Diskusi

Diskusi

Diskusi

Number of replies: 32

Bacalah kedua bahan literasi berikut, kemudian uraikan pendapat kalian materi IPS Terpadu yang dianggap sulit pada jenjangnya dan berikan alasannya. 

In reply to First post

Re: Diskusi

by Dewi Sartika 2513032016 -
Nama: Dewi Sartika
NPM: 2513032016

Menurut saya mata pelajaran Ekonomi untuk kelas 9 SMP terasa sulit, terutama dibagian materi APBN dan APBD, karena untuk mengetahui APBN dan APBD sebuah negara harus dilakukan dengan melakukan perhitungan secara akurat dan rinci, serta terdapat istilah-istilah teknis dan prosedur yang rumit.
In reply to First post

Re: Diskusi

by UN NAYSYA AZ ZAHRA -
Nama:UN NAYSYA AZ ZAHRA
Npm:2513032008

Menurut saya pelajaran yang paling sulit waktu SMP kelas 9 adalah geografi, karena sering kali melakukan penelitian dengan pendekatan deskriftip dengan tipe penelitian kualitatif
In reply to First post

Re: Diskusi

by Tiara Al Fatari -
Nama: Tiara Al Fatari
NPM: 2513032006

menurut saya mata pelajaran geografi di kelas 9 masih sulit ditangkap oleh siswa jenjang smp, karna materi atmosfer, hidrosfer, dan geosfer banyak istilah ilmiah nya, siswa masih sering tidak paham dengan hal hal seperti itu karna menurut saya masih berat
In reply to First post

Re: Diskusi

by Dzahrotus syita -

Nama : Dzahrotus syita 

Npm : 2513032005

Kelas : 25 A 


Menurut saya materi IPS Terpadu yang dianggap sulit pada kelas 7 yaitu materi geografi  

Alasannya : karena siswa kadang kesulitan dalam menganalisis hubungan antara kondisi geografis dan kehidupan manusia , seperti membaca peta dan memahami interaksi antar ruang materi ini juga tidak hanya membutuhkan hafalan , tetapi juga kemampuan dalam menganalisis hubungan antara sebab akibat yang rumit dari sudut pandang yang luas

In reply to First post

Re: Diskusi

by Arina Salsabila 2513032013 -
Nama : Arina Salsabila
Kelas : 25. A

Respon dari saya terhadap materi IPS terpadu jenjang Sekolah Dasar (SD) kelas 5 tidak ada pelajaran sejarah, menurut saya sejarah sangat penting untuk diajarkan dan pelajari dibangku sekolah dasar juga. Selain itu ada pula jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 9 di bagian materi Ekonomi membahas APBN dan APBD banyak sekali melibatkan istilah yang di pakai. Tetapi jika di praktikkan secara nyata, misal APBD di daerah tempat tinggal siswa akan lebih mudah dipahaminya.
In reply to First post

Re: Diskusi

by ERIK KURNIAWAN 2513032003 -
nama : Erik kurniawan
NPM : 2513032003

Pendapat Saya tentang Kedua materi yang ibu kirim ini
Menurut saya, kedua materi ini saling melengkapi.kenapa saya bilang saling melengkapi yaitu:
materi 1 (Capaian Pembelajaran) memberi gambaran filosofis, kompetensi inti, serta tujuan besar IPS. Ia menjawab pertanyaan: siswa mau dibawa ke arah mana setelah belajar IPS fase D

materi 2 (Sebaran Materi) menjabarkan peta jalannya,apa saja yang harus diajarkan di tiap kelas untuk mencapai tujuan itu.

menurut saya Keduanya sangat lah penting, tanpa materi capaian, pembelajaran bisa terjebak pada hapalan fakta,sementara tanpa sebaran materi, capaian yang luas sulit diwujudkan secara konkret.
alasan saya berpendapat seperti itu karena materi 1 menjaga agar ips tidak hanya menjadi hafalan sejarah, peta atau ekonomi tetapi membentuk siswa kritis dan peduli,
truss memuat materi tradisional ips (praaksara, kolonialisme) namun di tutup dengan kontemporer(globalisasi pembangunan berkelanjutan) sehingga nyambung dengan capaian.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Ghazia Fatimatuzzahra Hami -
Nama: Ghazia Fatimatuzzahra Hami
NPM: 2513032014

