Forum Diskusi Kelompok 10

Diskusi Kelompok 10

Diskusi Kelompok 10

oleh Dra. Erni M.Pd -
Jumlah balasan: 67

Kepada rekan-rekan mahasiswa silahkan berdiskusi, bertanya dan menanggapi  pada forum ini mengenai materi yang disampaikan oleh kelompok 10.

Sebagai balasan Dra. Erni M.Pd

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Rafiq Nur Fadillah 2053053004 -
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
selamat pagi kepada bapak/ ibu dosen serta rekan rekan semua.

Yang kami hormati Ibu Dra. Erni Mustakim M.pd. bersama Bapak Muhisom, M.Pd.I selalu dosen pengampu matakuliah pendidikan multikultural.

Dan rekan-rekan seperjuangan yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat kesehatan dan keselamatan sehingga kita dapat berkumpul di forum diskusi ini.

Sholawat dan salam kita curahkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad SAW. Yang mana beliau telah membawa kita dari zaman jahiliah menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti yg kita rasakan saat ini.

Pada hari ini kami dari kelompok 10 akan mempresentasikan hasil diskusi kami yang akan membahas tentang "Langkah-langkah pembelajaran berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural di sekolah"

Sebelumnya perkenalkan nama saya Rafiq Nur Fadillah sebagai moderator yang akan mengarahkan jalannya acara diskusi kita pada pagi hari ini.

Adapun anggota kelompok 10 yaitu :
1. Clarissa fara adellia 2053053034
2. Alifiya Prabita Rahayu 2053053008
3. Rafiq Nur Fadillah 2053053004
4. Cindy Ardila Putri 2053053043

Dan rangkaian acara yang akan kita lewati, adalah:
1. pembukaan
2. Penyampaian dan penyajian materi
3. tanya jawab
4. Penutup

langsung saja kita masuk ke acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka dengan melafazkan basmallah bersama-sama "bismillahirrahmanirrahim"
Sebagai balasan Rafiq Nur Fadillah 2053053004

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Rafiq Nur Fadillah 2053053004 -
Kemudian setelah teman-teman membaca dan memahami materi yang telah kami berikan, Selanjutnya akan kami buka sesi tanya jawab, terdiri dari 2 termin, setiap 1 termin terdapat 3 penanya.

Untuk termin pertama bagi teman-teman yang ingin bertanya kami persilahkan.
Sebagai balasan Rafiq Nur Fadillah 2053053004

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh aliffia hanif ariyani -
Izin bertanya moderator,
Nama : Aliffia Hanif Ariyani
NPM : 2053053011
Mengapa pendidikan berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural perlu dilaksanakan disekolah? jelaskan
Sebagai balasan aliffia hanif ariyani

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Clarissa Fara Adellia 2053053034 -
izin menjawab pertanyaan dari aliffia hanif moderator.

pendidikan berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural perlu dilaksanakan karena pembelajaran berbasis budaya sangat bermanfaat bagi pemaknaan proses dan hasil belajar bagi peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar yang kontekstual dan bahan apersepsi untuk memahami konsep ilmu pengetahuan dalam budaya lokal (etnis) yang dimiliki. mewujudkan sekolah sebagai lembaga untuk membangun anak didik berbudi pekerti luhur, berbudaya, dan selalu tanggap perkembangan global tanpa meninggalkan budaya lokal.
terimakasih.
Sebagai balasan aliffia hanif ariyani

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Vinsensius Asto Adi Pranata 2053053017 -
Izin menambahkan jawaban...

Pendidikan berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural perlu dilaksanakan disekolah. Karena dengan pendidikan berbasis kebudayaan ini dapat mengajarkan tentang ragam kehidupan, kebudayaan yang menekankan penerimaan tentang adanya keragaman, kebhinekaan, pluralitas, sebagai realitas utama dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai, dan sistem tatanan sosial budaya. Sehingga diharapkan perserta didik nantinya dapat menerima setiap perbedaan yang ada di dalam masyarakat.
Sebagai balasan Rafiq Nur Fadillah 2053053004

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Tedi Kurniawan2053053040 -
Asslaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin bertanya moderator
Nama Tedi Kurniawan 2053053040
Menurut kelompok kalian apakah meningkatkan kualitas pendidikan termasuk fungsi dan peran lembaga pendidikan dalam mengelola keragaman sosial budaya? Jika iya jelaskan dan berikan contohnya
Terimakasih
Sebagai balasan Tedi Kurniawan2053053040

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Cindy Ardila Putri 2053053043 -
Izin menjawab moderator
Nama:Cindy Ardila Putri
NPM:2053053043

ya, karena dengan meningkatnya kualitas pendidikan di masyarakat, masyarakat terutama pelajar akan lebih mengetahui tentang keragaman sosial dan budaya yang ada di Indonesia.

