FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

Number of replies: 13


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz



In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Jesica Agustina Yusman 2263053003 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin mengumpulkan makalah, ppt dan mind mapping kelompok 1 ibu,

Anggota kelompok 1:

1. Jesica Agustina Yusman  2263053003

2. Laura Dewi Asih  2213053211

3. Stenly Jodi  2253053048 

In reply to Jesica Agustina Yusman 2263053003

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Hanum Fadilla Ningrum -
Nama: Hanum Fadilla Ningrum



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Hanum Fadilla Ningrum
NPM : 2213053016
Izin bertanya kepada kelompok 1:
Karakteristik pembelajaran IPS apa yang paling tepat digunakan untuk mengembangkan kemampuan sosial peserta didik Sekolah Dasar?

Terimakasih
In reply to Hanum Fadilla Ningrum

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Stenly jodi 2253053048 Jodi -
Waalaikumussalam wahrohmatulahi wabarakatuh izin menjawab pertanyaan Hanum

Karakteristik pembelajaran IPS yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan sosial peserta didik Sekolah Dasar adalah pembelajaran berbasis kerja sama kelompok.

Menurut kelompok kami yang cocok Diskusi Kelompok di mana siswa diberikan topik pembelajaran seperti "pembelajaran IPS ". Mereka bekerja dalam kelompok untuk mencari informasi, kemudian berdiskusi dan mempresentasikan hasilnya. Ini membantu meningkatkan keterampilan komunikasi, kerjasama, dan empati terhadap pandangan orang lain, sehingga tercipta kemampuan sosial dan hubungan sosial dalam metode pembelajaran diskusi kelompok ini.
In reply to Jesica Agustina Yusman 2263053003

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by PUTRI ARISNA 2213053242 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Putri Arisna
NPM : 2213053242
Kelas : 5B

Izin bertanya,
Bagaimana cara pendidik mengintegrasikan pembelajaran IPS yang menarik dan bermakna bagi siswa sesuai dengan kurikulum merdeka saat ini di sekolah dasar?

Terimakasih
In reply to PUTRI ARISNA 2213053242

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Stenly jodi 2253053048 Jodi -
Waalaikumussalam wahrohmatulahi wabarakatuh izin menjawab pertanyaan putri arisna

Menurut kelompok kami Untuk mengintegrasikan pembelajaran IPS yang menarik dan bermakna dalam Kurikulum Merdeka di sekolah dasar,

pendidik dapat menggunakan pendekatan berbasis proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran yang lebih fleksibel, di mana siswa aktif dalam proses belajar dan diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif.

Seperti
Proyek Eksplorasi Lingkungan Sekitar:
contohnya Mengenal Lingkungan dan Masyarakat Sekitar.

Siswa diminta untuk melakukan observasi di lingkungan sekitar mereka, seperti desa atau kota tempat tinggal mereka. Mereka dapat mengidentifikasi berbagai tempat penting, seperti pasar, sekolah, puskesmas, atau balai desa.
Tujuan:Siswa belajar tentang fungsi dan peran tempat-tempat tersebut dalam kehidupan masyarakat, serta interaksi antar anggota masyarakat.
Hasil Proyek: Siswa membuat laporan dalam bentuk peta sederhana yang menggambarkan lokasi-lokasi penting di sekitar mereka.

Dengan pendekatan ini, siswa belajar IPS dengan cara yang aktif dan kontekstual, sehingga materi menjadi lebih relevan dan bermakna dalam kehidupan sehari-hari mereka.
In reply to Jesica Agustina Yusman 2263053003

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Choirunnisa Tasyania 2213053049 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Choirunnisa Tasyania
Npm : 2213053049
Kelas : 5B

Izin bertanya menurut kalian sebagai calon pendidik, bagaimana peran kita sebagai calon guru dalam mengembangkan pembelajaran IPS yang efektif di sekolah dasar?

Terimakasih
In reply to Choirunnisa Tasyania 2213053049

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Jesica Agustina Yusman 2263053003 -
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
Izin menjawab pertanyaan dari Choirunnisa Tasyania

Menurut kelompok kami sebagai calon pendidik, peran kita dalam mengembangkan pembelajaran IPS yang efektif di sekolah dasar sangatlah penting. Salah satu hal yang harus kita perhatikan adalah bagaimana menciptakan pengalaman belajar yang kontekstual dan relevan bagi siswa. Pembelajaran IPS tidak hanya berfokus pada hafalan saja, tetapi lebih pada pengembangan pemahaman siswa tentang lingkungan sosial, budaya, ekonomi, dan sejarah di sekitarnya.

Kita perlu menggunakan metode yang interaktif dan melibatkan siswa secara aktif, seperti diskusi kelompok, simulasi, atau proyek berbasis masalah. Dengan begitu, siswa dapat melihat keterkaitan materi IPS dengan kehidupan nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Selain itu, penggunaan teknologi dan media pembelajaran yang tepat juga dapat membantu menarik minat siswa dan membuat materi lebih mudah dipahami.

Sebagai calon guru, kita juga harus peka terhadap perbedaan karakteristik siswa, baik dari segi kemampuan, latar belakang sosial, maupun minat belajar. Dengan memahami hal tersebut, kita dapat merancang strategi pembelajaran yang inklusif, yang memungkinkan setiap siswa berpartisipasi aktif dan berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.
In reply to Jesica Agustina Yusman 2263053003

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Fatma wati 2213053270 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Fatma Wati
NPM : 2213053270
Kelas : 5B
Izin bertanya kepada kelompok 1:
Apa contoh kegiatan sehari-hari yang bisa dipelajari melalui mata pelajaran IPS dalam mengembangkan nilai-nilai sosial bagi siswa sekolah dasar?

