Silahkan setiap anggota kelompo meng-upload hasil inovasinya di sini (foto/video) dan cara penggunaannya (file pdf). Selanjutnya silahkan saling mengomentari satu sama lain...
baik pak
Baik pak..
Teman-teman.. Berikut inovasi media pembelajaran menggunakan barang bekas.
Materi : Listrik Statis
Kelas : IX
Video : Elektroskop Sederhana
saya izin mengomentari video dari ima, pada indikator keterampilan apakah cukup hanya mengidentifikasi saja?
menurut saya ada baiknya jika ditambahkan lagi untuk indiktaor keterampilannya karena pada proses pembelajaran ini siswa melakukan serangkaian kegiatan percobaan. kegiatan melakukan percobaan pasti tidak hanya selesai sampai menyelediki atau mengidentifikasi saja, jadi menurut saya perlu ditambahkan indikator lain seperti
1. terampil menyajikan data hasil percobaan pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.
dan lain sebagainya
nah pada kd juga kan terlihat jelas Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.
untuk menyajikan hasil pengamatan ima belum mencantumkan indikatornya, yang saya tanyakan untuk mencapai kd siswa akan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk apa?
Baik trimakasih saudari Devi atas masukannya. Akan ditambahkan indikatornya nanti mengenai menyajikan data.
Untuk menyajikan datanya, sudah disediakan tabel hasil pengamatan di LKPD yg telah dibuat. Akan dilampirkan dalam bentuk foto.
ima apakah hasil pengamatan hanya disajikan dalam lkpd saja? apakah tidak tidak disajikan dalam bentuk laporan hasil percobaan juga?
Sejauh ini yg sudah dirancang, siswa mengisi hasil pengamatan pada tabel dalam LKPD. Namun setelah tahap itu masiha da tahapan tahapan lain hingga mencapai kesimpulan.
Berhubung pada KD 4. nya hanya sampai menyajikan hasil pengamatan, saya kira sudah cukup siswa mengamati, menganalisis, dan berdiskusi menggunakan LKPD tersebut.
oke ima
saya ingin bertanya pada ima, inovasi apa yang terdapat pada alat peraga ini? kemudian apakah alat tembaga tsb diganti dengan yg lain berpengaruh tidak?terima kasih
Terimakasih mb Ummu telah mengamati video saya..
Inovasi pada alat ini adalah membuat elektroskop dengan versi yang sederhana. Saya sedang mencoba mengganti kawat tembaga dengan kawat alumuniun dan kawat besi. Namun masih proses pembuatan dan belum selsai. Jadi belum bisa memutuskan apakah perubahan kawat tersebut berpengaruh atau tidak dalam mendeteksi muatan listrik.. Seperti itu..
oke ima, mungkin lebih baik ada percobaan selain menggunakan kawat tersebut karena kita dapat membandingkan dan mencari tahu adakah pengaruhnya pada kawat tsb jika diganti dengan bahan yang lain, karena bahan kawat tsb berbeda-beda.
Iya mb.. sedang dalam tahap proses pembuatan..
Trimakasih masukannya..
Assalammualaikum tabikpuun, selamat pagi teman-teman dari kelompok bunga sepatu, disini saya telah membuat sebuah media pembelajaran sederhana untuk membantu siswa dalam memahami sifat-sifat cahaya.
KD
3.12. Menganalisis sifat- sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung, serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik.
4.12. Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
Materi: Sifat-Sifat Cahaya
Kelas : VIII (SMP)
silahkan teman-teman memberikan pertanyaan, komentar, saran, kritik yang membangun pengembangan media yang telah saya buat. Berikut saya lampirkan pdf dan video media pembelajarannya.
Video Media Pembelajaran Sifat-Sifat Cahaya
Terimkasih wassalamualaikum wr.wb
Izin bertanya kepada saudari Devi. Pada prosedur percobaan ada tahan yg meletakkan cermin pada kemiringan tertentu. Apakah ada besar sudut tertentu yg akan menghasilkan warna pelangi yang paling baik? Trimakasih..
terimakasih ima sudah menyakisikan video saya, saya akan menjawab pertanyaan ima. menurut saya pada proses pembentukan pelangi kemiringan berpengaruh terhadap warna yang dihasilkan. selain itu yang paling berpengaruh adalah cahaya yang disorotkan ke cermin. untuk mendapatkan hasil warna pelangi yang paling baik saya menyorotkan sinar dari senter pada sudut yang berbeda dengan cara menggeser arah sorotan cahaya senter.
Jadi lebih ditekankan perbedaan sudut ketika menyinari menggunakan senter y..
iya ima
Jadi apakah ada besar sudut tertentu yg akan membentuk pelangi paling baik? Berapa derajat..
mohon maaf ima saya kemarin belum sempat mengukur sudutnya. nanti akan dilakukan uji lebih lanjut
Baik.. Trimakasih
izin bertanya pada devi, adakah pengaruhnya pada banyaknya air terhadap pembentukan pelangi dan bagaimana jika alat senter digantikan dengan alat yang lain? terima kasih
mohon maaf mba untuk pengaruh banyaknya air saya belum melakukan uji coba lebih lanjut mba. untuk alat senter boleh digantikan dengan alat yang lain. berdasarkan percobaan yang saya lakukan, saya beberapa kali menggunakan cahaya dari alat yang berbeda seperti senter biasa dan senter hp nokia. hasil warna pelangi yang paling baik menggunakan senter hp nokia karena sinarnya lebih fokus. jika tidak menggunakan alat bisa juga menggunakan cahaya matahari. namun jika menggunakan senter kondisi ruangan harus dalam keadaan gelap.
oke devi, mungkin bisa dicoba lagi dengan melihat banyaknya air, dan mungkin dengan pencahayaan yang baik akan lebih terlihat warna pelanginya..terima kasih
Izin bertanya kepada Mb Ummu. Pada pembuatan roket tersebut, diberikan 3 sayap yg gunanya untuk keseimbangan. Adakah alasannya, mengapa memberikan 3 sayap pada roket tersebut, mengapa tidak 2 atau 4.. Trimakasih
Bagus... Teruslah berinovasi dalam pembelajaran...
Diskusinya menrik. lanjutkan...
baik ima, terima kasih y sudah menyaksikan video saya,nah saya akan menjawab pertanyaan dari ima bahwa pembuatan pada roket adalah 3 sayap yang berfungsi sebagai penyeimbang. nah alasan saya membuat 3 mengapa tidak 2 atau 4 sayap karena agar lebih bagus, dan dalam meluncurnya roket lebih baik dan lurus. apabila roket roket tsb meuncur di udara berbelok atau berputar-putar mungkin tejadi kesalahan pada jumlah sayap, bentuk dan ukuran yang tidak samasehingga akan menyebabkan roket jatuh sebelum jarak yang maksimal. selain itu fungsi dari sayap ini sebagai pengarah aliran udara dari ujung roket menuju belakang selain sebagai penyeimbang ketika roket meluncur di udara agar tetap stabil.
Baik trimakasih atas penjelasannya mb ummu..
sama-sama
mba ummu saya ingin menggapi pada indikator yang mba ummu buat terdapat Merancang dan membuat roket air dengan kreatif dan inovatif serta Membuat laporan hasil penyelidikan dari percobaan. setelah siswa merancang dan membuat roket air pasti siswa melakukan percobaan roket air kemudian barulah membuat laporan. menurut saya perlu ditambahkan indikator melakukan penyeledikan atau percobaan, jadi tidak hanya merancang dan membuat laporan saja.
wah terima kasih banyak devi atas koreksiannya, masukan yang bagus..mungkin akan saya tambahkan kembali. terima kasih
sama-sama mba ummu