Nama : Mutiara Cinta Amanda
NPM : 2013053017
Izin menjawab,
1. Model-model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi, yaitu :
a. Model pembelajaran demonstrasion
Model pembelajaran demonstrasion adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
b. Model pembelajaran direct intruction
Direct intruction atau model pembelajaran langsung merujuk pada berbagai tekhnik pembelajaran ekspositori.
c. Model pembelajaran group investigation
Group investigation adalah tipe pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan, baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan. Terdapat 5 langkah pembelajaran group investigation, yaitu : 1) Pemilihan topik , 2) Implementasi, 3) Analisis, 4) Presentasi, 5) Evaluasi.
d. Model pembelajaran jigsaw
Dalam model pembelajaran jigsaw siswa belajar dalam tim yang heterogen, siswa tersebut diberikan
tugas untuk membaca beberapa bab atau unit diberikan "lembar ahli ke tim ahli" yang dibagi atas tipik-topik yang berbeda dan yang harus menjadi fokus perhatian anggota tim saat mereka membaca.
e. Model pembelajaran inquiry based learning
Model pembelajaran inquiry based learning merupakan salah satu model yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Terdapat 6 langkah pembelajaran inquiry based learning, yaitu : 1) Simulation, 2) Problem statement, 3) Data collection, 4) Data processing, 5) Verification, 6) Generalization.
2. Dampak diterapkannya beberapa model pembelajaran tematik bagi peserta didik adalah memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada peserta didik dan tercapainya pembelajaran yang efektif dan efisien untuk peserta didik di sekolah dasar.
3. Model pembelajaran untuk kelas rendah yaitu :
a. Model Pembelajaran Demostrasi
Model pembelajaran demonstrasi adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
b. Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada tanggung jawab secara individu dan kelompok untuk memahami materi yang dipelajari sehingga siswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.
c. Model Pembelajaran Group Investigation
Model Pembelajaran Group Investigation adalah pembelajaran yang melibatkan kelompok kecil untuk menuntun dan mendorong siswa dalam keterlibatan belajar.
d. Model Pembelajaran Picture and Picture
Model Pembelajaran Picture and Picture adalah model pembelajaran yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Model ini memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan.
Model pembelajaran untuk kelas tinggi yaitu :
a. Model pembelajaran demonstrasion
Model pembelajaran demonstrasion adalah model mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta didik.
b. Model pembelajaran direct intruction
Direct intruction atau model pembelajaran langsung merujuk pada berbagai tekhnik pembelajaran ekspositori.
c. Model pembelajaran group investigation
Group investigation adalah tipe pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa dalam perencanaan, baik dari topik yang dipelajari dan bagaimana jalannya penyelidikan.
d. Model pembelajaran jigsaw
Dalam model pembelajaran jigsaw siswa belajar dalam tim yang heterogen, siswa tersebut diberikan
tugas untuk membaca beberapa bab atau unit diberikan "lembar ahli ke tim ahli" yang dibagi atas tipik-topik yang berbeda dan yang harus menjadi fokus perhatian anggota tim saat mereka membaca.
e. Model pembelajaran inquiry based learning
Model pembelajaran inquiry based learning merupakan salah satu model yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi.