Forum Diskusi

Forum Diskusi

Forum Diskusi

Number of replies: 20

Mahasiswa berikan tanggapan pada forum diskusi terkait video pertemuan 15.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Lina Pertiwi 1913053055 -
Nama: Lina Pertiwi
NPM: 1913053055
No. Absen: 21
Kelas: 6A

Izin menanggapi video tersebut pak,
Ekstrakurikuler kesenian adalah kegiatan pendidikan dibidang kesenian yang dilakukan di luar jam mata pelajaran di sekolah dasar. Ekstrakurikuler kesenian bertujuan sebagai media atau wadah dalam mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang kesenian. Ekstrakurikuler kesenian sangat penting bagi peserta didik sekolah dasar karena sebagai wahana pengembangan minat dan bakat peserta didik dibidang kesenian dan sebagai wahana memfasilitasi persiapan peserta didik melalui pengembangan bakat dan minat dalam bidang kesenian yang diminati.Ekstrakurikuler kesenian yang diselenggarakan di sekolah memiliki tujuan dalam mengembangkan minat, bakat, dan kreativitas anak.

Bentuk dan jenis ekstrakurikuler dibidang kesenian dibagi menjadi
1. Bidang seni musik (bernyanyi dan bermain musik)
2. Bidang seni tari (tari tradisi dan tari kreasi)
3. Bidang seni rupa (menggambar dan membentuk)
4. Bidang seni teater (teater tutur. teater gerak, teater boneka, teater drama, teater musikal)

Dalam ekstrakurikuler kesenian peserta kegiatan ekstrakurikuler ini adalah seluruh peserta didik dari kelas 1-5 yang dikelompokkan berdasarkan minat dan bakat. Kegiatan ekstrakurikuler kesenian di SD dilakukan di luar jam mata pelajaran dilaksanakan satu minggu sekali dengan durasi 1-2 jam. Dalam satu semester dilaksanakan maksimal 18 kali pertemuan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Nafazri Eprilia 1953053003 -
Nama : Nafazri Eprilia
NPM : 1953053003
No.absen : 25
Kelas : 6A

Izin menanggapi pada video 15 bapak

Pendidikan seni bertujuan membangun kesadaran dan pemahaman anak terhadap warisan artistik sebagai bagian yang signifikan dari warisan budaya secara keseluruhan. Anak-anak juga diajak untuk memahami peran seni dalam masyarakat. Mereka dapat belajar dan menjadikannya sebagai kebiasaan untuk menghargai lingkungan yang dekat dengan dirinya maupun lingkungan lain yang kurang dikenalnya. Jadi melalaui pendidikan seni di sekolah dasar, siswa di latih untuk mengembangkan bakat kreatif, kemampuan dan keterampilan yang dapat ditransfer pada kehidupan dimasa depan.

Pendidikan seni diberikan kepada anak dengan berbagai tujuan : 

1. Pemenuhan diri (Personal fulfillment)
Melalui pendidikan seni,anak memperoleh pengalaman sensasional dalam diri yang sangat kuat,dari membentuk sesuatu,yang mengekspresikan sesuatu tentang dirinya.

2.Memahami warisan artistic (Understanding the artistic heritage)
Pendidikan seni bertujuan membangun kesadaran dan pemahaman anak terhadap warisan artistik sebagai bagian yang signifikan dari warisan budaya secara keseluruhan.