pendapat saya mengenai materi ips terpadu yang dianggap sulit pada jenjangnya adalah
1. Kelas VII, materi yang dianggap sulit adalah letak geografis, kehidupan masa pra aksara di Indonesia, peran manusia sebagai makluk ekonomi dan sosial, dan interaksi sosial dan dinamika sosial. Karena siswa dituntut harus mempelajari nya secara mendalam dan memahami berbagai masalah yang ada baik di masyarakat maupun dikehidupan sosial serta mengerti sejarah sejarah terdahulu.
2. Kelas VIII, materi yang dianggap sulit adalah kependudukan Indonesia, kolonialisme dan imperialisme di Indonesia, BUMN dan BUMS, mobilitas sosial. Karena mempelajari kependudukan yang ada di Indonesia mulai dari wilayah dan lain-lain serta mempelajari berbagai penjajahan yang ada dan berbagai masalah di masyarakat.
3. Kelas IX, materi yang dianggap sulit adalah dinamika atmosfer, hidrosfer, dan geosfer, orde Baru dan Reformasi, APBN dan APBD, globalisasi dan dampaknya. Karena materi sangat penting sekali untuk memperbanyak literatur siswa atau siswi dan memahami bagaimana analisis data yang baik dan mengerti tentang berbagai anggaran pendapatan negara dan daerah serta harus bisa menghitung pendapatan setiap saat. serta globalisasi yang terjadi pada saat ini.
In reply to First post

Re: Diskusi

by zaskia nea amanda -
nama : Zaskia Nea amanda
npm: 2513032022

Menurut saya pelajaran Geografi kelas 3 SMP itu sulit karena pelajaran geografi memerlukan pemahaman tentang konsep-konsep yang lebih lengkap dan jelas seperti letak geografis iklim dan geologi Selain itu pelajaran geografi juga memerlukan kemampuan untuk menganalisis dan memahami data-data geografis seperti peta, dan iklim
In reply to First post

Re: Diskusi

by Rianti Maharani -

Nama: Rianti Maharani 

Kelas:  25 A

NPM :  2513032011

Menurut saya materi IPS Terpadu yang dianggap sulit pada kelas 7 yaitu materi geografi 

Alasannya: mengenai konsep ruang, letak geografis dan interaksi antar ruang siswa terkadang cukup sulit untuk menghubungkan dan mengidentifikasi kondisi geografis indonesia serta efeknya terhadap kehidupan masyarakat. Membaca peta, globe, atlas, citra satelit juga cukup sulit karena membutuhkan kemampuan untuk membaca simbol-simbol dan skalanya ditambah lagi memahami bentuk muka bumi serta flora-fauna di Indonesia membutuhkan daya ingat dan pemahaman yang mendalam. Sehingga membuat materi ini cukup sulit bagi siswa kelas 7



In reply to First post

Re: Diskusi

by Muhammad Irfan Maulana -
Nama : muhammad Irfan Maulana
NPM : 2513032007
Menurut saya pembelajaran yang paling dari ke 4 mata pelajaran dan berbagai kelas yaitu kelas 8 mata pelajaran ekonomi terutama materi tentang koperasi, BUMN, dan BUMS di karenakan banyak istilah baru dalam strukturnya, bentuk usahanya sangat mirip 2 sehingga sulit membedakan dari ke tiga tersebut
In reply to First post

Re: Diskusi

by Bambang Kurniawan -
Nama : Bambanag Kurniawan
Npm : 2513032015

Menurut saya untuk materi yang di anggap sulit yaitu kelas VII karena kelas 7 masih belajar tentang dasar dasar materi belom bisa menganalisis materi yang rumit dan belom memiliki sudut pandang yang luas.
In reply to First post

Re: Diskusi oleh Ghina Aprilia Lutfiani

by Ghina Aprilia Lutfiani -
Nama : Ghina Aprilia Lutfiani 
Npm : 2513032023

Tanggapan saya dari Materi IPS yang Dianggap Sulit dan Alasannya

1.Kelas VII
Geografi Letak geografis dan astronomis Indonesia, peta, globe, atlas, citra satelit : sulit karena banyak hafalan istilah, dan cara baca peta atlas globe yang butuh ketelitian. apalagi citra satelit itu masih terasa sulit untuk dipahami.

