Silahkan uraikan isi dari yg RPP saudara buat, dari bagian awal sampai bagian akhir sesuai dengan point2 yang ada
bagian A, bagian B dan seterusnya
Silahkan uraikan isi dari yg RPP saudara buat, dari bagian awal sampai bagian akhir sesuai dengan point2 yang ada
bagian A, bagian B dan seterusnya
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
|
3.2 Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah |
3.2.1 Mengamati pembuatan daftar (tabel) nama besaran alat ukur, cara mengukur 3.2.2 Membuat daftar (tabel) nama besaran nama alat ukur, dan cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu, termasuk yang berlaku di daerah setempat 3.2.3 Menyebutkan beberapa alat ukur panjang, alat ukur massa, dan alat ukur waktu 3.2.4 Menggunakan alat ukur panjang, alat ukur massa, dan alat ukur waktu 3.2.5 Melaksanakan pengukuran dengan menggunakan neraca, jangka sorong atau mikrometer, dan pengukuran dengan menggunakan gelas ukur |
|
4.2 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis berikut ketelitiannya dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti kaidah angka penting untuk suatu penyelidikan ilmiah |
4.2.1 Mengolah data hasil pengukuran 4.2.2 Mengolah data hasil pengukuran dalam bentuk penyajian data, membuat grafik, mengintepretasi data dan grafik, dan menentukan ketelitian pengukuran, serta menyimpulkan hasil interpretasi data. 4.2.3 Membuat laporan tertulis dan mepresentasikan hasil pengukuran |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu :
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta
à Jenis-jenis besaran :
2. Konsep
3. Prinsip
E. Metode Pembelajaran
1.Pendekatan : Scientific Learning
2.Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan.
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
G. Sumber Belajar
1. Teks Siswa,
2. Buku Pegangan Guru,
3. Modul/bahan ajar,
4. internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
|
1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit ) |
Waktu |
||||||||||||
|
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan kehidupan sehari-hari, v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: · Pengukuran v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
15 menit |
||||||||||||
|
Kegiatan Inti
|
150 menit |
||||||||||||
|
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Guru :
|
15 menit |
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
· Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
· Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
· Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
· Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
· Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
v Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
· Pengukuran
b. Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
· Besaran dan Satuan