3.Memahami peran seni dalam masyarakat.
Melalui pendidikan seni anak-anak diajak untuk memahami peran seni dalam masyarakat.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Hanania Ayu Widya 1913053004 -
Nama: Hanania Ayu Widya
NPM: 1913053004

Izin menjawab Pak,

Di dalam video tersebut menjelaskan tentang "Pengembangan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar". Terdapat beberapa poin yang dijelaskan, diantanya sebagai berikut:
1. Pengertian ekstrakurikuler kesenian
2. Tujuan ekstrakurikuler kesenian
3. Fungsi ekstrakurikuler kesenian
4. Visi dan misi ekstrakurikuler kesenian di sekolah dasar
5. Prinsip ekstrakurikuler kesenian
6. Bentuk dan jenis ekstrakurikuler kesenian
7. Materi kegiatan ekstrakurikuler kesenian
8. Pengembangan metode dan evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler di sekolah dasar
9. Struktur organisasi
10. Pembiayaan
11. Peserta kegiatan
12. Jadwal pelaksanaan
13. Penyusunan rencana ekstrakurikuler kesenian
14. Pelaksanaan kegiatan

Kegiatan ekstrakurikuler kesenian di sekolah dasar merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik sekolah dasar.
Jenis kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah terdiri dari beberapa jenis kesenian diantaranya, seni musik, rupa, teater dan seni tari. Keempat jenis ektrakurikuler ini memiliki target capaian yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik bidang seni yang dikembangkan.
Pola kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah lebih menekankan untuk memberikan beragam pengalaman praktik berkesenian seperti seni musik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Wika Orin Sherialiusani 1913053039 -
Nama : Wika Orin Sherialiusani
NPM : 1913053039
No. Absen : 35

Video pertemuan 15 membahas beberapa hal tentang Pengembangan Ekstrakulikuler Kesenian di SD, diantaranya yaitu:
1. Pengertian Ekstrakurikuler Kesenian: merupakan kegiatan pendidikan di bidang kesenian yang dilakukan di luar jam pelajaran di sekolah dasar.
2. Tujuan Ekstrakulikuler Kesenian: sebagai media atau wadah dalam mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang kesenian.
3. Fungsi Ekstrakurikuler Kesenian : mencakup fungsi pengembangan, fungsi sosial, fungsi rekreatif, dan fungsi persiapan karir.
4. Visi dan Misi Ekstrakurikuler: berkembangnya potensi seni, kreativitas, bakat, minat, kemampuan, kepribadian dan kemandirian peserta didik secara optimal melalui kegiatan-kegiatan di luar kegiatan intrakurikuler (visi) ; manfaat iritasi siswa untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat peserta didik dalam bidang kesenian, serta menyelenggarakan sejumlah kegiatan kesenian yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri secara optimal melalui kegiatan mandiri dan kelompok.
5. Prinsip Ekstrakulikuler Kesenian: bersifat individual, bersifat pilihan, keterlibatan aktif, menyenangkan, membangun motivasi, dan kemanfaatan sosial.
6. Bentuk dan Jenis Ekstrakurikuler Kesenian : seni musik (musik tradisi, kreasi) ; seni tari (tari tradisi, tari kreasi) ; seni rupa (2D, 3D) ; seni teater ( tradisi, non tradisi)
7. Materi Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian: seni musik (bernyanyi dan bermain musik) ; seni tari (tari tradisi dan tari kreasi) ; seni rupa (menggambar dan membentuk) ; seni teater (teater tutur teater gerak teater boneka teater drama dan teater musikal).
8. Pengembangan Metode dan Evaluasi Pembelajaran Ekskul SD
9. Struktur Organisasi Ekstrakurikuler Kesenian
10. Pembiayaan Ekstrakurikuler Kesenian: meliputi sumber (swadaya sekolah, komite, dana BOS, sponsor dan orang tua siswa) dan jenis kebutuhan (struktur organisasi, kesekretariatan, sarana dan prasarana serta biaya produksi)
11. Peserta Kegiatan: seluruh peserta didik dari kelas 1 sampai 5 yang dikelompokkan berdasarkan minat dan bakat.
12. Jadwal Pelaksanaan: satu minggu sekali dengan durasi 1 sampai 2 jam, dalam satu semester maksimal 18 kali pertemuan.
13. Penyusunan Rencana Ekstrakurikuler Kesenian
14. Pelaksanaan Kegiatan: ada sarana dan prasarana, ada instruktur dan ada program.

