FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Number of replies: 11


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PENGEMBANGAN LKPD SD yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT/LINK POWTOON untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz





In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Marissa Dewi Meilani 2213053282 -
Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh Ibu, izin mengirimkan makalah dan ppt kelompok 6

Anggota kelompok 6:
1. Anisa Zatun Nitha Qoini (2213053052)
2. Marissa Dewi Meilani (2213053282)
3. Nadia Ayu Nurjanah (2213053119)
4. Rizka Selviana Putri (2213053254)
5. Silvia Nuril Mala (2213053299)
6. Susia Utami (2213053051)

Terima kasih,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Marissa Dewi Meilani 2213053282

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Naura Anandia Ghatsa 2213053146 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
izin memperkenalkan diri
Nama: Naura Anandia Ghatsa
NPM :2212053146
Kelas :B1
Izin bertanya kepada kelompok 6 Jelaskan menurut pendapat kelompok kalian mengapa penyusunan LKPD yang baik sangat penting dalam mendukung pembelajaran di sekolah dasar. Bagaimana LKPD dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik?
In reply to Naura Anandia Ghatsa 2213053146

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Susia Utami 2213053051 -
Nama: Susia Utami
NPM: 2213053051

Izin menjawab pertanyaan dari saudari naura
Penyusunan LKPD yang baik sangat penting karena dapat memfasilitasi siswa untuk belajar secara mandiri, terarah, dan lebih terstruktur. LKPD berperan sebagai panduan belajar yang memuat aktivitas, pertanyaan, serta latihan yang membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman terhadap materi pelajaran secara bertahap. Dengan adanya LKPD, siswa tidak hanya menerima informasi secara pasif dari guru, tetapi juga dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan yang merangsang berpikir kritis dan kreatif.
In reply to Marissa Dewi Meilani 2213053282

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by ALIFAH HUSNUL KHOTIMAH 2213053056 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh,
Nama : Alifah Husnul Khotimah
Npm : 2213053056

Izin bertanya pada kelompok 6,
Analisislah tantangan yang sering dihadapi guru dalam menyusun LKPD yang sesuai dengan kurikulum dan perkembangan siswa sekolah dasar. Bagaimana solusi yang bisa diimplementasikan untuk mengatasi tantangan tersebut?

Terimakasih
In reply to ALIFAH HUSNUL KHOTIMAH 2213053056

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Marissa Dewi Meilani 2213053282 -
Nama: Marissa Dewi Meilani
NPM: 2213053282

Izin menjawab pertanyaan pertanyaan saudari alifah.
1) Keterbatasan Waktu untuk Perencanaan dimana guru sering kali menghadapi keterbatasan waktu dalam menyusun LKPD yang sesuai dengan kurikulum dan perkembangan siswa.
Solusinya guru dapat bekerja sama dalam tim untuk menyusun LKPD. Melalui kolaborasi, waktu yang dibutuhkan untuk membuat LKPD dapat lebih efisien. Guru-guru dalam satu jenjang kelas atau satu mata pelajaran dapat berbagi tugas dalam merancang LKPD sesuai kurikulum dan perkembangan siswa. Selain itu, guru juga dapat menggunakan LKPD yang sudah ada sebagai referensi dan menyesuaikannya dengan kebutuhan siswa, sehingga tidak perlu memulai dari nol.

2) Menyesuaikan Materi dengan Tingkat Perkembangan siswa dimana setiap siswa di sekolah dasar memiliki kemampuan dan kecepatan belajar yang berbeda. Guru sering mengalami kesulitan dalam membuat LKPD yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik masing-masing siswa. Misalnya, beberapa siswa mungkin lebih cepat memahami konsep-konsep tertentu, sedangkan yang lainnya memerlukan lebih banyak bimbingan dan contoh.
solusinya Guru dapat menyusun LKPD dengan tingkat kesulitan yang berbeda, misalnya LKPD tingkat dasar (untuk siswa yang memerlukan pemahaman awal) dan LKPD lanjutan (untuk siswa yang lebih cepat menangkap materi). Dengan cara ini, guru dapat menerapkan diferensiasi pembelajaran sehingga semua siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Guru juga bisa menyediakan panduan tambahan atau lembar aktivitas lanjutan bagi siswa yang memerlukan tantangan lebih.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Sisnawati 2213053244 -
asalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
nama sisnawati 2213053244
izin bertanyaa
Bagaimana LKPD dapat disusun agar sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa sekolah dasar? Berikan contoh pengaplikasian LKPD yang sesuai untuk siswa kelas rendah (kelas 1-3) dan siswa kelas tinggi (kelas 4-6).
In reply to Sisnawati 2213053244

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Anisa Zatun Nitha Qoini 2213053052 -
Nama : Anisa Zatun Nitha Qoini
NPM : 2213053052


Disini saya akan menjawab pertanyaan dari saudari Sisnawati
Yang dimana pertanyaan nya adalah Bagaimana LKPD dapat disusun agar sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa sekolah dasar? Berikan contoh pengaplikasian LKPD yang sesuai untuk siswa kelas rendah (kelas 1-3) dan siswa kelas tinggi (kelas 4-6)

Jadi jawabannya adalah LKPD untuk siswa sekolah dasar harus disusun dengan mempertimbangkan karakteristik perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik mereka. Siswa di kelas rendah (kelas 1-3) cenderung masih dalam tahap operasional konkret, sehingga LKPD yang digunakan harus lebih banyak memuat gambar, ilustrasi, dan aktivitas yang bersifat manipulatif, seperti menggambar, mewarnai, atau membuat bentuk-bentuk sederhana. Instruksi harus dibuat sangat jelas dan sederhana, serta dilengkapi dengan contoh yang dapat membantu siswa memahami setiap langkah yang harus dilakukan.
Contoh: LKPD untuk pelajaran Matematika kelas 2 dapat berupa aktivitas menghitung jumlah buah pada gambar dan kemudian menuliskan hasilnya. Ini membantu siswa memahami konsep penjumlahan dengan bantuan visual.

Untuk siswa kelas tinggi (kelas 4-6), LKPD dapat lebih menantang dengan memuat soal-soal yang bersifat problem solving atau studi kasus sederhana. Instruksi dapat lebih kompleks karena mereka sudah mulai mampu berpikir logis dan abstrak. Misalnya, LKPD untuk pelajaran IPA kelas 5 dapat berupa percobaan sederhana tentang proses fotosintesis dan siswa diminta menuliskan pengamatannya serta menjawab pertanyaan yang menguji pemahaman konsep..
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Zahra Ayu Titisari 2213053104 -

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh izin memperkenalkan diri nama saya Zahra Ayu Titisari NPM 2213053104, izin bertanya 

Sebutkan tiga komponen utama dalam penyusunan LKPD untuk sekolah dasar dan jelaskan pentingnya setiap komponen tersebut dalam menunjang proses pembelajaran!

In reply to Zahra Ayu Titisari 2213053104

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Silvia Nuril Mala 2213053299 -
Nama: Silvia Nuril Mala
NPM: 2213053299

Izin menjawab pertanyaan Zahra Ayu Titisari, pertanyaannya adalah sebutkan tiga komponen utama dalam penyusunan LKPD untuk sekolah dasar dan jelaskan pentingnya setiap komponen tersebut dalam menunjang proses pembelajaran.

Jawaban:
Tiga komponen utama dalam penyusunan LKPD untuk sekolah dasar adalah:

1.) Tujuan Pembelajaran:
Tujuan pembelajaran harus dirumuskan dengan jelas dalam LKPD untuk memberi arah pada kegiatan belajar. Tujuan ini menggambarkan kompetensi apa yang harus dicapai oleh siswa setelah menyelesaikan kegiatan dalam LKPD. Dengan adanya tujuan pembelajaran yang jelas, siswa mengetahui apa yang diharapkan dari mereka, sehingga proses belajar menjadi lebih terfokus dan terarah.
2) Materi Pembelajaran:
Materi pembelajaran yang disertakan dalam LKPD harus sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan belajar siswa. Materi ini perlu disusun secara sistematis agar mudah dipahami dan diikuti oleh siswa. Materi yang disajikan harus disesuaikan dengan perkembangan kognitif anak usia sekolah dasar, menggunakan bahasa yang sederhana, serta dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik.
3) Aktivitas atau Latihan:
Aktivitas atau latihan merupakan inti dari LKPD yang memungkinkan siswa untuk menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh secara langsung. Latihan ini dapat berupa soal, tugas, eksperimen sederhana, atau diskusi kelompok. Dengan adanya latihan, siswa dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif, serta memperkuat pemahaman mereka terhadap konsep yang diajarkan.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Cantika Sabila 2213053176 -
Assalamualaikum izin memperkenalkan diri
 
Nama : Cantika Sabila
NPM. : 2213053276

Izin bertanya kepada kelompok 6 Bagaimana penyusunan LKPD yang baik dapat mendukung siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif? Berikan contoh penyusunan LKPD yang sesuai?
In reply to Cantika Sabila 2213053176

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Nadia Ayu Nurjanah 2213053119 -
Nama : Nadia Ayu Nurjanah
NPM : 2213053119

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Cantika Sabila mengenai "Bagaimana penyusunan LKPD yang baik dapat mendukung siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif? Berikan contoh penyusunan LKPD yang sesuai"

Jawaban:
LKPD yang baik dapat mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dengan menyajikan aktivitas-aktivitas yang mendorong mereka untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi terhadap suatu permasalahan. Misalnya, dalam LKPD untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), siswa dapat diminta untuk melakukan percobaan sederhana tentang perubahan wujud benda. LKPD tersebut dapat berisi instruksi untuk mengamati hasil percobaan, mencatat perubahan yang terjadi, dan menjawab pertanyaan analitis seperti "Mengapa es dapat mencair ketika dibiarkan di suhu ruangan?" atau "Bagaimana proses perubahan dari cair menjadi gas?"

Dengan pertanyaan seperti ini, siswa ditantang untuk berpikir lebih dalam tentang sebab dan akibat dari suatu fenomena serta mencari jawaban yang logis. Selain itu, LKPD dapat mencakup tugas kreatif, seperti membuat poster tentang pelestarian lingkungan atau menciptakan model sederhana dari bahan-bahan daur ulang, yang akan mengembangkan keterampilan berpikir kreatif mereka.