Diskusi

Forum Diskusi

Forum Diskusi

by Syamsul Ma'arif -
Number of replies: 11

Apa pengertian pelayanan publik? Apa sajakah syarat yang harus diperhatikan dalam mewujudkan excelent service?

In reply to Syamsul Ma'arif

Re: Forum Diskusi

by Nicholas Hansori -
Nicholas Hansori/1946041001/Paralel

Pelayanan publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksana ketentuan peraturan perundang-undangan. Syarat yang harus diperhatikan dalam mewujudkan excelent service (pelayanan prima) yakni: sikap, perhatian, tindakan, kemampuan, penampilan, bertanggung jawab, dan simpati.
In reply to Syamsul Ma'arif

Re: Forum Diskusi

by Agustina Fajriah -
Agustina Fajriah/1946041019

Pelayanan publik didefinisikan sebagai setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah untuk sejumlah individu yang semuanya memiliki kegiatan yang menguntungkan dalam kelompok atau unit dan memberikan kepuasan meskipun hasilnya tidak terkait dengan produk fisik. Menurut Kepmenpan No.63/KEP/M.PAN/7/2003, pelayanan publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan penerima pelayanan serta ketentuan peraturan perundang-undangan. Jadi Pelayanan publik merupakan pemuasan keinginan dan kebutuhan masyarakat melalui penyelenggara negara.Negara tentunya didirikan oleh publik (masyarakat) dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Pelayanan Prima (excellent service) merupakan kemampuan maksimal seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dalam pelayanan. Pelayanan prima adalah
pelayanan yang terbaik, diberikan kepada pelanggan, baik pelanggan internal ataupun eksternal berdasarkan standard serta prosedur pelayanan. Syarat yang harus diperhatikan dalam mewujudkan excellent service Menurut Barata (2004), yaitu :
- Skill (kemampuan) Berisi tentang keterampilan dalam bidang pekerjaan di lapangan, melaksanakan komunikasi yang efektif, mengembangkan motivasi dan menggunakan humas sebagai alat untuk memelihara hubungan di dalam dan di luar organisasi atau perusahaan.
- Attitude Meliputi kepedulian terhadap pelanggan dengan pemikiran positif, sehat dan logis serta kepedulian terhadap pelanggan dengan sikap menghargai.
- Penampilan (Appearance) Penampilan adalah penampilan seseorang, baik fisik maupun inkorporeal, yang dapat mencerminkan kepercayaan dan kredibilitas pihak lain.
- Perhatian (Attention) nerupakan kepedulian penuh terhadap pelanggan, baik berkaitan dengan perhatian akan kebutuhan dan keinginan pelanggan maupun pemahaman atas saran ataupun kritiknya, meliputi mendengarkan dan memahami secara sungguh-sungguh kebutuhan para pelanggan, mengamati dan juga menghargai perilaku para pelanggan, serta mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan.
- Tindakan Tindakan adalah kegiatan nyata yang harus dilakukan dalam proses memberikan layanan kepada pelanggan, termasuk mencatat setiap pesanan pelanggan, mencatat kebutuhan pelanggan, mengkonfirmasi kebutuhan pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan, dan menunjukkan rasa terima kasih dalam harapan pelanggan akan kembali
- Tanggung Jawab (Accountability) merupakan suatu sikap keberpihakan terhadap pelanggan sebagai suatu wujud keperdulian untuk menghindarkan atau meminimalkan kerugian atau ketidakpuasan pelanggan.
In reply to Syamsul Ma'arif

Re: Forum Diskusi

by Aditiya Irawansyah -
Aditiya Irawansyah/1946041010

Menurut Mahmudi (2007: 128) Mengatakan bahwa pelayanan publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagi upaya, pemenuhan kebutuhan publik dan pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Syarat yang harus diperhatikan dalam mewujudkan excelent service (pelayanan prima) yakni: sikap, perhatian, tindakan, kemampuan, penampilan, bertanggung jawab, dan simpati.
In reply to Syamsul Ma'arif

Re: Forum Diskusi

by Ayyas Alfath Sahisnu -
Ayyas Alfath Sahisnu / 1946041015

Pelayanan publik adalah pelayanan yang diberikan dalam rangka untuk melayani apa saja keperluan dari customer yaitu masyarakat termasuk kegiatan seperti mengarahkan, menginformasikan dan memberi bantuan seputar prosedural administrasi di suatu organisasi.

