FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Number of replies: 15


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PEMBELAJARAN IPS yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz





In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Zahrah Umi Hasanah གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, izin ibu mengirimkan makalah, ppt dan mind mapping kelompok 6 yang beranggotakan:

Rava Amelia Rosali (2313053170)

Zahrah Umi Hasanah (2313053173)

Nazera Fransisca Dewi (2313053182)

Tia Virantika (2353053016)

https://drive.google.com/drive/folders/1a8jLMqG_JPbamwnAFo4syxcaWvlbT1g_

Terimakasih ibu
In reply to Zahrah Umi Hasanah

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

SHOFIANA FADHILA PRASETIYA གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh perkenalkan saya :
Nama : Shofiana Fadhila Prasetiya
Npm : 2313053162

izin bertanya :
Apa pentingnya kolaborasi dalam strategi pembelajaran IPS bagi siswa SD, dan bagaimana hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar dan interaksi sosial mereka?

terima kasih
In reply to SHOFIANA FADHILA PRASETIYA

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Rava Amelia Rosali གིས-
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, terimakasih saudari Shofi atas pertanyaannya

Sebelumnya perkenalkan saya Rava Amelia Rosali dengan npm 2313053170 izin menjawab pertanyaan dari saudari Shofi

Kolaborasi dalam strategi pembelajaran IPS di sekolah dasar sangat penting karena dapat meningkatkan interaksi sosial siswa, yang berpengaruh positif terhadap hasil belajar mereka. Penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial yang tinggi berhubungan dengan peningkatan hasil belajar, dengan koefisien korelasi mencapai 0,731, menunjukkan pengaruh positif yang kuat. Selain itu, kolaborasi dalam kelompok mendorong siswa untuk saling belajar dan mendukung satu sama lain, yang memperkuat pemahaman materi dan keterampilan sosial. Dengan demikian, kolaborasi tidak hanya mendukung pencapaian akademik tetapi juga perkembangan sosial siswa secara keseluruhan.

Sekian jawaban dari saya, terimakasih.
In reply to Zahrah Umi Hasanah

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Masra Mita གིས-
Nama: Masramita
NPM: 2313053192
Kelas : 3F

Izin bertanya,
Menurut kalian metode pembelajaran apa yang paling efektif untuk mengajarkan materi IPS di SD?
Sekian terima kasih..
In reply to Masra Mita

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Zahrah Umi Hasanah གིས-
Baik terimakasih kepada saudari masramita yang telah bertanya,
Disini saya Zahrah Umi Hasanah dengan NPM 2313053173 akan menjawab pertanyaan yang saudari ajukan

Menurut pendapat kelompok kami metode yang efektif digunakan dalam pembelajaran IPS SD yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. Metode pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu metode pembelajaran yang menerapkan pendekatan belajar aktif dan kolaboratif. Dalam metode ini, siswa akan terlibat dalam proyek atau tugas nyata yang memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi berbagai konsep dan faktor yang terkait dengan materi pelajaran IPS. Proyek tersebut biasanya melibatkan pemecahan masalah, penelitian, pengumpulan data, analisis informasi, dan presentasi hasil.

Dalam konteks pembelajaran IPS di SD, metode ini dapat diterapkan dengan cara memberikan proyek yang relevan dengan topik atau tema yang saat itu sedang dipelajari. Misalnya, dalam mempelajari tentang sejarah bangsa Indonesia, siswa dapat diberi tugas untuk membuat peta sejarah perjalanan bangsa Indonesia atau menyusun timeline peristiwa penting dalam sejarah Indonesia.

Selain itu, metode pembelajaran berbasis proyek juga mendorong kolaborasi antar siswa dalam kelompok. Dengan berkolaborasi, siswa akan belajar untuk bekerjasama, berkomunikasi, dan menghargai pendapat orang lain. Hal ini juga dapat meningkatkan keterampilan sosial dan kerja sama siswa.

Dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pengajaran IPS di SD, diharapkan siswa tidak hanya memahami konsep-konsep secara teoritis, tetapi juga dapat melihat aplikasinya dalam kehidupan nyata. Selain itu, siswa juga akan lebih termotivasi untuk belajar karena mereka diajak untuk menjadi aktif dalam proses pembelajaran.

Terimakasihhh
In reply to Zahrah Umi Hasanah

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Nia Sartika ningsih གིས-
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Perkenalkan
Nama: Nia Sartika Ningsih
NPM: 2313053193


Izin bertanya, Bagaimana strategi pembelajaran IPS dapat diintegrasikan dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik?

