PARTISIPASI
Assalamualaikum.
Hakikat pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk memahami dan berpartisipasi dalam masyarakat, baik secara lokal maupun global.
Pendidikan IPS mencakup berbagai disiplin ilmu seperti sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, dan politik. Tujuan utamanya adalah untuk membantu siswa:
1. Memahami struktur dan fungsi masyarakat
2. Menganalisis isu-isu sosial, ekonomi, dan politik
3. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis
4. Meningkatkan kesadaran akan hak dan tanggung jawab sebagai warga negara
5. Mengembangkan nilai-nilai seperti toleransi, empati, dan kerjasama
Dengan demikian, pendidikan IPS bertujuan untuk membentuk siswa menjadi warga negara yang aktif, kritis, dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya.
Hakikat pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk memahami dan berpartisipasi dalam masyarakat, baik secara lokal maupun global.
Pendidikan IPS mencakup berbagai disiplin ilmu seperti sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, dan politik. Tujuan utamanya adalah untuk membantu siswa:
1. Memahami struktur dan fungsi masyarakat
2. Menganalisis isu-isu sosial, ekonomi, dan politik
3. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis
4. Meningkatkan kesadaran akan hak dan tanggung jawab sebagai warga negara
5. Mengembangkan nilai-nilai seperti toleransi, empati, dan kerjasama
Dengan demikian, pendidikan IPS bertujuan untuk membentuk siswa menjadi warga negara yang aktif, kritis, dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya.
Waalaikumsalam.
Saya setuju dengan Pemaparan mengenai hakikat pendidikan IPS dari ibu Lovita.
Bahwa benar hakikat Pendidikan IPS memang memiliki peran penting dalam membekali siswa, tidak hanya dari segi pengetahuan, tetapi juga dalam membentuk karakter serta keterampilan sosial yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat.
Dengan cakupan multidisipliner seperti sejarah, geografi, ekonomi, hingga politik, IPS membantu siswa untuk memahami realitas sosial secara lebih menyeluruh. Tujuan-tujuan seperti berpikir kritis, kesadaran akan hak dan tanggung jawab, serta nilai-nilai toleransi dan empati menjadi pondasi penting bagi tumbuhnya warga negara yang aktif dan peduli.
Harapannya, pendidikan IPS terus menjadi sarana pembelajaran yang bermakna, relevan dengan perkembangan zaman, dan mampu mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga berkarakter kuat dan berdaya saing dalam kehidupan global.
Saya setuju dengan Pemaparan mengenai hakikat pendidikan IPS dari ibu Lovita.
Bahwa benar hakikat Pendidikan IPS memang memiliki peran penting dalam membekali siswa, tidak hanya dari segi pengetahuan, tetapi juga dalam membentuk karakter serta keterampilan sosial yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat.
Dengan cakupan multidisipliner seperti sejarah, geografi, ekonomi, hingga politik, IPS membantu siswa untuk memahami realitas sosial secara lebih menyeluruh. Tujuan-tujuan seperti berpikir kritis, kesadaran akan hak dan tanggung jawab, serta nilai-nilai toleransi dan empati menjadi pondasi penting bagi tumbuhnya warga negara yang aktif dan peduli.
Harapannya, pendidikan IPS terus menjadi sarana pembelajaran yang bermakna, relevan dengan perkembangan zaman, dan mampu mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga berkarakter kuat dan berdaya saing dalam kehidupan global.
Saya sangat setuju dengan pendapat ibu Lovita
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah bidang studi yang mempelajari aspek sosial melalui berbagai disiplin ilmu seperti sosiologi, ekonomi, sejarah, dan geografi. Pendidikan IPS merupakan penyederhanaan ilmu sosial untuk tujuan pembelajaran dengan integrasi aspek pedagogis dan psikologis. Tujuan utamanya adalah membentuk karakter, kesadaran sosial, berpikir kritis, dan tanggung jawab kewarganegaraan siswa.
Pendidikan IPS memiliki dimensi ontologis (realitas sosial), epistemologis (pendekatan integratif), dan aksiologis (nilai kemanusiaan). Di Indonesia, pendekatannya telah berkembang dari monodisipliner ke transdisipliner yang lebih holistik, sejalan dengan Kurikulum 2013 dan Merdeka Belajar. Pendidikan IPS didasarkan pada berbagai landasan, seperti filosofis, ideologis, sosiologis, antropologis, politis, psikologis, religius, kemanusiaan, dan keilmuan, untuk menghasilkan peserta didik yang tidak hanya memahami teori tetapi juga siap berperan aktif dalam masyarakat.
