PARTISIPASI
Terimakasih bapak/ibu dan kelompok 7 atas pemaparan materinya. Saya atas nama Febri Irawani Sitohang (NPM 2413034072) HADIR.
Berdasarkan pembahasan tentang Konsep Sekolah Efektif dan Upaya Menciptakan Sekolah Efektif, kesimpulan yang saya ambil adalah bahwa sekolah efektif merupakan lembaga pendidikan yang mampu mencapai tujuan pembelajaran baik dari aspek akademik maupun non-akademik melalui pengelolaan sumber daya yang efisien, kepemimpinan yang kuat, serta praktik pengajaran yang berkualitas.
Sekolah efektif tidak hanya berfokus pada pencapaian nilai akademik tinggi, tetapi juga pada pembentukan karakter, keterampilan sosial, dan kesiapan hidup siswa. Untuk mewujudkan sekolah yang efektif, diperlukan visi dan misi yang jelas, lingkungan belajar yang kondusif, kepemimpinan kepala sekolah yang visioner, pengajaran yang inovatif dan terstruktur, serta keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat.
Upaya menciptakan sekolah efektif dapat dilakukan melalui pengembangan profesional guru, kurikulum yang relevan, pemanfaatan teknologi pendidikan, dan evaluasi berkelanjutan. Selain itu, sinergi antara kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, dan masyarakat juga menjadi faktor penting agar proses pendidikan berjalan secara optimal.
Dengan demikian, sekolah efektif adalah hasil kolaborasi semua pihak dalam lingkungan pendidikan yang berkomitmen untuk meningkatkan mutu pembelajaran, membentuk karakter peserta didik, serta mewujudkan tujuan pendidikan secara menyeluruh dan berkelanjutan.
Berdasarkan pembahasan tentang Konsep Sekolah Efektif dan Upaya Menciptakan Sekolah Efektif, kesimpulan yang saya ambil adalah bahwa sekolah efektif merupakan lembaga pendidikan yang mampu mencapai tujuan pembelajaran baik dari aspek akademik maupun non-akademik melalui pengelolaan sumber daya yang efisien, kepemimpinan yang kuat, serta praktik pengajaran yang berkualitas.
Sekolah efektif tidak hanya berfokus pada pencapaian nilai akademik tinggi, tetapi juga pada pembentukan karakter, keterampilan sosial, dan kesiapan hidup siswa. Untuk mewujudkan sekolah yang efektif, diperlukan visi dan misi yang jelas, lingkungan belajar yang kondusif, kepemimpinan kepala sekolah yang visioner, pengajaran yang inovatif dan terstruktur, serta keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat.
Upaya menciptakan sekolah efektif dapat dilakukan melalui pengembangan profesional guru, kurikulum yang relevan, pemanfaatan teknologi pendidikan, dan evaluasi berkelanjutan. Selain itu, sinergi antara kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, dan masyarakat juga menjadi faktor penting agar proses pendidikan berjalan secara optimal.
Dengan demikian, sekolah efektif adalah hasil kolaborasi semua pihak dalam lingkungan pendidikan yang berkomitmen untuk meningkatkan mutu pembelajaran, membentuk karakter peserta didik, serta mewujudkan tujuan pendidikan secara menyeluruh dan berkelanjutan.
Terimakasih bapak/ibu atas materinya, Atas nama Karina Dwi Putri NPM 2413034097 HADIR. Terima kasih bapak/ibu. Terima kasih kepada kelompok 7 atas penyampaian materinya terkait KONSEP SEKOLAH EFEKTIF DAN UPAYA MENCIPTAKAN
SEKOLAH EFEKTIF, dapat disimpulkan bahwa sekolah efektif merupakan lembaga pendidikan yang mampu
mewujudkan tujuan pembelajaran secara optimal dengan memanfaatkan
seluruh sumber daya yang ada, baik dari aspek manusia, sarana prasarana,
maupun manajemen sekolah. Efektivitas sekolah tercermin dari visi dan misi yang jelas, kepemimpinan kepala sekolah yang kuat, pembelajaran yang terstruktur, lingkungan yang aman dan kondusif, keterlibatan orang tua dan masyarakat, serta adanya evaluasi berkelanjutan. Upaya mewujudkan sekolah efektif perlu dilakukan melalui pengembangan kepemimpinan visioner, peningkatan profesionalisme guru, kurikulum yang relevan, inovasi pembelajaran, pemanfaatan teknologi, serta pengelolaan manajemen yang efisien. Namun demikian, masih terdapat berbagai hambatan seperti lemahnya kepemimpinan, keterbatasan
sumber daya, tingginya beban kerja guru, rendahnya keterlibatan orang tua,
hingga inkonsistensi kebijakan pendidikan.