Menurut saya adanya ekstrakurikuler bidang seni di sekolah dasar memiliki peran yang penting, yaitu : dapat dijadikan sebagai sarana untuk menyiapkan peserta didik kreatif dan inovatif serta memiliki kepekaan tinggi baik terhadap lingkungan disekitarnya maupun di lingkungan yang lebih luas. Adanya ekstrakurikuler bidang kesenian juga dapat dijadikan alat untuk mengembangkan dan menghasilkan individu yang berbudaya dan berdaya kreatif sehingga seni menjadi bermakna untuk memancing potensi kreatif peserta didik.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Marsasanda Andarin 1913053026 -

Nama : Marsasanda Andarin

NPM : 1913053026

No. Absen : 22

 

Izin menanggapi video pertemuan 15,

Pada video tersebut, materi yang dibahas adalah Pengembangan Ekstrakurikuler Kesenian di SD.

Ekstrakurikuler kesenian adalah kegiatan pendidikan di bidang kesenian yang dilakukan diluar jam mata pelajaran sekolah dasar. Tujuan diadakannya ekstrakurikuler kesenian yaitu sebagai media atau wadah dalam mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang kesenian.

Beberapa fungsi ekstrakurikuler kesenian antara lain :

  1. Fungsi Pengembangan
  2. Fungsi Sosial
  3. Fungsi Rekreatif
  4. Fungsi Persiapan Akhir

Visi kegiatan Ekstrakurikuler kesenian di SD adalah berkembangnya potensi seni, kreatifitas, bakat, minat , kemampuan, kepribadian, dan kemandirian peserta didik secara optimal melalui kegiatan- kegiatan di luar kegiatan ekstrakurikuler.

Sedangkan misi kegiatan Ekstrakurikuler kesenian di SD, antara lain:

  1. Memfasilitasi siswa untuk mengembangkan potensi, bakat, dan minat peserta didik dalam bidang kesenian.
  2. Menyelenggarakan sejumlah kegiatan kesenian yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat mengekspresikan diri secara optimal melalui kegiatan mandiri dan kelompok.

Prinsip Ekstrakurikuler kesenian, antara lain:

  1. Bersifat individual
  2. Bersifat Pilihan
  3. Keterlibatan Aktif
  4. Menyenangkan
  5. Membangun Motivasi
  6. Kemanfaatan Sosial

 Bentuk dan Jenis Ekstrakurikuler kesenian, antara lain:

  1. Seni Musik (Musik tradisi & Kreasi)
  2. Seni Tari (Tari Tradisi & Tari Kreasi)
  3. Seni Rupa (Karya Seni Rupa Dua Dimensi & Karya Seni Rupa Tiga Dimensi)
  4. Seni Teater (Teater Tradisi & Teater Non- Tradisi)

Materi Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian, antara lain Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa & Seni Teater.

Untuk mencapai hasil yang maksimal dari kegiatan Ekstrakurikuler kesenian di SD, maka dilakukan pengembangan metode pembelajaran dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Peserta kegiatan Ekstrakurikuler kesenian di SD adalah seluruh peserta didik dari kelas 1-5 yang dikelompokkan berdasarkan minat dan bakat. Kegiatan Ekstrakurikuler kesenian di SD dilakukan diluar jam maa pelajaran, dilaksanakan satu minggu sekali dengan durasi 1-2 jam. Dalam satu semester dilaksanakan maksimal 18 kali pertemuan.


