TUGAS

TUGAS

TUGAS

Jumlah balasan: 34

assalamulaaikum wr.wb

apakabar mahasiswaku sekalian, setelah tadi kalian membaca materi materi maka hari ini kalian akan langsung ibu berikan tugas, walau berat harus dijalani ya, hehehe...

Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Resa Kurnia -
Nama : Resa Kurnia
Npm : 2013053071

Berdasarkan materi yang telah saya baca, bahwasannya teori belajar adalah teori yang berfokus pada tata cara/proses belajar, serta macam-macam cara bagaimana seseorang belajar. Contoh teori belajar ini sendiri yakni: teori belajar behaviorisme, kognitivisme, humanisme dan teori belajar kontruktivisme.

Sedangkan teori pembelajaran berfokus pada penetapan metode pengajaran. Contoh teori pembelajaran yakni Teori elaborasi
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Fara Nalya Hadhaini -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 
Izin menjawab 
Nama : Fara Nalya Hadhaini
NPM : 2013053148
Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Sedangkan teori pembelajaran adalah menekankan pada terjadinya proses pembelajaran yaitu agar guru mampu mempertanggungjawabkan cara mengajarnya teori pembelajaran ini diperoleh dari teori belajar. 
contoh teori belajar yaitu : teori belajar behaviorisme, kognitivisme, kontruktivisme, dan humanisme 
sedangkan teori pembelajaran yaitu Teori elaborasi


Terima kasih
Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Rinta Renjani 2013053098 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rinta Renjani
NPM : 2013053098

Izin menjawab,
Teori belajar memiliki tujuan utama yaitu memberikan proses belajar, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar, tidak berhubungan dengan metode pembelajaran. 4 teori belajar yaitu Behavioristik, Kognitif, Konstuktivisme, dan Humanistik . Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.
Sedangkan teori pembelajaran tujuan utamanya adalah menetapkan metode pengajaran yang optimal, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar, selalu menyebutkan metode pembelajaran. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.
Terima Kasih, Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Riska Dwi Ayu Triyana -
Nama : Riska Dwi Ayu Triyana
NPM : 2013053097

Izin menjawab Ibu,
Menurut analisa saya, Teori belajar adalah konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang berfungsi untuk menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada peserta didik. Contohnya seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya. Sedangkan, teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih kepada implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Contohnya seperti : 1) Mengusahakan lingkungan yang optimal untuk belajar. 2) Menyusun bahan ajar dan mengurutkannya. 3) Memilih strategi mengajar yang optimal dan apa alasannya.
Terima kasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Rita Septiana -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Rita Septiana
Npm : 2013053048

Izin menyampaikan pendapat Buk
Menurut saya teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas.
Sedangkan teori pembelajaran adalah proses mengumpulkan serta memodifikasi pengetahuan, keterampilan, strategi, kepercayaan, sikap dan perilaku. Mulai dari pengetahuan dan keterampilan yang berbentuk kognitif, linguistik, sosial, dan lain sebagainya.
Contoh teori belajar yaitu : Teori Behaviorisme, Teori Kognitivisme, Teori Kontruktivisme, dan Teori humanisme.
Contoh terori pembelajaran yaitu : pembelajaran elaborasi, sebagai salah satu pembelajaran bermakna yang mengaktifkan kognitif siswa sehingga memudahkan dalam memahami konsep-konsep baru.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Ikhsan Kurniawan -
Nama : Ikhsan Kurniawan
NPM : 2013053164
izin menjawab,
Menurut saya teori belajar adalah teori yang menjelaskan proses belajar. Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.
Sedangkan Teori pembelajaran adalah teori yang menerapkan metode pembelajaran yang optimal. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.
Terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Ni Luh Putu Suciari -
Nama : Ni Luh Putu Suciari
NPM : 2013053003

Izin menjawab, teori belajar adalah teori yang memiliki tujuan utama memberikan proses belajar, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar, berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, tidak berhubungan dengan metode pembelajaran, penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar, dan mengungkapkan hubungan kegiatan belajar dengan proses psikologis dalam diri si pelajar. Contohnya : teori aperswpsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasi ya gagasan baru dengan gagasan yang sudah ada.

Teori pembelajaran adalah teori yang tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar, berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang diapesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat mempermudah belajar, selalu menyebutkan metode pembelajaran, penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi, mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses psikologi dalam diri si belajar. Contohnya : teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.

Terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Dita Khoirunnisa -
Nama : Dita Khoirunnisa
NPM : 2013053106

Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran, yaitu :
Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik. Contoh teori belajar yaitu, Behavioristik, Kognitif, Konstuktivisme, dan Humanistik.
Sedangkan, teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Contohnya teori elaborasi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Nita Yuansari -
Nama : Nita Yuansari
NPM : 2013053082

Perbedaan Antara Teori Belajar dan Pembelajaran
Teori Belajar
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
7. Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran

Sedangkan Teori pembelajaran
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaranv
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar
7. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Mika Dea Agustin -
Selamat Siang
Nama : Mika Dea Agustin
NPM : 2013053006

Teori Belajar mengarah pada proses perubahan tingkah laku individu. Sedangakan pembelajaran mengarah pada proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar. Contohnya ini yaitu teori belajar kognitivisme, Behaviorisme, Humanisme, dan Konstruktivisme.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Roza Melinda Puri 2013053004 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Roza Melinda Puri
NPM : 2013053004

Izin menjawab,
Teori belajar adalah dalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara
pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan
metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Pada implementasi proses belajar mengajar di sekolah, bentuk penerapan teori kognitif adalah guru ketika menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik serta memberi ruang bagi mereka untuk saling berbicara serta diskusi dengan teman-temannya.

Sementara pembelajaran adalah Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan
pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan
kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.
Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar
dapat belajar dengan baik.
Contohnya Pembelajaran di Indonesia masih diwarnai oleh teori behavior dikarenakan Teori belajar behaviorisme dilakukan dengan memberikan stimulus kepada siswa agar menimbulkan respon/tanggapan. Stimulus dan respon ini dilakukan secara berulang-ulang sampai mendapatkan hasil.

Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh ELY LUPITA SARI 2013053133 -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ely Lupita Sari
NPM : 2013053133
Izin menjawab,
Dalam teori belajar,belajar memiliki tujuan utama untuk memeriksa proses belajar. Teori belajar lebih fokus kepada bagaimana peserta didik belajar, sehingga berhubungan dengan pengembangan teori belajar dan mengamati hasil belajar sebagai efek dari interaksi antara metode dan kondisi dalam belajar.
Terdapat tiga kategori utama atau kerangka filosofis mengenai teori-teori belajar, yaitu: teori belajar behaviorisme,  teori belajar kognitivisme, dan  teori belajar konstruktivisme. 
Contoh penerapan teori kognitivisme adalah guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik serta memberi ruang bagi mereka untuk saling bicara serta diskusi dengan teman-temannya.
Sedangkan teori pembelajaran bertujuan utama menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
Teori pembelajaran berhubungan dengan upaya mengontrol  proses pembelajaana agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Dalam hal ini, kondisi belajar,hasil pembelajaran dan metode yang optimal ditetapkan sebagai hal utama yang diamati.
Contoh penerapan teori eksplorasi dalam pembelajaran. Kegiatan eksplorasi adalah kegiatan dalam mencari dan menghimpun informasi dengan menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi, memfasilitasi peserta didik berinteraksi sehingga siswa (peserta didik) aktif, mendorong siswa mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan laboratorium.
Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Nola Mardiah -
Nama : Nola Mardiah
NPM : 2013053168
Izin menjawab
Menyimpulkan pedapat burner (1989) yang mengemukakan bahwa teori pembelajaran adalah preskriptif sedangkan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, serta goal oriented atau ada tujuan yang akan dicapai. Sedangkan teori belajar adalah deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar.teori belajar adalah goals free. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar. teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa.

Contoh teori belajar yaitu: teori behaviorisme, teori kontruktivisme, teori kognitifisme dan teori humanism
Contoh teori pembelajaran yaitu teori pembelajaran social kognitif dan teori pembelajaran proses kognitif
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Mita Ayuning Tias -
Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh
Nama : Mita Ayuningtias Tias
Npm : 2013053034
Izin menjawab bu,
Teori belajar adalah sebuah wadah yang didalamnya termuat ide, konsep, langkah langkah, aturan, prinsip, yang Sudah di tentukan Dan mereka saling berhubungan sehingga dapat menciptakan hasil Dan manfaat belajar yang sesuai keinginan. Teori Belajar sudah di uji coba kebenarannya sehingga tidak perlu ragu lagi akan kehadirannya.contohnya teori Belajar behaviorisme, teori kognitivisme, teori konstruktivisme, dan Teori humanisme.