Terimakasih
In reply to Fatma wati 2213053270

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Jesica Agustina Yusman 2263053003 -
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
Izin menjawab pertanyaan dari Fatma Wati

Menurut kelompok kami contoh kegiatan sehari-hari yang bisa dipelajari melalui pembelajaran IPS dalam mengembangkan nilai-nilai sosial bagi siswa sekolah dasar yaitu, misalnya kerja bakti di lingkungan sekolah, kegiatan tersebut bisa menjadi kegiatan yang mendidik siswa tentang pentingnya gotong royong dan tanggung jawab. Mereka belajar bahwa menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan bukan hanya tugas individu, tetapi tanggung jawab bersama. Melalui kerja sama dalam membersihkan lingkungan sekolah, siswa memahami bahwa kolaborasi dan partisipasi aktif adalah kunci dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik. Selain itu saling membantu antar teman juga menjadi contoh kegiatan sehari-hari dalam mengembangkan nilai-nilai sosial, baik dalam hal akademik maupun kegiatan lainnya. Ketika siswa membantu teman yang kesulitan, mereka belajar tentang kepedulian, empati, dan solidaritas.
In reply to Jesica Agustina Yusman 2263053003

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Grechia Yayang Agustin 2213053132 -
Nama : Grechia Yayang Agustin
Npm : 2213053132
Kelas : 5B

Izin bertanya kepada kelompok 1
Mengapa penting bagi siswa SD untuk mempelajari IPS sejak dini? Dan bagaimana cara guru mengintegrasikan nilai-nilai sosial dan budaya dalam pembelajaran IPS di SD?

Terimakasih
In reply to Grechia Yayang Agustin 2213053132

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Laura Dewi Asih 2213053211 -
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Grechia Yayang.

Pendidikan IPS SD perlu didapatkan sejak usia dini karena hal ini dapat membantu mereka untuk memahami apa yang terjadi di lingkungan sosial mereka dan membantu mengembangkan keterampilan sosial yang mereka miliki, menumbuhkan sikap saling toleransi dan saling menghargai akan keberagaman yang ada, sikap bertanggung jawab, serta gotong royong.

Guru dapat mengintegrasikan nilai-nilai sosial dan budaya dalam pembelajaran IPS di SD dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang relevan dengan lingkungan siswa. Salah satu caranya adalah melalui pengenalan tradisi, adat istiadat, dan kebiasaan lokal yang dihubungkan dengan materi pelajaran, seperti saat membahas keragaman budaya atau kehidupan masyarakat. Guru juga dapat memanfaatkan cerita rakyat, lagu daerah, atau permainan tradisional sebagai media pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami dan menghargai warisan budaya mereka sendiri. Selain itu, guru bisa mengadakan proyek berbasis kelompok yang melibatkan eksplorasi budaya setempat, misalnya melalui kunjungan ke tempat bersejarah atau museum. Dengan cara ini, siswa tidak hanya belajar tentang konsep IPS, tetapi juga internalisasi nilai-nilai sosial seperti gotong-royong, saling menghormati, dan kebersamaan. Integrasi nilai-nilai ini membantu siswa untuk mengembangkan sikap toleransi dan saling menghargai terhadap keanekaragaman yang ada di lingkungan masyarakat.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Melda Rakassiwi 2213053187 -
Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Melda Rakassiwi
NPM : 2213053187
Kelas 5B

Izin bertanya
Berdasarkan hasil penjelasan yang ada di makalah terkait tujuan pembelajaran IPS, menurut kelompok 1 apakah pembelajaran Ips yang ada di sekolah dasar sudah sesuai dengan tujuan-tujuan tersebut, dan apakah ada perbedaan antara sekolah yang ada di kota dan di desa terkait tercapainya tujuan pembelajaran Ips di sekolah dasar?

Terimakasih
Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh
In reply to Melda Rakassiwi 2213053187

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 1

by Laura Dewi Asih 2213053211 -
Waalaikumsalam warahmatullahi wabaraktuh.
Izin menjawab pertanyaan dari sadari Melda Rakassiwi.

Menurut pendapat kelompok kami, tercapai tidaknya suatu tujuan pembelajaran tergantung dengan bagaimana cara guru dalam memilih dan menerapkan strategi pembelajaran. Karena tujuan pembelajaran IPS adalah mendidik agar peserta didik lebih peka terhadap masalah sosial dan memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah sehari-hari. Untuk mecapai tujuan pembelajaran itu sendiri, diperlukan adanya strategi yang sesuai untuk menarik fokus dan minat peserta didik sehingga tujuan dari pembelajaran itu sendiri dapat tercapai, yang dinilai melalui evaluasi pembelajaran.
Lalu mengenai ada atau tidaknya perbedaan tujuan pembelajaran IPS di sekolah dasar yang ada di desa dan sekolah dasar yang ada di kota adalah tidak ada perbedaan tujuan pembelajaran IPS diantara keduanya. Karena pada saat ini baik sekolah yang ada di kota maupun yang ada di desa menerapkan kurikulum yang sama, yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Maka dari, tidak ada perbedaan dalam menentukan tujuan pembelajaran IPS.