In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Chika Nurpalo Afiany 1913053021 -
Nama: Chika Nurpalo Afiany
NPM: 1913053021
No. Absen: 08

Izin menanggapi video,
Dalam video tersebut menjelaskan tentang "Pengembangan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar". Terdapat beberapa hal yang dijelaskan dalam video, yaitu.
Pengertian ekstrakurikuler kesenian, tujuan ekstrakurikuler kesenian, fungsi ekstrakurikuler kesenian, visi dan misi ekstrakurikuler kesenian di sekolah dasar, prinsip ekstrakurikuler kesenian, bentuk dan jenis ekstrakurikuler kesenian, materi kegiatan ekstrakurikuler kesenian, pengembangan metode dan evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler di sekolah dasar, struktur organisasi, pembiayaan, peserta kegiatan, jadwal pelaksanaan, penyusunan rencana ekstrakurikuler kesenian, dan pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian adalah salah satu kegiatan di luar jam pelajaran sekolah untuk mengembangkan bakat, minat dan kreatifitas pesertadidik di bidang seni terutama Seni Tari, Jaranan dan Musik. Kegiatan ekstrakurikuler kesenian juga dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus. Cara belajar peserta didik yang lebih mengutamakan kreativitas kesenian memiliki pendekatan dalam proses pembelajaran. Ekstrakurikuler kesenian ini mempunyai tujuan agar siswa dapat mengembangkan bakat dan minat terhadap kesenian baik kesenian daerah maupun kesenian nasional.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Dini Ariska Putri 1913053070 -
Nama : Dini Ariska Putri
NPM : 1913053070
No. Absen : 10

Izin menanggapi video pada pertemuan 15 pak,

Pentingnya ekstrakurikuler bidang seni di sekolah dasar yaitu sebagai media atau wadah dalam mengembangkan minat dan bakat siswa dibidang kesenian sehingga berkembangnya potensi seni, kreativitas, bakat, minat, kemampuan, kepribadian dan kemandirian pada peserta didik dapat secara optimal. Selain itu, pendidikan seni dalam kegiatan ekstrakulikuler seni juga karena memiliki manfaat dan keunikan terhadap kebutuhan perkembangan siswa yang terletak pada penanaman terhadap estetis dalam bentuk kegiatan berapresiasi, berekspresi dan berkreasi terhadap seni.

Adapun bentuk dan jenis ekstrakurikuler dibidang seni seperti :
1. Seni musik.
2. Seni tari (tari tradisi, tari kreasi).
3. Seni rupa (karya seni rupa dua dimensi, karya seni rupa tiga dimensi).
4. Seni teater (teater tradisi, taeter non tradisi).
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Nabila Salsabila 1913053048 -
Nama : Nabila Salsabila
NPM. : 1913053048

Izin menanggapi Pak,
Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar merupakan suatu kegiatan
pembelajaran yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik Sekolah Dasar. Dalam hal ini, kegiatan pembelajaran Ekstrakurikuler Kesenian lebih menekankan pada aktivitas “belajar sambil melakukan” (learning by doing), sebagai upaya menstimulasi keberanian peserta didik Sekolah Dasar untuk mengekspresikan ide atau gagasan seni mereka dalam bidang seni musik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater. Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian ini juga dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik Sekolah Dasar. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus. Selain itu ekstrakurikuler kesenian bertujuan sebagai media dalam mengembangkan minat dan bakat peserta didik dibidang kesenian.

Di dalam video membahas tentang "Pengembangan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar" yang memuat beberapa pokok bahasan antara lain:
Pengertian ekstrakurikuler kesenian; Tujuan ekstrakurikuler kesenian; Fungsi ekstrakurikuler kesenian; Visi dan misi ekstrakurikuler kesenian di sekolah dasar; Prinsip ekstrakurikuler kesenian; Bentuk dan jenis ekstrakurikuler kesenian; Materi kegiatan ekstrakurikuler kesenian; Pengembangan metode dan evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler; Struktur organisasi; Anggaran; Peserta kegiatan; Jadwal dan Penyusunan rencana ekstrakurikuler kesenian dan yang terakhir Pelaksanaan kegiatan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Sekar Putri 1913053089 -
Nama: Sekar Putri Hapsari
Npm; 1913050389
No Absen: 31
Kelas 6A

Izin menanggapi Video pak,
Pengertian Ekstrakurikuler Kesenian
Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik Sekolah Dasar. Jenis kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah terdiri dari beberapa jenis kesenian diantaranya, seni musik, rupa, teater dan seni tari. Keempat jenis ektrakurikuler ini memiliki target capaian yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik bidang seni yang dikembangkan.

Tujuan Ekstrakurikuler Kesenian
Ekstrakurikuler kesenian ini mempunyai tujuan agar siswa dapat mengembangkan bakat dan minat terhadap kesenian baik kesenian daerah maupun kesenian nasional.

Bentuk dan jenis ekstrakurikuler dibidang kesenian dibagi menjadi
1. Bidang seni musik (bernyanyi dan bermain musik)
2. Bidang seni tari (tari tradisi dan tari kreasi)
3. Bidang seni rupa (menggambar dan membentuk)
4. Bidang seni teater (teater tutur. teater gerak, teater boneka, teater drama, teater musikal)

Dalam ekstrakurikuler kesenian peserta kegiatan ekstrakurikuler ini adalah seluruh peserta didik dari kelas 1-5 yang dikelompokkan berdasarkan minat dan bakat. Kegiatan ekstrakurikuler kesenian di SD dilakukan di luar jam mata pelajaran dilaksanakan satu minggu sekali dengan durasi 1-2 jam. Dalam satu semester dilaksanakan maksimal 18 kali pertemuan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Ayu Farisda Faiz 1913053034 -
Nama: Ayu Farisda Faiz
NPM: 1913053034
No.Absen: 07

,zin menanggapi video tersebut pak:

Dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler terdapat beberapa prinsip yang didapatkat oleh peserta didik, diantaranya:
1) Individual, prinsip kegiatan esktrakurikuler yang sesuai denganpotensi, bakat dan minat peserta didik masing-masing.
2) Pilihan, prinsip kegiatan esktrakurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela peserta didik.
3) Keterlibatan aktif, prinsip kegiatan esktrakurikuler yang menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh.
4) Menyenangkan, prinsip kegiatan esktrakurikuler dalam suasana yang disukai dan menggembirakan peserta didik.
5) Etos kerja, prinsip kegiatan esktrakurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk bekerja dengan baik dan berhasil.
6) Kemanfaatan sosial, prinsip kegiatan esktrakurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.

Program yang dikembagkan dalam kegiatan esktrakurikuler tidak terlepas dari tersedianya infrstruktur berupa sumber daya manusia dan juga sarana prasarana sekolah yang bersangkutan. Ada beberapa jenis program kegiatan esktrakurikuler, yaitu:
1) Krida, meliputi kepramukaan, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Palang Merah Remaja (PMR), Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskribaka).
2) Latihan/ Lomba Keberbakatan, meliputi pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, cinta alam, jurnalistik, teater, dan keagamaan.
3) Karya Ilmiah, meliputi Karya Ilmiah Remaja (KIR), penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, dan penelitian.
4) Seminar, lokakarya, dan bazar, dengan substansi antara lain karier, pendidikan, kesehatan, perlindingan HAM, keagamaan, dan seni budaya.
5) Olahraga, yang meliputi beberapa cabang olahraga yang diminati tergantung sekolah tersebut, misalnya: basket, karate, taekwondo, silat, softball, dan lain sebagainya (Robinah M Noor, 2012: 77).

Untuk mengimplementasikan program-program kegiatan tersebut, kita dihadapkan pada berbagai hambatan. Baik hambatan tersebut berasal dari peserta didik maupun hambatan yang berasal dari luar diri peserta didik, beberapa contoh hambatan tersebut, yaitu:
peserta didik, penyesuaian konten, individu guru, sistem dan metode, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, teman.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Frischa Ramadhan Putri 1913053112 -
Nama: Frischa Ramadhan Putri
NPM: 1913053112
No. Absen: 11

Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di sekolah dasar merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik sekolah dasar. Jenis kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah terdiri dari beberapa jenis kesenian diantaranya, seni musik, rupa, teater dan seni tari. Keempat jenis ektrakurikuler ini memiliki target capaian yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik bidang seni yang dikembangkan.

