TUGAS

TUGAS

TUGAS

Number of replies: 22

assalamulaaikum wr.wb

apakabar mahasiswaku sekalian, setelah tadi kalian membaca materi materi maka hari ini kalian akan langsung ibu berikan tugas, walau berat harus dijalani ya, hehehe...

Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Evita Nur Cahyani 1913053056 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nama : Evita Nur Cahyani

NPM : 1913053056

Absen : 11

Izin memberikan analisiis saya mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, dengan memberikan contoh.

Belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya. Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Dimana peran pendidik dalam pembelajaran disini untuk memberi bantuan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik. Jadi dapat dikatakan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inthern yang kompleks dalam belajar.

Untuk membedakan antara Teori Belajar dan Pembelajaran bisa diamati dari posisional teorinya, apakah berada pada tataran teori deskriptif atau preskriptif. Dalam hal ini teori pembelajaran adalah teori preskriptif sedangkan teori belajar adalah deskriptif. Pembelajaran mmasuk kedalam teori Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan belajar masuk kedalam teori deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar. Teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa.

Contoh dari teori belajar adalah siswa membuat rangkuman tentang isi buku teks yang telah dibaca pada hari ini, maka retensi atau kemampuan siswa untuk mengingat materi yang telah diajarkan oleh guru terhadap teks itu akan lebih baik.

Sedangkan contoh dari teori pembelajaram yaitu Agar retensi atau kemampuan meningkat, maka maka kaitkan pengetahuan baru yang dipelajari siswa pada struktur kognitif yang telah dimiliki. Mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.


Terimakasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to First post

Re: TUGAS

by Wahyuni Sartika 1913053059 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Wahyuni Sartika
Npm : 1913053059
Absen : 27

Izin menjawab mengenai analisis perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran serta contohnya.

Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar, teori belajar juga bisa disebut dengan teori deskriptif, struktur teori deskriptif adalah "Jika...Maka..." Sedangkan teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Teori pembelajaran akan menjelaskan bagaimana menimbulkan pengalaman belajar dan bagaimana pula menilai dan memperbaiki metode dan teknik yang tepat. Teori pembelajaran juga disebut teori perspektif, struktur teori perspektif yaitu "Agar...Lakukan ini..." Perbedaan umum dari teori belajar dan teori pembelajaran adalah sebagai berikut :
1. Teori belajar tujuan utamanya memberikan proses belajar, sedangkan teori pembelajaran tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal.
2. Teori belajar menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar, sedangkan teori pembelajaran menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar.
3. Teori belajar berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, sedangkan teori pembelajaran berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
4. Etc
Contoh teori belajar adalah ”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”
Sedangkan contoh teori pembelajaran yaitu Agar perolehan hasil belajar dan retensi (suatu hasil) meningkat, organisasilah materi pelajaran (suatu kondisi) dengan menggunakan model elaborasi (suatu metode).

Sekian terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Ilyas Syafrudin -

Nama : Ilyas Syafrudin

NPM   : 1953053023

Absen : 15

Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya.

Sedangkan teori pembelajaran adalah goal oriented. Artinya, teori pembelajaran dimaksudkan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, variabel yang diamati dalam teori pembelajaran adalah metode yang optimal untuk mencapai tujuan. Hasil pembelajaran yang diamati dalam pengembangan teori pembelajaran adalah hasil pembelajaran yang diinginkan (desired outcomes) yang telah ditetapkan lebih dulu. Dengan demikian, teori pembelajaran berisi seperangkat preskriptif guna mengoptimalkan hasil pembelajaran yang diinginkan di bawah kondisi tertentu.

Teori Belajar

1.       Tujuan utamanya memberikan proses belajar   

2.       Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar

3.       Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar         

4.       Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran         

5.       Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar 

6.       Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)       

7.       Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru  dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran      

Teori Pembelajaran

1.       Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal

2.       Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar

3.       Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar

4.       Selalu menyebutkan metode pembelajaran

5.       Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog

6.       Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar

7.       Salah satu contoh teori pembelajaran adalah Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran


In reply to First post

Re: TUGAS

by Lusiana Dewi 1913053015 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Lusiana Dewi
Npm : 1913053015
Absen : 20
Kelas : 5 B

Perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran adalah :
Teori belajar tujuan utamanya memberikan proses belajar, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar, berfokus pada hubungan diantara variable-variable yang menentukan hasil belajar, tidak berhubungan dengan metode pembelajaran, penelitian dilakukan oleh ilmuan karena merupakan penelitian dasar, mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses-proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar). Salah satu contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.
Sedangkan teori pembelajaran tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal, menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terhadi hal belajar, berfokus pada upaya mengontrol variable-variable yang di spesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar, selalu menyebutkan metode pembelajaran, penelitian dasar dilakukan oleh ilmuan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog, mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologi dalam diri si belajar. Contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.

Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: TUGAS

by ira halimatus sadiyah 1913053068 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Ira Halimatus Sa'diyah
NPM: 1913053068
No. Absen: 16
Izin menaggapi,
Perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran
Teori belajar:
1. Tujuan utamanya memberikan proses belajar
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
3. Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
4. Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
5. Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
6. Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si pelajar
7. Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.
Teori Pembelajaran:
1. Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
3. Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
4. Selalu menyebutkan metode pembelajaran
5. Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi
6. Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si pelajar
7. Salah satu contoh teori pembelajaran adalahTeori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.
Terima kasih
In reply to First post

Re: TUGAS

by Lisa Kumalasari 1913053130 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri
Nama: Lisa Kumalasari
NPM: 1913053130
Absen: 19
Izin menjawab Ibu,

Menurut Budiningsih (2005), ada perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya.
Dalam pengembangan teori belajar, hasil yang diamati adalah hasil pembelajaran nyata (actual outcomes) dalam pengertian probabilistik, yaitu hasil pembelajaran yang mungkin muncul, dan bisa jadi bukan merupakan hasil pembelajaran yang dinginkan. Oleh karena teori belajar adalah deskriptif, maka struktur logis yang digunakan adalah ”Jika…, maka….”. Sebagai contoh, ”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”

Sedangkan Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif.
Adapun proposisi yang digunakan dalam teori pembelajaran adalah ”agar …., Iakukan ini.” Sebagai contoh, ”Agar perolehan hasil belajar dan retensi (suatu hasil) meningkat, organisasilah materi pelajaran (suatu kondisi) dengan menggunakan model elaborasi (suatu metode).

Terimakasih, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Devita Auliya 1913053103 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Devita Auliya
Npm: 1913053103
No. Absen: 07
Izin menjawab

Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang sangat berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.

Teori belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya. Oleh sebab itu apabila setelah belajar peserta didik tidak ada perubahan yang positif dalam arti tidak memiliki kecakapan baru serta wawasan pengetahuan tidak bertambah maka dapat dikatakan bahwa belajarnya belum sempurna.

Teori pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Dimana peran pendidik dalam pembelajaran disini untuk memberi bantuan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik.

Menurut Bruner (dalam Degeng, 1989) mengemukakan bahwa teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar (C.Asri Budiningsih, 2004).

Jadi dapat dikatakan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dalam belajar.

Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: TUGAS

by Arif Catur Febriansyah -
Assalamualaikum warahmatullahi ta'aruf

Nama : Arif Catur Febriansyah
NPM : 1913053093
Absen : 04

Izin memberikan analisiis saya mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, dengan memberikan contoh

Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya. Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif. Teori pembelajaran akan menjelaskan bagaimana menimbulkan pengalaman belajar dan bagaimana pula menilai dan memperbaiki metode dan teknik yang tepat. Teori pembelajaran yang demikian itu memungkinkan guru untuk :
1. Mengusahakan lingkungan yang optimal untuk belajar.
2. Menyusun bahan ajar dan mengurutkannya.
3. Memilih strategi mengajar yang optimal dan apa alasannya.
4. Membedakan antara jenis alat AVA (Audio Visual Aids) yang sifatnya pilihan dan AVA lain yang sifatnya esensial untuk membelajarkan para siswa.
Demikian halnya, teori belajar yang bersifat deskriptif itu akan mampu menjelaskan, memprediksi, dan mengontrol peristiwa belajar. Sehingga, prinsip-prinsip dan hukum belajar akan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Karena itu, teori belajar tertentu dengan sendirinya akan berimplikasi pada pembelajaran tertentu pula atau tergantung dari sudut pandang mana proses belajar itu terjadi. Dengan demikian, jelaslah bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara teori belajar dengan teori pembelajaran.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Dina Rahmawati -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dina Rahmawati
Npm : 1913053025
No absen : 08
Izin Menjawab mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh!

Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang sangat berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.
Belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Dimana peran pendidik dalam pembelajaran disini untuk memberi bantuan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik.

Jadi dapat dikatakan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dalam belajar.
Untuk membedakan antara Teori Belajar dan Pembelajaran bisa diamati dari posisional teorinya, apakah berada pada tataran teori deskriptif atau preskriptif.
Menurut Bruner (dalam Degeng, 1989) teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar (C.Asri Budiningsih, 2004).
Menurut Reigeluth (1983 dalam Degeng, 1990) mengemukakan bahwa teori preskriptif adalah goal oriented, sedangkan teori deskriptif adalah goal free. Maksudnya adalah bahwa teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memberikan hasil. Itulah sebabnya variabel yang diamati dalam mengembangkan teori-teori pembelajaran yang preskriptif adalah metode yang optimal untuk mencapai tujuan. Sedangkan dari pengembangan teori-teori pembelajaran deskriptif, variabel yang diamati adalah hasil belajar sebagai efek dari interaksi antara metode dan kondisi.
Teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa.
Contoh teori belajar adalah ”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”
Sedangkan contoh teori pembelajaran yaitu Agar perolehan hasil belajar dan retensi (suatu hasil) meningkat, organisasi lah materi pelajaran (suatu kondisi) dengan menggunakan model elaborasi (suatu metode).

Sekian, terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Maydhea Priska Ulpama 1953053020 -
Nama: Maydhea Priska Ulpama
Npm: 1953053020
No absen: 21

Izin menanggapi,
Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya.

Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif.
Teori pembelajaran akan menjelaskan bagaimana menimbulkan pengalaman belajar dan bagaimana pula menilai dan memperbaiki metode dan teknik yang tepat. Teori pembelajaran yang demikian itu memungkinkan guru untuk
1. Mengusahakan lingkungan yang optimal untuk belajar.
2. Menyusun bahan ajar dan mengurutkannya.
3. Memilih strategi mengajar yang optimal dan apa alasannya.
4. Membedakan antara jenis alat AVA (Audio Visual Aids) yang sifatnya pilihan.

Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. Sebagai salah satu cabang ilmu deskriptif, maka teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. Karena para pakar psikologi mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dalam menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana belajar itu terjadi, maka timbullah beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya.


Teori pembelajaran tidak menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi, tetapi lebih merupakan implementasi prinsip-prinsip teori belajar dan berfungsi untuk memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran. Oleh karena itu, teori pembelajaran selalu akan mempersoalkan bagaimana prosedur pembelajaran yang efektif, maka bersifat preskriptif dan normatif.

Teori pembelajaran akan menjelaskan bagaimana menimbulkan pengalaman belajar dan bagaimana pula menilai dan memperbaiki metode dan teknik yang tepat. Teori pembelajaran yang demikian itu memungkinkan guru untuk :
1. Mengusahakan lingkungan yang optimal untuk belajar.
2. Menyusun bahan ajar dan mengurutkannya.
3. Memilih strategi mengajar yang optimal dan apa alasannya.
4. Membedakan antara jenis alat AVA (Audio Visual Aids) yang sifatnya pilihan dan AVA lain yang sifatnya esensial untuk membelajarkan para siswa.

Demikian halnya, teori belajar yang bersifat deskriptif itu akan mampu menjelaskan, memprediksi, dan mengontrol peristiwa belajar. Sehingga, prinsip-prinsip dan hukum belajar akan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Karena itu, teori belajar tertentu dengan sendirinya akan berimplikasi pada pembelajaran tertentu pula atau tergantung dari sudut pandang mana proses belajar itu terjadi. Dengan demikian, jelaslah bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara teori belajar dengan teori pembelajaran.

Menurut Budiningsih (2005), ada perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
Lebih lanjut, Budiningsing menjelaskan bahwa teori belajar lebih fokus kepada bagaimana peserta didik belajar,

sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Dalam teori belajar, kondisi dan metode pembelajaran merupakan variabel bebas dan hasil pembelajaran sebagai variabel tergantung. Dengan demikian, dalam pengembangan teori belajar, variabel yang diamati adalah hasil belajar sebagai efek dari interaksi antara metode dan kondisi.
Dalam pengembangan teori belajar, hasil yang diamati adalah hasil pembelajaran nyata (actual outcomes) dalam pengertian probabilistik, yaitu hasil pembelajaran yang mungkin muncul, dan bisa jadi bukan merupakan hasil pembelajaran yang dinginkan. Oleh karena teori belajar adalah deskriptif, maka struktur logis yang digunakan adalah ”Jika…, maka….”. Sebagai contoh, ”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”
In reply to First post

Re: TUGAS

by Yoja Fahliza -
Nama : Yoja Asti Fahliza
NPM : 1913053127
Abs : 28
Izin menjawab
Perbedaan Teori Belajar dan Teori Pembelajaran yaitu bahwa teori belajar adalah deskriptif, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif. Artinya teori belajar mendeskripsikan terjadinya proses belajar, sedangkan teori pembelajaran mempreskripsikan strategi atau metode pembelajaran yang optimal untuk memudahkan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar. Ia menaruh perhatian pada “bagaimana seseorang belajar”. Teori pembelajaran sebaliknya menaruh perhatian pada “bagaiman seseorang mempengaruhi pada “bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar”. Dengan kata lain teori pembelajaran berurusan dengan upaya mengontrol variabel-variabeldispesifikasikan dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
Salah satu contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan-gagasan baru dengan gagasan-gagasan lama yang sudah membentuk pikiran.
Contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.
Terimakasih
In reply to First post

Re: TUGAS

by Gita Indah Mustika 1913053007 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Indah Mustika
No. Absen : 13
NPM : 1913053007
Izin memberikan analisis mengenai perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran beserta contohnya

Menurut saya perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran adalah dalam teori belajar mengarah kepada perubahan pengetahuan dan sikap yang dapat diperoleh dari mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, tidak harus di sekolah antara peserta didik dan pendidik. Teori belajar tidak memiliki struktur atau langkah-langkah yang terikat dalam pelaksanaannya, dimana teori yang pada implementasi nya memanusiakan manusia. Contohnya, seorang peserta didik belajar tata krama yang ada di lingkungannya, dengan pengenalan yang di ajarkan orang tua, maka seorang anak akan tahu apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan saat berada di tempat umum, dengan begitu peserta didik atau anak akan paham dan memiliki pengalaman dari interaksinya di lingkungan.

Sedangkan teori pembelajaran adalah teori yang mengarah kepada hasil belajar dalam hal pengetahuan maupun keterampilan yang interaksi nya dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dengan menggunakan metode dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar, yang artinya teori pembelajaran ini memiliki struktur yang sistematis dalam penerapan nya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Contohnya, pendidik yang menghadirkan peta atau globe kepada peserta didik di kelas untuk pemahaman mengenai letak negara-negara yang ada di seluruh dunia, dengan memperhatikan RPP yang telah dibuat sebelumnya, sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Dionisius Bintoro 1953053014 -
Nama : Dionisius Bintoro
Npm : 1953053014
Absen : 09
Tujuan utama teori belajar adalah untuk memberikan proses belajar, memperhatikan bagaimana seseorang belajar, menitikberatkan pada hubungan antar variabel yang menentukan hasil belajar, tidak berhubungan dengan metode pembelajaran, penelitian dilakukan oleh para ilmuwan karena merupakan dasar penelitian, mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran. proses psikologis dalam diri peserta didik (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada pada diri peserta didik). Salah satu contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar sebagai proses mengasosiasikan ide-ide baru dengan ide-ide lama yang telah membentuk pikiran.
Sedangkan tujuan utama teori pembelajaran adalah untuk menentukan metode pengajaran yang optimal, memperhatikan bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi pembelajaran, menitikberatkan pada upaya pengendalian variabel yang ditentukan dalam teori pembelajaran agar memudahkan pembelajaran, selalu metode pembelajaran, penelitian dasar yang dilakukan oleh para ilmuwan dan penelitian terapan yang dilakukan oleh para teknolog, mengungkap hubungan antara kegiatan belajar dan proses psikologis dalam diri pelajar. Contoh teori belajar adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Ajeng Ayu Permatasari -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri:

Nama: Ajeng Ayu Permatasari

Npm: 1953053009

No Absen: 02

Izin memberikan suatu analisis saya mengenai topik yang sudah diberikan

Menurut analisis saya teori pembelajaran merupakan teori yang menawarkan panduan ekplisit tentang bagaimana membantu seseorang belajar dan berkembang menjadi lebih baik. Jenis belajar dan pengembangannya mencakup aspek: kognitif, emosional, sosial, fisikal, dan spiritual. Karena itu teori pembelajaran mesti menunjukkan beberapa karakteristik seperti berikut. Pertama, designed oriented, yaitu berfokus pada alat mencapai tujuan yang telah ditetapkan untuk belajar, atau pengembangan daripada description oriented—berfokus pada given events. 

Kedua, mengidentifikasi metode pembelajaran (cara untuk mendukung dan memfasilitasi belajar) dan situasi pada mana metode dipakai/tidak dipakai. 

Ketiga, metode pembelajaran bisa dipecah-pecah menjadi rinci sebagai panduan. 

Keempat, kecenderungan metode pembelajaran adalah probabilistic daripada deterministic. 

Bruner, seperti yang dikutip oleh Degeng (1989); dalam Budiningsih Asri (2012:11), menyatakan bahwa teori pembelajaran merupakan preskriptif atau goal oriented (untuk mencapai tujuan), karena tujuan teori pembelajaran adalah menetapkan metode dan strategi pembelajaran yang cocok untuk memperoleh hasil optimal. 

Sedangkan untuk teori belajar sebagai deskriptif atau goal free (untuk memeriksa hasil), karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. 

Contoh dari teori belajar yaitu, seorang guru di dalam kelas menjelaskan suatu materi mengenai topik bahasan pada hari itu, misalnya menjelaskan tentang apa itu Hak, Nilai, Norma dan Moral dengan penjelas tersebut siswa dapat memehami apa itu Hak,Nilai, Norma dan Moral

In reply to First post

Re: TUGAS

by Fatma Trisnawati 1913053018 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatuh

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Fatma Trisnawati
NPM : 1913053018
Absen : 12

Izin menjawab ibu

Perbedaan Teori Belajar dan Teori Pembelajaran yaitu bahwa teori belajar adalah deskriptif, sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif

Menurut Budiningsih (2005), ada perbedaan yang prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal.

Teori belajar dapat diartikan sebagai konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar yang bersifat teoretis dan telah teruji kebenarannya melalui eksperimen. Teori belajar itu berasal dari teori psikologi dan terutama menyangkut masalah situasi belajar. teori belajar berfungsi menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana proses belajar terjadi pada si belajar. beberapa teori belajar seperti teori behavioristik, kognitif, humanistik, sibernetik, dan sebagainya.

Contoh:
”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”

Sedangkan
Teori pembelajaran akan menjelaskan bagaimana menimbulkan pengalaman belajar dan bagaimana pula menilai dan memperbaiki metode dan teknik yang tepat. dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa

Contoh :
Teori pembelajaran yang demikian itu memungkinkan guru untuk

1. Mengusahakan lingkungan yang optimal untuk belajar.
2. Menyusun bahan ajar dan mengurutkannya.
3. Memilih strategi mengajar yang optimal dan apa alasannya.
4. Membedakan antara jenis alat AVA (Audio Visual Aids) yang sifatnya pilihan dan AVA lain yang sifatnya esensial untuk membelajarkan para siswa.


Terimakasih waalaikumsallam warroatulohi wabarrokatuh
In reply to First post

Re: TUGAS

by Rima Novita sari 1913053033 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Rima Novita Sari

NPM : 1913053033

No. Absen : 24

Izin menjawab analisis perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran serta contohnya.

