FORUM DISKUSI

RUANG DISKUSI

RUANG DISKUSI

by Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Number of replies: 23

Silahkan informasikan masing2 

Materi apa

KD nya apa beri penjelasan C berapa diakhir kalimatnya

Indikatornya apa beri penjelasan diakhir kalimatnya



In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Fitra Rinjani Yusman 1913022043 -
Nama: Fitra Rinjani Yusman
NPM: 1913022043

Izin menginformasikan,
Materi: Listrik Statis
Kompeteni Dasar
3.7 Menganalisis (C4) konsep listrik statis dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
4.7 Mengatasi (P4) berbagai masalah yang diakibatkan oleh listrik statis pada komponen-komponen teknologi informasi dan komunikasi.

Indikator Pencapaian Kompetensi
K.D 3.7
1. Mengidentifikasi (C1) fenomena kelistrikan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menjelaskan (C2) konsep listrik statis dalam teknologi informasi dan komunikasi
3. Menghitung (C3) besaran-besaran pada listrik statis
4. Mengnalisis (C4) penggunaan kapasitor dalam teknologi dan komunikasi.
K.D 4.7
1. Mendemonstrasikan (P3) percobaan kelistrikan (pengisian dan pengosongan kapasitor) dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Merancang (P4) suatu masalah listrik statis dan cara mengatasinya dalam teknologi informasi dan komunikasi.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Cerli Anjarsari 1913022019 -
Nama : Cerli Anjarsari
NPM : 1913022019

Izin menjawab pak
Kompetensi Keahlian : SMK jurusan Teknik Konstruksi dan Properti
Materi Pokok : Hukum Newton tentang Gerak

Kompetensi Dasar
KD Pengetahuan
3.3 Menganalisis gerak dan gaya dengan menggunakan hukum-hukum Newton
(Menganalisis adalah ranah kognitif C4)
KD pada KI Keterampilan
4.3 Menggunakan alat-alat sederhana yang berhubungan dengan hukum Newton tentang gerak
(Menggunakan adalah ranah psikomotorik P2)

Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator KD Pengetahuan
3.3.1 Menyebutkan bunyi Hukum Newton tentang Gerak
(Menyebutkan adalah ranah kognitif C1)
3.3.2 Menjelaskan hukum Newton tentang gerak dan gaya dalam kehidupan sehari-hari
(Menjelaskan adalah ranah kognitif C2)
3.3.3 Menentukan percepatan benda yang bergerak pada bidang datar
(Menentukan adalah ranah kognitif C3)
3.3.4 Memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penerapan hukum Newton
(Memecahkan adalah ranah kognitif C4)

Indikator KD pada KI Keterampilan
4.3.1 Mempersiapkan percobaan penerapan hukum Newton pada benda yang bergerak pada bidang datar.
(Mempersiapkan adalah ranah psikomotorik P1)
4.3.2 Melakukan percobaan penerapan hukum Newton pada benda yang bergerak pada bidang datar.
(Melakukan adalah ranah psikomotorik P2)
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Luqman Hakim 1913022037 -
Nama : Luqman Hakim
NPM : 1913022037

Izin menjawab pak,
Materi yang saya cantumkan pada RPP yang saya kembangkan yaitu Besaran dan Pengukuran

Untuk KDnya yaitu :
3.1 Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisika, angka penting dan notasi ilmiah. Bila dilihat dari KKOnya merujuk pada C3
4.1 Melakukan pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka penting. Bila dilihat KKOnya merujuk P3