Sedangkan teori pembelajaran adalah proses untuk mengumpulkan dan memodifikasi pengetahuan, keterampilan Dan strategi, Serta sikap Dan perilaku seseorang.contohnya Teori pembelajaran sosial bandura Dalam model pembelajaran Bandura titik penekannya terletak pada faktor kognitif. Menurutnya, anak-anak belajar model melalui pengamatan dan peniruan terhadap sikap dan prilaku orang lain. Disini faktor eksternal, yaitu lingkungan sangat mempengaruhi proses belajar anak-anak.
Mohon maaf bila Ada kesalahan
Terimakasih..
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Divana Oriza Sativa 2013053128 -
Nama : Divana Oriza Sativa
NPM : 2013053128

izin menjawab bu,
Berdasarkan analisa saya, teori belajar tergolong deskriptif karena tujuan utama dari teori ini yaitu memeriksa proses belajar dan didalam teori ini terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Contoh dari teori belajar ini yaitu Teori Belajar Behavioristik, Teori Belajar Kognitif, Teori Belajar Humanistik dan Teori Belajar Konstruktivisme. Sedangkan teori pembelajaran bersifat preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil. Contoh dari teori pembelajaran yaitu Teori Pembelajaran Sosial Bandura dan Teori Belajar bermakna David Ausubel
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Indah Indah Hartini -
Nama : Indah Hartini
NPM : 2013053162

Menurut saya, perbedaan antara teori belajar dengan teori pembelajaran adalah:
1. Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan di antara variable-variabel yang menentukan hasil belajar. Terdapat 4 teori belajar, yaitu teori behaviorisme, kognitivisme, kontruktivisme, dan humanisme
Salah satu contoh kegiatannya, saat guru memberikan penjelasan kepada peserta didiknya maka guru harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh si peserta didik dan guru juga memberikan ruang diskusi kepada peserta didik agar mereka bisa bertukar ide dan pikiran terhadap teman-temannya.

2. Teori pembelajaran adalah proses mengumpulkan serta memodifikasi pengetahuan, keterampilan, strategi, kepercayaan, sikap dan perilaku. Mulai dari pengetahuan dan keterampilan yang berbentuk kognitif, linguistik, sosial, dan lain sebagainya. Teori pembelajaran menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi suatu proses belajar. contoh teori pembelajaran adlaah teori elaborasi.
Contoh kegiatannya : Pendidik menyusun bahan ajar dan mengurutkannya dan memilih strategi mengajar yang optimal dan alasan mengapa ia memilh strategi tersebut.

terima kasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Dhea Ayu Purba Laras -
Izin Menjawab bu
Nama: Dhea Ayu Purba Laras
NPM : 2013053119

Teori belajar adalah sebuah teori yang memiliki tujuan utama untuk memeriksa bagaimana proses belajar yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Contoh teori belajar diantaranya adalah teori kognitif, behavioristik, humanis, konstruktif dan lain sebagainya. Dalam teori belajar behavioristik itu berfokus pada perubahan tingkah laku dari peserta didik.
Sedangkan teori pembelajaran adalah bagaimana proses teori tersebut dapat untuk menetapkan metode mana yang optimal yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan.dan Tindakan belajar tersebut itu harus dilakukan sehingga proses belajar dan pembelajaran itu dapat terjadi. Contohnya dalam teori pembelajaran adalah menggunakan model pembelajaran seperti contoh elaborasi agar perolehan hasil belajar peserta didik itu meningkat.
Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Safira Ulfa -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menjawab bu,