SEKOLAH EFEKTIF, dapat disimpulkan bahwa sekolah efektif merupakan lembaga pendidikan yang mampu
mewujudkan tujuan pembelajaran secara optimal dengan memanfaatkan
seluruh sumber daya yang ada, baik dari aspek manusia, sarana prasarana,
maupun manajemen sekolah. Efektivitas sekolah tercermin dari visi dan misi yang jelas, kepemimpinan kepala sekolah yang kuat, pembelajaran yang terstruktur, lingkungan yang aman dan kondusif, keterlibatan orang tua dan masyarakat, serta adanya evaluasi berkelanjutan. Upaya mewujudkan sekolah efektif perlu dilakukan melalui pengembangan kepemimpinan visioner, peningkatan profesionalisme guru, kurikulum yang relevan, inovasi pembelajaran, pemanfaatan teknologi, serta pengelolaan manajemen yang efisien. Namun demikian, masih terdapat berbagai hambatan seperti lemahnya kepemimpinan, keterbatasan
sumber daya, tingginya beban kerja guru, rendahnya keterlibatan orang tua,
hingga inkonsistensi kebijakan pendidikan.
Terimakasih kepada Bapak/Ibu dan kelompok 7 atas penyampaian materi tentang Konsep sekolah efektif dan upaya menciptakan sekolah efektif. Saya Andjar Pratiwi dengan NPM 2413034016 izin menyimpulkan materi yang sudah disampaikan. Sekolah efektif adalah institusi pendidikan yang mampu mencapai tujuan pendidikan, baik akademik maupun non akademik. Tujuannnya untuk meningkatkan prestasi akademik dan non akademik, merealisasikan visi, misi, dan tujuan sekolah, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, serta pengembangan kompetensi guru dan tenaga pendidik. Sekolah efektif dapat diupayakan dengan kepemimpinan kuat dan visioner, manajemen pendidikan yang baik, pengembangan profesional guru, kurikulum yang relevan dan seimbang, pembelajarn inovatif, lingkungan belajar kondusif, dan pemanfaatan teknologi pendidikan. Terima kasih.
Terima kasih bapak/ibu atas materinya, Atas nama Ilma Safina (2413034073) HADIR, terima kasih bapak/ibu
Terima kasih bapak/ibu atas materinya. Atas nama Julia Zain Wardani NPM 2413034068, HADIR. Terima kasih bapak/ibu. Terima kasih juga kepada kelompok 7 atas penyampaian materinya terkait konsep sekolah efektif dan upaya menciptakan sekolah efektif. Sekolah efektif adalah sekolah yang mampu mengelola seluruh sumber daya secara optimal untuk mencapai tujuan pendidikan secara maksimal. Ciri-cirinya meliputi kepemimpinan kepala sekolah yang kuat, guru yang profesional, lingkungan belajar yang kondusif, serta keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat. Upaya menciptakan sekolah efektif dapat dilakukan melalui peningkatan kompetensi guru, penguatan manajemen sekolah, penerapan evaluasi berkelanjutan, dan pembinaan iklim sekolah yang positif agar proses belajar mengajar berjalan dengan optimal.
Terimakasih bapak/ibu dan kelompok 7 atas pemaparan materinya. Saya atas nama
lulu dwi lestari (NPM 2413034015) HADIR.
Berdasarkan pembahasan tentang Konsep Sekolah Efektif dan Upaya Menciptakan Sekolah Efektif, kesimpulan yang saya ambil adalah bahwa sekolah efektif merupakan lembaga pendidikan yang mampu mencapai tujuan pembelajaran baik dari aspek akademik maupun non-akademik melalui pengelolaan sumber daya yang efisien, kepemimpinan yang kuat, serta praktik pengajaran yang berkualitas.
lulu dwi lestari (NPM 2413034015) HADIR.
Berdasarkan pembahasan tentang Konsep Sekolah Efektif dan Upaya Menciptakan Sekolah Efektif, kesimpulan yang saya ambil adalah bahwa sekolah efektif merupakan lembaga pendidikan yang mampu mencapai tujuan pembelajaran baik dari aspek akademik maupun non-akademik melalui pengelolaan sumber daya yang efisien, kepemimpinan yang kuat, serta praktik pengajaran yang berkualitas.
