Kepada rekan-rekan mahasiswa silahkan berdiskusi, bertanya dan menanggapi pada forum ini mengenai materi yang disampaikan oleh kelompok 10.
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
selamat pagi kepada bapak/ ibu dosen serta rekan rekan semua.
Yang kami hormati Ibu Dra. Erni Mustakim M.pd. bersama Bapak Muhisom, M.Pd.I selalu dosen pengampu matakuliah pendidikan multikultural.
Dan rekan-rekan seperjuangan yang berbahagia.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat kesehatan dan keselamatan sehingga kita dapat berkumpul di forum diskusi ini.
Sholawat dan salam kita curahkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad SAW. Yang mana beliau telah membawa kita dari zaman jahiliah menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti yg kita rasakan saat ini.
Pada hari ini kami dari kelompok 10 akan mempresentasikan hasil diskusi kami yang akan membahas tentang "Langkah-langkah pembelajaran berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural di sekolah"
Sebelumnya perkenalkan nama saya Rafiq Nur Fadillah sebagai moderator yang akan mengarahkan jalannya acara diskusi kita pada pagi hari ini.
Adapun anggota kelompok 10 yaitu :
1. Clarissa fara adellia 2053053034
2. Alifiya Prabita Rahayu 2053053008
3. Rafiq Nur Fadillah 2053053004
4. Cindy Ardila Putri 2053053043
Dan rangkaian acara yang akan kita lewati, adalah:
1. pembukaan
2. Penyampaian dan penyajian materi
3. tanya jawab
4. Penutup
langsung saja kita masuk ke acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka dengan melafazkan basmallah bersama-sama "bismillahirrahmanirrahim"
selamat pagi kepada bapak/ ibu dosen serta rekan rekan semua.
Yang kami hormati Ibu Dra. Erni Mustakim M.pd. bersama Bapak Muhisom, M.Pd.I selalu dosen pengampu matakuliah pendidikan multikultural.
Dan rekan-rekan seperjuangan yang berbahagia.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat kesehatan dan keselamatan sehingga kita dapat berkumpul di forum diskusi ini.
Sholawat dan salam kita curahkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad SAW. Yang mana beliau telah membawa kita dari zaman jahiliah menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti yg kita rasakan saat ini.
Pada hari ini kami dari kelompok 10 akan mempresentasikan hasil diskusi kami yang akan membahas tentang "Langkah-langkah pembelajaran berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural di sekolah"
Sebelumnya perkenalkan nama saya Rafiq Nur Fadillah sebagai moderator yang akan mengarahkan jalannya acara diskusi kita pada pagi hari ini.
Adapun anggota kelompok 10 yaitu :
1. Clarissa fara adellia 2053053034
2. Alifiya Prabita Rahayu 2053053008
3. Rafiq Nur Fadillah 2053053004
4. Cindy Ardila Putri 2053053043
Dan rangkaian acara yang akan kita lewati, adalah:
1. pembukaan
2. Penyampaian dan penyajian materi
3. tanya jawab
4. Penutup
langsung saja kita masuk ke acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka dengan melafazkan basmallah bersama-sama "bismillahirrahmanirrahim"
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Walaikumsalam wr wb
Bismilahirohamnirohim
Bismilahirohamnirohim
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
walaikumsalam wr.wb
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarokatu
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Bissmillahirahmanirahim
Bissmillahirahmanirahim
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Waalaikumussalam wr wb
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam wr.wb
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Selamat pagi
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam wr wb
Walaikumsallam warahmatullahi wabarakatuhh.
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Waalikumsallam warohmatullahi wabarakatuh, bismillahirrahmanirrahim
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
Bismillahirrahmanirrahim
Bismillahirrahmanirrahim
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Waalaikumsalam wr wb
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Selamat pagi
Waalaikumsalam wr wb
Selamat pagi
Selamat pagi
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Kemudian setelah teman-teman membaca dan memahami materi yang telah kami berikan, Selanjutnya akan kami buka sesi tanya jawab, terdiri dari 2 termin, setiap 1 termin terdapat 3 penanya.
Untuk termin pertama bagi teman-teman yang ingin bertanya kami persilahkan.
