Diskusi

Perspektif teori perkembangan menurut berbagai ahli

Re: Perspektif teori perkembangan menurut berbagai ahli

Aidita Kirana 1913054051 གིས-
Number of replies: 0
1. Perspektif Biologis – Temperamen : berfokus pada cara berbagai peristiwa yang berlangsung didalam tubuh mempengaruhi perilaku, perasaan,dan pikiran anak.

2. Perspektif Psikoanalisis - Teori psikoseksual dari Freud : menurut Freud dipengaruhi oleh pengalaman masa kecil anak, perkembangan anak terjadi dalam serangkaian tahap yang berfokus pada area kesenangan tubuh yang berbeda. Selama setiap tahap, anak menghadapi konflik yang memainkan peran penting dalam perkembangannya. Pengalaman awal memainkan peran terbesar dalam membentuk perkembangan. Menurut Freud, kepribadian sebagian besar ditetapkan pada usia 5 tahun.

3. Teori Psikososial – Erikson : Erikson berpendapat bahwa sepanjang sejarah hidup manusia, setiap orang mengalami tahapan perkembangan dari bayi sampai dengan usia lanjut. Perkembangan sepanjang hayat tersebut diperhadapkan dengan delapan tahapan yang masing-masing mempunyai nilai kekuatan yang membentuk karakter positif atau sebaliknya, berkembang sisi kelemahan sehingga karakter negatif yang mendominasi pertumbuhan seseorang. Erikson menyebut setiap tahapan tersebut sebagai krisis atau konflik yang mempunyai sifat sosial dan psikologis yang sangat berarti bagi kelangsungan perkembangan di masa depan.

4. Watson dan Bandura :Teori belajar sosial yang dikembangkan oleh Albert Bandura menyatakan bahwa lingkungan adalah faktor penting yang mempe ngaruhi perilaku, tetapi proses-proses kognitif tidak kalah pentingnya. Teori belajar sosial manusia memiliki kemampuan untuk mengendalikan perilakunya sendiri.

5. Teori Piaget and Vigotsky : Perspektif Kontekstual - Menurut Teori Kognitif (Piaget) yang berkaitan dengan perkembangan yaitu anak menyesuaikan diri dengan informasi baru, menyesuaikan dengan lingkungan. Saat anak bisa belajar dengan cara mengamati orang lain saat melakukan sesuatu dengan cara menyesuaikan untuk mengubah pemahamannya.

6. Teori ekologi Bronfrenbrenner -Perspektif Evolusionari/ Sosio-biologik - Teori Ekologis (Bronfenbrenner): teori ini dipengaruhi oleh lingkungan sosial dimana lingkungan tempat anak tinggal mempengaruhi perkembangan anak, yang merancang dari interaksi interpersonal sampai ke pengaruh kultur yang lebih luas. Sistem lingkungan yang mempengaruhi yaitu mikrosistem, mesosistem, ekosistem, makrosistem, kronosistem.

7. Teori attachment dari Bowlby dan Ainsworth : Menurut Bowlby (dalam Santrock 2002) attachment adalah adanya suatu relasi atau hubungan antara figur sosial tertentu dengan suatu fenomena tertentu yang dianggap mencerminkan karakteristik relasi yang unik Jadi anak mengalami perkembangan jika ia terlibat dengan kejadiaan dilingkungan nya, seperti contohnya jika ditempat anak itu banyak ada nya periwistiwa tawuran maka anak berkemungkinan untuk berbuat hal yang sama dan meniru tingkah laku tersebut.