Terimakasih bapak/ibu dan teman-teman kelompok 7 atas penyampaian materinya, saya atas nama Hastin Atas Asih NPM 2413034061 HADIR. Dari penyampaian materi kelompok 7 dapat saya simpulkan bahwa sekolah efektif merupakan lembaga pendidikan yang mampu menjalankan seluruh proses belajar mengajar secara optimal untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Sekolah efektif dicirikan oleh adanya visi dan misi yang jelas, kepemimpinan kepala sekolah yang visioner, tenaga pendidik yang profesional, kurikulum yang relevan, lingkungan belajar yang kondusif, serta keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat. Efektivitas sekolah tidak hanya diukur dari prestasi akademik siswa, tetapi juga dari keberhasilan dalam membentuk karakter, kedisiplinan, dan kemampuan sosial peserta didik. Untuk mewujudkan sekolah efektif, diperlukan berbagai upaya seperti penguatan kepemimpinan kepala sekolah, peningkatan kompetensi guru, inovasi dalam proses pembelajaran, penerapan manajemen sekolah yang efisien, serta penggunaan teknologi dalam kegiatan pendidikan. Namun, masih terdapat hambatan yang harus diatasi, antara lain lemahnya kepemimpinan, keterbatasan sumber daya, beban kerja guru yang tinggi, kurangnya partisipasi orang tua, dan inkonsistensi kebijakan pendidikan. Dengan kerja sama yang sinergis antara seluruh komponen pendidikan guru, kepala sekolah, siswa, orang tua, dan masyarakat agar tujuan pendidikan nasional dapat tercapai secara optimal melalui terciptanya sekolah yang benar-benar efektif dan berkualitas.
Terimakasih bapak/ibu atas pemaparan materinya. Saya atas nama Ima Khatimatus Sa'idah (NPM 2413034019) HADIR. Terima kasih kepada kelompok 7 yang telah memaparkan materi tentang Sekolah Efektif dan Upaya Menciptakan Sekolah Efektif. Materinya sangat menarik dan penyampaiannya jelas. Dari penjelasan tadi, saya jadi lebih memahami bahwa sekolah efektif merupakan lembaga pendidikan yang mampu mengelola seluruh sumber daya secara optimal untuk mencapai tujuan pendidikan. Upaya-upaya yang disampaikan juga menunjukkan pentingnya kolaborasi antara guru, siswa, dan lingkungan sekolah dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan berkualitas.
Terima kasih bapak/ibu dan kelompok 7 atas pemaparan materinya. Saya atas nama Indika Safitri (NPM 2413034012) HADIR.
Dari penyampaian materi kelompok 7 dapat saya simpulkan bahwa sekolah efektif merupakan lembaga pendidikan yang mampu mencapai tujuan pembelajaran secara optimal dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada, baik manusia, sarana prasarana, maupun manajemen sekolah. Sekolah efektif ditandai dengan kepemimpinan yang kuat, pembelajaran terstruktur, lingkungan belajar kondusif, serta keterlibatan aktif guru, siswa, orang tua, dan masyarakat. Untuk mewujudkannya diperlukan pengembangan kepemimpinan visioner, peningkatan profesionalisme guru, inovasi pembelajaran, dan manajemen yang efisien. Namun, keberhasilan sekolah efektif masih menghadapi hambatan seperti lemahnya kepemimpinan, keterbatasan sarana, dan rendahnya partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, kolaborasi seluruh komponen pendidikan menjadi kunci utama dalam menciptakan sekolah yang benar-benar efektif dan berkualitas.
Dari penyampaian materi kelompok 7 dapat saya simpulkan bahwa sekolah efektif merupakan lembaga pendidikan yang mampu mencapai tujuan pembelajaran secara optimal dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada, baik manusia, sarana prasarana, maupun manajemen sekolah. Sekolah efektif ditandai dengan kepemimpinan yang kuat, pembelajaran terstruktur, lingkungan belajar kondusif, serta keterlibatan aktif guru, siswa, orang tua, dan masyarakat. Untuk mewujudkannya diperlukan pengembangan kepemimpinan visioner, peningkatan profesionalisme guru, inovasi pembelajaran, dan manajemen yang efisien. Namun, keberhasilan sekolah efektif masih menghadapi hambatan seperti lemahnya kepemimpinan, keterbatasan sarana, dan rendahnya partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, kolaborasi seluruh komponen pendidikan menjadi kunci utama dalam menciptakan sekolah yang benar-benar efektif dan berkualitas.
Terimakasih bapak/ibu atas materinya, Atas nama Sekar Mustika Rahayu NPM 2413034070 HADIR. Terima kasih bapak/ibu. Terima kasih kepada kelompok 7 atas penyampaian materinya terkait konsep sekolah efektif dan upaya menciptakan sekolah efektif.
Terimakasih bapak/ibu atas materinya, Atas nama Vitta Aprilliani NPM 2413034065 HADIR. Terima kasih bapak/ibu. Terima kasih kepada kelompok 7 atas penyampaian materinya terkait konsep sekolah efektif dan upaya menciptakan sekolah efektif.
Terimakasih bapak/ibu atas materinya, atas nama Aldina Setia Putri izin tidak mengikuti perkuliahan bapak, terimakasih bapak/ibu