2.Kelas VIII
Sejarah (Kolonialisme & imperialisme di Indonesia): sulit karena banyak tokoh, peristiwa, dan tahun yang harus diingat. selain itu, harus bisa membedakan dampak kolonialisme dan imperialisme yang mirip mirip.

3.Kelas IX
Ekonomi (APBN & APBD): sulit karena isinya tentang anggaran negara, istilah ekonomi, dan angka angka yang cukup rumit buat dipahami di usia SMP.

In reply to First post

Re: Diskusi

by Galuh Fatmawati -
Nama : Galuh Fatmawati
Npm : 2513032019

Menurut saya pendidikan ips terpadu yang paling sulit dijenjang SMP adalah mengenai geografi karena geografi dikelas 7 mencangkup materi tentang letak geografis Indonesia, bentuk muka bumi yang pada saat itu sulit dimengerti dan dipahami oleh rekan rekan saya lalu saat saya menduduki kelas 9 saya sulit mengerti lagi tentang materi Dinamika atmosfer, interaksi Indonesia dengan negara Asean.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Melsa Julia -
Nama: Melsa Julia

Npm: 2513032010

Kelas 25A

Menurut saya,pelajaran yang kurang di pahami dan menantang adalah ekonomi. alasanya karena saya mengalami kesulitan dalam pengelolaan uang  akibat harga kebutuhan pokok yang naik,daya beli menurun,phk,dan kondisi ekonomi yang memburuk. selain itu juga ilmu ekonomi membutuhkan kemampuan analisis yang kuat,pemahaman konsep yang abstrak,di tambah hitungan matematika,terutama untuk menganalisis data.

In reply to First post

Re: Diskusi

by Dahlia Dahlia -


Nama : Dahlia                                                                 NPM : 2513032021

Menurut saya materi  kelas 9 geografi tidak selalu bisa dilihat secara langsung dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pengaruh globalisasi dalam perdagangan internasional atau hubungan diplomasi. Globalisasi berkaitan erat dengan isu lingkungan, pembangunan berkelanjutan, hingga peran Indonesia di ASEAN/dunia. Siswa perlu pemahaman lintas bidang, bukan hanya sejarah atau geografi saja. Materi ini tidak sekadar hafalan, tetapi butuh analisis, evaluasi, dan refleksi. Misalnya, bagaimana sikap Indonesia menghadapi arus globalisasi atau bagaimana cara menyaring budaya luar.





In reply to First post

Re: Diskusi

by Dahlia Dahlia -


Nama : Dahlia                                                                 NPM : 2513032021

Menurut saya materi  kelas 9 geografi tidak selalu bisa dilihat secara langsung dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pengaruh globalisasi dalam perdagangan internasional atau hubungan diplomasi. Globalisasi berkaitan erat dengan isu lingkungan, pembangunan berkelanjutan, hingga peran Indonesia di ASEAN/dunia. Siswa perlu pemahaman lintas bidang, bukan hanya sejarah atau geografi saja. Materi ini tidak sekadar hafalan, tetapi butuh analisis, evaluasi, dan refleksi. Misalnya, bagaimana sikap Indonesia menghadapi arus globalisasi atau bagaimana cara menyaring budaya luar.





In reply to First post

Re: Diskusi

by Anggi Salsa bela -
Nama:Anggi Salsa Bela
NPM:2513032009

Menurut saya pelajaran Geografi kelas 3 yang sulit karena pelajaran geografi harus memerlukan pemahaman tentang konsep-konsep yang lebih lengkap dan yang jelas seperti letak-letak geografis iklim dan geologi,selain itu juga pelajaran geografi juga memerlukan kemampuan atau pengetahuan untuk menganalisis dan memahami data-data geografis seperti peta dan iklim.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Rismatul Zahra -

Nama:Rismatul Zahra

Npm:2513032029

Kelas VII

Materi letak geografis sulit dipahami karena banyak menggunakan konsep ruang dan lokasi serta mengarah letak geografis terhadap kondisi alam dan kehidupan Masyarakat kehidupanKehidupan masa pra aksara memahami masa yang sangat lampau dengan sumber yang terbatas,harus mengembangkan kemampuan berpikir

