forum diskusi

forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 15

silahkan kalian tuliskan apa sajakaah media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi, tuliskan alasan mu mengapa memilih media tsb....

In reply to First post

Re: forum diskusi

by ira halimatus sadiyah 1913053068 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Ira Halimatus Sa’diyah
NPM: 1913053068
No. Absen: 16
Izin menggapi,
Menurut saya, beberapa media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi adalah:
1. Media Audio Visual
Salah satu media pembelajaran yang efektif untuk menunjang keberhasilan saat proses belajar mengajar ialah menggunakan media audio visual. Pasalnya media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik untuk para siswa.Adapun media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan gerak. Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar bersuara, dan lain sebagainya.
2. Media Visual
Jenis media pembelajaran yang pertama ialah media visual. Media pembelajaran ini memfokuskan indra penglihatan saat proses belajar mengajar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai macam teknologi, salah satunya menggunakan alat proyeksi atau proyektor. Keunggulan dari media pembelajaran menggunakan alat bantu visual ini ialah dapat menarik perhatian, memperjelas sajian, ide serta menggambarkan ide pokok yang mudah diingat. Selain itu, proses belajar mengajar menggunakan media visual ini juga dapat dicerna dengan baik oleh siswa siswi. Sehingga hal ini menjadi salah satu jenis media pembelajaran yang menyenangkan.
Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Wahyuni Sartika 1913053059 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Wahyuni Sartika
Npm : 1913053059
No. Absen : 27

Media pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi adalah :
1. Media Audio
2. Media Visual
3. Media Audio Visual

Alasan kenapa saya memilih ketiga media pembelajaran tersebut karena media tersebut dapat digunakan guru agar menarik perhatian peserta didik, sehingga materi yang disampaikan dapat di terima dan dipahami dengan baik. Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif maka diperlukan perencanaan yang baik, salah satunya memilih media yang tepat. Oleh karena itu media pembelajaran tersebut sangat berperan penting dalam proses pembelajaran.

Terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Adel Lita Sekar Rini 1913053101 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Adel Lita Sekar Rini
Absen: 01
NPM: 1913053101
Izin menanggapi.

1. Media Proyeksi
Media proyeksi diam mempunyai persamaan dengan media grafis dalam arti menyajikan rangsangan-rangsangan visual.Perbedaan yang jelas diantara mereka adalah bila pada media grafis dapat secara langsung berinteraksi dengan pesan media yang bersangkutan pada media proyeksi.
Alasannya karena dapat menyajikan pesan di semua ukuran ruangan kelas serta memungkinkan penyajian yang variatif dan disertai dengan warna-warna yang menarik.

2. Media Peta dan Globe
Globe berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi, sebagai catatan visual permanen, memberikan pengetahuan relatif dan tetap tentang posisi suatu wilayah, sebagai alat komunikasi dan alat analisis serta sebagai media pembelajaran, tetapi secara khusus globe tersebut memberikan informasi tentang keadaan permukaan bumi, tempat, arah, jarak, tentang permukaan bumi, dapat melengkapi pengetahuan dan informasi tentang arah, jarak, bentuk dan ukuran suatu wilayah, dapat menambah arti dari suatu bahan deskriptif, dapat memperlihatkan bentuk bumi yang mendekati kebenarannya. Media globe/peta ini cocok untuk siswa kelas tinggi Karena dapat meningkatkan pemahamandan prestasi belajar siswa.
Alasannya karena media bersifat konkrit, lebih realistis dibandingkan dengan media verbal atau nonvisual sehingga lebih memudahkan dalam pengaplikasiannya serta menarik dan dapat mempercepat daya serap peserta didik dalam memahami pelajaran yang disampaikan.

3. Media Audio
Media audio berkaitan erat dengan indera pendengaran.Dilihat dari sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi).Contoh media seperti radio, tape recorder, telepon, laboratorium bahasa, dan lain-lain.
Alasannya, dengan menggunakan alat perekam, program audio digunakan sesui dengan kebutuhan pendengar/ pemakai. Misalnya , pemakaian audio untuk belajar bahasa inggris yang pemakaiannya dapat dilaksanalkan kapan dan dimana saja. Media audio dapat melatih siswa untuk mengembangkan daya imajinasi yang abstrak.

Terima Kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Lusiana Dewi 1913053015 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Lusiana Dewi
Npm : 1913053015
Absen : 20

Media untuk anak SD kelas tinggi antara lain :
1. Media Visual
Media visual adalah suatu metode dalam pembelajaran dengan memanfaatkan
alat-alat peraga sehingga siswa dapat melihat menggunakan indra penglihatan
mereka. Dengan menggunakan media visual siswa dapat dilatih agar menggunakan kemampuan mengingat, mengucapkan kembali yang diketahui, dan juga bertindak untuk mengambil dan memutuskan yang benar.

2. Media Video
Media video dapat digunakan sebagai alat bantu mengajar pada berbagai bidang studi. Hal itu disebabkan oleh kemampuan video untuk memanipulasi kondisi waktu dan ruang sedingga peserta didik atau siswa dapat diajak untuk melihat objek yang sangat besar, objek yang berbahaya, objek yang lokasinya jauh di belahan bumi lain, maupun objek yang ada di luar angkasa.

3. Media Berbasis Komputer
Menurut Hannafin dan Peek (1998), potensi media computer yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran sangat tinggi. Hal ini antara lain dikarenakan terjadi interaksi langsung antara siswa dengan materi pembelajaran.

4. Media audio-visual
Menurut Hujair AH. Sanaky (2009: 102) (dalam Musamdriyah, H. 2009. 33-34) media audio-visual adalah seperangkat alat yang dapat memproyeksikan gambar bergerak dan bersuara. Paduan antara gambar dan suara membentuk karakter sama dengan obyek aslinya. Alat–alat yang termasuk dalam kategori media audio-visual adalah televisi, video-VCD, sound slide, dan film.

Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Andaru Pramia Putri 1913053138 -
Nama : Andaru Pramia Putri
NPM : 1913053138
No. Absen : 03


Izin menanggapi,

Menurut saya media pembelajaran yang tepat bagi anak SD kelas tinggi yaitu media pembelajaran audio-visual, dan visual.
1. Media visual
Dengan menggunakan media visual siswa dapat dilatih agar menggunakan kemampuan mengingat, mengucapkan kembali yang diketahui, dan juga bertindak untuk mengambil dan memutuskan yang benar. Model belajar seperti ini akan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan menguji kemampuan mereka secara bertahap. Guru pun dapat mengajak siswanya untuk berpikir lebih dalam, sehingga peran besar bukan hanya tertuju pada guru yang monoton menyampaikan materi namun keaktifan siswa menjadi sangat dibutuhkan untuk metode jenis ini. Tapi tetap saja, semua hal memiliki titik lemah. Kesulitan dalam media visual ini adalah penyediaan alat peraga, sehingga bila tidak ada alat peraga maka metode pembelajaran jenis ini tidak akan dapat terlaksana.

2. Media audio-visual
Penggunaan media pembelajaran audio visual yang menyajikan gambar bergerak disertai dengan suara memungkinkan membantu siswa dalam memahami bahan ajar yang disampaikan oleh guru, karena dengan menggunakan media pembelajaran audio visual siswa dapat mendengar dan melihat, sehingga keterlibatan indra siswa lebih banyak dibandingkan dengan penggunaan media pembelajaran proyeksi yang mana siswa hanya dapat melihat. Keterlibatan indra dalam dalam proses pemebelajaran membantu siswa untuk memahami bahan ajar yang disampaikan oleh guru. Penggunaan media pembelajaran audio visual jika digunakan secara profesional, kemungkinan dapat meningkatkan prestasi belajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Rizky Fadila Fitriani 1813053123 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mohon izin untuk memperkenalkan diri,
Nama = Rizky Fadila Fitriani
NPM = 1813053123
No. Absen = 30
Mohon izin untuk memberikan jawaban mengenai media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi serta alasan mengapa memilih media tersebut.

Menurut saya, pada jenjang kelas tinggi peserta didik sudah harus mampu belajar untuk berpikir secara kritis, analitis, bersikap, dan bertindak demokratis dalam mempersiapkan hidup demokratis berdasarkan pancasila dan UUD 1945. Sesuai dengan tujuan pembelajaran PKn di sekolah dasar tersebut, maka agar tercapainya aspek-aspek tersebut sehingga perlu digunakan media pembelajaran yang menunjang diantaranya yaitu
  • Media visual seperti slide, film strip, dan film gerak, transparansi dan overhead projector (OHP), media diagram, chart, grafis.
  • Media suara seperti radio, tape recorder, pita suara, piringan hitam.
  • Media audio-visual seperti televisi, film, video dan compact disc (CD).
Sekian jawaban dari saya, terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Gita Indah Mustika 1913053007 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Indah Mustika
NPM : 1913053007
No. Absen : 13
Izin memberikan tanggapan terkait media apa saja yang tepat bagi anak SD kelas tinggi.

Menurut saya media yang tepat bagi anak kelas tinggi yaitu dengan menggunakan portofolio. Penggunaan portofolio untuk kelas tinggi mengajarkan peserta didik untuk mengidentifikasi masalah secara nyata dan mengumpulkan informasi terkait masalah yang diberikan, sehingga kemampuan pada diri peserta didik akan terlihat mampu tidaknya dalam menyelesaikan tugasnya. Selain itu media lain yang dapat dapat digunakan untuk kelas tinggi yaitu media transparansi, tv, film, tape recorder, dan vct daftar. Alasannya, karena dengan menggunakan media elektronik yang menghasilkan audio, visual, maupun audio-visual dapat memberikan rangsangan stimulus kognitif peserta didik kelas tinggi dalam mengamati suatu permasalahan terkait materi, dan untuk penggunaan vct daftar dapat melatih peserta didik untuk memiliki sikap yang baik sesuai dengan nilai-nilai dalam bentuk matriks.

Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Lisa Kumalasari 1913053130 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Lisa Kumalasari
NPM: 1913053130
No. Absen: 19
Izin menjawab,

Media pembelajaran yang tepat untuk anak kelas tinggi antara lain:
1. Media Audio
Alasan saya memilih media audio untuk anak kela tinggi yaitu, Media audio dapat melatih siswa untuk mengembangkan daya imajinasi yang abstrak, merangsang partisipasi aktif para pendengar, misalnya sambil mendengar siaran , siswa dapat melakukan kegiatan-kegiatan lain yang menunjang terhadap pencapian tujuan, program audio dapat menggugah rasa ingin tahu siswa tentang sesuatu sehingga dapat merangsang kraetifitas, dan dapat menanamkan nilai – nilai dan sikap positif terhadap para pendengar yang sulit dicapai dengan media lain.

2. Media Proyeksi
Alasan saya memilih media proyeksi yaitu, Menarik, karena memungkinkan penyajian yang variatif dan disertai dengan warna-warna yang menarik. Kemudian tatap muka dengan peserta didik selalu terjaga dan memungkinkan  untuk mencatat hal-hal yang penting.

3. Media Peta dan Globe
Alasan saya memilih media audio untuk anak kela tinggi yait, media globe/peta ini cocok untuk siswa kelas tinggi karena dapat meningkatkan pemahamandan prestasi belajar siswa.

Sekian.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Maydhea Priska Ulpama 1953053020 -
Nama: Maydhea Priska Ulpama
Npm: 1953053020
No absen: 21

Izin menanggapi
a. Media Audio
Media audio merupakan media komunikasi bersifat auditif yang sangat mendominasi kehidupan manusia, demikian halnya dengan kegiatan pengajaran, mulai tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi, penggunaan komunikasi audio banyak digunakan dibandingkan dengan kegiatan komunikasi lainya.
Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat di dengar) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan para siswa untuk mempelajari bahan ajar.

b. Media Visual
Media visual merupakan media komunikasi bersifat visual yang ditampilkan dalam bentuk sketsa, gambar, foto, diagram, tabel, torso dan benda visual lainya yang merupakan benda asli atau replikasinya.
Alasan penggunaan penggunaan media visual yaitu dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimilikipeserta didik, dapat menanamkan konsepyang benar, dan dapat meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
Media yang digunakan adalah media visual. Media visual ini memungkinkan adanya pemahaman secara langsung antara siswa dengan materi yang dipelajari. Media visual adalah media yang paling umum digunakan dalam proses pembelajaran. Media visual dapat mudah dimengerti dan dinikmati dimana-mana. Sifatnya yang konkret, membuat media visual lebih realistis untuk menunjukan pokok. Media visual ini dapat mengatasi batas ruang dan waktu. sehingga dapat mempermudah ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Dengan menggunakan media visual akan membantu mengembangkan kreatifitasserta aktivitas siswa dalam memahami materi.

c.Media audio visual adalah merupakan media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh penegtahuan, keterampilan, atau sikap.Karena dari penggunaan media audio visual adalah untuk memberikan penjelasan lebih menarik sehingga media pembelajarran ini mampu memberikan pemahaman kepada peserta didik agar pembelajaran berjalan secara maksimal.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Rima Novita sari 1913053033 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : Rima Novita Sari
NPM : 1913053033
No. Absen : 24
Izin menjawab media yang tepat untuk kelas tinggi dan alasan nya yaitu media audio visual dan visual
1. Penggunaan media audiovisual ini menjadi sangat penting karena dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar, menarik perhatian siswa, meningkatkan pemahaman siswa, mempermudah guru dalam menyampaikan materi, dan proses pembelajaran tidak hanya berlangsung secara verbal sehingga siswa tidak mudah bosan.
2. Media berbasis visual (image atau perumpamaan) memegang peranan yang sanagat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Agar menjadi efektiv, visual sebaiknya ditempatkan pada konteks yang bermakna dan siswa harus berinteraksi dengan visual (image) itu untuk meyakinkan terjadinya proses informasi. Yang termasuk dalam kelompok ini yaitu Gambar representasi, Diagram, Peta, Grafik, Overhead Projektor (OHP), Slide, dan Filmstrip.
Sekian Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Eka Wulandari 1913053006 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
No. Absen: 10
Izin memberikan tanggapan mengenai media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi.