Yang harus diperhatikan utk mewujudkan excellent service yaitu:
1. Strategi pelayanan
2. Performa pelayanan
3. Pengalaman konsumen
In reply to Syamsul Ma'arif

Re: Forum Diskusi

by Amalia Indah Rizki -
Amalia Indah Rizki / 1946041012

Pelayanan publik adalah Melayani keperluan orang, masyarakat atau organisasi yang memiliki kepentingan pada organisasi, sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang ditentukan dan ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada penerima layanan. Syarat yang harus diperhatikan dalam mewujudkan excelent service (pelayanan prima) :
1. Sikap (Attitude) adalah perilaku yang harus ditonjolkan ketika menghadapi pelanggan, yang meliputi penampilan yang sopan dan serasi, berpikir posotif, sehat dan logis, dan bersikap menghargai.
2. Perhatian(Attention) adalah kepedulian penuh kepada pelanggan, baik yang berkaitan dengan perhatian akan kebutuhan dan keinginan pelanggan maupun pemahaman atas saran dan kritiknya, yang meliputi mendengarkan dan memahami secara sungguh-sungguh kebutuhan para pelanggan, mengamati dan menghargai perilaku para pelanggan, dan mencurahkan perhatian penuh kepada pelanggan.
3. Tindakan (Action) adalah berbagai kegiatan nyata yang harus dilakukan dalam memberikan layanan kepada pelanggan, yang meliputi mencatat setiap pesanan para pelanggan, mencatat kebutuhan para pelanggan, menegaskan kembali kebutuhan para pelanggan, mewujudkan kebutuhan para pelanggan, dan menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan mau kembali.
4. Kemampuan(Ability) adalah pengetahuan dan keterampilan tertentu yang mutlak diperlukan untuk menunjang program pelayanan prima, yang meliputi kemampuan dalam bidang kerja yang ditekuni, melaksanakan komunikasi yang efektif, mengembangkan motivasi, dan mengembangkan public relation sebagai instrument dalam membina hubungan kedalam dan keluar organisasi atau perusahaan.
5. Penampilan (Appearance) adalah penampilan seseorang baik yang
bersifat fisik saja maupun fisik atau non fisik, yang mampu merefleksikan kepercayaan diri dan kredibilitas dari pihak lain.
6. Tanggung Jawab (Accountability) adalah suatu sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai suatu wujud keperdulian untuk menghindarkan atau meminimalkan kerugian atau ketidakpuasan pelanggan.
In reply to Syamsul Ma'arif

Re: Forum Diskusi

by Muhammad Zaidan Fasya Fasya -
Nama : M.Zaidan Fasya
NPM : 1946041011


Pelayanan publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksana ketentuan peraturan perundang-undangan. Syarat yang harus diperhatikan dalam mewujudkan excelent service (pelayanan prima) yakni: sikap, perhatian, tindakan, kemampuan, penampilan, bertanggung jawab, dan simpati.
In reply to Syamsul Ma'arif

Re: Forum Diskusi

by Olivia Putri Taryssa -
Nama: Olivia Putri Taryssa
Npm: 1946041008

Pengertian pelayanan publik merupakan suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan masyarakat atau publik sesuai dengan peraturan perundang- undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Syarat yang harus diperhatikan dalam mewujudkan excelent service yaitu
1. Sikap (Attitude)
2. Perhatian(Attention)
3. Tindakan (Action)
4. Kemampuan(Ability)
5. Penampilan (Appearance)
6. Tanggung Jawab
In reply to Syamsul Ma'arif