Dalam sifatnya, teori belajar lebih bersifat “deskripstif”, sedangkan teori pembelajaran bersifat “preskiptif”. Teori pembelajaran menunjukkan beberapa karakteristik, diantaranya seperti designed oriented  yang berfokus pada upaya mencapai tujuan pembelajaran; mengidentifikasi metode pembelajaran—cara untuk mendukung dan memfasilitasi belajar dan situasi pada mana metode akan digunakan ataupun tidak digunakan; dan metode pembelajaran bisa di rinci lagi menjadi serangkaian rencana pelaksanaan suatu pembelajaran. Jadi, teori merupakan sekelompok proposisi yang berhubungan dan yang menunjukkan mengapa suatu peristiwa itu dapat terjadi. Sedangkan teori belajar sebagai deskriptif atau goal free (untuk memeriksa hasil), karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar.

Jadi kesimpulan yang dapat ditarik bahwa teori pembelajaran berurusan dengan upaya untuk mengontrol variabel-variabel yang spesifik dalam teori belajar, agar dapat memudahkan belajar. Sedangkan fokus dari teori belajar lebih kepada persoalan “bagaimana seseorang itu dapat belajar”.

Contoh penerapan teori belajar kognitif adalah guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik serta memberi ruang bagi mereka untuk saling bicara serta diskusi dengan teman-temannya. 

Contoh teori pembelajaran dari David Ausubel. Dalam hal ini, kegiatan belajar akan bermakna bagi peserta didik khususnya yang masih di tingkat pendidikan dasar saat mereka dilibatkan secara langsung dalam satu kegiatan. Selanjutnya, pembelajaran akan terbilang efektif jika para guru menggunakan penjelasan dalam proses belajar serta penggunaan bahan-bahan ajar yang bersifat visual.

Sekian terima kasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


In reply to First post

Re: TUGAS

by Asyrof Hibatulloh 1913053096 -
Assalamu'alaikum wr. wb
Nama : Asyrof Hibatulloh
NPM : 1913053096
Absen : 05
Izin memberikan analisis mengenai perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran
Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. sehingga berhubungan dengan variabel-variabel yang menentukan hasil belajar.
Contohnya
teori belajar adalah deskriptif, maka struktur logis yang digunakan adalah ”Jika…, maka….”. Sebagai contoh, ”Jika materi pelajaran (ini suatu kondisi) diorganisasi dengan menggunakan model elaborasi (ini suatu metode), maka perolehan belajar dan retensi (ini suatu hasil) akan meningkat.”Adapun proposisi yang digunakan dalam teori pembelajaran adalah ”agar …., Iakukan ini.” Sebagai contoh, ”Agar perolehan hasil belajar dan retensi (suatu hasil) meningkat, organisasilah materi pelajaran (suatu kondisi) dengan menggunakan model elaborasi (suatu metode).
In reply to First post

Re: TUGAS

by Adel Lita Sekar Rini 1913053101 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Izin memperkenalkan diri.
Nama: Adel Lita Sekar Rini 
NPM: 1913053101
Izin menanggapi. 

Teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa.

Teori pembelajaran harus memasukkan variabel metode pembelajaran. Bila tidak, maka teori itu bukanlah teori pembelajaran. Hal ini penting, sebab banyak terjadi apa yang dianggap sebagai teori pembelajaran selalu menyebutkan metode pembelajaran, sedangkan teori belajar sama sekali tidak berurusan dengan metode pembelajaran.

Perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran yaitu:

Tabel perbedaan

Bentuk-bentuk Implementasi Teori Deskriptif dan Preskriptif

Bentuk-bentuk implementasi teori deskriptif dan preskriptif dalam membedakan teori belajar dan pembalajaran dapat dilihat dari sifat-sifatnya yang telah dikelompokkan oleh Reigeluth (dalam Degeng, 1989). Diantaranya dapat dilihat dari contoh-contoh pernyataan-pernyataan teori belajar dan pembelajaran sebagai berikut:

Teori Belajar yang bersifat deskriptif dan preskriptif

A. Contoh teori belajar deskriptif:

Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.

B. Contoh teori belajar preskriptif:

Agar retansi meningkat, maka kaitkan pengetahuan baru yang dipelajari pada struktur kognitif yang telah dimiliki.

