Diskusi Kelompok 4

Dari Kelompok 1

Dari Kelompok 1

by Rahmat Prayogi -
Number of replies: 10

Silahkan kelompok 1 berikan pertanyaan kepada kelompok 4.

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 1

by Nurul Astry Ramadhany 2013041045 -

Assalamualaikum warahmatulahi wabaraktuh 

Nama : Nurul Astry Ramadhany

NPM : 2013041045

dari Kelompok

izin bertanya kepada kelompok 4

 

Pada bagian faktor pengalaman,Lalu apa yang harus dilakukan oleh pembicara sebagai solusi untuk kembali menarik minat pendengarnya?

terimakasih sebelumnya wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh

In reply to Nurul Astry Ramadhany 2013041045

Re: Dari Kelompok 1

by DWI SUSI ANGGRAINI -

Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatu

Saya Dwi Susi Anggraini (2013041029). Akan menjawab pertanyaan dari saudari nurul. Menurut saya hal yang harus dilakukan adalah pembicara harus mengetahui siapa yang akan menyimak materinya, jika sudah pembicara juga sebisa mungkin tau apa yang di sukai oleh si penyimak ini kemudian si pembicara menghubungkan atau mengkaitkannya dengan apa yang akan dia sampaikan dengan yang di sukai oleh si penyimak. Sehingga bisa menimbulkan rasa ketertarikan dengan materi yang di sampaikan. Semoga jawaban saya bisa menbantu. Mohon maaf jika ada salah kata dan terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

In reply to DWI SUSI ANGGRAINI

Re: Dari Kelompok 1

by Candra Dinata 2013041023 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Candra Dinata dengan NPM 2013041023 izin menambahkan jawaban dari saudari Salwa,

 

Menurut saya membutuhkan latihan dan bimbingan dalam penguasaan suatu kosa kata penglihatan dalam hal membaca, begitu pula mereka memerlukan pengajaran yang bijaksana yang akan dapat membangun suatu kosa kata menyimak yang luas, dan bermakna bagi mereka. Kemudian si penyimak akan merasakan ingin mengetahui apa yang materi sampaikan tersebut agar mereka tau atau paham dengan apa yang disampaikan oleh si pembaca.

 

Apabila dalam penyampaian saya kurang tepat saya mohon maaf, kepada Allah saya mohon ampun.

Terima kasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 1

by Yosifa ridho kurnia 2013041041 -

Saya Yosifa Ridho Kurnia izin bertanya sebutkan contoh dari faktor motivasi untuk meningkatkan daya menyimak untuk para pelajar?

Terimakasih

In reply to Yosifa ridho kurnia 2013041041

Re: Dari Kelompok 1

by Irma Bela Oktaviana 2013041003 -

saya Irma Bela Oktaviana dari kelompok 4

izin menyawab

contoh dari faktor motivasi adalah ketika seseorang kehilangan semangat untuk belajar,yang harus dilakukan seseorang itu adalah menanamkan kepada diri sendiri bahwa kalau kita sebagai penyimak tidak yakin bahwa kita akan memperoleh suatu yang berharga dan berguna dari suatu penyimakan,sedikit sekali kemungkinan kita akan memiliki semangat untuk menyimak sesuatu.intinya,faktor motivasi erat kaitannya dengan pribadi atau personalitas.

In reply to Irma Bela Oktaviana 2013041003

Re: Dari Kelompok 1

by Harummi Faktiah -

Saya Harummi Faktiah dari kelompok 3, izin menambahkan....

Selain erat kaitannya dengan pribadi seseorang, faktor motivasi pun dapat dijalankan atau diberikan dari orang lain maupun lingkungannya. Seperti dalam kegiatan berkelompok yang mengadakan proses menyimak, contohnya sedang melakukan wawancara dengan seorang narasumber saat melakukan pengamatan. Jika ada kelompok yang tidak semangat atau tidak aktif dalam kegiatan menyimak ujaran dari narasumber, teman kelompoknya dapat memberikan motivasi seperti :

"Mari semuanya menyimak dengan baik ya. Jika nanti ada ujaran yang tidak saya tangkap dengan jelas, yang lain dapat menambahkan dan melengkapinya dalam laporan pengamatan nanti. Semangat teman-teman".

Berdasarkan contoh tersebut, penyimak akan termotivasi untuk menjalankan kegiatan menyimak demi bekerja sama dalam mendapatkan informasi dari pembicara.

Terima kasih...

In reply to Yosifa ridho kurnia 2013041041

Re: Dari Kelompok 1

by Amel AMALIA SABILLA MUKHTAR -

Nama: Amalia Sabilla Mukhtar  dengan NPM  2013041011 izin menjawab pertanyaan dari saudara Yosifa Ridho Kurnia contoh dari faktor motivasi untuk meningkatkan daya menyimak untuk para pelajar adalah kita perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan faktor motivasi terlebih dahulu.

“Motivasi merupakan salah satu butir penentu keberhasilan seseorang. Kalau motivasi kuat untuk mengerjakan sesuatu maka dapat diharapkan orang itu akan berhasil mencapai tujuan” (Tarigan, 1987:103).  Motivasi merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam kegiatan menyimak. Contoh faktor motivasi untuk meningkatkan daya menyimak para pelajar adalah dari pribadi pelajar itu sendiri, cita-cita yang harus dicapai dapat menjadi salah satu motivasi agar pelajar tersebut dapat meningkatkan daya menyimak, kondisi perekonomian keluarga juga dapat menjadi motivasi, agar Ia dapat merubah nasib keluarganya. Pada intinya untuk meningkatkan daya menyimak pelajar dimulai dari  individu tersebut harus mengetahui apa yang menjadi tujuan dan motivasinya.

 

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 1

by Risky Selviana 2013041015 -

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Risky Selviana (2013041015) dari kelompok 1 izin bertanya.

Jelaskan bagaimana perbedaan mendasar antara faktor lingkungan dan faktor peranan dalam masyarakat. Bukankah keduanya saling berhubungan dalam faktor pemengaruh menyimak?

Terima kasih, wassalamualaikum warahmatillahi wabarakatuh.

In reply to Risky Selviana 2013041015

Re: Dari Kelompok 1

by Salwa Pramesti Maharani 2013041013 -

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya Salwa Pramesti Maharani dengan NPM 2013041013 kelas A perwakilan dari kelompok 4 izin menjawab pertanyaan dari saudari Risky Selviana.

Apakah perbedaan mendasar antara faktor lingkungan dan faktor peranan dalam masyarakat? Serta apakah ada hubungan diantara keduanya? Jadi, memang betul bahwa faktor lingkungan dan faktor peranan dalam masyarakat berhubungan satu sama lainnya. Untuk lebih jelasnya, faktor lingkungan itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Nah, kesamaannya adalah antara faktor lingkungan sosial dan faktor peranan masyarakat yang sama-sama memerlukan manusia sebagai objek kajian utamanya. Sedangkan yang menjadi pembeda antara faktor lingkungan dan faktor peranan dalam masyarakat terdapat pada faktor fisik. Faktor fisik itu sendiri dapat berupa lokasi geografis suatu tempat kajian yang lebih luas seperti suatu desa maupun tempat dengan kajian yang lebih sempit seperti ruang kelas.

Sekian, kurang dan lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

In reply to Salwa Pramesti Maharani 2013041013

Re: Dari Kelompok 1

by Candra Dinata 2013041023 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Candra Dinata dengan NPM 2013041023 izin menambahkan jawaban dari saudari Salwa.

Menurut faktor lingkungan dan faktor peran dalam masyarakat itu saling berkaitan, namun dalam segi pengertian dan penjelasan berbeda. Di dalam faktor lingkungan tersebut mempunyai dua faktor lingkungan, pertama lingkungan fisik dan yang kedua  lingkungan sosial, sedangkan faktor peran dalam masyarakat itu sendiri seperti kita mendengarkan orang yang sedang ceramah, mendengar radio dan lain-lain.

 

Terima kasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh