Diskusi Pert 12. Presentasi PjBL dan Multipel Representasi

File + PPt Model PjBl

File + PPt Model PjBl

by Dina Kiftatul Kusnia -
Number of replies: 16

Assalamu'alaikum...
Tabiik puunnn...

Teman teman Program Magister Pendidikan IPA yang saya sayangi dan Bapak sunyono yang saya banggakan. Mohon maaf mengganggu waktunya, hari ini saya perwakilan dari kelompok 4 izin mengirimkan tugas mengenai model Project Based Learning dan video pada pertemuan ke-12 ini dengan memperkenalkan kelompok sebagai berikut.

Nama:

Dina Kiftatul Kusnia               1923025015

Eka Chandra Kurniawati        1923025001

Indah Mayasari                       1923025003

                      

Baiklah mari teman-teman mari kita tonton dan simak link dari video tersebut, dan mari kita bersama-sama mempelajari materi yang telah kelompok kami diskusikan, lalu kita diskusikan bersama teman-teman sekalian mengenai model Project Based Learning ini melalui forum diskusi yang telah disediakan...

Terimakasih. wassalamualaikum wr.wb

 

VideoModel PjBL

In reply to Dina Kiftatul Kusnia

Re: File + PPt Model PjBl

by Eka Candra Kurniawati -

assalamualikum rekan-rakn semua , disini saya sebagai moderador jika ada yg ingin ditanggapi atau ditanyaakn kami persilahkan

In reply to Eka Candra Kurniawati

Re: File + PPt Model PjBl

by Ummul Uslima -

Izin bertanya kepada kelompok penyaji.

Dalam penerapan Model PjBL terdapat syarat - syarat yg harus dipenuhi. Adakah instrumen khusus untuk ketercapaian syarat-syarat tersebut? Atau hanya pertimbangan pendidik it sendiri saja?

Trimakasih..

In reply to Ummul Uslima

Re: File + PPt Model PjBl

by Indah Mayasari -

menurut kami syarat-syarat disini tidak memiliki instrumen khusus tetapi itu hanya pertimbangan pendidik agar model PjBL yang diterapkan dapat berjalan dengan baik pada proses pembelajaran

In reply to Indah Mayasari

Re: File + PPt Model PjBl

by Sunyono Sunyono -

Saya kira tidak begitu. Bisa dilihat apakah syarat tersebut dilaksanakan atau tidak.
Syarat itu memang wajib dilaksanakan, jika tidak, berarti PjBL nya gagal. tetapi jika ingin dilihat apakah dalam pembelajaran PjBL telah memenuhi syarat-syarat tersebut, maka hal itu dapat dilakukan melalui observasi. Jadi Instrumennya berupa instrumen observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan model PjBL. Pada instrumen ini harus dimasukkan komponen dari syarat-syarat tersebut.

In reply to Eka Candra Kurniawati

Re: File + PPt Model PjBl

by Rahma abida -

Izin bertanya kepada kelompok penyaji..

Saya Rahma Abida ingin bertanya, apa yang dilakukan oleh seorang pendidik agar terampil dalam menumbuhkan motivasi peserta didik dalam menggunakan model pjbl ini ?

In reply to Rahma abida

Re: File + PPt Model PjBl

by Eka Candra Kurniawati -

menurut kami

Dalam menumbuhkan motivasi Pengalaman belajar peserta didik selama pelaksanaan model pembelajaran project based learning antara lain peserta didik diajak untuk peduli terhadap masalah-masalah di lingkungan sekitar dalam kehidupan mereka sehari hari, berlatih untuk peka pada lingkungan, belajar mencari pertanyaan esensial, peserta didik berlatih berpikir logis, kritis, dan detil, berfikir tentang detil pekerjaan yang harus dilakukan, berfikir asosiatif yakni menghubungkan satu aspek pekerjaan dengan pekerjaan lainnya, berpikir tentang urutan waktu, belajar membagi tugas sesuai minat dan kemampuan, inisiatif peserta didik untuk mengarahkan sendiri dalam belajar, berusaha mencari sumber informasi dan pengetahuan, peserta didik mencoba cara kerja sesuai pemahaman mereka, saling berdiskusi dan bekerjasama, dan belajar dari kesalahan untuk kemudian memperbaikinya sendiri.

In reply to Eka Candra Kurniawati

Re: File + PPt Model PjBl

by Tri Utami -

Assalamualaikum, izin bertanya kepada kelompok penyaji.

Dalam sintaks model pembelajaran PjBL pada  fase 3  mengenai membawa siswa agar merencanakan cara yang baru.

Langkah/cara seperti apakah yang di lakukan guru agar membuat siswa merencanakan cara yang baru dalam membuat Project tersebut? 

In reply to Tri Utami

Re: File + PPt Model PjBl

by Dina Kiftatul Kusnia -

Maaf untuk sdri Tri. Pada makalah Fase 3 yaitu :Menyusun jadwal (create schedule) Guru dan siswa secara kolaboratif menyusun jadwal kegiatan dalam menyelesaikan proyek. Aktivitas pada tahap ini antara lain: (1) membuat jadwal untuk menyelesaikan proyek, (2) menentukan waktu akhir penyelesaian proyek, (3) membawa siswa agar merencanakan cara yang baru, (4) membimbing siswa ketika mereka membuat cara yang tidak berhubungan dengan proyek, dan (5) meminta siswa untuk membuat penjelasan (alasan) tentang cara pemilihan waktu. Jadwal yang telah disepakati harus disetujui bersama agar guru dapat melakukan monitoring kemajuan belajar dan pengerjaan proyek di luar kelas.

Pertanyaannya mgkin pada aktivitas yg dilakukan yaitu membawa siswa agar merencanakan cara yg baru, bisa membuat inovasi mengenai projek yg sedang dikerjakan. selain itu waktu penyelesaian proyek harus jelas, dan peserta didik diberi arahan untuk mengelola waktu yang ada. Biarkan peserta didik mencoba menggali sesuatu yang baru, akan tetapi pendidik juga harus tetap mengingatkan apabila aktivitas peserta didik melenceng dari tujuan proyek. Proyek yang dilakukan oleh peserta didik adalah proyek yang membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaannya, sehingga pendidik meminta peserta didik untuk menyelesaikan proyeknya secara berkelompok di luar jam sekolah. Ketika pembelajaran dilakukan saat jam sekolah, peserta didik tinggal mempresentasikan hasil proyeknya di kelas.

In reply to Eka Candra Kurniawati

Re: File + PPt Model PjBl

by Sunyono Sunyono -

Untuk seluruhnya. Ingat bahwa dalam PjBL yang dimaksud proyek adalah bukan mengerjakan soal atau menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan guru. Tapi proyek disini adalah berupa produk yang dibuat melalui serangkaian proses pengamatan (penelitian) sampai mendapatkan hasil sebagai bentuk dari pembelajaran IPA.
Jadi jangan sampai salah pemahaman. Contoh yang dapat diajarkan dengan PjBL pada materi yang mebahas tentang virus (contoh corona), maka dengan adanya Pandemi Covid-19. Siswa diminta untuk membuat proyek pencegahan virus tersebut dengan cara membuat desinfektan atau hand-sanitizer. Misal desinfektan dari pemutih (byclean), tetapi bagaimana agar bau pemutihnya berkurang untuk menghindari gangguan pernafasan dari orang yang terkena atau yang sedang menyemprotkan desinfektan tersebut, misalnya menggunakan batang serai.

Mungkin ini bisa menjadi salah satu contoh PjBL.