Pengumuman Vclass

Perkuiahan Seminar Manajemen Keuangan

Re: Perkuiahan Seminar Manajemen Keuangan

by Nabila Berizki Mesvilia Refani -
Number of replies: 0

SEMINAR KEUANGAN

“Dividend Policy”

 

 

 

 

 

 

Oleh:

Kelompok 7

Nabila Berizki M. R                 1611011095

 

 

 

 

JURUSAN MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS LAMPUNG

 2018


 

PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar & Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

Universitas Brawijaya

 

Tujuan utama investor dalam berinvestasi ke dalam perusahaan adalah untuk mencari return yang berbentuk dividen maupun capital gain yakni pendapatan dari selisih harga jual saham terhadap harga belinya, namun kebijakan dividen sering memberikan akibat yang tidak positif diantara pihak-pihak yang berkaitan didalam perusahaan yakni pemilik perusahaan sebagai pihak prinsipal dan manajemen sebagai pihak agen. Akibat negatif yang timbul adalah pada saat pembagian dividen oleh pihak perusahaan kepada pemegang sahamnya. Pemilik perusahaan atau pihak prinsipal menghendaki pemberian dividen dalam jumlah tinggi sedangkan manajemen perusahaan atau pihak agen menghendaki pemberian dividen dalam jumlah yang rendah.

 

Defini0struktur 0modal 0dari Syamsuddin (2009:9),0struktur 0modal0merupakan penentuan komposisi0modal, 0yaitu perbandingan0 0antara hutang0dan0modal0sendiri0atau0dengan kata lain struktur0modal0merupakan0hasil0atau akibat dari keputusan0pendanaan0(financing decision)0yang intinya0 0memilih0 0apakah00akan menggunakan hutang0atau  ekuitas0untuk 0mendanai operasi perusahaan. Variabel dari rasio0struktur0modal yang0digunakan0 0yaitu00rasio 0leverage. Perusahaan lebih memilih leverage sebagai sumber dana daripada menerbitkan saham baru karena penerbitan saham baru bisa mempengaruhi harga saham perusahaan. Maka disimpulkan perusahaan dapat memilih hutang atau modal sendiri sebagai sumber pendanaannya. Ketika perusahaan memilih hutang sebagai sumber pendanaannya, perusahaan akan melihat bagaimana kondisi tingkat suku bunga pinjaman pada saat itu. Apabila suku bunga kredit pinjaman rendah atau menurun, kondisi ini sangat menguntungkan perusahaan. Tingginya suku bunga SBI akan memacu perbankan untuk meninggikan suku bunga sumber dana bank.

 

Sehingga, saran yang didapat dari hasil penelitian, yaitu: Bagi pihak perusahaan0yang00dijadikan sampel (emiten) sebaiknya lebih mempertimbangkan proporsi struktur modal antara modal sendiri dan hutang sehingga terbentuk lah struktur0modal0yang0optimal untuk menghindari timbulnya atau terjadinya konflik antara pemegang saham dan manajer dimana pemegang saham cenderung setuju dengan penggunaan hutang sebagai sumber pembiayaan, sedangkan manajer berusaha untuk menghindari hutang sebagai sumber pembiayaan. Sedangkan, bagi pihak investor sebaiknya berinvestasi pada perusahaan-perusahaan yang masuk dalam list Bursa Efek Indonesia dengan mempertimbangkan konsistensi perusahaan-perusahaan tersebut dalam membagikan dividen. Melalui dividen, investor dapat mengetahui tingkat pembayaran dan return.