Menurut saya, media pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi diantaranya yaitu:
1. Media Audio. Media Audio dinilai lebih tepat bagi anak kelas tinggi, karena media ini mengandung pesan dalam bentuk auditif yang dapat merangsang pikiran dan perasaan pendengar sehingga terjadi proses belajar. Pemanfaatan media audio dalam pengajaran dikelas tinggi terutama digunakan dalam pengajaran music literary, kegiatan dokumentasi, pengajaran melalui radio atau radio pendidikan.
2. Media Proyeksi (Visual Gerak). Media pembelajaran ini dinilai lebih cocok untuk diterapkan dikelas tinggi karena penggunaan media ini dapat menvisualkan pesan yang menarik (tergantung dari variasi yang digunakan guru atau dosen), praktis dan dapat dipergunakan secara berulang-ulang. Saat ini alat-alat tersebut semakin jarang digunakan tertutama setelah berkembangnya komputer yang mampu memproyeksikan pesan dengan lebih baik dan lebih bervariatif. Contoh media visual gerak diantaranya yaitu: Overhead Projector (OHP), Slide dan Filmstrip,Opaque Projector, Microfis dan video.

Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Fatma Trisnawati 1913053018 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama : fatma Trisnawati
Npm. :1913054018
No absn :12
Media yg cocok untuk kelas tinggi dan alasannya :
1. Media Peta dan Globe
Alasan saya memilih media audio untuk anak kela tinggi yaitu,
media globe/peta ini cocok untuk siswa kelas tinggi karena dapat meningkatkan pemahaman prestasi belajar siswa.

2. Media visual
Alasan saya menggunakan media visual siswa dapat dilatih agar menggunakan kemampuan mengingat, mengucapkan kembali yang diketahui, dan juga bertindak untuk mengambil dan memutuskan yang benar. Model belajar seperti ini akan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan menguji kemampuan mereka secara bertahap. Guru pun dapat mengajak siswanya untuk berpikir lebih dalam, sehingga peran besar bukan hanya tertuju pada guru yang monoton menyampaikan materi namun keaktifan siswa menjadi sangat dibutuhkan untuk metode jenis ini.

3. Media audio visual
Alasan saya memilih  media pembelajaran audio visual yang menyajikan gambar bergerak disertai dengan suara memungkinkan membantu siswa dalam memahami bahan ajar yang disampaikan oleh guru, karena dengan menggunakan media pembelajaran audio visual siswa dapat mendengar dan melihat, sehingga keterlibatan indra siswa lebih banyak dibandingkan dengan penggunaan media pembelajaran proyeksi yang mana siswa hanya dapat melihat. Keterlibatan indra dalam dalam proses pemebelajaran membantu siswa untuk memahami bahan ajar yang disampaikan oleh guru. 
Terimakasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Dina Rahmawati -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dina Rahmawati
NPM : 1913053025
No. Absen : 08
Kelas : 5B
silahkan kalian tuliskan apa sajakaah media yang tepat bagi anak SD kelas tinggi, tuliskan alasan mu mengapa memilih media tsb....

Media pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi adalah : Media Audio, Visual, dan Audio Visual.
1. Media Audio
Media audio merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk mengubah kegiatan pembelajaran kompetensi mendengarkan yang sebelumnya masih menggunakan cara yang konvensional. Penggunaan media ini disesuaikan dengan metode yang digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan menggunakan media audio dalam pembelajaran kompetensi mendengarkan, tugas pendidik akan lebih ringan jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa bantuan media. Peserta didik lebih mudah untuk mengingat dan menyimpan lebih dari setengah dari apa yang mereka dengar melalui media audio, sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar kompetensi mendengarkan. Selain itu, karena masyarakat kita adalah masyarakat pendengar, jadi melalui media audio peserta didik dapat belajar mengenai strategi mendengarkan yang efektif. Contoh media Audio adalah : pemutar CD, pemutar MP3, Radio. Antara usia 7 sampai 11 tahun, anak-anak mengalami peningkatan yang berarti dalam pemahaman hubungan keruangan, temporar, familial, dan logik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media audio sebagai media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi mendengarkan.