Contoh
Pelajaran bahasa daerah di sekolah, sebagai salah satu bentuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan berupa bahasa. Saat ini, banyak sekolah yang mengajarkan seni tradisional, seperti: membatik, seni tari, dan sebagainya.
Sebagai balasan Rafiq Nur Fadillah 2053053004

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Alma Afifah 2053053044 -
Izin bertanya,
Nama: Alma Afifah
npm: 2053053044

Dijelaskan dalam program konseling Kemungkinan ada anak yang lemah dalam mata pelajaran tertentu ternyata dia memiliki bakat yang besar dalam
menari dan menyanyi yang membutuhkan penyaluran bakat yang memadai. Tapi pada kenyataannya banyak orang tua dan guru yang masih berpikir bahwa nilai akademik lebih bagus daripada bakat dan minat siswa di bidang non akademik. Nah apa yang bisa kita lakukan nanti sebagai guru agar murid bisa menyalurkan bakat dan minat nya?
Sebagai balasan Alma Afifah 2053053044

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Alifiya Prabita Rahayu 2053053008 -
Nama : Alifiya Prabita Rahayu
Npm : 2053053008
Izin menjawab pertanyaan dari Alma Afifah

Yang bisa guru lakukan untuk mengetahui bakat lain dari peserta dididk salah satunya adalah mendengarkan cerita mereka diluar jam pelajaran, seperti mendengarkan apa keluh kesah mereka, hal apa yang mereka senangi, kegiatan apa yang mereka senangi tanpa ada paksaan untuk menjalaninya, dengan begitu pendidik akan dengan mudah mengetahui minat dan bakat dari peserta didiknya sendiri.

Memberikan Fasilitas yang Tepat Bagi Pengembangan Bakat Siswa

Setelah mengetahui bakat dan minat siswa, Anda bisa bekerja sama dengan sekolah ataupun orangtua siswa dalam memberikan fasilitas yang tepat bagi pengembangan bakat siswa. Misalnya, jika terdapat siswa yang pandai bernyanyi, maka sekolah dapat menyediakan ekstrakurikuler seni atau jika terdapat siswa yang senang berolahraga, maka sekolah dapat menyediakan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan olahraga.

Beri Kebebasan Pada Siswa

Dalam kegiatan belajar mengajar ada baiknya jika Anda memberi kebebasan pada siswa. Kebebasan yang dimaksud bukan berarti melenceng dari aturan dan tata tertib sekolah, melainkan waktu luang bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya.sebagai guru tentu anda menginginkan yang terbaik bagi siswa, namun terlalu protektif juga bisa menutup atau mengubur bakat mereka.

Meningkatkan Motivasi Anak dalam Melatih serta Mengembangkan Bakat

Agar siswa dapat mengembangkan minat dan bakatnya, maka Anda harus memberikan pandangan terlebih dahulu bahwa mereka dapat mencapai keberhasilan dengan bakat yang dimiliki. Hal tersebut juga bisa membuat siswa lebih percaya diri terhadap kemampuannya. Setelah itu Anda bisa memberikan motivasi berupa peluang karir atau bidang pendidikan yang tepat untuk siswa tersebut di masa yang akan datang.

Sebagai balasan Rafiq Nur Fadillah 2053053004

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Rafiq Nur Fadillah 2053053004 -
Terimakasih temen-temen yang sudah bertanya di sesi pertama.
Selanjutnya kami buka termin ke-2, bagi temen-temen yang ingin bertanya dipersilahkan.
Sebagai balasan Rafiq Nur Fadillah 2053053004

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh FUJI BESTARI 2053053019 -
Nama : Fuji Bestari
NPM : 2053053019
Izin bertanya moderator
Apa saja hambatan hambatan dalam proses penerapan langkah - langkah pembelajaran berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural di sekolah? Dan menurut kelompok anda apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut?
Sebagai balasan FUJI BESTARI 2053053019

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Clarissa Fara Adellia 2053053034 -
nama : clarissa fara adellia
npm : 2053053034
izin menjawab pertanyaan fuji

Hambatan dalam proses penerapan langkah-langkah pembelajaran berbasis budaya
yaitu pada pada media pembelajaran atau bahan ajarnya.

kemudian cara mengatasinya dapat dilakukan dnegan pendiidk bisa membuat sendiri bahan ajarnya, seperti alat peraganya dibuat sendiri dengan sekreatif mungkin, karena dengan mengandallkan bahan atau media yang disediakan oleh pihak sekolah belum tentu memenuhi kebutuhan bahan ajar.
terimakasih.
Sebagai balasan Rafiq Nur Fadillah 2053053004

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Ira nursanti 2053053024 -
Izin bertanya
Nama : Ira Nursanti
NPM : 2053053024
Pertanyaan :
Coba jelaskan kelebihan serta kekurangan dari pembelajaran berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural di sekolah
Terimakasih
Sebagai balasan Ira nursanti 2053053024

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Rafiq Nur Fadillah 2053053004 -
Nama : Rafiq Nur Fadillah
Npm : 2053053004
Izin menjawab pertanyaan dari Ira Nursanti

Kelebihan dari pembelajaran berbasis budaya yaitu membawa budaya lokal yang selama ini tidak selalu mendapat tempat dalam kurikulum sekolah, termasuk pada proses pembelajaran beragam matapelajaran di sekolah. Dalam pembelajaran berbasis budaya, lingkungan belajar akan berubah menjadi lingkungan yang menyenangkan bagi guru dan siswa, yang memungkinkan guru dan siswa berpartisipasi aktif berdasarkan budaya yang sudah mereka kenal, sehingga dapat diperoleh hasil belajar yang optimal. Siswa merasa senang dan diakui keberadaan serta perbedaannya, karena pengetahuan dan pengalaman budaya yang sangat kaya yang mereka miliki dapat diakui dalam proses pembelajaran.

Kemudian untuk kekurangan dari pembelajaran berbasis budaya yaitu terdapat pada media dan pemahaman pendidik tentang kurangnya wawasan kebudayaan, sehingga penyampaian pembelajaran berbasis budaya kurang maksimal untuk dapat di pahami oleh peserta didik.
Sebagai balasan Dra. Erni M.Pd

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Diva syafira rahmadani 2053053001 -
Izin bertanya moderator, sebelumnya perkenalkan
Nama : diva syafira rahmadani
Npm : 2053053001

Izin bertanya
Pada tahap pertama yaitu status Quo atau kurikulum dominan, di tahap ini, bertujuan untuk mengasimilasi peserta didik yang terabaikan. Bagaimana cara anda sebagai calon pendidik untuk mengatasi persoalan tersebut?
Sebagai balasan Diva syafira rahmadani 2053053001

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Cindy Ardila Putri 2053053043 -
Izin menjawab moderator
Nama:Cindy Ardila Putri
NPM:2053053043

Cara untuk mengatasi persoalan tersebut yaitu pendidik harus menerapkan sikap adil kepada semua peserta didik. Pendidik tidak boleh membedakan baik dalam sikap, pemberian respon, perilaku, pemberian perhatian pendidik kepada masing-masing peserta didik. Dengan begitu peserta didik yang terabaikan bisa merasakan lebih diperhatikan secara adil oleh pendidik. Selain itu pendidik juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dan bisa mendekatkan diri dengan peserta didik sehingga peserta didik merasa nyaman, tidak sungkan terhadap pendidik jika ingin menyampaikan sesuatu.
Sebagai balasan Dra. Erni M.Pd

Re: Diskusi Kelompok 10

oleh Rafiq Nur Fadillah 2053053004 -
Baik kalau sudah tidak ada yang ingin menambahkan lagi.

kita masuk ke acara yang terakhir yaitu penutup.
marilah sama - sama kita tutup acara ini dengan melafadzkan hamdallah
"Al-hamdu lillahi rabbil 'alamin"
Semoga ilmu yang kita dapatkan hari ini bisa bermanfaat.

Baiklah saya mewakili dari kelompok 10 memohon maaf apabila dalam jalannya presentasi banyak kesalahan dan kekurangan, kepada Allah SWT. kami mohon ampun.
kami akhiri wassalamualaikum wr.wb