Nama : Safira Ulfa
NPM : 2013053110

Teori belajar merupakan dasar dari proses belajar yang mengontrol terbentuknya kondisi belajar. Oleh karena itu, dengan adanya teori belajar memberikan kemudahan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran yang membantu peserta didik dalam belajar.
Teori belajar memiliki beragam macam jenis ada 4 kategori utama atau kerangka filosofis mengenai teori-teori belajar, yaitu: teori belajar behaviorisme, teori belajar kognitivisme, teori belajar humanistik dan teori belajar konstruktivisme. Setiap teori belajar mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jadi, setiap guru atau pendidik sebaiknya mencari teori belajar yang sesuai dengan karakter dari setiap murid. Dengan pemilihan teori yang benar maka proses belajar mengajar akan lebih maksimal dan hasil yang didapatkan dari proses itu berdampak baik bagi murid atau peserta didik.
Adapun contoh penerapannya sebagai berikut:
1. Contoh penerapan teori kognitif adalah guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik serta memberi ruang bagi mereka untuk saling bicara serta diskusi dengan teman-temannya.
2. Contoh penerapan teori behavioristik adalah seorang guru perlu melakukan beberapa proses, seperti memberikan dorongan supaya muridnya dapat merasakan rasa ingin tahu, melakukan stimulus guna memperoleh respons siswa, dan melakukan penguatan (reinforcement)—pengulangan stimulus dalam bentuk berbeda. Teori behavioristik dinilai terlalu fokus pada pendidik. Jadi, tantangannya adalah guru harus lebih kreatif dalam menyampaikan suatu materi agar siswa tidak bosan.
3. Teori humanistik adalah metode pembelajaran yang fokus pada peserta didik guna mengembangkan potensinya. Dengan mengaplikasikan teori humanis, siswa akan merasa senang selama proses belajar dan bisa menguasai materi dengan gampang.
4. Teori konstruktif Dalam praktiknya, siswa akan diberi ruang untuk membuat ide atau gagasan menggunakan bahasanya sendiri. Dampaknya, lewat penjelasan yang familier, orang lain diharapkan mampu menerima ide yang disampaikan dan merangsang imajinasinya.

Sedangkan Teori pembelajaran adalah teori yang memuat tata cara bagaimana guru menerapkan pembelajaran dan kegiatan belajar. Hal ini nantinya akan berlaku bagi siswa baik di dalam maupun di luar kelas.
Contoh teori pembelajaran yakni teori elaborasi adalah teori yang memberikan makna tentang mengaktifkan kognitif siswa sehingga memudahkan dalam memahami konsep-konsep baru seperti strategi dalam belajar siswa.

Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Lutfi Qurrotul A'yun -
Nama : Lutfi Qurrotul A'yun
NPM : 2013053135

Dari materi, diketahui bahwa Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Ada 3 teori belajar yaitu teori belajar behaviorisme, teori belajar kognitivisme, dan teori belajar konstruktivisme. Teori belajar behaviorisme hanya berfokus pada aspek objektif diamati pembelajaran. Teori kognitif melihat melampaui perilaku untuk menjelaskan pembelajaran berbasis otak. Dan pandangan konstruktivisme belajar sebagai sebuah proses di mana pelajar aktif membangun atau membangun ide-ide baru atau konsep.
Sedangkan teori pembelajaran teori pembelajaran adalah proses mengumpulkan serta memodifikasi pengetahuan, keterampilan, strategi, kepercayaan, sikap dan perilaku. Mulai dari pengetahuan dan keterampilan yang berbentuk kognitif, linguistik, sosial, dan lain sebagainya
Terima kasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Nisa Nisa Rizki El Balqis -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Nisa Rizki El Balqis
NPM: 2013053166

Izin menjawab bu, perbedaan teori belajar dan pembelajaran terletak pada tujuan utamanya. Yaitu jika teori pembelajaran tujuan utamanya adalah memeriksa dan menetapkan metode pembelajaran yang optimal. Teori belajar didalamnya memuat tentang ide, konsep, prosedur, dan prinsip yang terdiri dari beberapa variabel yang salit terkait satu sama lain untuk kemudian dapat diplajari, dianalisis, diuji dan dibuktikan kebenrannya. Contoh dari teori belajar adalah: teori behviorisme, teori kognitivisme, teori kontruktivisme, dan teori humanistik.
Sedangkan teori pembelajaran tujuan utamanya diarahkan kepada hal yang berhubungan dengan bagaimana seseorang dapat mempengaruhi orang lain agar terjadi proses belajar mengajar. Dalam teori pembelajaran lebih ditujukan kepada proses mengumpulkan serta memodifikasi pengetahuan keterampilan, strategi, kepercayaan, sikap, dan prilaku peserta didik. Contoh dari teori pembelajaran adalah: bagaimana seorang pendidik menetapkan metode pembelajaran yang cocok untuk peserta didiknya.

Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Putri Septiana -
Nama: Putri Septiana
NPM: 2013053105
Izin menjawab,
Teori belajar merupakan suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas.contoh teori belajar yakni teori behvioristik,
humanistic, konstruktivisme dan kognitif. Sedangkan teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa,
sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses
psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa. Contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Naila Rahma Kurnia 2013053073 -
Nama : Naila Rahma Kurnia
NPM : 201305073
Izin menjawab bu.

Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar, Contoh teori belajar ini sendiri yakni: teori belajar behaviorisme, kognitivisme, humanisme dan teori belajar kontruktivisme.

Sedangkan Teori Pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, Contoh teori pembelajaran yakni Teori elaborasi
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Siti Muthoharoh 2013053114 -
Nama : Siti Muthoharoh
NPM : 2013053114

Izin menjawab bu,
Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran yaitu teori belajar lebih fokus kepada bagaimana peserta didik belajar. Teori belajar adalah kumpulan konsep, ide, prosedur yang didalamnya cara mempraktikkan proses belajar antara guru dan siswa dan elemen-elemen lainnya yang berkaitan dengan kegiatan belajar.
Sedangkan pada teori pembelajaran, fokus diarahkan kepada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi proses belajar. Teori pembelajaran sendiri dapat diartikan sebagai sebuah teori yang di dalamnya memuat tata cara mengenai cara seorang guru mengaplikasikan kegiatan belajar-mengajar yang nantinya akan diterapkan kepada muridnya baik di dalam maupun di luar kelas.
Jadi, teori belajar diibaratkan konsep atau ide apa yang akan digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar, sedangkan teori pembelajaran berupaya mengubah masukan berupa siswa yang belum terdidik menjadi siswa yang terdidik, siswa yang belum memiliki pengetahuan tentang sesuatu menjadi siswa yang memiliki pengetahuan. Tidak semua proses belajar terjadi karena pembelajaran, tetapi pemeblaran harus menghasilkan belajar. Contohnya, ketika mengajar guru memilih menggunakan teori belajar behaviorisme, kemudian teori pembelajaran nya dalam proses belajar-mengajar guru tidak akan banyak memberikan ceramah, tetapi akan memberikan suatu instruksi yang singkat dan diikuti dengan pemberian sebuah contoh melalui stimulasi maupun dari guru itu sendiri kemudian siswa memberikan respon atau tanggapan dalam bentuk perubahan tingkah laku
Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Mutiara Cinta Amanda -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Mutiara Cinta Amanda
NPM : 2013053017
Izin menjawab bu,
Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas, maka teori belajar bersifat deskriptif. Sedangkan teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif.
Teori belajar tujuan utamanya adalah memberikan proses belajar, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar, dan berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Contohnya teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran. Sedangkan teori pembelajaran tujuan utamanya adalah menetapkan metode pengajaran yang optimal, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar, dan berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar. Contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.
Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Dinda Wahyu Puspita 2013053137 -
Nama : Dinda Wahyu Puspita
Npm : 2013053137
Izin menjawab,

Perbedaan antara teori belajar dengan teori pembelajaran :
1. Teori belajar bersifat deskriptif yaitu teori yang menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada di pebelajar. Teori belajar memiliki tujuan utamam yaitu memerikasa proses belajar.
Contohnya, teori belajar humanistik, behavioristik, kognitivisme, dan teori belajar konstruktivisme.

2. Teori pembelajaran merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Tujuan utama dari teori pembelajaran adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal untuk mencapai tujuan.
Contohnya, model elaborasi yang merupakan salah satu model untuk mengorganisasi materi pelajaran, dijadikan metode yang optimal untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.

Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Rahmat Rahmat Agung Dwisarjana -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rahmat Agung Dwisarjana
NPM : 2013053086

Belajar merupakan suatu proses usaha sadar yang dilakukan oleh individu untuk suatu perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak memiliki sikap menjadi bersikap benar, dari tidak terampil menjadi terampil melakukan sesuatu. Pembelajaran merupakan suatu sistem yang membantu individu belajar dan berinteraksi dengan sumber belajar dan lingkungan
Jadi dapat disimpulkan bahwa teori belajar lebih focus pada proses memperoleh ilmu, contohnya adalah teori behavioristik yang merupakan teori tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman, sedangkan teori pembelajaran lebih berfokus pada pengoptimalan proses belajar dan mengajar. Salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.
Terima kasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Nova Nova Atika Royani -
Nama : Nova Atika Royani
NPM : 2013053163

