FORUM DISKUSI

Ruang Diskusi

Ruang Diskusi

by Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr. -
Number of replies: 4

Tanyakan dan jawablah diantara mahasiswa untuk saling memperdalam materi pertemuan 5 ini

In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: Ruang Diskusi

by Najmi Lufris Siregar -
Saya Najmi Lufris Siregar, NPM 1953022006, izin bertanya, kenapa dalam sebuah proses belajar mengajar, diperlukan pendekatan sebagai strategi pembelajaran?
In reply to Najmi Lufris Siregar

Re: Ruang Diskusi

by Hafiz Aulia -
Karena dengan menggunakan pendekatan sebagai strategi pembelajaran guru akan lebih mudah menentukan informasi serta mengelola tahap demi tahap pembelajaran yang akan dilakukan dengan efektif.
In reply to Chandra Ertikanto Drs., M.Pd., Dr.

Re: Ruang Diskusi

by Hafiz Aulia -
Nama : Hafiz Aulia
NPM : 1913022042

Izin bertanya, kan pada jenis pendekatan pembelajaran itu ada 2. Satu teacher center dan satu lagi student center
Bagaimana contoh dari pendekatan pembelajaran student center itu?
In reply to Hafiz Aulia

Re: Ruang Diskusi

by Najmi Lufris Siregar -
Izin menjawab pertanyaan dari saudara Hafiz,
Salah satu pendekatan yang memberi kesempatan kepada siswa untuk berkembangnya keterampilan berpikir kreatif dan komunikatif adalah Studen Centered Learning (SCL). Student Centered Learning (SCL) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat dari proses belajar. Pada SCL bukan hanya siswa yang belajar, tapi guru pun juga belajar dari siswanya. Penerapan SCL bisa dengan berbagai metode, antara lain metode Small Group Discussion (SGD). Small Group Discussion (SGD) merupakan metode diskusi yang melibatkan antar kelompok siswa atau kelompok siswa dan pengajar untuk menganalisis, menggali atau memperdebatkan topik atau permasalahan tertentu. Dengan metode ini pengajar harus : (1) membuat rancangan bahan diskusi dan aturan diskusi, dan (2) menjadi moderator dan sekaligus mengulas pada setiap akhir sesi diskusi. Sedangkan siswa harus : (1) membentuk kelompok (5 -10 siswa), (2) memilih bahan diskusi, dan (3) mempresentasikan paper dan mendiskusikannya di kelas.