KelasVIII

  tentang materi dinamika kependudukan sulit karena materi ini banyak menggunakan data data,Siswa perlu memahami definisi, cara menghitung,kolonialisme dan imperialisme karena banyak menggunakan istilah asing,sejarah yang panjang dan komplek

Kelas IX

APBN bukan hanya soal angka, tapi juga terkait dengan kebijakan fiskal yang mempengaruhi inflasi.Modernisasi banyak istilah teknis, dan kurang dekat dengan pengalaman sehari-hari siswa,Kurangnya visualisasi, contoh nyata, dan pendekatan kontekstual juga membuat kesulitan menghubungkan materi ini dengan realitas di sekitar mereka.

In reply to First post

Re: Diskusi

by windi arisma yanti -
nama:windi arisma yanti
npm:2513032027

menurut saya pelajaran yang paling sulit saat smp adalah pelajaran ekonomi karena pelajaran ekonomi ada hitung hitungan nya misalnya ngitung laba,kalo ada satu yang salah,salah semua jadi terasa ribet
In reply to First post

Re: Diskusi

by Keisha azalea devina -
Nama: Keisha azalea devina
Npm: 2513032012

menurut saya pelajaran yang paling sulit waktu kelas 3 smp ekonomi lebih sulit karena susah di pahami dan banyak hitung”annya begitu pun akuntansi salah satu salah semua
In reply to First post

Re: Diskusi

by Aura Bella -

Nama :Aura Bella

Npm :2513032002

Kelas : 25A


Menurut saya, materi IPS Terpadu tentang kebutuhan manusia, kelangkaan, kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi), serta peran manusia sebagai makhluk ekonomi dan sosial termasuk materi yang cukup sulit untuk dipahami di jenjang SMP. Kebutuhan manusia tidak bisa dilepaskan dari kelangkaan, sementara kelangkaan berkaitan langsung dengan kegiatan ekonomi. Hal ini menuntut siswa untuk memahami keterhubungan konsep, bukan sekadar menghafal. Materi ini dianggap sulit karena memerlukan pemahaman konseptual, keterkaitan antarbagian, serta penerapan dalam kehidupan nyata. 






In reply to First post

Re: Diskusi

by Nadila Kholissah -
Nama : Nadila Kholissah
Npm : 2513031028

menurut saya mata pelajaran geografi sulit untuk jenjang kelas 7, karena siswa harus memahami dan menganalisis data kependudukan, membaca peta,skala, garis lintang/bujur. mata pelajaran ini juga kita harus menghafal penempatan titik koordinat agar tidak salah.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Shinta Diana -

Nama: Shinta Diana

Npm 2513032004

menurut saya materi IPS terpadu paling sulit di kelas 9 tentang orde baru & reformasi karena sejarah pada masa ini tidak hanya tentang fakta dan tanggal,tetapi juga tentang kebijakan, interpretasi ,serta adanya perbedaan pandangan politik dan dampaknya yang masih jadi perdebatan hingga saat ini. materi ini tidak hanya mencakup politik tetapi juga ekonomi dan sosiologi, yang membuat siswa harus menghubungkan berbagai aspek untuk mendapatkan gambaran yang utuh.

In reply to First post

Re: Diskusi

by 2513032030 2513032030 -
NAMA : REVA FERDIANSYAH
NPM : 2513032030
KELAS : 25A

Menurut pemahaman saya untuk pembelajaran APBD dan APBN di kelas 9 SMP itu sangat lah rumit dan sulit, banyak siswa yang kesulitan tentang teori-teori APBD dan APBN karena pembelajaran ini memahami tentang angka-angka, serta konsep ekonomi modern.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Aila Azzura -
Nama: Aila Azzura
Npm : 2513032035

menurut saya mata pembelajaran yang paling sulit di masa smp adalah geografi dan ekonomi karena banyak istilah-istilah yang sulit di pahami seperti atmosfer dan iklim Hidrosfer dll dan konsepnya abstrak seperti ( inflasi, permintaan penawaran)
In reply to First post

