FORUM DISKUSI

DISKUSI TAHAP 1

DISKUSI TAHAP 1

oleh I Wayan Distrik -
Jumlah balasan: 84

DISKUSI TAHAP 1

Sebagai balasan I Wayan Distrik

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Delis Amala -
Izin mencoba menjawab persoalan nomor 1 Bapak dan teman-teman.. Apakah jawaban ini benar? Mohon koreksinya apabila penggunaan konsepnya tidak tepat

Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Fatynia Ilmiyatni -

Saya setuju dengan jawaban Delis. Untuk mencari jawaban No 1, menggunakan konsep Gaya Coulomb. Gaya Coulomb (F) adalah gaya yang ditimbulkan oleh adanya interaksi antara dua muatan yang dipisahkan pada jarak tertentu yang dirumuskan 

Pengertian Hukum Coulomb

di mana q1 adalah muatan 1 (C), q2 adalah muatan 2 (C), r adalah jarak kedua muatan, dan k adalah konstanta.

Sebagai balasan Fatynia Ilmiyatni

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Delis Amala -
Terima kasih mba Fatyn, jadi karena pada soal muatannya sama maka q1 = q2 = q, untuk mencari muatan masing-masing maka benar diakarkan yaa hasil muatannya?
Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Nanda Denny DPJ -
sepertinya sudah benar, namun ada yang ditambahkan oleh mba nanda wiguna yang akarnya diselesaikan hingga hasil muatannya tidak dalam bentuk akar
Sebagai balasan Fatynia Ilmiyatni

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh ELSA PRAMUDYA WARDANI -
iya jawaban dari mba delis dan mba fatynia sudah benar dan sesuai dengan rumusnya, namun jika saya boleh memberikan masukan jika ingin mengerjakan soal jangan lupa untuk menuliskan satuannya 
Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Delis Amala -
Adapun untuk nomor 2, apakah seperti ini Bapak dan teman-teman, mohon koreksinya, terima kasih

Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh EVA. ZELVIANA21 -
iya saya setuju dengan jawaban dari saudara delis. Sesuai dengan apa yang diketahui pada soal ( muatan dan jarak ) dan apa yang akan di cari yaitu gaya (F). maka rumus yang digunakan tersebut yaitu: F= k. q1.q2 dibagi dengan r kuadrat maka masukan semua nilai yang diketahui dan hasilnya F= 5,12x10 pangkat min 10
Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh DHEONARDO PUTRA PERDANA -
Permisi mba Delis..

Mohon maaf mba Elsa, mba Tri, dan Mba Eva selaku kelompok 1 bersama dengan saya..

Bukannya kalau 2e itu berarti = 2(1,6 x 10^-19) = 3,2 x 2.10^-19

Bukankah begitu ya?
Sebagai balasan DHEONARDO PUTRA PERDANA

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh ELSA PRAMUDYA WARDANI -
tidak kak, jawaban mba delis sudah benar, maka 2 . 1,6 x 10^-19 = 3,2 x 10^-19, karena ini perkalian dan bukan perpangkatan maka pangkat 10^-19 tersebut tidak dikali 2
Sebagai balasan DHEONARDO PUTRA PERDANA

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Delis Amala -
Karna perkalian jadi cukup dikalikan di bilangan awal aja kak, kecuali untuk perkalian dengan penjumlah bilangan di dalam kurung, seperti A ( B + C) mala AxB + BxC. Jika perkalian semua maka A( BxC) = AxBxC, sehingga 2 (1,6 x 10^-19) = 2 x 1,6 x 10^-19 = 3,2 x 10^-19
Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh TRI WULANDARI -
saya setuju dengan jawaban ini, dimana untuk mencari muatan nya harus dikalikan terlebih dahulu antara jumlah muatannya dengan besarnya muatan dasar e yaitu sebesar 1,6 x 10^-19 C.
kemudian untuk jaraknya harus diubah menjadi satuan meter, dimana 1nm = 10^-9 m, supaya lebih mudah dalam perhitungannya.
Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh DHEONARDO PUTRA PERDANA -
Izin menanggapi Delis, jawaban ini sudah benar delis dengan langkah-langkah yang baik juga..
Dengan memasukan rumus gaya listrik yang menggunakan Hukum Coulomb.

Sehingga hasil dari q nya adalah akar 5 x 10^-5
Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh TRI WULANDARI -
saya setuju dengan jawaban tersebut. cara mencarinya adalah dengan menggunakan rumus hukum coulomb. dengan q1 dan q2 dianggap = q.
namun sebaiknya dalam pengerjaan tetap ditulisakan satuan dari masing-masing nya, agar lebih jelas.
Sebagai balasan TRI WULANDARI

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Nanda Denny DPJ -
saya sependapat dengan mba tri w, penulisan satuan dalam pengerjaan perlu dituliskan agar lebih mudah dalam memahaminya
Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001 -
Sebagai balasan Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh ELSA PRAMUDYA WARDANI -
saya setuju dengan jawaban dari mba nanda wiguna, pengerjaannya sangat jelas sampai ke penarikan akarnya, satuannya pun dituliskan sehingga pengerjaan soalnya menjadi lebih jelas
Sebagai balasan Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh EVA. ZELVIANA21 -
Iya benar juga jawaban dari saudari nanda wiguna, jika √5 x 10⁻¹⁰ sama-sama di akar kan maka menjadi 2,236 x 10⁻⁵
Sebagai balasan Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh DHEONARDO PUTRA PERDANA -
Terimakasih banyak mba Nanda sudah membantu menjawab lebih jelas lagi..
Jawaban mba Nanda menurut saya sudah baik dikarenakan akarnya dihabiskan. Sehingga hasilnya dapat mempermudah untuk membuktikan jawabannya jika mencari F nya dengan muatan 2,236 x 10^5 C
Sebagai balasan Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh TRI WULANDARI -
iya, saya juga setuju dengan jawaban nanda, karena pada intinya cara pengerjaannya sama dengan jabawan rekan yang lainnya, hanya pada bagian akhir hasilnya dibuat dalam bentuk desimal.
Sebagai balasan I Wayan Distrik

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Tri Utami Mila Sundari -
No 1
Muatan masing masing partikel tersebut adalah : 10⁻⁵√5 C

Diketahui :

F = Gaya Coulomb = 2 N

r = Jarak = 1,5 m

Ditanyakan :

q1 dan q2 = besar muatan 1 dan 2 = ...?

Penyelesaian :

r² x F = K x q1 x q2

1,5² x 2 = 9 x 10⁹ x (q1 xq2)

2,25 X 2 = 9 x 10⁹ x q²

4,5 = 9 x 10⁹ x q²

q² = 4,5/9 x 10⁹

q² = 45 x 10⁻¹/9 x 10⁹

q² = 5 x 10⁻¹⁰

q = √5 x 10⁻¹⁰ C

q = 10⁻⁵√5 C
Sebagai balasan Tri Utami Mila Sundari

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh ELSA PRAMUDYA WARDANI -
benar sekali jawaban dari mba tri utami sudah sesuai secara matematisnya, namun jika saya boleh memberikan masukan mohon ketika mengerjakan soal tersebut jangan lupa dituliskan satuannya di tiap langkah pengerjaannya ya mba
Sebagai balasan ELSA PRAMUDYA WARDANI

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh I Wayan Distrik -
Soal No. 3 dan 6 Pak Sukron, dibantu diselesaikan, jika ada dua orang atau lebih dapat menyelesaikan masalah tersebut berarti semua permasalahan pada muatan dan gaya dapat diselesaiakn hampir 80%.
Sebagai balasan I Wayan Distrik

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Fatynia Ilmiyatni -
Ijin bertany teman-teman, untuk soal nomor 6, apakah harus dicari resultan gaya tiap-tiap muatannya terlebih dahulu?
Sebagai balasan Fatynia Ilmiyatni

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh ELSA PRAMUDYA WARDANI -
izin mencoba menjawab mba fatin, untuk mencari gaya coulomb total pada muatan 4 C tidak perlu dicari resultan gaya dari tiap-tiap muatannya, cukup mencari resultan gaya pada muatan 4 C itu saja. Mohon koreksinya teman-teman jika jawaban saya kurang tepat
Sebagai balasan I Wayan Distrik

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh DHEONARDO PUTRA PERDANA -
Mohon maaf bapak izin bertanya,
apakah nomor 6 itu segitiga sama kaki?
Sebagai balasan DHEONARDO PUTRA PERDANA

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Fatynia Ilmiyatni -

Kalau dilihat dari sudutnya iya pak Dheo, jadi panjang sisi miringnya sama

Sebagai balasan Fatynia Ilmiyatni

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh DHEONARDO PUTRA PERDANA -
Berarti setiap sisi memiliki panjang sisi 20cm yaa..
Sebagai balasan DHEONARDO PUTRA PERDANA

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Fatynia Ilmiyatni -
Iya benar Dheo, saya mencoba mencari dapatnya sepertti ini untuk no 6. Apakah benar teman-teman?
aaaaIya benar
Sebagai balasan DHEONARDO PUTRA PERDANA

