PARTISIPASI
hadir pak
hadir pak
Hadir
Hadir Pak
Saya hadir dalam perkuliahan dan mempelajari materi tentang Konsep Sains, Teknologi, dan Masyarakat dalam Pembelajaran Pendidikan IPS.
Hadir pak
Hadir pak
hadir pak
Hadir pak
Pertemuan ini membahas tentang konsep Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM) dalam pembelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS), dimana STM merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan pemahaman tentang sains dan teknologi serta dampaknya terhadap masyarakat. Pendekatan STM memiliki relevansi yang tinggi dengan PIPS karena keduanya memiliki perhatian terhadap isu-isu sosial yang terkait dengan perkembangan sains dan teknologi.
Pertemuan kali ini fokus pada pembahasan mengenai konsep Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM) dalam konteks pembelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS). Dalam hal ini, STM dipahami sebagai suatu pendekatan dalam proses belajar mengajar yang mengedepankan pengintegrasian antara pemahaman mengenai sains dan teknologi serta dampak-dampak yang ditimbulkannya terhadap masyarakat luas. Pendekatan STM ini memiliki relevansi yang sangat tinggi dengan disiplin PIPS, mengingat keduanya sama-sama menaruh perhatian yang besar terhadap berbagai isu sosial yang berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan di bidang sains dan teknologi. Dengan demikian, penerapan pendekatan STM dalam PIPS diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih komprehensif kepada siswa mengenai interaksi antara ilmu pengetahuan, teknologi, dan masyarakat, serta bagaimana ketiga elemen ini saling memengaruhi satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari.
Siap Hadir pak
Hadir Pak
Saya hadir dalam perkuliahan dan mempelajari materi
Izin menanggapi, Bapak. Menurut Indah, integrasi konsep sains, teknologi, dan masyarakat dalam pembelajaran PIPS sangat penting di era sekarang. Ketiganya saling berkaitan dan memengaruhi kehidupan sosial. Misalnya, kemajuan teknologi memengaruhi pola interaksi masyarakat, sementara sains membantu kita memahami dampak sosial dan lingkungan dari penggunaan teknologi tersebut. Oleh karena itu, dalam pembelajaran IPS di SD, guru perlu mengajak siswa menganalisis fenomena sosial yang terjadi akibat perkembangan teknologi, seperti perubahan gaya hidup atau dampak media sosial. Dengan cara ini, siswa tidak hanya memahami materi, tapi juga memiliki kesadaran sosial yang lebih baik.
Hadir bapak
Dengan implementasi yang tepat dan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, pendekatan STM dalam pembelajaran PIPS berpotensi
mengembangkan generasi yang tidak hanya memahami kompleksitas hubungan antara sains, teknologi, dan masyarakat, tetapi juga mampu berkontribusi secaraaktif dan bertanggung jawab dalam menghadapi tantangan sosial di era digital.
mengembangkan generasi yang tidak hanya memahami kompleksitas hubungan antara sains, teknologi, dan masyarakat, tetapi juga mampu berkontribusi secaraaktif dan bertanggung jawab dalam menghadapi tantangan sosial di era digital.
hadir pak terima kasih