Untuk termin pertama bagi teman-teman yang ingin bertanya kami persilahkan.
Izin bertanya moderator,
Nama : Aliffia Hanif Ariyani
NPM : 2053053011
Mengapa pendidikan berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural perlu dilaksanakan disekolah? jelaskan
Nama : Aliffia Hanif Ariyani
NPM : 2053053011
Mengapa pendidikan berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural perlu dilaksanakan disekolah? jelaskan
izin menjawab pertanyaan dari aliffia hanif moderator.
pendidikan berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural perlu dilaksanakan karena pembelajaran berbasis budaya sangat bermanfaat bagi pemaknaan proses dan hasil belajar bagi peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar yang kontekstual dan bahan apersepsi untuk memahami konsep ilmu pengetahuan dalam budaya lokal (etnis) yang dimiliki. mewujudkan sekolah sebagai lembaga untuk membangun anak didik berbudi pekerti luhur, berbudaya, dan selalu tanggap perkembangan global tanpa meninggalkan budaya lokal.
terimakasih.
pendidikan berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural perlu dilaksanakan karena pembelajaran berbasis budaya sangat bermanfaat bagi pemaknaan proses dan hasil belajar bagi peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar yang kontekstual dan bahan apersepsi untuk memahami konsep ilmu pengetahuan dalam budaya lokal (etnis) yang dimiliki. mewujudkan sekolah sebagai lembaga untuk membangun anak didik berbudi pekerti luhur, berbudaya, dan selalu tanggap perkembangan global tanpa meninggalkan budaya lokal.
terimakasih.
Bagaimana alifia apakah sudah dapat dipahami?
Baik terimakasih atas jawabannya, sudah dapat di pahami
In reply to aliffia hanif ariyani
Re: Diskusi Kelompok 10
Izin menambahkan jawaban...
Pendidikan berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural perlu dilaksanakan disekolah. Karena dengan pendidikan berbasis kebudayaan ini dapat mengajarkan tentang ragam kehidupan, kebudayaan yang menekankan penerimaan tentang adanya keragaman, kebhinekaan, pluralitas, sebagai realitas utama dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai, dan sistem tatanan sosial budaya. Sehingga diharapkan perserta didik nantinya dapat menerima setiap perbedaan yang ada di dalam masyarakat.
Asslaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin bertanya moderator
Nama Tedi Kurniawan 2053053040
Menurut kelompok kalian apakah meningkatkan kualitas pendidikan termasuk fungsi dan peran lembaga pendidikan dalam mengelola keragaman sosial budaya? Jika iya jelaskan dan berikan contohnya
Terimakasih
Izin bertanya moderator
Nama Tedi Kurniawan 2053053040
Menurut kelompok kalian apakah meningkatkan kualitas pendidikan termasuk fungsi dan peran lembaga pendidikan dalam mengelola keragaman sosial budaya? Jika iya jelaskan dan berikan contohnya
Terimakasih
Izin menjawab moderator
Nama:Cindy Ardila Putri
NPM:2053053043
ya, karena dengan meningkatnya kualitas pendidikan di masyarakat, masyarakat terutama pelajar akan lebih mengetahui tentang keragaman sosial dan budaya yang ada di Indonesia.
Contoh
Pelajaran bahasa daerah di sekolah, sebagai salah satu bentuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan berupa bahasa. Saat ini, banyak sekolah yang mengajarkan seni tradisional, seperti: membatik, seni tari, dan sebagainya.
Nama:Cindy Ardila Putri
NPM:2053053043
ya, karena dengan meningkatnya kualitas pendidikan di masyarakat, masyarakat terutama pelajar akan lebih mengetahui tentang keragaman sosial dan budaya yang ada di Indonesia.
Contoh
Pelajaran bahasa daerah di sekolah, sebagai salah satu bentuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan berupa bahasa. Saat ini, banyak sekolah yang mengajarkan seni tradisional, seperti: membatik, seni tari, dan sebagainya.
Bagaimana tedi apakah sudah dapat dipahami?