Re: Forum Diskusi

by Dinda Anggun Tasya -
Dinda Anggun Tasya / 1946041013

Pelayanan publik yaitu serangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang, jasa, atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.
Syarat yang harus diperhatikan dalam mewujudkan excelent service dalam pelayanan publik yaitu :
1. Kemampuan (Ability) merupakan hal yang meliputi kemampuan kerja di bidang kerja yang ditekuni yang dibutuhkan untuk menunjang program layanan prima (excellent service) seperti: melaksanakan komunikasi yang efektif, mengembangkan motivasi, dan menggunakan humas sebagai alat untuk membina hubungan ke dalam dan ke luar oraganisasi
2. Sikap (Attitude) merupakan perilaku keberhasilan bisnis industri jasa pelayanan akan sangat tergantung pada orang-orang yang terlibat di dalamnya. Sikap pelayanan yang diharapkan tertanam pada diri para karyawan adalah sikap yang baik, ramah, penuh simpatik, dan mempunyai rasa memiliki yang tinggi terhadap organisasi
3. Penampilan (Apprearance) merupakan penampilan fisik ataupun non-fisik yang merefleksikan kredibilitas kepada pelanggan.
4. Perhatian (Attention) merupakan rasa kepedulian penuh terhadap pelanggan, yang berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, maupun memahami saran dan kritiknya.
5. Tanggung jawab (Accountability) merupakan sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai bentuk kepedulian, untuk meminimalkan ketidakpuasan pelanggan.
6. Penampilan (Appearance) adalah penampilan seseorang baik yang bersifat fisik saja maupun fisik atau non fisik, yang mampu merefleksikan kepercayaan diri dan kredibilitas dari pihak lain.
In reply to Syamsul Ma'arif

Re: Forum Diskusi

by Anada Syofira -
Anada Syofirq/ 1946041005

Pelayanan publik adalah serangkaian kegiatan pemerintah dalam memberikan suatu yang mensejahterakan masyarakat dalam kebutuhkan publik yang di atur dalam peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang, jasa, atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Syarat yang harus diperhatikan dalam mewujudkan excellent service yaitu :
1. Konsep sikap (attitude)
2. Konsep perhatian
3. Konsep tindakan
In reply to Syamsul Ma'arif

Re: Forum Diskusi

by Kezia Rany Simulina Ginting -
Kezia Rany S./1946041003

Pelayanan publik adalah suatu tindakan pemberian barang dan jasa kepada masyarakat oleh pemerintah dalam rangka tanggung jawabnya kepada publik, baik diberikan secara langsung maupun melalui kemitraan dengan swasta dan masyarakat, berdasarkan jenis dan intensitas kebutuhan masyarakat, kemampuan masyarakat dan pasar.
Untuk menerapkan dan mewujudkan excelent service tetrdapat beberapa syarat, yaitu:
1. Kemampuan, untuk menunjang program layanan prima,
2. Sikap, perilaku tetentu yang harus ditonjolkam ketika berhadapan dengan pelanggarabn/masyarakat,
3. Penampilan, penampilan firik maupun non-fisik sebagai refleksi kredinilitas kepad pelanggan/masyarakat,
4. Perhatian, kepedulian penuh terhadap pelanggan, yang berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, maupun memahami saran dan kritiknya,
5. Tindakan, emberikan layanan kepada pelanggan, yang meliputi mencatat setiap pesanan para pelanggan, mencatat kebutuhan para pelanggan, menegaskan kembali kebutuhan para pelanggan, mewujudkan kebutuhan para pelanggan, dan menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan mau Kembali,
6. Tindakan, sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai bentuk kepedulian, untuk meminimalkan ketidakpuasan pelanggan.
In reply to Syamsul Ma'arif

Re: Forum Diskusi

by fazar satura -
Muhammad Fazar Satura / 1946041020
Pelayanan Publik adalah pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya untuk pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksana ketentuan peraturan perundang-undangan.
syarat yang harus diperhatikan dalam mewujudkan excelent service diantara lain yaitu : Attitude (Sikap), Ability (Kemampuan), Attention (Perhatian), Action (Tindakan), Accountability (Tanggung Jawab), dan Appearance (Penampilan)