Sebelumnya terimakasih...
In reply to Nia Sartika ningsih

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Nazera Fransisca གིས-
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, terimakasih saudari Nia atas pertanyaannya

Sebelumnya perkenalkan saya Nazera Fransisca Dewi dengan NPM 2313053182 izin menjawab pertanyaan dari saudari Nia

Strategi pembelajaran IPS yang efektif untuk mengajarkan IPS di SD dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah pembelajaran berbasis proyek . Berikut penjelasannya:
Penggunaan Teknologi : Guru dapat memanfaatkan perangkat elektronik seperti komputer, tablet, atau smartphone untuk mengakses sumber daya digital yang relevan dengan topik IPS. Dengan menggunakan elemen multimedia, video, dan aplikasi pendidikan, guru dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif bagi siswa.
Pembelajaran Berbasis Proyek : Siswa diberi tugas atau proyek yang melibatkan penelitian, investigasi, dan pemecahan masalah terkait dengan topik IPS. Misalnya, siswa dapat diminta untuk menyelidiki isu-isu sosial, mengumpulkan data, dan merancang solusi yang kreatif. Melalui proyek-proyek ini, siswa akan mengembangkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan kolaborasi, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik IPS yang sedang dipelajari.
Kolaborasi dan Interaksi : Strategi ini juga melibatkan kolaborasi antar siswa melalui diskusi, kelompok proyek, atau penyelesaian masalah bersama. Melalui kolaborasi ini, siswa dapat saling berbagi pengetahuan, pemikiran, dan pengalaman. Selain itu, penggunaan platform pembelajaran online dan media sosial dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi kolaborasi antar siswa.
Dengan demikian, pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi dengan TIK dapat menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, dan relevan dengan kehidupan nyata siswa
In reply to Zahrah Umi Hasanah

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Alvina Elysia Rizky གིས-
Nama: Alvina Elysia Rizky
NPM: 2313053190
Kelas: 3F

Izin bertanya,
Dengan adanya pergeseran menuju pembelajaran berbasis proyek dan kolaboratif, bagaimana kalian melihat peran guru sebagai fasilitator dalam metode pembelajaran IPS yang kalian bahas? Apakah ada risiko bahwa guru dapat kehilangan otoritas dalam proses pembelajaran?

Cukup sekian, terimakasih.
In reply to Alvina Elysia Rizky

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Zahrah Umi Hasanah གིས-
Baik terimakasih kepada saudari alvina yang sudah mengajukan pertanyaan,
Disini saya Zahrah Umi Hasanah dengan NPM 2313053173 akan menjawab pertanyaan dari saudari

Dalam metode pembelajaran berbasis proyek dan kolaboratif, peran guru sebagai fasilitator sangatlah penting. Guru tidak lagi hanya berperan sebagai sumber pengetahuan utama, namun juga sebagai pengarah, pembimbing, dan motivator dalam proses pembelajaran. Guru diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, memfasilitasi kolaborasi antar siswa, memberikan arahan, membantu dalam penyelesaian masalah, serta memberikan umpan balik yang konstruktif.

Meskipun guru berperan sebagai fasilitator, peran otoritasnya dalam proses pembelajaran tetap diperlukan. Guru harus tetap menjaga kewenangan dalam menetapkan standar yang jelas, mengarahkan proses pembelajaran, memberikan bimbingan yang diperlukan, serta mengevaluasi dan memberikan umpan balik terhadap hasil kerja siswa. Sehingga, guru tidak sepenuhnya kehilangan otoritasnya dalam pengajaran.

Adapun, risiko guru kehilangan otoritas dalam proses pembelajaran dapat terjadi jika guru tidak mampu mengelola suasana kelas, tidak memberikan arahan yang jelas, atau tidak memberikan pengarahan yang tepat saat diperlukan. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk terus mengembangkan keterampilan manajerial dan komunikasi yang baik, agar dapat menjaga keseimbangan antara menjadi fasilitator yang mendukung dan menjaga otoritas dalam proses pembelajaran.

Terimakasihh
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Putri Ayu Bestari གིས-
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh perkenalkan saya
Nama:Putri Ayu Bestari
Npm:2313053177

Izin bertanya
Menurut kalian, apa langkah yang akan kalian lakukan agar kalian dapat menerapkan strategi yang telah kalian sebutkan agar nantinya pembelajaran yang kalian lakukan akan berjalan dengan maksimal?
In reply to Putri Ayu Bestari

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Rava Amelia Rosali གིས-
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, terimakasih saudari putri atas pertanyaannya

Sebelumnya perkenalkan saya Rava Amelia Rosali dengan npm 2313053170 izin menjawab pertanyaan dari saudari putri