Izin menjawab ibu, menurut saya tentu teori belajar dan teori pembelajaran itu berbeda, teori belajar lebih ke bentuk dan kegiatan belajarnya dimana terjadi perubahan tingkah laku pada diri seseorang. Sedangkan teori pembelajaran merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh seorang pendidik untuk meningkatkan minat siswa agar dapat terwujudnya proses belajar yang optimal contohnya seperti Metode, strategi, serta faktor lainnya yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar.
Pada teori belajar terdiri atas teori belajar behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, serta teori belajar humanisme.
Dalam pembelajaran PKN SD contoh salah satunya ialah teori behaviorisme, dimana pada teori ini kaitannya yakni untuk membentuk karakter dan watak warga negara yang baik karena dengan adanya stimulus yang yang diberikan kepada peserta didik diharapkan dapat adanya respon yang baik pula agar nanti pembelajaran PKN SD dapat terlaksana dengan baik.

Terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Alya Syafira -
Nama : Alya Syafira
NPM : 2013053126
Izin menjawab bu,
Teori belajar adalah suatu tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas sedangkan teori pembelajaran adalah usaha guru yang dilakukan secara sadar dalam membantu peserta didik, agar bisa belajar sesuai dengan minat dan kebutuhannya. contohnya dalam teori belajar yaitu teori belajar behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, humanisme
Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Pajar irawan 2013053085 -
Waalaikumsalam warahmatulahi wabarakatuh
Nama : Pajar Irawan
NPM : 2013053085
Izin menjawab ibu
perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
pada teori pembelajaran ini merupakan proses mengumpulkan serta memodifikasi pengetahuan, keterampilan, strategi, kepercayaan, sikap dan perilaku. Mulai dari pengetahuan dan keterampilan yang berbentuk kognitif, linguistik, sosial, dan lain sebagainya. sedangkan teori belajar adalah strategi atau cara dalam pembelajaran seperti teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivistik, dan teori belajar humanistik.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Ida Farida -
Nama : Ida Farida
NPM : 20013053051

Izin menjawab bu
Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah usaha guru yang dilakukan dalam membantu peserta didik, agar bisa belajar sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. Contohnya adalah teori belajar behaviorisme, teori belajar kognitivisme, teori belajar konstruktivisme, dan teori belajar humanisme.

Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh M. Zauzi Turseno -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : M. Zauzi Turseno
Npm : 2013053146
Izin menjawab
ada perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar.
Contoh teori belajar menemukan dan mentransformasikan suatu konstruktivistik adalah siswa harus informasi kompleks ke situasi lain, dan apabila dikehendaki, informasi itu menjadi milik mereka sendiri. Sehingga dalam proses belajar, siswa membangun sendiri pengetahuan mereka dengan keterlibatan aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Contoh teori pembelajaran adalah Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan setrategi pengirhanisasisan pengajaran
Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Ferdyansyah 2013053054 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Ferdyasnyah
Npm : 2013053054

Izin menjawab bu
perbedaanya ada teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Contoh :
Guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik serta memberi ruang bagi mereka untuk saling bicara serta diskusi dengan teman-temannya. Guru lebih banyak memberikan contoh berupa instruksi selama mengajar. Saat guru melihat ada kesalahan, baik pada materi maupun pada siswa maka guru akan segera diperbaiki.
sedangkan, Teori pembelajaran sendiri dapat diartikan sebagai sebuah teori yang di dalamnya memuat tata cara mengenai cara seorang guru mengaplikasikan kegiatan belajar-mengajar yang nantinya akan diterapkan kepada muridnya baik di dalam maupun di luar kelas. Menurut teori ini, belajar dikatakan berhasil jika para peserta didik bisa memahami dirinya sendiri dan memahami lingkungannya. Kemudian, belajar merupakan kegiatan berinteraksi antara stimulus dan respon. Hal yang paling diunggulakan dalam teori ini adalah masukan (input) yang berupa rangsangan keluaran(output) yang berupa respon. anak-anak belajar model melalui pengamatan dan peniruan terhadap sikap dan prilaku orang lain. Disini faktor eksternal, yaitu lingkungan sangat mempengaruhi proses belajar anak-anak.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh Dinda Maharani -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin mengirimkan jawaban ibu,
Nama : Dinda Maharani
NPM : 2013053036

Hasil Analisis :
Teori sendiri adalah seperangkat azaz yang tersusun tentang kejadian-kejadian tertentu dalam dunia nyata dinyatakan oleh McKeachie dalam grendel 1991 : 5 (Hamzah Uno, 2006:4). Sedangkan Hamzah (2003:26) menyatakan bahwa teori merupakan seperangkat preposisi yang didalamnya memuat tentang ide, konsep, prosedur dan prinsip yang terdiri dari satu atau lebih variable yang saling berhubungan satu sama lainnya dan dapat dipelajari, dianalisis dan diuji serta dibuktikan kebenarannya. Jadi, teori adalah seperangkat azaz tentang kejadian-kejadian yang didalamnnya memuat ide, konsep, prosedur dan prinsip yang dapat dipelajari, dianalisis dan diuji kebenarannya.

Nah, Teori Belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Contohnya antara lain : Teori Belajar Behaviorisme, Teori Belajar Konstruktivisme, Teori Belajar Humanisme, dan Teori Belajar Kognitivisme. Contoh penerapannya : (a) Guru dapat memberikan dorongan supaya muridnya dapat memunculkan rasa ingin tahu siswa dengan menerapkan metode pembelajaran observasi atau mengamati gambar, (b) Guru dapat menggunakan stimulus berupa penggunaan bahasa yang baik dan benar supaya dapat dijadikan contoh bagi siswa sehingga menjadi kebiasaannya untuk berbicara dengan bahasa yang santun, (c) Guru dapat menerapkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran seperti video animasi tetapi berisi mengenai sejarah para pahlawan sehingga siswa akan merasa senang dan tertarik terhadap pembelajaran.

Sedangkan Teori Pembelajaran adalah teori yang berkebalikan dengan teori belajar dimana pada teori ini lebih menaruh perhatian mengenai bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar yang selalu menyebutkan metode pembelajaran agar dapat memudahkan proses belajar. Teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa karena teori ini belajar dikatakan berhasil jika para peserta didik bisa memahami dirinya sendiri dan memahami lingkungannya., sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa. Contoh dari teori pembelajaran adalah Teori Pembelajaran Social Kognitif dan Teori Pembelajaran Proses Kognitif.

Terimakasih,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: TUGAS

oleh ARIF RAHMAN 2013053069 -
Nama : Arif Rahman
NPM : 2013053069

Izin menjawab, setelah membaca materi yang telah diberikan maka analisa yang saya dapatkan terkait dengan perbedaan antar teori belajar adalah sebagai berikut :
Teori belajar yang saya tangkap disini adalah sebuah konsep pemikiran terkait dengan ide atau gagasan bagaimana proses atau cara belajar antara pendidik dan dan peserta didik dapat terkoneksi, sehingga harapannya pendidik bisa menyampaikan ilmu dengan baik dan peserta didik dapat menerimanya dengan maksimal. Sebagaimana contohnya adalah teori belajar humanisme. Teori belajar ini memiliki tujuan untuk membangun kepribadian murid dengan melakukan kegiatan-kegiatan  yang positif. Hal ini bisa disebut dengan para pendidik atau guru yang mengajar dan mendidik menggunakan pendekatan humanistik. Dengan menggunakan cara pendekatan humanistik, maka diharapkan peserta didik akan merasa nyaman dan lebih dekat dengan pendidik ataupun dengan sesama teman. Setelah timbul rasa nyaman disana, peserta didik akan merasa nyaman mengikuti kegiatan belajar yang pada akhirnya akan bermuara pada rasa kecintaan pada kegiatan belajar dan kemudahan ilmu yang akan diterima.

Kemudian setelah melihat apa itu teori pembelajaran, maka kita juga harus mengetahui apa itu yang dimaksud dengan teori pembelajaran. Menurut argumentasi saya, teori pembelajaran adalah suatu gagasan atau ide yang dalam hal ini lebih dikhususkan terkait bagaimana menysusun strategi, dan menetapkan metode kegiatan pembelajaran, dan bagaimana seorang pendidik mampu mempengaruhi peserta didik, sehingga suatu kegiatan pembelajaran dapat terkonsep, tersusun sistematis, dan tertata, sehingga diharapkan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan siswa dan menerima ilmu dengan maksimal. Jadi secara sederhana, teori pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Contohnya bagaimana seorang guru menggunakan model pembelajaran problem solving untuk memecahkan suatu permasalahan agar peserta didik mampu menyelasaikan secara mandiri. Ini berarti pendidik membantu peserta didik dalam melatih kemampuannya untuk berfikir kritis, namun dalam tanda kutip harus tetap dalam pengawasan.