Indikator :
Untuk ranah kognitif :
1. Membandingkan (C2) besaran pokok dan besaran turunan serta dapat memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
2. Menerapkan (C3) satuan besaran pokok dalam Sistem Internasional
3. Mengimplementasikan (C3) penggunaan angka penting dan notasi ilmiah pada hasil pengukuran yang diperoleh dari pengukuran menggunakan alat ukur
Untuk ranah psikomotorik
4. Melakukan (P3) pengukuran dengan benar berkaitan dengan besaran pokok Panjang..
5. Mendemonstrasikan (P3) cara membaca nilai yang ditunjukkan alat ukur secara tepat, serta menuliskan hasil pengukuran sesuai dengan aturan penulisan angka penting.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Resti Yuliana 1913022011 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama  Resti Yuliana
NPM 1913022011
Izin menjawab pertanyaan di atas
Materi : Gelombang
KD :
  • 3.9 Menganalisis getaran, gelombang, dan bunyi (C3)
  • 4.9 Menyajikan penggunaan gelombang bunyi dalam teknologi. (Misalnya : dalam pengujian menggunakan Non Distructive Testing) (P3)
Indikator
Kognitif
  • 3.9.1 Mengidentifikasi peristiwa gelombang (C1)
  • 3.9.2 Menjelaskan konsep gelombang (C2)
  • 3.9.3 Menjelaskan karakteristik gelombang transversal dan longitudinal (C2)
  • 3.9.4 Menemukan hubungan antara panjang gelombang, frekuensi, cepat rambat, dan periode gelombang (C3)
  • 3.9.5 Menganalisis gelombang transversal dan longitudinal (C4)
Psikomotorik
  • 4.9.1 Mempresentasikan penggunaan gelombang bunyi dalam teknologi. (Misalnya : dalam pengujian menggunakan Non Distructive Testing) (P3)
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Dela Mandasari 1913022027 -
Nama : Dela Mandasari
Npm : 1913022027

Materi : Pengukuran

KD :
3.1. Menerapkan (C3) prinsip pengukuran
4.1 Mengukur besaran- besaran fisis dan
menghitung konversi satuan

Indikator :
3.1.1 Mengidentifikasi (C1) aturan angka penting dan notasi ilmiah pada data hasil pengukuran
3.1.2 Menjelaskan (C2) prinsip-prinsip pengukuran beberapa alat ukur
3.1.3 Menerapkan (C3) aturan angka penting dan notasi ilmiah pada data hasil pengukuran

4.1.1 Menerapkan (P2) cara membaca alat ukur
4.1.2 Mempraktekkan (P3) penggunaan macam- macam alat ukur
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Ahmad Fazriansyah 1913022051 -
Nama : Ahmad Fazriansyah
NPM : 1913022051

Izin menjawab,
Kompetensi Keahlian : SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan
Materi Pokok : Besaran dan Satuan

Kompetensi Dasar
KD Pengetahuan
3.1 Menerapkan (C3) konsep besaran pokok, besaran turunan, dan satuan dalam pengukuran
KD Keterampilan
4.1 Menyaji (P3) hasil pengukuran besaran fisis menggunakan alat ukur dan teknik yang tepat

Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator KD Pengetahuan
3.1.1 Menyebutkan (C1) besaran pokok dan besaran turunan
3.1.2 Menjelaskan (C2) fungsi dan cara menggunakan alat ukur
3.1.2 Menentukan (C3) konsep pengukuran beberapa alat ukur
Indikator KD Keterampilan
4.1.1 Mempersiapkan (P1) percobaan cara membaca alat ukur
4.1.2 Melakukan (P2) percobaan cara membaca alat ukur
4.1.3 Menampilkan (P3) hasil percobaan cara membaca alat ukur
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Annica Sekar Arum 1913022045 -
Nama: Annica Sekar Arum
NPM : 1913022045
Izin menginformasikan pak,

Materi pokok: Usaha, energi, daya dan efisiensi
Materi: Usaha
KD:
3.4 Menganalisis hubungan usaha, energi, daya dan efisiensi (C4)
4.4 Menyajikan ide/gajah dampak keterbatasan sumber energi bagi kehidupan dan upaya penanggulangannya dengan energi terbarukan (P3)

Indikator :
3.4.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi usaha (C1)
3.4.2 Menjelaskan konsep usaha yang dilakukan oleh gaya (C2)
3.4.3 Menghitung besar usaha yang dilakukan oleh gaya (C3)
3.4.4 Menganalisis hubungan usaha, gaya, dan perpindahan (C4)
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Alfath Akbar 1913022017 -
Nama: Alfath Akbar
NPM: 1913022017

izin menginformasikan pak
materi: besaran dan pengkuran

Kompetensi Dasar
3.1 Menerapkan (C3) prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa
4.1 Melakukan (P2) pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka penting.