Pola kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah lebih menekankan untuk memberikan beragam pengalaman praktik berkesenian seperti seni musik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater. Dalam hal ini, kegiatan pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler lebih menekankan pada aktivitas “belajar sambil melakukan” (learning by doing), sebagai upaya menstimulasi keberanian peserta didik sekolah dasar untuk mengekspresikan ide atau gagasan seni mereka dalam bidang seni musik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater. Kegiatan ekstrakurikuler kesenian ini juga dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik sekolah dasar.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Hanna Wahyu Aruming Tyas -
Nama : Hanna Wahyu Aruming Tyas
NPM : 1953053011
No. absen : 15

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam tatap muka reguler untuk mendukung terwujudnya kurikulum dalam rangka memperluas wawasan, pengetahuan dan kemampuan siswa dalam menghayati apa yang telah dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler. Selain itu, melalui kegiatan ekstrakurikuler dikembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya mengembangkan diri siswa.
Kegiatan ekstrakurikuler kesenian dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus. Cara belajar peserta didik yang lebih mengutamakan kreativitas kesenian memiliki pendekatan dalam proses pembelajaran. Jenis kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah terdiri dari beberapa jenis kesenian diantaranya, seni musik, rupa, teater dan seni tari. Keempat jenis ektrakurikuler ini memiliki target capaian yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik bidang seni yang dikembangkan. Pola kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah lebih menekankan untuk memberikan beragam pengalaman praktik berkesenian seperti seni musik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater. Dalam hal ini, kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler kesenian lebih menekankan pada aktivitas “belajar sambil melakukan”, sebagai upaya menstimulasi keberanian peserta didik untuk mengekspresikan ide atau gagasan seni mereka dalam bidang seni musik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater. Ekstrakurikuler kesenian ini mempunyai tujuan agar siswa dapat mengembangkan bakat dan minat terhadap kesenian baik kesenian daerah maupun kesenian nasional.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Anggi Cahyani Putri 1913053083 -
Nama : Anggi Cahyani Putri
Npm : 1913053083
No. Absen : 03

Izin menanggapi bapak,

Vidio tersebut membahas mengenai Pengembangan ekstrakurikuler kesenian di SD. Kesenian sebagai salah satu unsur kebudayaan dalam masyarakat dapat dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yaitu ektrakurikuler seni. Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian adalah salah satu kegiatan di luar jam pelajaran sekolah untuk mengembangkan bakat, minat dan kreatifitas peserta didik di bidang seni. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus. Cara belajar peserta didik yang lebih mengutamakan kreativitas kesenian memiliki pendekatan dalam proses pembelajaran. kegiatan ekstrakulikuler seni diberikan sekolah memiliki manfaat dan ke unikan yang diberikan terhadap kebutuhan perkembangan siswa.

Sekolah Dasar merupakan salah satu peletak dasar untuk meningkatkan perkembangan anak dalam perkembangan sikap dan keterampilannya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan untuk pertumbuhan selanjutnya. Masa perkembangan anak usia sekolah dasar merupakan masa perkembangan anak yang pendek tetapi merupakan masa yang sangat penting bagi kehidupannya, sehingga seluruh potensi yang dimiliki anak perlu didorong sehingga akan berkembang secara optimal. Dengan adanya Kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan ruang dan kesempatan kepada murid untuk menjadi pribadi yang aktif dan produktif terutama dalam bidang seni.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma 1913053117 -
Nama : Zakia Nur Aras Wiguna Kusuma
NPM : 1913053117
No. Absen : 37

Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik Sekolah Dasar.

Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian ini juga dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik Sekolah Dasar. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus.

