FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

Number of replies: 9


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT/LINK POWTOON untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz




In reply to Andreas Leonardo Situmorang 2213053154

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

by Linda Agustina 2213053120 -

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh 

Nama : Linda Agustina

NPM: 2213053120


Bagaimana konteks budaya dan sosial mempengaruhi cara individu menginterpretasikan berbagai jenis teks dalam pembelajaran multiliterasi? Lalu tantangan apa yang dihadapi pendidik dalam mengimplementasikan pendekatan multiliterasi di kelas dan solusi yang bisa dilakukan.

Terimakasih



In reply to Andreas Leonardo Situmorang 2213053154

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

by Mawar Febi Tri Nasti 2253053013 -
Nama : Mawar Febi Tri Nasti
NPM : 2253053013

izin bertanya kepada kelompok 5 terkait siklus belajar pembelajaran multiliterasi yaitu bagaimana proses siklus belajar dalam pembelajaran multiliterasi dapat membantu peserta didik memahami dan menggunakan berbagai bentuk literasi dalam kehidupan sehari-hari?

Terimakasih
In reply to Mawar Febi Tri Nasti 2253053013

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

by Syva Amanda Kamal 2213053157 -
Nama : Syva Amanda Kamal
NPM : 2213053157

Izin menjawab Pertanyaan Mawar Febi Trinasti
Menurut pendapat kelompok kami, siklus multiliterasi pada anak dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan melalui beberapa langkah yang terstruktur berikut:
1. Menggali Pengetahuan Awal dimana Anak diajak untuk berbagi pengalaman tentang literasi yang mereka lakukan sehari-hari, seperti membaca buku, menonton berita, atau menggunakan media sosial.
2. Membuat Prediksi yang mana Siswa diminta untuk memprediksi apa yang akan mereka pelajari tentang topik tertentu, misalnya tentang perubahan iklim.

Kegiatan-kegjatan tersebut bisa disalurkan melalui kegiatan:
1. Merespons dimana Anak melakukan kegiatan observasi atau penelitian sederhana. Misalnya, mereka dapat mengamati lingkungan sekitar untuk melihat dampak perubahan iklim dan mencatat temuan mereka.
2. Elaborasi, ketika Siswa mengelaborasi hasil pengamatan mereka dalam kelompok dan menyusun laporan sederhana tentang apa yang telah mereka pelajari.
3. Klarifikasi ketika Anak-anak mendiskusikan istilah atau konsep yang belum mereka pahami dan mencari penjelasan dari teman atau guru.
4. Meninjau Ulang dimana Siswa meninjau laporan yang telah disusun dan mempersiapkan presentasi untuk kelas.
5. Mempresentasikan dengan cara Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka di depan kelas, diikuti dengan diskusi untuk memperdalam pemahaman.
6. Membuat Simpulan: Setelah presentasi berlangsung kemudian siswa membuat simpulan bersama tentang pelajaran yang telah dipelajari dan bagaimana hal itu relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Contoh Kegiatan
1. Proyek Membaca Buku: Anak-anak memilih buku yang berkaitan dengan tema tertentu, kemudian mendiskusikan isi dan makna buku tersebut dalam kelompok.

2. Penggunaan Media Digital: Siswa membuat video pendek tentang topik literasi yang mereka pilih dan membagikannya kepada teman-teman mereka.
In reply to Andreas Leonardo Situmorang 2213053154

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

by Fatma wati 2213053270 -
Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh.
Nama : Fatma Wati
NPM : 2213053270

Izin bertanya,
Dari empat metode Implementasi pembelajaran multiliterasi tersebut, menurut kalian metode mana yang paling efektif dalam meningkatkan keterampilan multiliterasi, dan mengapa?

Terimakasih.
In reply to Fatma wati 2213053270

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

by Andreas Leonardo Situmorang 2213053154 -
Nama : Andreas Leonardo Situmorang
NPM : 2213053154
Ijin menjawab pertanyaan dati Fatma.

Menurut kelompok kami, keempat metode tersebut sudah pasti dirancang efektif untuk meningkatkan keterampilan multiliterasi, dan menurut kami setiap metodenya bukan satuan terpisah, namun sebuah rangkaian metode yang dibagi menjadi 4 tahap, bisa kita lihat dari metode awal adalah tahapan dari membaca, lanjut ke menulis, menyimak, lalu berbicara, jadi ke empat metode tersebut tidak dapat dipisahkan, dan tidak bisa dipilih mana yang lebih efektif, melainkan rangkaian/tahapan metode yang harus/wajib diaplikasikan untuk meningkatkan keterampilan multiliterasi.

Mungkin demikian maaf bila ada salah kata, terima kasih
In reply to Andreas Leonardo Situmorang 2213053154

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

by Jesica Agustina Yusman 2263053003 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Jesica Agustina Yusman
NPM : 2263053003

Izin bertanya kepada kelompok 5 terkait metode rangsang gagasan. Bagaimana cara mengukur efektivitas metode rangsang gagasan dalam meningkatkan multiliterasi siswa?

Terimakasih
In reply to Jesica Agustina Yusman 2263053003

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 5

by Syva Amanda Kamal 2213053157 -
Nama : Syva Amanda Kamal
NPM : 2213053157

Izin menjawab pertanyaan Jesica Agustina Yusman
Menurut Pendapat kami, keefektivan pada metode rangsang gagasan dapat diperoleh dari indikator keberhasilan siswa dengan metode oembelajaran tersebut, yaitu
1. Keaktifan Siswa
Yang mana siswa berpartisipasi Aktif, Siswa menunjukkan keaktifan dalam proses pembelajaran, seperti berpartisipasi dalam diskusi, mengajukan pertanyaan, dan terlibat dalam kegiatan kelompok.

Umpan Balik dalam bentuk siswa memberikan umpan balik terhadap materi yang diajarkan dan terhadap ide-ide teman sekelas.

2. Hasil Belajar
Penilaian Karya dimana hasil karya siswa dinilai berdasarkan kriteria tertentu, seperti kreativitas, kerjasama, dan keseragaman. Penilaian ini dapat dilakukan dengan rubrik yang mencakup kategori sangat baik, baik, cukup baik, dan kurang baik.

Persentase Ketuntasan dalam hadil belajar dengan cara mengukur persentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan belajar yang telah ditetapkan, biasanya di atas 75%.

3. Kreativitas
Inovasi dalam Karya dimana kemampuan siswa dalam menciptakan ide-ide baru dan inovatif selama proses pembelajaran. Ini dapat diukur melalui observasi langsung atau penilaian terhadap hasil karya yang dihasilkan.

Jika dalam aspek-aspek tersebut memiliki hasil positif, maka metode rangsang gagasan siswa sapat dikatakan berhasil atau efektif, selanjutnya siswa akan dikembangkan lagi dalam meningkatkan multiliterasi yang mana siswa mampu memahami bacaan, mengkritisi, memahami, dan membangun konteks bacaan