Indikator Pencapian Kompetensi
3.1.1 Menjelaskan (C2) konsep besaran pokok dan turunan, angka penting, pengukuran.
3.1.2 Menerapkan (C3) alat ukur, angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa
4.1.1 Meniru (P1) pengukuran benda kerja dengan alat ukur (penggaris, jangka sorong, mikrometer).
4.1.2 Melakukan (P2) pengukuran benda kerja dengan alat ukur (penggaris, jangka sorong, mikrometer) berdasarkan petunjuk
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Ina Fitriyani 1913022001 -
Nama: Ina Fitriyani
NPM: 1913022001

Izin menginformasikan,
Materi: Vektor, gaya, resultan gaya dan kesetimbangan
Kompeteni Dasar
3.11 Menerapkan (C3) langkah-langkah vektor, Gaya, Resultan gaya, dan kesetimbangan.
4.11 Melakukan (P2) langkah-langkah vektor, gaya, gaya resultan dan kesetimbangan.

Indikator Pencapaian Kompetensi
K.D 3.11
1. Mengidentifikasi (C1) jenis dan fungsi vektor, gaya, gaya resultan dan kesetimbangan
2. Menjelaskan (C2) vektor, gaya, gaya resultan dan kesetimbangan.
3. Menjelaskan (C2) klasifikasi vektor, gaya, gaya resultan dan kesetimbangan
4. Mengnalisis (C4) vektor, gaya, gaya resultan dan kesetimbangan.

K.D 4.11
1. Menunjukkan (P1) vektor, gaya, gaya resultan dan kesetimbangan.
2. Melakukan (P2) percobaan klasifikasi vektor, gaya, gaya resultan dan kesetimbangan.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Tria Anisa 1913022047 -
Nama : Tria Anisa
NPM : 1913022047
Izin menginformasikan pak,

Jurusan : Farmasi
Materi : Getaran dan Gelombang

Kompetensi Dasar
3.4 Menganalisis (C4) hubungan antara getaran dan gelombang serta besaran-besarannya yang terkait.
4.4 Mendemonstrasikan (P2) fenomena gelombang dengan peralatan sederhana.

Indikator Pencapaian Kompetensi

Aspek Pengetahuan
1) Menyebutkan (C1) contoh-contoh getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari
2) Meklasifikasikan (C2) jenis-jenis gelombang
3) Menentukan (C3) besaran-besaran pada getaran dan gelombang

Aspek Keterampilan
1) Melakukan (P2) percobaan fenomena gelombang dengan peralatan sederhana.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Olivya Isabel Malau -
Nama : Olivya Isabel
NPM : 1913022055
Izin menginformasikan pak/bu.
A.    Kompetensi Dasar (KD)
3.1  Memahami (C2)hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan,ketelitian, dan aturan angka penting)
4.1  Menyaji (P3) hasil pengukuran besaran fisis menggunakan alat ukur dan teknik  yang tepat
B.    Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1  Menyebutkan (C1) jenis-jenis alat ukur panjang
3.1.2  Menjelaskan (C2) cara penggunaan alat ukur panjang (jangka sorong dan mikrometer sekrup)
3.1.3  Menentukan (C3) ketelitian pengukuran yang benar dengan alat ukur panjang (jangka sorong dan mikrometer sekrup)
4.1.1    Melakukan (P2) pengukuran dengan alat ukur dengan tepat
4.1.2    Menghitung (P2) ketelitian dari alat ukur panjang (jangka sorong dan mikrometer sekrup)
4.1.3    Menyajikan (P3) hasil Pengukuran
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Amril Hakim 1913022033 -
Nama : Amril Hakim
NPM : 1913022033

izin menginformasikan pak,
Materi : Gelombang
Kompetensi Dasar :
3.4 Pengetahuan :
Menganalisis (C4) gelombang serta besaran-besarannya yang terkait.
4.4 Keterampilan :
Mendemonstrasikan (P3) fenomena gelombang dengan peralatan sederhana.

Indikator Pencapaian Kompetensi:
a) Aspek Pengetahuan :
3.4.1 Menyebutkan (C1) contoh gelombang dalam kehidupan sehari-hari.
3.4.2 Mengelompokkan(C2) jenis-jenis gelombang.
3.4.3 Menentukan (C3) besaran-besara pada gelombang.
3.4.4 Menganalisis (C4) penggunaan konsep gelombang dalam teknologi dan permasalahan
kontekstual

b) Aspek Keterampilan
4.4.1 Membuat (P5) alat peraga sederhana untuk menunjukkan bunyi merambat melalui zat padat
4.4.2 Mendemonstrasikan (P3) gelombang bunyi merambat melalui zat padat (Kinerja/praktik)
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Artha Indah Hairunnisah -
Nama : Artha Indah Hairunnisah
NPM : 1953022003
Izin menjawab pak,,

Materi/Topik :
Gerak lurus dengan kecepatan konstan dan percepatan konstan

Kompetensi Dasar
3.4 Menganalisis (C4) besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas
4.4 Menyajikan (P3) data dan grafik hasil percobaan gerak benda untuk menyelidiki karakteristik gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya.

Indikator Pencapaian Kompetensi Kognitif
3.4.1 Menjelaskan pengertian gerak (C1)
3.4.2 Mengidentifikasi besaran-besaran fisika pada gerak lurus. (C2)
3.4.3 Menjelaskan perbedaan jarak dan perpindahan (C1)
3.4.4 Menerapkan konsep jarak dan perpindahan untuk pemecahan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari (C3)
3.4.5 Menjelaskan perbedaan kelajuan dan kecepatan (C1)
3.4.6 Menjelaskan perbedaan percepatan rata-rata dan percepatan sesaat (C1)
3.4.7 Menerapakan konsep kelajuan dan kecepatan untuk pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari (C3)
3.4.8 Menganalisis konsep percepatan rata-rata dan percepatan sesaat untuk pemecahan masalah dalam kehidupan sehari (C4)

Psikomotorik
4.4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah (P3)
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Dita Shanda Putri 1913022005 -
Nama : Dita Shanda Putri
NPM : 1913022005

Materi: Besaran dan Satuan
Kompetensi Dasar:
3.1 Menerapkan prinsip - prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa (C3)
4.1 Melakukan pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka penting (P2)

Indikator Pencapaian:
1. Pengetahuan
a. Menyebutkan alat ukur suatu besaran (C1)
b. Mengklasifikasi besaran pokok dengan besaran turunan (C2)
d. Menentukan dimensi suatu besaran (C3)
e. Menerapkan penggunaan notasi ilmiah dalam pengukuran (C3)
f. Menerapkan penggunaan aturan angka penting dalam pengukuran (C3)
2. Keterampilan
a. Mengikuti prosedur percobaan pengukuran dengan menggunakan peralatan dan teknik yang benar (P1)
b. Melakukan pembacaan hasil pengukuran dengan menggunakan aturan angka penting secara bertanggungjawab (P2)
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Meita Puteri Handayani 1913022021 -
Nama : Meita Puteri Handayani
NPM : 1913022021

Izin menginformasikan,
Materi : Besaran dan Satuan

Kompetensi Dasar :
3.1 Memahami konsep besaran pokok, besaran turunan, dan satuan dalam pengukuran
4.1 Menyaji hasil pengukuran besaran fisis menggunakan alat ukur dan teknik yang tepat

Indikator :
Pengetahuan :
3.1.1 Mengidentifikasi konsep besaran dan satuan yang digunakan dalam pengukuran
3.1.2 Menjelaskan cara membaca alat ukur sesuai dengan kaidah dan aturan angka penting