Teori Pembelajaran yang bersifat preskriptif

Contoh teori belajar preskriptif:

Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.

Selain itu peranan atau implementasi antara teori deskriptif dan preskriptif juga terdapat aspek penting yang membedakan antar keduanya, yaitu dapat dilihat dari jenis profesi yang biasa ditemukan dikehidupan manusia. Dimana teori deskriptif ini biasanya hanya ditemukan pada orang-orang yang berprofesi sebagai ilmuwan saja sedangkan teori preskrpitif terlibat dalam tiga profesi, yaitu para ilmuwan, teknolog, dan teknisi. Seperti yang telah dipaparkan Reigeluth, Bunderson, dan Merril (dalam Degeng, 1989) mengemukakan bahwa ilmuwan adalah orang-orang yang selalu berurusan dengan pengembangan prinsip dan teori, teknolog adalah orang-orang yang menggunakan prinsip dan teori untuk mengembangkan prosedur, dan teknisi adalah orang-orang yang mengembangkan prosedur yang dikembangkan teknolog untuk menciptakan sesuatu.

Terima kasih. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

In reply to First post

Re: TUGAS

by Andaru Pramia Putri 1913053138 -
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Andaru Pramia Putri
NPM : 1913053138
No.absen : 03

Menurut analisis saya perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran yaitu :
1. Teori belajar memiliki tujuan utama memberikan proses pembelajaran, sedangkan teori pembelajaran memiliki tujuan utama untuk menetapkan metode pengajaran yang optimal
2. Teori belajar menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar, sedangkan teori pembelajaran menaruh perhatian paa bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi di hal belajar.
3. Teori belajar berfokus kepada hubungan diantara variabel yang menentukan hasil belajar, sedangkan teori pembelajaran berfokus pada upaya mengontrol variabel variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
4. Teori belajar tidak berhubungan dengan metode pembelajaran, sedangkan teori pembelajaran selalu menyebutkan tentang metode pembelajaran.
5. Teori belajar mengungkapkan hubungan kegiatan belajar dalam proses proses psikologis dalam diri siswa, sedangkan teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses psikologis dalam diri siswa.
6. Salah satu contoh teori belajar adalah teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran, sedangkan salah satu contoh teori pembelajaran adalah teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keaktifan strategi pengorganisasian pembelajaran.
Sekian analisis yang dapat saya sampaikan, terimakasih.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
In reply to First post

Re: TUGAS

by Eka Wulandari 1913053006 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Eka Wulandari
NPM: 1913053006
No.Absen: 10
Izin memberikan analisis mengenai perbedaan antara teori belajar dengan teori pembelajaran.

Teori belajar merupakan kumpulan konsep, ide, prosedur yang didalamnya cara mempraktikkan proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran dapat diartikan sebagai sebuah teori yang di dalamnya memuat tata cara mengenai cara seorang guru mengaplikasikan kegiatan belajar-mengajar yang nantinya akan diterapkan kepada muridnya baik di dalam maupun di luar kelas. Menurut Budiningsih (2005), ada perbedaan prinsip antara teori belajar dengan teori pembelajaran. Teori belajar adalah deskriptif, karena tujuan utamanya memeriksa proses belajar. Sedangkan teori pembelajaran adalah preskriptif, karena tujuan utamanya menetapkan metode pembelajaran yang optimal. Dalam sifatnya, teori belajar lebih bersifat “deskripstif”, sedangkan teori pembelajaran bersifat “preskiptif”. Kajian beberapa model pembelajaran berdasarkan pada teori belajar, menunjukkan bahwa model-model tersebut adalah model prosedural.  Jadi kesimpulan yang dapat ditarik bahwa teori pembelajaran berurusan dengan upaya untuk mengontrol variabel-variabel yang spesifik dalam teori belajar, agar dapat memudahkan belajar. Sedangkan fokus dari teori belajar lebih kepada persoalan “bagaimana seseorang itu dapat belajar”. Salah satu contoh teori belajar paling terkenal dan banyak orang yang tidak sadar bahwa dia sedang melakukan proses belajar. Teori tersebut bernama Sosial dimana setiap bisa individu bisa mengamati, karena dengan cara inilah lebih mudah untuk di pahami dan di praktekan secara langsung. Contoh teori pembelajaran adalah teori Pembelajaran Sosial Bandura. Dalam model pembelajaran Bandura titik penekannya terletak pada faktor kognitif.


Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: TUGAS

by Rizky Fadila Fitriani 1813053123 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mohon izin untuk memperkenalkan diri,
Nama = Rizky Fadila Fitriani
NPM = 1813053123
No. Absen = 30
Mohon izin untuk memberikan pendapat mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.

Menurut Bell-Gredler (1986:1) dalam Winataputra dkk (2014:15) yang menyatakan bahwa Belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam competencies, skills, and attitudes. Kemampuan (competencies), keterampilan (skills), dan sikap (attitudes) tersebut diperoleh secara bertahap dan berkelanjutan mulai dari masa bayi sampai masa tua melalui rangkaian proses belajar sepanjang hayat. Rangkaian proses belajar itu dilakukan dalam bentuk keterlibatannya dalam pendidikan informal, keturutsertaannya dalam pendidikan formal dan/atau pendidikan nonformal. Kemampuan belajar inilah yang membedakan manusia dari makhluk lainnya. Adapun contoh teori belajar seperti yang dikemukakan oleh Bell-Gredler (1986:317) dalam Winataputra dkk (2014:15) ada enam teori belajar kontemporer, yakni Teori Operant Conditioning dari B.F. Skinner; Teori Conditions of Learning dari Robert Gagne; Teori Information Processing; Teori Cognitive Development dari Jean Piaget; Teori Social Learning dari Albert Bandura; dan Teori Attribution dari Bernard Weiner.

Sedangkan menurut Winataputra dkk (2014:118) Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menginisiasi, memfasilitasi, dan meningkatkan intensitas dan kualitas belajar pada diri peserta didik. Oleh karena pembelajaran merupakan upaya sistematis dan sistemik untuk menginisiasi, memfasilitasi, dan meningkatkan proses belajar maka kegiatan pembelajaran berkaitan erat dengan jenis hakikat, dan jenis belajar serta hasil belajar tersebut. Pembelajaran harus menghasilkan belajar, tapi tidak semua proses belajar terjadi karena pembelajaran. Proses belajar terjadi juga dalam konteks interaksi sosial-kultural dalam lingkungan masyarakat.

Selain itu, perbedaaan belajar dan pembelajaran diantaranya yaitu:
  1. Belajar mengacu pada perubahan perilaku individu sebagai akibat dari proses pengalaman baik yang dialami ataupun yang sengaja dirancang. Sedangkan Pembelajaran mengacu pada segala kegiatan yang dirancang untuk mendukung proses belajar yang ditandai dengan adanya perubahan perilaku individu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  2. Ciri-ciri belajar adalah adanya perubahan perilaku. Perubahan perilaku tersebut merupakan hasil interaksi individu dengan lingkungan, serta perilaku tersebut bersifat relatif menetap. Sedangkan Ciri-ciri pembelajaran adalah kegiatannya mendukung proses belajar siswa, adanya interaksi antara individu dengan sumber belajar, serta memiliki komponen-komponen tujuan, materi, proses, dan evaluasi yang saling berkaitan.
Sekian, terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: TUGAS

by Kunci rahayu 1913053043 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: kunci rahayu
Absen:18
Npm:1913053043

Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang sangat berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.

Menurut analisis penulis, Belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya. Oleh sebab itu apabila setelah belajar peserta didik tidak ada perubahan yang positif dalam arti tidak memiliki kecakapan baru serta wawasan pengetahuan tidak bertambah maka dapat dikatakan bahwa belajarnya belum sempurna.

Menurut analisis penulis, Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Dimana peran pendidik dalam pembelajaran disini untuk memberi bantuan agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan kepada peserta didik.

Jadi dapat dikatakan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dalam belajar.

Contoh teori belajar : siswa diberi tugas yaitu seperti merangkum buku yg sudah dibaca pada hari ini

contoh teori pembelajaran: agar hasil kemampuan meningkat maka dikaitkan dengan pengetahuan yg baru yg dipelajari siswa pada struktur kognitif yg telat dimiliki.