2. Media Visual
Media Visual merupakan semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat panca-indera mata.Media visual ( image atau perumpamaan) memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Contoh dari media visual adalah : Gambar representatif (gambar,Lukisan/ foto), Diagram, Peta, Grafik (tabel, chart (bagan). Pengoptimalan media visual memberikan dampak psikologis bagi guru, karena ia akan lebih memiliki rasa percaya diri dalam menyampaikan materi atau pesan kepada peserta didik.

3. Media Audio Visual
Menurut Anderson (1994:99), media audio visual adalah merupakan rangkaian gambar elektronis yang disertai oleh unsur suara audio juga mempunyai unsur gambar yang dituangkan melalui pita video. Rangkaian gambar elektronis tersebut kemudian diputar dengan suatu alat yaitu video cassette recorder atau video player. Sedangkan Barbabara (Miarso, 1994: 41) mengemukakan bahwa media audio visual adalah cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan peralatan mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio visual. Contoh dari media audio visual diantaranya program video/televisi pendidikan, video/televisi instruksional, dan program slide suara. Jadi pembelajaran menggunakan media audio visual dapat menyampaikan pesan pembelajaran. Adanya unsur audio memungkinkan siswa untuk dapat menerima pesan pembelajaran melalui pendengaran, sedangkan unsur visual memungkinkan penciptaan pesan belajar melalui bentuk visualisasi. Media ini juga berisikan gambar-gambar yang hidup dengan diproyeksikan melalui lensa projektor secara mekanis dan menggunakan sound untuk mengeluarkan suaranya.
Tujuan dari penggunaan media audio visual untuk mengembangkan kemampuan kognitif dengan memberikan rangsangan berupa gambar bergerak dan suara, serta menyampaikan pesan untuk mempengaruhi sikap dan emosi. Berdasarkan tujuan di atas, manfaat media audio visual bagi proses pembelajaran berguna untuk: a. Menarik perhatian peserta didik dalam menyampaikan materi ajar b. Menumbuhkan motivasi belajar c. Memberikan pengalaman belajar dengan menyimpulkan pembelajaran dari sebuah video yang disajikan.
Sekian, Terimakasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Dionisius Bintoro 1953053014 -
Nama : Dionisius Bintoro
Npm : 1953053014
Izin menanggapi, menurut saya adalah Media Audio
Media audio berkaitan erat dengan pendengaran.Dilihat dari sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi).Contoh media seperti radio, tape perekam, telepon, laboratorium bahasa, dan lain-lain.
banyak, dengan menggunakan alat perekam, program audio yang digunakan sesui dengan kebutuhan pendengar/ pemakai. Misalnya , gunakan audio untuk belajar bahasa inggris yang pemakaiannya dapat dilaksanalkan kapan dan di mana saja. Media audio dapat melatih siswa untuk mengembangkan daya imajinasi yang abstrak.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Arif Catur Febriansyah -
Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh, Izin memperkenalkan diri
Nama : Arif Catur Febriansyah
NPM : 1913053093
No. Absen : 04

Izin menjawab
Menurut saya media pembelajaran yg tepat untuk anak kelas tinggi adalah

1. Media Peta atau globe
2. Media serbaneka

Metode peta atau globe
peta dan globe ini berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi. Seperti keadaan permukaan (bumi, daratan, sungai sungai, gunung-gunung), dan tempat- tempat serta arah dan jarak.
Alasannya karena dengan menggunakan media peta/globe, Memungkinkan siswa mengerti posisi dari kesatuan politik, daerah kepulauan dan lain lain, merangsang minat siswa terhadap penduduk dan pengaruh- pengaruh geografis, Memungkinkan siswa memperoleh gambaran tentang imigrasi dan distribusi penduduk, tumbuh-tumbuhan dan kehidupan hewan, serta bentuk bumi yang sebenarnya.

Media serbaneka
Jenis media pembelajaran serbaneka merupakan suatu media yang disesuaikan dengan potensi di suatu daerah, di sekitar sekolah atau di lokasi lain atau di masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai media pengajaran. Contoh jenis media pembelajaran serbaneka di antaranya adalah papan tulis, media tiga dimensi, realita, dan sumber belajar pada masyarakat.
Alasan memilih media pembelajaran serbaneka adalah sumber belajarnya langsung pada lapangan dengan petualangan yg bisa di lakukan oleh anak anak
Sekian terimakasih