Untuk menerapkan strategi kolaborasi dalam pembelajaran IPS secara maksimal, langkah pertama yang akan kami lakukan adalah merancang aktivitas yang mendorong interaksi antar siswa, seperti diskusi kelompok atau proyek bersama. Kami akan memastikan bahwa setiap siswa memiliki peran yang jelas dalam kelompok, sehingga mereka merasa bertanggung jawab dan terlibat aktif dalam proses belajar. Selanjutnya, kami akan menyediakan panduan atau rubrik penilaian yang jelas untuk membantu siswa memahami tujuan pembelajaran dan ekspektasi dari kolaborasi tersebut. Selain itu, penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung di mana siswa merasa nyaman untuk berbagi ide dan bertanya. Kami juga akan melakukan refleksi bersama setelah setiap kegiatan kolaboratif untuk mengevaluasi pengalaman belajar dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki. Dengan langkah-langkah ini, kami yakin pembelajaran IPS tidak hanya akan lebih efektif tetapi juga lebih menyenangkan bagi siswa, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan sosial dan akademik secara bersamaan.

Sekian jawaban dari saya, terimakasih.
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

selly meita safira གིས-
Nama : Selly Meita Safira
Npm : 2313053167
Kelas : 3F

Izin bertanya, sebutkan dan jelaskan satu strategi pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan IPS di SD!
In reply to selly meita safira

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Nazera Fransisca གིས-
Terimakasih saudari Selly atas pertanyaannya

Sebelumnya perkenalkan saya Nazera Fransisca Dewi dengan NPM 2313053182 izin menjawab pertanyaan dari saudari Selly


Salah satu strategi pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan IPS di SD adalah pembelajaran berbasis masalah . Strategi ini melibatkan siswa dalam memecahkan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, seperti isu sosial atau lingkungan.
Prosesnya meliputi:
Identifikasi Masalah : Guru memilih masalah sosial yang sesuai dengan materi IPS.
Diskusi Kelompok : Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan masalah tersebut.
Penelitian : Siswa melakukan penelitian untuk memahami lebih dalam tentang masalah yang dihadapi.
Rencana Solusi : Setiap rencana merencanakan solusi dan menyertakannya ke kelas.
Strategi ini meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi IPS
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Auren Wang གིས-
Assalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh
Nama : Auren Wang
NPM : 2313053184

Izin bertanya :
Bagaimana pendidik dapat menyeimbangkan kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pengetahuan penting dalam pembelajaran IPS di SD dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran sosial maupun tanggung jawab kewarganegaraan serta memastikan bahwa peserta didik tidak hanya belajar tentang masalah sosial tetapi juga merasa mampu untuk mengambil tindakan di kalangan mereka?

Terima kasih
In reply to Auren Wang

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Rava Amelia Rosali གིས-
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, baik terimakasih saudara Auren atas pertanyaannya

Sebelumnya mohon maaf Ibu, saya mewakili teman saya atas nama Tia Virantika dengan npm 2353053016 untuk menjawab pertanyaan dari saudara Auren, dikarenakan vclass nya tidak bisa dibuka Bu.

Pendidik dapat menyeimbangkan kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran IPS di SD dengan menerapkan pendekatan yang holistik, yaitu mengintegrasikan pengetahuan dasar dengan kesadaran sosial serta tanggung jawab kewarganegaraan. Guru dapat menyajikan materi IPS dengan cara yang relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, sehingga mereka dapat memahami bagaimana konsep-konsep seperti keadilan sosial, hak asasi manusia, dan kewarganegaraan berhubungan langsung dengan dunia di sekitar mereka. Selain itu, guru harus mendorong pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif, di mana peserta didik diajak untuk berdiskusi, menganalisis masalah sosial, serta berpikir kritis tentang solusi-solusi nyata.

Dalam konteks ini, penting bagi pendidik untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proyek-proyek sosial atau kegiatan yang menumbuhkan rasa empati dan tanggung jawab. Dengan demikian, mereka tidak hanya memahami masalah sosial secara teoretis, tetapi juga merasa diberdayakan untuk mengambil tindakan, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Hal ini bisa dilakukan melalui simulasi, diskusi kelompok, atau tugas-tugas yang memicu peserta didik untuk berpikir tentang kontribusi mereka sebagai warga negara yang aktif dan bertanggung jawab.

Pada akhirnya, pendekatan yang seimbang antara penguasaan pengetahuan, peningkatan kesadaran sosial, dan pemberdayaan peserta didik untuk bertindak akan menciptakan pengalaman belajar IPS yang tidak hanya informatif, tetapi juga transformatif bagi peserta didik.

Sekian jawaban yang dapat diberikan, terimakasih