Re: Diskusi

by Mutia Husaida -

Nama : Mutia Husaida

Npm   : 2513032026


Menurut pendapat saya materi IPS yang dianggap sulit pada jenjang SMP adalah Ekonomi karna di pelajaran ekonomi itu banyak istilah yang mungkin akan sulit dipahami oleh para siswa siswi nya seperti istilah inflasi, deflasi, monopoli dll, dan untuk anak smp pelajaran tentang konsep yang sifatnya abstrak atau tidak terlalu dekat dengan kehidupan sehari hari bisa bikin bingung dan masih terlalu berat untuk dibahas pada jenjang smp contoh pada materi kelas 8 menurut capaian pembelajaran ips berikut :

"Siswa akan lebih banyak menganalisis dan membandingkan, mulai menggunakan data dan studi kasus lebih nyata, berkolaborasi dan mengomunikasikan temuan."

nah menurut pengalaman saya sendiri ini adalah pembelajaran yang cukup membingungkan untuk anak dijenjang smp

In reply to First post

Re: Diskusi

by Anggun Maulia Sari -
NAMA : ANGGUN MAULIA SARI
NPM    : 2513032025
KELAS : 25A

Menurut saya ada beberapa bagian materi yang bikin saya sulit di cerna atau di pahami. Saat itu saya waktu kelas 7 saat belajar kehidupan praaksara sampai masuknya hindu-budha dan islam, rasanya susah dipahami kaya ngebayangin kehidupan zaman dulu cuma dari peninggalan yang ada. Terus di kelas 8, pas masuk pada materi kolonialisme dan perlawanan rakyat, saya merasa makin ribet lagi karena harus ingat banyak tokoh, tahun, dll. Nah di kelas 9, saya juga agak sulit pas bahas pembangunan ekonomi, globalisasi, sampai APBN/APBD dan ketahanan pangan soalnya penuh istilah ekonomi yang jarang dipakai sehari-hari. Jadi menurut saya, bagian ini yang sulit untuk dipahami.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Bunga Nurainni Nasution -
Nama : Bunga Nurainni Nasution
Npm : 2513032001
Kelas : 25A


Menurut saya, salah satu materi IPS Terpadu di jenjang SMP yang sering dianggap sulit adalah materi Geografi, khususnya tentang dinamika alam (atmosfer, hidrosfer, dan geosfer) serta kependudukan. Alasannya kenapa sulit, karena pada pelajaran geografi terdapat banyak istilah ilmiah yang menuntut siswa harus memahami istilah seperti lapisan atmosfer,siklus hidrologi,erosi, gempa bumi, hingga gunung berapi. hal tersebut cukup rumit menurut saya untuk di pahami siswa/siswi SMP.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Mulya Putri -
Nama :MULYA PUTRI
NPM :2513032024

pada pembelajaran sejarah di kelas 7 menurut saya susah dipahami karna materi pada awal SMP itu masih berbau sebagian dari pembelajaran waktu mereka SD dan susah dipahami,pembelajaran sejarah tersebut lebih efesien jika di tempatkan pada kelas 9.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Reyke Diah Pitaloka -
Nama:Reyke Diah Pitaloka
NPM:2513032017

Mata pelajaran sejarah kelas Vll untuk jenjang SMP menurut saya lumayan sulit karena memerlukan pemahaman dan pemikiran yg mendalam karena mapel tersebut mempelajari tentang kehidupan masa praaksara di Indonesia sejarah perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Komang Panji Anggara -
Nama: Komang Panji Anggara
NPM : 2513032031

Menurut saya, materi IPS yang paling sulit ada di kelas IX karena topiknya semakin luas dan abstrak. Contohnya dinamika atmosfer, hidrosfer, dan geosfer di geografi yang banyak istilah ilmiah, serta sejarah masa Demokrasi Liberal hingga Reformasi yang penuh dengan tokoh dan peristiwa. Selain itu, APBN, APBD, dan globalisasi ekonomi cukup rumit dipahami, begitu juga perubahan sosial dan modernisasi dalam sosiologi yang abstrak. Karena itu, materi kelas IX lebih sulit karena menuntut analisis, bukan sekadar hafalan.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Amanda Tria Ramadhani -
Nama : Amanda Tria Ramadhani
NPM : 2513032020

Pada pembelajaran sejarah di kelas 7 menurut saya susah dipahami karena materi pada awal SMP itu masih berbau sebagian dari pembelajaran waktu mereka di SD dan susah dipahami pembelajaran sejarah tersebut lebih efisien jika ditempatkan pada kelas 9.