Baik Terimakasih sudah dapat di pahami modertor
Izin bertanya,
Nama: Alma Afifah
npm: 2053053044
Dijelaskan dalam program konseling Kemungkinan ada anak yang lemah dalam mata pelajaran tertentu ternyata dia memiliki bakat yang besar dalam
menari dan menyanyi yang membutuhkan penyaluran bakat yang memadai. Tapi pada kenyataannya banyak orang tua dan guru yang masih berpikir bahwa nilai akademik lebih bagus daripada bakat dan minat siswa di bidang non akademik. Nah apa yang bisa kita lakukan nanti sebagai guru agar murid bisa menyalurkan bakat dan minat nya?
Nama: Alma Afifah
npm: 2053053044
Dijelaskan dalam program konseling Kemungkinan ada anak yang lemah dalam mata pelajaran tertentu ternyata dia memiliki bakat yang besar dalam
menari dan menyanyi yang membutuhkan penyaluran bakat yang memadai. Tapi pada kenyataannya banyak orang tua dan guru yang masih berpikir bahwa nilai akademik lebih bagus daripada bakat dan minat siswa di bidang non akademik. Nah apa yang bisa kita lakukan nanti sebagai guru agar murid bisa menyalurkan bakat dan minat nya?
Nama : Alifiya Prabita Rahayu
Npm : 2053053008
Izin menjawab pertanyaan dari Alma Afifah
Yang bisa guru lakukan untuk mengetahui bakat lain dari peserta dididk salah satunya adalah mendengarkan cerita mereka diluar jam pelajaran, seperti mendengarkan apa keluh kesah mereka, hal apa yang mereka senangi, kegiatan apa yang mereka senangi tanpa ada paksaan untuk menjalaninya, dengan begitu pendidik akan dengan mudah mengetahui minat dan bakat dari peserta didiknya sendiri.
Npm : 2053053008
Izin menjawab pertanyaan dari Alma Afifah
Yang bisa guru lakukan untuk mengetahui bakat lain dari peserta dididk salah satunya adalah mendengarkan cerita mereka diluar jam pelajaran, seperti mendengarkan apa keluh kesah mereka, hal apa yang mereka senangi, kegiatan apa yang mereka senangi tanpa ada paksaan untuk menjalaninya, dengan begitu pendidik akan dengan mudah mengetahui minat dan bakat dari peserta didiknya sendiri.
Memberikan Fasilitas yang Tepat Bagi Pengembangan Bakat Siswa
Setelah mengetahui bakat dan minat siswa, Anda bisa bekerja sama dengan sekolah ataupun orangtua siswa dalam memberikan fasilitas yang tepat bagi pengembangan bakat siswa. Misalnya, jika terdapat siswa yang pandai bernyanyi, maka sekolah dapat menyediakan ekstrakurikuler seni atau jika terdapat siswa yang senang berolahraga, maka sekolah dapat menyediakan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan olahraga.
Beri Kebebasan Pada Siswa
Dalam kegiatan belajar mengajar ada baiknya jika Anda memberi kebebasan pada siswa. Kebebasan yang dimaksud bukan berarti melenceng dari aturan dan tata tertib sekolah, melainkan waktu luang bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya.sebagai guru tentu anda menginginkan yang terbaik bagi siswa, namun terlalu protektif juga bisa menutup atau mengubur bakat mereka.
Meningkatkan Motivasi Anak dalam Melatih serta Mengembangkan Bakat
Agar siswa dapat mengembangkan minat dan bakatnya, maka Anda harus memberikan pandangan terlebih dahulu bahwa mereka dapat mencapai keberhasilan dengan bakat yang dimiliki. Hal tersebut juga bisa membuat siswa lebih percaya diri terhadap kemampuannya. Setelah itu Anda bisa memberikan motivasi berupa peluang karir atau bidang pendidikan yang tepat untuk siswa tersebut di masa yang akan datang.
bagaimana alma apakah sudah dapat dipahami?
sudah, terima kasih
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Terimakasih temen-temen yang sudah bertanya di sesi pertama.
Selanjutnya kami buka termin ke-2, bagi temen-temen yang ingin bertanya dipersilahkan.
Selanjutnya kami buka termin ke-2, bagi temen-temen yang ingin bertanya dipersilahkan.
Nama : Fuji Bestari
NPM : 2053053019
Izin bertanya moderator
Apa saja hambatan hambatan dalam proses penerapan langkah - langkah pembelajaran berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural di sekolah? Dan menurut kelompok anda apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut?
NPM : 2053053019
Izin bertanya moderator
Apa saja hambatan hambatan dalam proses penerapan langkah - langkah pembelajaran berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural di sekolah? Dan menurut kelompok anda apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut?
nama : clarissa fara adellia
npm : 2053053034
izin menjawab pertanyaan fuji
Hambatan dalam proses penerapan langkah-langkah pembelajaran berbasis budaya
yaitu pada pada media pembelajaran atau bahan ajarnya.
kemudian cara mengatasinya dapat dilakukan dnegan pendiidk bisa membuat sendiri bahan ajarnya, seperti alat peraganya dibuat sendiri dengan sekreatif mungkin, karena dengan mengandallkan bahan atau media yang disediakan oleh pihak sekolah belum tentu memenuhi kebutuhan bahan ajar.
terimakasih.
npm : 2053053034
izin menjawab pertanyaan fuji
Hambatan dalam proses penerapan langkah-langkah pembelajaran berbasis budaya
yaitu pada pada media pembelajaran atau bahan ajarnya.
kemudian cara mengatasinya dapat dilakukan dnegan pendiidk bisa membuat sendiri bahan ajarnya, seperti alat peraganya dibuat sendiri dengan sekreatif mungkin, karena dengan mengandallkan bahan atau media yang disediakan oleh pihak sekolah belum tentu memenuhi kebutuhan bahan ajar.
terimakasih.
Bagaimana fuji apakah sudah dapat dipahami?
sudah, terima kasih atas jawabannya
Izin bertanya
Nama : Ira Nursanti
NPM : 2053053024
Pertanyaan :
Coba jelaskan kelebihan serta kekurangan dari pembelajaran berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural di sekolah
Terimakasih
Nama : Ira Nursanti
NPM : 2053053024
Pertanyaan :
Coba jelaskan kelebihan serta kekurangan dari pembelajaran berbasis budaya menuju transformasi kurikulum multikultural di sekolah
Terimakasih
Nama : Rafiq Nur Fadillah
Npm : 2053053004
Izin menjawab pertanyaan dari Ira Nursanti
Kelebihan dari pembelajaran berbasis budaya yaitu membawa budaya lokal yang selama ini tidak selalu mendapat tempat dalam kurikulum sekolah, termasuk pada proses pembelajaran beragam matapelajaran di sekolah. Dalam pembelajaran berbasis budaya, lingkungan belajar akan berubah menjadi lingkungan yang menyenangkan bagi guru dan siswa, yang memungkinkan guru dan siswa berpartisipasi aktif berdasarkan budaya yang sudah mereka kenal, sehingga dapat diperoleh hasil belajar yang optimal. Siswa merasa senang dan diakui keberadaan serta perbedaannya, karena pengetahuan dan pengalaman budaya yang sangat kaya yang mereka miliki dapat diakui dalam proses pembelajaran.
Kemudian untuk kekurangan dari pembelajaran berbasis budaya yaitu terdapat pada media dan pemahaman pendidik tentang kurangnya wawasan kebudayaan, sehingga penyampaian pembelajaran berbasis budaya kurang maksimal untuk dapat di pahami oleh peserta didik.
Npm : 2053053004
Izin menjawab pertanyaan dari Ira Nursanti
Kelebihan dari pembelajaran berbasis budaya yaitu membawa budaya lokal yang selama ini tidak selalu mendapat tempat dalam kurikulum sekolah, termasuk pada proses pembelajaran beragam matapelajaran di sekolah. Dalam pembelajaran berbasis budaya, lingkungan belajar akan berubah menjadi lingkungan yang menyenangkan bagi guru dan siswa, yang memungkinkan guru dan siswa berpartisipasi aktif berdasarkan budaya yang sudah mereka kenal, sehingga dapat diperoleh hasil belajar yang optimal. Siswa merasa senang dan diakui keberadaan serta perbedaannya, karena pengetahuan dan pengalaman budaya yang sangat kaya yang mereka miliki dapat diakui dalam proses pembelajaran.
Kemudian untuk kekurangan dari pembelajaran berbasis budaya yaitu terdapat pada media dan pemahaman pendidik tentang kurangnya wawasan kebudayaan, sehingga penyampaian pembelajaran berbasis budaya kurang maksimal untuk dapat di pahami oleh peserta didik.
Bagaimana ira apakah sudah dapat dipahami?
baik, sudah. terimakasih atas jawabannya
Izin bertanya moderator, sebelumnya perkenalkan
Nama : diva syafira rahmadani
Npm : 2053053001
Izin bertanya
Pada tahap pertama yaitu status Quo atau kurikulum dominan, di tahap ini, bertujuan untuk mengasimilasi peserta didik yang terabaikan. Bagaimana cara anda sebagai calon pendidik untuk mengatasi persoalan tersebut?
Nama : diva syafira rahmadani
Npm : 2053053001
Izin bertanya
Pada tahap pertama yaitu status Quo atau kurikulum dominan, di tahap ini, bertujuan untuk mengasimilasi peserta didik yang terabaikan. Bagaimana cara anda sebagai calon pendidik untuk mengatasi persoalan tersebut?
In reply to Diva syafira rahmadani 2053053001
Re: Diskusi Kelompok 10
Izin menjawab moderator
Nama:Cindy Ardila Putri
NPM:2053053043
Cara untuk mengatasi persoalan tersebut yaitu pendidik harus menerapkan sikap adil kepada semua peserta didik. Pendidik tidak boleh membedakan baik dalam sikap, pemberian respon, perilaku, pemberian perhatian pendidik kepada masing-masing peserta didik. Dengan begitu peserta didik yang terabaikan bisa merasakan lebih diperhatikan secara adil oleh pendidik. Selain itu pendidik juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dan bisa mendekatkan diri dengan peserta didik sehingga peserta didik merasa nyaman, tidak sungkan terhadap pendidik jika ingin menyampaikan sesuatu.
Nama:Cindy Ardila Putri
NPM:2053053043
Cara untuk mengatasi persoalan tersebut yaitu pendidik harus menerapkan sikap adil kepada semua peserta didik. Pendidik tidak boleh membedakan baik dalam sikap, pemberian respon, perilaku, pemberian perhatian pendidik kepada masing-masing peserta didik. Dengan begitu peserta didik yang terabaikan bisa merasakan lebih diperhatikan secara adil oleh pendidik. Selain itu pendidik juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dan bisa mendekatkan diri dengan peserta didik sehingga peserta didik merasa nyaman, tidak sungkan terhadap pendidik jika ingin menyampaikan sesuatu.
In reply to Diva syafira rahmadani 2053053001
Re: Diskusi Kelompok 10
Bagaimana diva apakah sudah dapat dipahami?
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Baik, dapat dipahami terimakasih moderator
Selanjutnya bagi teman-teman yang ingin menambahkan jawaban kami persilahkan
Baik kalau sudah tidak ada yang ingin menambahkan lagi.
kita masuk ke acara yang terakhir yaitu penutup.
marilah sama - sama kita tutup acara ini dengan melafadzkan hamdallah
"Al-hamdu lillahi rabbil 'alamin"
Semoga ilmu yang kita dapatkan hari ini bisa bermanfaat.
Baiklah saya mewakili dari kelompok 10 memohon maaf apabila dalam jalannya presentasi banyak kesalahan dan kekurangan, kepada Allah SWT. kami mohon ampun.
kami akhiri wassalamualaikum wr.wb
kita masuk ke acara yang terakhir yaitu penutup.
marilah sama - sama kita tutup acara ini dengan melafadzkan hamdallah
"Al-hamdu lillahi rabbil 'alamin"
Semoga ilmu yang kita dapatkan hari ini bisa bermanfaat.
Baiklah saya mewakili dari kelompok 10 memohon maaf apabila dalam jalannya presentasi banyak kesalahan dan kekurangan, kepada Allah SWT. kami mohon ampun.
kami akhiri wassalamualaikum wr.wb
Waalaikumsalam wr.wb
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Selamat pagi
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Rafiq Nur Fadillah 2053053004
Re: Diskusi Kelompok 10
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh