Diskusi Pert 12. Presentasi PjBL dan Multipel Representasi

File + PPT + Video

File + PPT + Video

by Farid Hamid Ali -
Number of replies: 21
Assalamu'alaikum...
Tabiik puunnn...

Teman teman Program Magister Pendidikan IPA yang saya sayangi dan Bapak sunyono yang saya banggakan. Mohon maaf mengganggu waktunya, hari ini saya perwakilan dari kelompok 5 mohon izin mengirimkan tugas mengenai Model Pembelajaran Multipel Representasi dan video pada pertemuan ke-12 ini dengan memperkenalkan kelompok sebagai berikut.
Nama:
Farid Hamid Ali 1923025008
Ummu Khoiriyah 1923025006
Ummul Uslima 1923025013

Baiklah teman-teman mari kita tonton dan simak link dari video tersebut, dan mari kita bersama-sama mempelajari materi yang telah kelompok kami diskusikan, lalu kita diskusikan bersama teman-teman sekalian mengenai model Pembelajaran Multipel Representasi ini melalui forum diskusi yang telah disediakan...
Terimakasih. wassalamualaikum wr.wb

VideoModel Pembelajaran :

https://youtu.be/Tv8vAqO-FGo
In reply to Farid Hamid Ali

Re: File + PPT + Video

by Sunyono Sunyono -

 

Videonya tidak muncul?

In reply to Sunyono Sunyono

Re: File + PPT + Video

by Farid Hamid Ali -
moohon maaf pak, sudah diccoba dengan copy link ;angsung, kemudia baagikan video, sama copy llink video melalui youtube studio tetap tidakk muncul, hanya mmuncul url linknnya paak di deskripsi
In reply to Farid Hamid Ali

Re: File + PPT + Video

by Sunyono Sunyono -

Masak??? Coba belajar lagi. Ini bagian dari Inovasi pembelajaran, beajar dengan baik menggunakan berbagai moda daring. termasuk youtube.

Ini bisa...

In reply to Sunyono Sunyono

Re: File + PPT + Video

by Farid Hamid Ali -
kami aakan belajar lagi unntuk selanjutnyaa, terimakasih bnyak bapak
In reply to Farid Hamid Ali

Re: File + PPT + Video

by Ummul Uslima -

Mohon maaf krna videonya tdk bsa muncul..

Untuk melihat video nya bisa dengan copas url tersebut k youtube.

Silahkan d amati terlebih dahulu makalah, PPT, dan video kami

Jika ada yang ingin memberi saran atau bertanya kami persilahkan..

 

 

In reply to Ummul Uslima

Re: File + PPT + Video

by Sunyono Sunyono -

Masak??? Coba liat atas, biasa tuh?? Coba belajar lagi. Ini bagian dari Inovasi pembelajaran.

In reply to Ummul Uslima

Re: File + PPT + Video

by Atika Putri -

Saya ijin bertanya,

assalammualaikum semua, terkait soal/ contoh lkpd bisa tidak menampilkan perbedaannya mana yg menunjukkan multiple representasi dan bukan multiple representasi. Terima kasih

In reply to Atika Putri

Re: File + PPT + Video

by Ummul Uslima -

Untuk perbedaannya dapat dilihat ditahapan-tahapan kegiatannya. Pada Model Multipel Representasi terdapat 4 fase, yaitu orientasi, eksplorasi-imajinasi, internalisasi, dan evaluasi. Untuk non-multipel representasi, misal Model Discovery Learning tahapan-tahapannya stimulasi, identifikasi masalah, Pengumpulan dan pengolahan data, pembuktian, dan generalisasi. 

Berikut terdapat contok LKPD Model Multipel Representasi yang dibuat oleh Dr. Sunyono, M.Si dalam bukunya.

In reply to Ummul Uslima

Re: File + PPT + Video

by Atika Putri -

Oke terimakasih sudahmemberi contoh, namun saya masih bingung terkait kriteria jawaban yg diminta, apakah harus menyertakan gambar/grafik/lambang simbol dalam menjawab pertanyaan, atau boleh pernyataan saja sebagai bentuk multiple representasi tersebut?

In reply to Atika Putri

Re: File + PPT + Video

by Ummu Khoiriyah -

baik mb atika, saya akan membantu menjelaskan, bukan berarti harus mencantumkan gambar, grafik, matematis, verbal. tetapi menjawab sesuai dengan soal yang diminta. hanya saja misal contoh soal no 3 dalam contoh lkpd tsb di dalam soal a sudah terdapat gambar. untuk menjawab nya siswa harus menggunakan imajinasi untuk menghubungkan gambar dengan teori tsb.

In reply to Ummu Khoiriyah

Re: File + PPT + Video

by Sunyono Sunyono -

Intinya pada multipel representasi kita melatihkan keterampilan dalam mengtransformasi ketiga level fenomena sains (makroskopik, mikoskopik, dan simbolik). Oleh sebab itu, pada pembelajaran yang berlangsung (bisa juga dituntun via LKPD) harus bisa menampilkan ketiga fenomena sains tersebut. Siswa juga diajak dan dilatih akar mampu mentransformasi dari makro, mikro, dan sombolik atau bisa dlam bentuk verbal ke grafik/gambar/diagram, ke simbolik, atau ke matematik, atau ke visual yang lain, atau sebalik.
Keterampilan representasional inilah yang perlu dilatihkan kepada siswa, dan ini merupakan salah satu ciri dari model multipel representasi.

In reply to Sunyono Sunyono

Re: File + PPT + Video

by Ummul Uslima -

Trimakasih pak tanggapannya..

Bagaimana saudari atika..

In reply to Sunyono Sunyono

Re: File + PPT + Video

by Atika Putri -

Baik pak nyono, ima dan mba umu terimakasih penjelasan lengkap nya

In reply to Ummul Uslima

Re: File + PPT + Video

by Dina Else Fernandu -
ijin bertanya, pada makalah tabel 2 tentang Fase (Tahapan) Pembelajaran Model SiMaYang Tipe-2 (Saintifik -SiMaYang). Pada aktivitas guru di fase III, Memberikan latihan atau tugas dalam
mengartikulasikan imajinasinya. Latihan individu tertuang dalam lembar kegiatan siswa yang berisi
pertanyaan dan/atau perintah untuk membuat interkoneksi ketiga level fenomena alam (makro,mikro/ submikro, dan simbolik).

Bagaimana penerapan dalam pembelajaran sesungguhnya? apakah kegiatan ini dilakukan seteleh siswa melakukkan proses presentasi/mengkomunikasikan?
In reply to Dina Else Fernandu

Re: File + PPT + Video

by Ummul Uslima -

Untuk penerapandalam pembelajaran sesungguhnya, dapat dilihat di contoh LKPD yang telah dikirimkan. Kurang lebih kegiatan-keiatannya seperti itu. 

Jadi setelah siswa-siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka pada tahap internalisasi ini akan dilakukan presentasi pada setiap perwakian kelompok akan hasil kerja kelompoknya. Seperti itu mb Dina..

In reply to Ummul Uslima

Re: File + PPT + Video

by Sunyono Sunyono -

 

Ya benar... Di LKPD sudah ada contohnya. Pada buku Model Pembelajaran Multipel Representasi sudah diberikan contoh pelaksanaannya dalam pembelajaran....