laporan naratif terhadap penilaian siswa di kelas!

Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: diskusi

by Devita Auliya 1913053103 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Devita Auliya
NPM : 1913053103
Absen : 07
Kelas : 6B

Izin bertanya kepada saudari via,
Di dalam pengguna laporan hasil asesmen proses dan hasil belajar terdapat kaitan antara komunikasi orang tua dan pihak sekolah. Sebutkan tiga keyakinan menurut Gibson (1986) tentang kaitan komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua peserta didik!

Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to Devita Auliya 1913053103

Re: diskusi

by Via Inka Eliska 1913053002 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Via Inka Eliska
NPM : 1913053002
Absen : 26
Kelas : 6B

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Devita.
Menurut Gibson (1986) terdapat kaitan antara komunikasi orang tua dan pihak sekolah, sebagai berikut.
a. Para orang tua memiliki hak untuk mengetahui apa yang berlangsung di sekolah tempat putra-putri mereka belajar.
b. Pengetahuan yang diperoleh dari laporan akan menciptakan hubungan yang baik antara orang tua dan guru.
c. Komunikasi yang baik antara orang tua dan guru akan menghasilkan perbaikan-perbaikan dalam belajar dan sikap

Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: diskusi

by Kartika Dwi Wahyuning 1913053069 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri,
Nama : Kartika Dwi Wahyuning
NPM : 1913053069
Kelas : 6B
Izin bertanya kepada saudari Via Inka Eliska, pertanyaannya :
Bagaimana cara penyampaian laporan hasil asessment pada keluarga ?

Sekian
Terimakasih
In reply to Kartika Dwi Wahyuning 1913053069

Re: diskusi

by Via Inka Eliska 1913053002 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Via Inka Eliska
NPM : 1913053002
Absen : 26
Kelas : 6B

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Kartika.

Penyampaian laporan hasil asasmen pada keluarga lebih dianjurkan dengan kondisi saling bertemu atau tidak melalui media maya. Hal ini dilakukan guna memperjelas dan mempermudah penyampaian asasmen yang menyangkut dengan perkembangan sang anak. Adapun waktu yang tepat ketika saat pengambilan rapor pada tiap semester. Di sini, selain orang tua mengetahui nilai yang diperoleh anaknya namun juga mendapatkan informasi perkembangan yang anaknya jalani saat ini. Seperti yang dikemukakan oleh Heru Kurniawan dan Risdianto Hermawan(2016) bahwa program terpenting yaitu kegiatan yang dilakukan antara orang tua dan pihak sekolah dalam membahas proses tumbuh kembang anak dan berbagai permasalahannya agar terjadi kesinambungan dalam rangka optimalisasi potensi anak.

Namun bisa juga, Penyampaian laporan dapat dilakukan secara tertulis maupun lisan. Pada laporan tertulis, hasil penilaian yang disampaikan biasanya bersumber dari data yang dikumpulkan melalui potofolio. Sedangkan penyampaian laporan langsung melalui lisan biasanya laporan ini disampaikan secara berkala atau bisa sewaktu-waktu jika diperlukan dan dilakukan dengan cara konsultasi antara guru dengan orang tua.
Hal yang perlu diperhatikan dalam penyampaian laporan hasil asesmen antara lain;
1) Penggunaan bahasa yang lugas
2) Disampaikan dengan penggunaan kalimat positif (menghilangkan kata jangan dan tidak boleh)
3) Fokus pada permasalahan dan karakteristik anak
4) Obyektif
5) Mengkomunikasikan secara bersahaja

Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh