FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

Re: RUANG DISKUSI

by Najmi Lufris Siregar -
Number of replies: 0

I.   Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 

1.       Teknik Penilaian

a.       Penilaian Kompetensi Pengetahuan

1)      Tes Tertulis

a)       Pilihan ganda

b)      Uraian/esai

2)      Tes Lisan

b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan

1)      Proyek, pengamatan, wawancara

·         Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok

·         Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok

·         Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi

2)      Portofolio / unjuk kerja

·         Laporan tertulis individu/ kelompok

3)      Produk,

2.       Instrumen Penilaian

·         Terlampir

 

3.       PembelajaranRemedial dan Pengayaan

a.       Remedial

Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar

Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

·         Pengukuran

 

b.      Pengayaan

Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya

·         Besaran dan Satuan