Terima kasih
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah bidang studi yang mempelajari aspek sosial melalui berbagai disiplin ilmu seperti sosiologi, ekonomi, sejarah, dan geografi. Pendidikan IPS merupakan penyederhanaan ilmu sosial untuk tujuan pembelajaran dengan integrasi aspek pedagogis dan psikologis. Tujuan utamanya adalah membentuk karakter, kesadaran sosial, berpikir kritis, dan tanggung jawab kewarganegaraan siswa.
Pendidikan IPS memiliki dimensi ontologis (realitas sosial), epistemologis (pendekatan integratif), dan aksiologis (nilai kemanusiaan). Di Indonesia, pendekatannya telah berkembang dari monodisipliner ke transdisipliner yang lebih holistik, sejalan dengan Kurikulum 2013 dan Merdeka Belajar. Pendidikan IPS didasarkan pada berbagai landasan, seperti filosofis, ideologis, sosiologis, antropologis, politis, psikologis, religius, kemanusiaan, dan keilmuan, untuk menghasilkan peserta didik yang tidak hanya memahami teori tetapi juga siap berperan aktif dalam masyarakat.
Terima kasih
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Terima kasih atas pemaparan yang sangat informatif dan komprehensif. Saya sangat mengapresiasi cara Mas Ikhsan menjelaskan hakikat Pendidikan IPS secara mendalam, mulai dari dimensi filosofis hingga praktik kurikuler di Indonesia. Penekanan pada integrasi berbagai disiplin ilmu serta tujuan membentuk karakter dan tanggung jawab sosial peserta didik benar-benar menggambarkan peran strategis IPS dalam menyiapkan generasi yang berpikir kritis dan peduli terhadap lingkungannya.
Saya juga sepakat bahwa pendekatan transdisipliner yang kini dikembangkan dalam Kurikulum Merdeka merupakan langkah maju untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih kontekstual dan bermakna bagi peserta didik. Semoga pemahaman ini terus menjadi inspirasi dalam praktik pembelajaran kita sehari-hari.
Salam hangat dan sukses selalu!
Terima kasih atas pemaparan yang sangat informatif dan komprehensif. Saya sangat mengapresiasi cara Mas Ikhsan menjelaskan hakikat Pendidikan IPS secara mendalam, mulai dari dimensi filosofis hingga praktik kurikuler di Indonesia. Penekanan pada integrasi berbagai disiplin ilmu serta tujuan membentuk karakter dan tanggung jawab sosial peserta didik benar-benar menggambarkan peran strategis IPS dalam menyiapkan generasi yang berpikir kritis dan peduli terhadap lingkungannya.
Saya juga sepakat bahwa pendekatan transdisipliner yang kini dikembangkan dalam Kurikulum Merdeka merupakan langkah maju untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih kontekstual dan bermakna bagi peserta didik. Semoga pemahaman ini terus menjadi inspirasi dalam praktik pembelajaran kita sehari-hari.
Salam hangat dan sukses selalu!
Hakikat IPS adalah sebagai ilmu integratif yang mengkaji kehidupan sosial manusia, bertujuan untuk membentuk peserta didik yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai sosial agar mampu berperan aktif dan bertanggung jawab dalam masyarakat.
saya setuju dengan pendapat Bu Arin, IPS memang sangat penting untuk dipelajari agar manusia dapat bersikap dan berinteraksi dengan baik dalam kediupannya baik di lingkungan keluarga, bermasyarakat, maupun bernegara
Saya setuju dengan pendapat Ibu Arin bahwa hakikat IPS merupakan ilmu yang integratif dan berfokus pada kehidupan sosial manusia. Pendekatan integratif dalam IPS memungkinkan peserta didik memahami berbagai aspek kehidupan masyarakat secara menyeluruh, karena memadukan berbagai disiplin ilmu seperti sejarah, geografi, ekonomi, dan sosiologi. Selain itu, tujuan IPS yang tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga membentuk keterampilan, sikap, dan nilai sosial sangat relevan dengan kebutuhan abad ke-21. Melalui pembelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk menjadi individu yang peduli, kritis, serta mampu berperan aktif dan bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, saya mendukung pandangan bahwa IPS memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan kesadaran sosial generasi muda.
MasyaAllah Tabarakallah....
Sy setuju dengan komen-komen teman teman di atas..
Sy setuju dengan komen-komen teman teman di atas..
Sangat setujuu
setuju dengan pendapat yang disampaikan teman teman terkait hakikat pendidikan IPS
Hakikat pendidikan IPS adalah membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai untuk memahami serta berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui kajian interdisipliner seperti sejarah, geografi, ekonomi, dan sosiologi, pendidikan IPS bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kesadaran warga negara, serta nilai-nilai sosial seperti toleransi dan empati. Tujuan akhirnya adalah membentuk siswa menjadi warga negara yang aktif, kritis, dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.
saya sangat setuju dengan pendapat teman - teman