Sekolah harus menambahkan kegiatan ekstrakurikuler sebagai jam tambahan yang semestinya wajib dipilih oleh setiap peserta didik seperti dalam kegiatan berkesenian mendapatkan pengalaman musik, tari, drama, lukis, rupa. Pengalaman beraktivitas belajar sambal melakukan “learning by doing” sebagai cara untuk menstimulasi peserta didik sekolah dasar dalam melatih keberanian, proses menemukan ide dan gagasan serta proses berinteraksi sosial dengan masyarakat belajarnya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Hana Salsabila Putri 1913053050 -
Nama: Hana Salsabila Putri
NPM: 1913053050
No. Absen: 13
Semester/Kelas: 6/A

Video tersebut menjelaskan tentang "Pengembangan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar". Terdapat beberapa hal yang dijelaskan dalam video, yaitu.
Pengertian ekstrakurikuler kesenian, tujuan ekstrakurikuler kesenian, fungsi ekstrakurikuler kesenian, visi dan misi ekstrakurikuler kesenian di sekolah dasar, prinsip ekstrakurikuler kesenian, bentuk dan jenis ekstrakurikuler kesenian, materi kegiatan ekstrakurikuler kesenian, pengembangan metode dan evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler di sekolah dasar, struktur organisasi, pembiayaan, peserta kegiatan, jadwal pelaksanaan, penyusunan rencana ekstrakurikuler kesenian, dan pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian adalah salah satu kegiatan di luar jam pelajaran sekolah untuk mengembangkan bakat, minat dan kreatifitas peserta didik di bidang seni terutama Seni Tari, Jaranan dan Musik. Kegiatan ekstrakurikuler kesenian juga dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus. Cara belajar peserta didik yang lebih mengutamakan kreativitas kesenian memiliki pendekatan dalam proses pembelajaran. Ekstrakurikuler kesenian ini mempunyai tujuan agar siswa dapat mengembangkan bakat dan minat terhadap kesenian baik kesenian daerah maupun kesenian nasional.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Khofiah 1913053122 -
Nama : Khofiah
NPM : 1913053122

Izin menanggapi video pertemuan 15.
Di dalam video tersebut menjelaskan tentang "Pengembangan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar".

Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik Sekolah Dasar.

Jenis kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah terdiri dari beberapa jenis kesenian diantaranya, seni musik, rupa, teater dan seni tari. Keempat jenis ektrakurikuler ini memiliki target capaian yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik bidang seni yang dikembangkan.

Pola kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah lebih menekankan untuk memberikan beragam pengalaman praktik berkesenian seperti seni musik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater. Dalam hal ini, kegiatan pembelajaran Ekstrakurikuler Kesenian lebih menekankan pada aktivitas “belajar sambil melakukan” (learning by doing), sebagai upaya menstimulasi keberanian peserta didik Sekolah Dasar untuk mengekspresikan ide atau gagasan seni mereka dalam bidang seni musik, seni tari, seni rupa, ataupun seni teater.

Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian ini juga dipandang penting sebagai suatu kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik Sekolah Dasar. Kreativitas ini merupakan elemen penting dalam Pendidikan Kesenian dan hanya dapat diperoleh dengan melakukan beragam pengalaman praktik secara terus-menerus.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Annisa Fahma Rani 1913053090 -
Nama: Annisa Fahma Rani
NPM: 1913053090
No. Absen: 05

izin menanggapi video tersebut pak,
didalam video tersebut dijelaskan mengenai bahasan utamanya mengenai Pengembangan Ekstrakulikuler Kesenian di SD, jadi yang dibahas ada beberapa hal yang mencakup seperti tentang Pengertian ekstrakurikuler kesenian, Tujuan ekstrakurikuler kesenian, Fungsi ekstrakurikuler kesenian, Visi dan misi ekstrakurikuler kesenian di sekolah dasar, Prinsip ekstrakurikuler kesenian, Bentuk dan jenis ekstrakurikuler kesenian, Materi kegiatan ekstrakurikuler kesenian, Pengembangan metode dan evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler di sekolah dasar, Struktur organisasi, Pembiayaan, Peserta kegiatan, Jadwal pelaksanaan, Penyusunan rencana ekstrakurikuler kesenian, serta Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kesenian.
Jadi peran Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik Sekolah Dasar. Jenis kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah terdiri dari beberapa jenis kesenian diantaranya, seni musik, rupa, teater dan seni tari. Keempat jenis ektrakurikuler ini memiliki target capaian yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik bidang seni yang dikembangkan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Rida Arrafini 1913053116 -
Nama: Rida Arrafini
NPM: 1913053116
No. Absen: 29

Izin menanggapi video,
Didalam video menjelaskan tentang Pengembangan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar, yaitu :
Pengertian ekstrakurikuler kesenian, tujuan ekstrakurikuler kesenian, fungsi ekstrakurikuler kesenian, visi dan misi ekstrakurikuler kesenian di sekolah dasar, prinsip ekstrakurikuler kesenian, bentuk dan jenis ekstrakurikuler kesenian, materi kegiatan ekstrakurikuler kesenian, pengembangan metode dan evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler di sekolah dasar, struktur organisasi, pembiayaan, peserta kegiatan, jadwal pelaksanaan, penyusunan rencana ekstrakurikuler kesenian, dan pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian di Sekolah Dasar merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik Sekolah Dasar. Jenis kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah terdiri dari beberapa jenis kesenian diantaranya, seni musik, rupa, teater dan seni tari.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Husna Hidayat 1913053134 -
Nama : Husna Hidayat
NPM : 1913-53134
No. Absen : 16
Semester/Kelas : 6/A

izin menanggapi video pak,
Ekstrakurikuler kesenian adalah kegiatan pendidikan di bidang kesenian yang dilakukan diluar jam mata pelajaran sekolah dasar. Tujuan diadakannya ekstrakurikuler kesenian yaitu sebagai media atau wadah dalam mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang kesenian. Jenis kegiatan ekstrakurikuler kesenian yang dikembangkan di sekolah terdiri dari beberapa jenis kesenian diantaranya, seni musik, rupa, teater dan seni tari. Keempat jenis ektrakurikuler ini memiliki target capaian yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik bidang seni yang dikembangkan.

Tujuan Ekstrakurikuler Kesenian
Ekstrakurikuler kesenian ini mempunyai tujuan agar siswa dapat mengembangkan bakat dan minat terhadap kesenian baik kesenian daerah maupun kesenian nasional.

Sekolah harus menambahkan kegiatan ekstrakurikuler sebagai jam tambahan yang semestinya wajib dipilih oleh setiap peserta didik seperti dalam kegiatan berkesenian mendapatkan pengalaman musik, tari, drama, lukis, rupa. Pengalaman beraktivitas belajar sambal melakukan “learning by doing” sebagai cara untuk menstimulasi peserta didik sekolah dasar dalam melatih keberanian, proses menemukan ide dan gagasan serta proses berinteraksi sosial dengan masyarakat belajarnya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Serly Zahra Zetira -
Nama: Serly Zahra Zetira
NPM: 1913053137

Di dalam video tersebut menjelaskan tentang "Pengembangan Ekstrakurikuler Kesenian di SD".

Kegiatan ekstrakurikuler kesenian di SD adalah suatu kegiatan pembelajaran yang mendukung mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik sekolah dasar. yang bertujuan sebagai media atau wadah dalam mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang kesenian. Ekstrakurikuler kesenian juga bermanfaat untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat peserta didik dalam bidang kesenian, serta menyelenggarakan sejumlah kegiatan kesenian yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri secara optimal melalui kegiatan mandiri dan kelompok.
Adapun bentuk dan jenis ekstrakurikuler kesenian, antara lain:
a. Seni Musik (Musik tradisi & Kreasi)
b. Seni Tari (Tari Tradisi & Tari Kreasi)
c. Seni Rupa (2 Dimensi dan 3 Dimensi)
d. Seni Teater (Teater Tradisi & Teater Non- Tradisi)