Keterampilan :
4.1.1 Mempersiapkan percobaan pengukuran besaran fisis
4.1.2 Melakukan pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka penting
4.1.3 Menampilkan hasil pengukuran besaran fisis
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Fijri Kurnia 1913022023 -
Nama : Fijri Kurnia
NPM : 1913022023
Izin menginformasikan,

Kompetensi Keahlian : Multimedia
Materi pokok : besaran, satuan, dan pengukuran

Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami (C2) konsep besaran pokok, besaran turunan, dan satuan dalam pengukuran
4.1 Menyaji (P3) hasil pengukuran besaran fisis menggunakan alat ukur dan teknik yang tepat

Indikator pencapaian kompetensi
KD 3.1
3.1.1 Menyebutkan (C1) jenis-jenis besaran pokok, besaran turunan serta satuannya dalam pengukuran.
3.1.2 Memahami (C2) prinsip-prinsip besaran pokok, besaran turunan serta satuannya dalam pengukuran

KD 4.1
4.1.1 Melakukan percobaan (P2) tentang pengukuran besaran fisis dengan menggunakan alat ukur dan teknik yang tepat.
4.1.2 Menyajikan (P3) hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by B. Tiara Shafa Zahirah -
Nama : B. Tiara Shafa Zahirah
NPM : 1913022031

Materi Pelajaran : Gerak Lurus dan Gerak Melingkar
B. Kompetensi Dasar

3.2 Mengevaluasi (C5) gerak lurus dan gerak melingkar dengan kelajuan tetap atau percepatan tetap dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Menyajikan (P3) hasil percobaan gerak lurus dan gerak melingkar dalam bentuk grafik/tabel pada bidang teknologi dan rekayasa

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

1. Pengetahuan
3.2.1 Memberi definisi (C1) jarak dan perpindahan
3.2.2 Membedakan (C2) definisi jarak dan perpindahan
3.2.3 Menerapkan (C3) konsep Gerak Lurus Beraturan (GLB)
3.2.4 Menerapkan (C3) konsep Gerak Lurus Beraturan Beraturan (GLBB)
3.2.5 Menganalisis (C4) konsep gerak melingkar
3.2.6 Mengevaluasi (C5) konsep gerak lurus dan gerak melingkar dalam kehidupan sehari hari.

2. Keterampilan
4.2.1 Menyajikan (P3) hasil pengamatan gerak lurus dalam bentuk grafik pada bidang teknologi dan rekayasa
4.2.2 Menyajikan (P3) hasil percobaan gerak melingkar dalam bentuk tabel pada bidang teknologi dan rekayasa
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Arini Wulandari 1913022057 -
Nama : Arini Wulandari
NPM : 1913022057
Izin menginformasikan Bapak/Ibu

Materi Pembelajaran : Pengukuran dan Besaran

KOMPETENSI DASAR
Pengetahuan
3.1 Memahami(C2) hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)

Keterampilan
4.1 Menyajikan(P3) hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk suatu penyelidikan ilmiah


INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
Pengetahuan
3.1.1. Menyebutkan(C1) jenis-jenis alat ukur.
3.1.2. Menentukan(C2) tingkat ketelitian pada alat ukur.
3.1.3. Menjelaskan(C2) cara pengukuran yang benar dengan menggunakan alat ukur.
3.1.4. Menganalisis(C4) cara melakukan pengukuran tunggal menggunakan penggaris.

Keterampilan
4.1.1. Mendemonstrasikan(P3) pengukuran tunggal menggunakan penggaris.
4.1.2. Menyajikan(P3) hasil percobaan dalam bentuk laporan.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Fertina 1913022035 -
Nama : Fertina
NPM : 1913022035
Izin menjawab pak,

Materi : Besaran dan Satuan
Kompetensi Dasar
KD 3.1 Menerapkan (C3) prinsip pengukuran

KD 4.1 Mengukur (P3) besaran-besaran fisis dan menghitung konversi satuan.

Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 3.1
3.1.1 Menjelaskan (C2) Besaran Dan Satuan
KD 4.1
4.1.1 Mendemonstrasikan (P3) cara membaca alat ukur.
4.1.2 Mempraktekkan (P3) penggunaan macam-macam alat ukur.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Khodijah Khodijah 1913022025 -
Nama : Khodijah
NPM : 1913022025

Izin menginformasikan
Materi : Fluida Statis
Kompetensi Dasar
3.7 Menerapkan (C3) hukum-hukum pada fluida statik dan dinamis.
4.7 Melakukan(P2) percobaan sederhana yang berkaitan dengan hukum-hukum fluida statis dan dinamis.

Indikator
Pengetahuan
3.7.1 Mendefinisikan (C1) Hukum Utama Hidrostatis dan Hukum Pascall.
3.7.2 Mendeskripsikan (C2) faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatis.
3.7.3 Menerapkan  (C3) Hukum utama hidrostatis 

Keterampilan
4.7.1 Melakukan (P2) percobaan Hukum utama Hidrostatis.

In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Siti Nur Oktaviana 1913022007 -
Nama : Siti Nur Oktaviana
NPM : 1913022007

Izin menjawab pak

Materi: Suhu dan Kalor
Kompetensi Dasar
3.5 Menganalisis (C4) hubungan suhu dan kalor
4.5 Melakukan (P5) percobaan pengarauh kalor terhadap perubahan suhu, wujud dan bentuk benda di bidang pariwisata.

Indikator

3.5.1        Mendefinisikan (C1) pengertian suhu dan kalor

3.5.3        Menjelaskan (C2) konversi skala thermometer

3.5.4        Menemukan (C3) konversi skala thermometer

3.5.9        Menganalisis (C4) hubungan kalor dengan suhu benda dan wujudnya


4.5.1        Melakukan (P5) percobaan tentang perpindahan kalor secara konveksi



In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Meli Kurnia Wati 1913022003 -
Nama : Meli Kurnia Wati
Npm : 1913022003

Izin Menjawab
Materi : Suhu dan Kalor

Kompetensi Dasar
3.6 Mengevaluasi (C5) proses pemuaian, perubahan wujud zat dan perpindahan kalor.
4.6 Menyaji (P3) hasil penyelidikan mengenai perpindahan kalor menggunakan azas black

Indikator Pencapaian
Pengetahuan
3.6.1. Mengidentifikasi (C1) pemuaian, perubahan wujud zat dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari.
3.6.2. Menjelaskan (C2) jenis pemuaian, perubahan wujud zat, dan perpindahan kalor
3.6.3. Menentukan (C3) jenis pemuaian, perubahan wujud zat, dan perpindahan kalor
3.6.4. Menganalisis (C4) proses pemuaian, perubahan wujud zat, dan perpindahan kalor
3.6.5. Mengevaluasi (C5) proses pemuaian wujud zat, dan perpindahan kalor

Keterampilan
4.6.1. Mengikuti (P1) penjelasan umum tentang bagaimana melakukan percobaan azas Black
4.6.2. Menerapkan (P2) kegiatan percobaan azas Black sesuai intruksi yan telah di berikan
4.6.3. Menyajikan (P3) hasil percobaan azas Black dengan baik
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: RUANG DISKUSI

by Miah Muthmainnah 1953022005 -
Nama : Miah Muthmainnah
NPM : 1953022005

Izin menginformasikan
Materi : Fluida Statis
Kompetensi Dasar
3.7 Menerapkan (C3) hukum-hukum pada fluida statik dan dinamis.
4.7 Melakukan(P2) percobaan sederhana yang berkaitan dengan hukum-hukum fluida statis dan dinamis.

Indikator
Pengetahuan
• Menganalisis data percobaan Hukum Archimedes. (C4)
• Menyajikan hasil percobaan Hukum Archimedes. (C6)

Psikomotorik
Melakukan percobaan Hukum Archimedes. (P2)