FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

by Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Number of replies: 9

Silahkan uraikan isi dari yg RPP saudara buat, dari bagian awal sampai bagian akhir sesuai dengan point2 yang ada

bagian A, bagian B dan seterusnya 

In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Najmi Lufris Siregar -
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
In reply to Najmi Lufris Siregar

Re: RUANG DISKUSI

by Najmi Lufris Siregar -

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.2     Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah

3.2.1          Mengamati pembuatan daftar (tabel) nama besaran alat ukur, cara mengukur

3.2.2          Membuat daftar (tabel) nama besaran nama alat ukur, dan cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu, termasuk yang berlaku di daerah setempat

3.2.3          Menyebutkan beberapa alat ukur panjang, alat ukur massa, dan alat ukur waktu

3.2.4          Menggunakan alat ukur panjang, alat ukur massa, dan alat ukur waktu

3.2.5          Melaksanakan pengukuran dengan menggunakan neraca, jangka sorong atau mikrometer, dan pengukuran dengan menggunakan gelas ukur

4.2     Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis berikut ketelitiannya dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti kaidah angka penting untuk suatu penyelidikan ilmiah

4.2.1          Mengolah data hasil pengukuran

4.2.2          Mengolah data hasil pengukuran dalam bentuk penyajian data, membuat grafik, mengintepretasi data dan grafik, dan menentukan ketelitian pengukuran, serta menyimpulkan hasil interpretasi data.

4.2.3          Membuat laporan tertulis dan mepresentasikan hasil pengukuran


In reply to Najmi Lufris Siregar

Re: RUANG DISKUSI

by Najmi Lufris Siregar -

C.   Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu :

  • Menganalisa daftar (tabel) nama besaran nama alat ukur,
  • Mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu, termasuk yang berlaku di daerah setempat,
  • Menyebutkan serta menggunakan beberapa alat ukur panjang, alat ukur massa, dan alat ukur waktu,
  • Melaksanakan pengukuran dengan menggunakan neraca, jangka sorong atau mikrometer, dan pengukuran dengan menggunakan gelas ukur,

Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu  berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.


In reply to Najmi Lufris Siregar

Re: RUANG DISKUSI

by Najmi Lufris Siregar -

D.   Materi Pembelajaran

1.       Fakta

à  Jenis-jenis besaran :

  • Besaran Pokok
  • Besaran Turunan

2.       Konsep

  • Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditentukan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran-besaran lain. Terdapat tujuh macam besaran pokok, yaitu panjang, massa, waktu, kuat arus listrik, suhu, intensitas cahaya, dan jumlah zat.
  • Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok, artinya harus menggunakan beberapa persamaan atau rumus untuk menurunkan besaran pokok. Contoh besaran turunan adalah luas, volume, kecepatan, gaya usaha, energi tekanan, dan sebagainya.

3.       Prinsip

  • Besaran pokok telah ditentukan satuannya oleh Sistem Satuan Internasional (SI)
  • Besaran turunan merupakan besaran turunan dari besaran pokok.

In reply to Najmi Lufris Siregar

Re: RUANG DISKUSI

by Najmi Lufris Siregar -

E.   Metode Pembelajaran

1.Pendekatan                :  Scientific Learning

2.Model Pembelajaran   :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

3. Metode                      :  ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan.


In reply to Najmi Lufris Siregar

Re: RUANG DISKUSI

by Najmi Lufris Siregar -

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran

  1. Media LCD projector
  2. Laptop / Komputer
  3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
  4. Whiteboard
  5. Spidol
  6. Penggaris
In reply to Najmi Lufris Siregar

Re: RUANG DISKUSI

by Najmi Lufris Siregar -

G.   Sumber Belajar

1.       Teks Siswa,

2.       Buku Pegangan Guru,

3.       Modul/bahan ajar,

4.       internet,

5.       Sumber lain yang relevan

In reply to Najmi Lufris Siregar

Re: RUANG DISKUSI

by Najmi Lufris Siregar -

H.   Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan kehidupan sehari-hari,

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.

Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

·         Pengukuran

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

Pembagian kelompok belajar

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15

menit

Kegiatan Inti

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Orientasi peserta didik kepada masalah

Mengamati

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik

·         Pengukuran

dengan cara :

Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

Mengamati

lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan

·         Di lingkungan sekitar sering ditemukan beberapa besaran atau satuan, yang sangat berguna untuk kegiatan sehari-hari.

 

·         Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditentukan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran-besaran lain.

 

·         Terdapat tujuh macam besaran pokok, yaitu panjang, massa, waktu, kuat arus listrik, suhu, intensitas cahaya, dan jumlah zat.

 

·         Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok, artinya harus menggunakan beberapa persamaan atau rumus untuk menurunkan besaran pokok.

 

·         Contoh besaran turunan adalah luas, volume, kecepatan, gaya usaha, energi tekanan, dan sebagainya.

 

Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

·         Pengukuran

Mendengar

pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

·         Pengukuran

Menyimak,

penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :

·         Pengukuran

untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan peserta didik

Menanya

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

Mengajukan pertanyaan tentang :

·         Pengukuran

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

·         Apa satuan internasional untuk besaran panjang ?

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Mengumpulkan informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

Membaca sumber lain selain buku teks,

mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang

·         Pengukuran

Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

·         Pengukuran

Aktivitas

·         Peserta didik diminta untuk bertanya pada kegiatan menanya

Saling tukar informasi tentang  :

·         Pengukuran

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Mengkomunikasikan

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

·         Pengukuran

Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

·         Pengukuran

Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.

Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah

Mengasosiasikan

Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……

Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

·         Pengukuran

Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

·         Pengukuran

150

menit

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

15

menit


In reply to Najmi Lufris Siregar

Re: RUANG DISKUSI

by Najmi Lufris Siregar -

I.   Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 

1.       Teknik Penilaian

a.       Penilaian Kompetensi Pengetahuan

1)      Tes Tertulis

a)       Pilihan ganda

b)      Uraian/esai

2)      Tes Lisan

b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan

1)      Proyek, pengamatan, wawancara

·         Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok

·         Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok

·         Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi

2)      Portofolio / unjuk kerja

·         Laporan tertulis individu/ kelompok

3)      Produk,

2.       Instrumen Penilaian

·         Terlampir

 

3.       PembelajaranRemedial dan Pengayaan

a.       Remedial

Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar

Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

·         Pengukuran

 

b.      Pengayaan

Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya

·         Besaran dan Satuan