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh SYUKRON.FUAD21 SYUKRON.FUAD21 -
sama sisi pak dheo, sudutnya sudah jelas masing masing 60 derajat, total sudut dalam segitiga 180 derajat, berarti sisi yang atas 60 derajat juga
Sebagai balasan SYUKRON.FUAD21 SYUKRON.FUAD21

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Fatynia Ilmiyatni -
Iya benar pak Syukron, nanti untuk menentukan sudut yang lainnya bisa menggunakan konsep ketentuan sudut matematika
Sebagai balasan ELSA PRAMUDYA WARDANI

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh TRI WULANDARI -
iya saya setuju, jangan lupa dituliskan satuannya di tiap langkah pengerjaannya, agar lebih jelas hasil satuan C di akhir itu dari mana.
Sebagai balasan I Wayan Distrik

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Tri Utami Mila Sundari -
Sebagai balasan Tri Utami Mila Sundari

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Delis Amala -
Izin memberikan masukan mba Tri Utami, karena jarak pada soal diketahui dalam satuan nanometer maka perlu diubah terlebih dahulu menjadi meter, sehingga 3 nanometer = 3x1o^-9 meter. Oleh karena itu nanti hasil yang diperoleh 5,12 x 10^-10
Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh MELI SAFITRI 2123025005 -
Iyaa saya setuju dengan yang sampaikan Saudari Delis, seharusnya jarak pada soal tsb satuannya diubah terlebih dahulu dari nm menjadi m karena ini akan mempengaruhi hasil perhitungan. Terimakasih.
Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Nanda Denny DPJ -
saya sependapat dengan mba delis, 3 nm diubah terlebih dahulu ke dalam meter sehingga menjadi 3x10^-9 m
Sebagai balasan Nanda Denny DPJ

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh I Wayan Distrik -
Ok karena waktu kita terbatas, pertemuan kita pada kali ini (pertemuan kedua) sampai disini, silahkan tetap melatih kemampuan diri sendiri agar lebih percaya diri. thanks.
Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh TRI WULANDARI -
iya setuju dengan pernyataan delis, karena jarak yang diketahui dalam satuan nanometer, maka diubah dulu ke satuan meter.
Sebagai balasan I Wayan Distrik

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Nanda Denny DPJ -
Izin menjawab soal nomor 1 pak
Lampiran WhatsApp Image 2022-02-25 at 10.53.32.jpeg
Sebagai balasan I Wayan Distrik

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh SYUKRON.FUAD21 SYUKRON.FUAD21 -
Izin menjawab no 2 bapak
Lampiran Jawaban soal no 2.jpeg
Sebagai balasan SYUKRON.FUAD21 SYUKRON.FUAD21

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh DHEONARDO PUTRA PERDANA -
Pak syukron mohon maaf pak izin bertanya..

2e itu yang benar
2 x 1,6 x 10^-19 atau 2 (1,6 x 10^-19) yang mana yang benar ya pak?
Sebagai balasan I Wayan Distrik

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh EVA. ZELVIANA21 -

jawaban no.2

Jawaban nomor 2, dari kelompok 1

Sebagai balasan I Wayan Distrik

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh SYUKRON.FUAD21 SYUKRON.FUAD21 -
Izin menjawab no 3 bapak
Lampiran Jawaban soal no 3.jpeg
Sebagai balasan SYUKRON.FUAD21 SYUKRON.FUAD21

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Delis Amala -
Pak Syukron, saya ingin bertanya untuk muatan Q1 itu negatif sedangkan Q2 itu positif untuk dimasukkan ke dalam persamaan F = K Q1Q2/r² itu tanda bilangan muatannya tidak dituliskan negatif ya Pak? Tanda negatif tidak berpengaruh terhadap perhitungan atau bagaimana pak?
Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh Fatynia Ilmiyatni -
Setahu saya tidak berpengaruh delis, tanda negatif dan positif untuk menentukan bermuatan positif atau negatif. Jadi tidak masalah dengan konsep matematisnya, karena muatan tidak hanya elektron saja
Sebagai balasan Delis Amala

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh MELI SAFITRI 2123025005 -
Izin menjawab mbak Delis, sepertinya tanda negatif dan posfitif itu hanya menunjuukan muatan dari elektron dan proton itu sendiri. Jika elektron bermuatan negatif sedangkan proton bermuatan positif. Untuk berpengaruh atau tdknya dalam perhitungan saya juga kurang paham, mohon penjelasannya teman-teman.
Sebagai balasan I Wayan Distrik

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh MELI SAFITRI 2123025005 -

Izin menjawab soal no 3a



Sebagai balasan I Wayan Distrik

Re: DISKUSI TAHAP 1

oleh SYUKRON.FUAD21 SYUKRON.FUAD21 -
izin menjawab no 6 bapak
Lampiran jawaban soal no 6.jpeg