Diskusi 2

Diskusi 2

Diskusi 2

Number of replies: 35

Bagaimana cara membuat siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif pada pembelajaran inkuiri kelas rendah?

In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Wilda Tajkia -
Nama: Wilda Tajkia
NPM: 2313053163

Salah satu cara mengubah siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif dalam pembelajaran inkuiri kelas rendah, adalah seorang guru dapat menggunakan media berupa teknologi seperti menampilkan video, gambar, dan animasi untuk membuat materi lebih menarik dan interaktif kemudian meminta siswa mengamati lalu mengemukakan pendapat mereka tentang materi tersebut, sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penggunaan teknologi pada kelas rendah akan cukup efektif karena siswa kelas rendah cenderung akan tertarik dengan hal-hal tersebut. Setelah siswa berani mengemukakan pendapatnya, guru dapat meningkatkan motivasi siswa dengan cara memberikan reward karena siswa sudah berani menjawab. Hal ini dapat membuat mereka merasa terhormat dan terlibat dalam proses pembelajaran.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Me Sa -
NAMA : MESA
NPM : 2313053174
KELAS : 2F

Untuk membuat siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah, ada beberapa langkah yang dapat diambil di antaranya :

1. Buat suasana yang mendukung: Ciptakan suasana kelas yang menyenangkan, terbuka, dan ramah bagi siswa. Pastikan siswa merasa nyaman untuk berpartisipasi dan berbagi pendapat mereka. Berikan pujian dan penghargaan kepada siswa yang aktif dalam pembelajaran.

2. Ajak siswa untuk bertanya: Dorong siswa untuk mengajukan pertanyaan. Berikan contoh pertanyaan yang menarik dan relevan dengan topik yang sedang dipelajari. Berikan waktu untuk diskusi kelompok kecil atau diskusi kelas tentang pertanyaan yang diajukan siswa.

3. Berikan tugas yang menantang: Berikan tugas-tugas yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, menyelidiki, dan menemukan jawaban mereka sendiri. Berikan panduan yang jelas dan dukungan yang diperlukan agar siswa dapat melaksanakan tugas dengan baik.

4. Libatkan siswa dalam eksperimen atau penelitian: Ajak siswa untuk melakukan eksperimen atau penelitian kecil yang relevan dengan topik pembelajaran. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati, mengumpulkan data, dan membuat kesimpulan sendiri. Berikan umpan balik yang positif dan dorong mereka untuk terus mencoba dan belajar.

5. Gunakan alat bantu visual: Gunakan alat bantu visual seperti gambar, video, atau alat peraga untuk membantu siswa memahami konsep yang sedang dipelajari. Hal ini dapat membantu siswa yang visual belajar dengan lebih baik dan dapat memicu minat mereka untuk berpartisipasi.

6. Berikan kesempatan berbicara: Berikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berbicara dan berbagi pendapat mereka. Dorong siswa yang lebih pasif untuk berbicara dengan memberikan pertanyaan terbuka dan memberikan waktu yang cukup bagi mereka untuk merumuskan jawaban mereka.

7. Berikan umpan balik yang konstruktif: Berikan umpan balik yang positif dan konstruktif kepada siswa ketika mereka berpartisipasi aktif dalam pembelajaran inkuiri. Berikan pujian atas upaya mereka dan berikan saran yang membantu untuk meningkatkan partisipasi mereka di masa depan.

Ingatlah bahwa setiap siswa memiliki kecepatan belajar yang berbeda, jadi berikan waktu yang cukup bagi siswa untuk beradaptasi dengan pembelajaran inkuiri. Terus dorong dan dukung mereka untuk menjadi siswa yang aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Nazera Fransisca -
Nama : Nazera Fransisca Dewi
NPM : 2313053182

Untuk meningkatkan partisipasi siswa yang pasif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah, adalah sebagai berikut:
1. Guru harus memahami bahwa siswa yang pasif bukan hanya karena mereka tidak memiliki kemampuan, tetapi juga karena mereka tidak memiliki motivasi yang cukup untuk berpartisipasi.
2. Guru harus menggunakan strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis diskusi. Dalam strategi inkuiri, guru dapat membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil dan memberikan tugas yang memerlukan kerja sama untuk menyelesaikan masalah.
3. Guru harus memastikan bahwa siswa mempunyai kesempatan untuk berpikir kritis dan kreatif.
4. Guru harus meyakinkan dan memberikan umpan balik yang efektif. Guru harus memantau perkembangan siswa secara individu dan memberikan umpan balik yang spesifik dan konstruktif.
Jadi untuk meningkatkan partisipasi siswa yang pasif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah, guru harus memastikan bahwa siswa memiliki tujuan yang jelas, menggunakan strategi pembelajaran yang interaktif, memastikan kesempatan berpikir kritis dan kreatif, dan memberikan umpan balik yang efektif.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Melia Devina -
Nama : melia devina
Npm : 2313053180

Untuk membuat siswa yang pasif menjadi aktif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah, ada beberapa cara/strategi yang dapat dilakukan, antara lain:
1. Membangun rasa ingin tahu:
- Guru dapat memulai pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menarik rasa ingin tahu siswa.
- Misalnya, dengan menunjukkan fenomena alam atau benda-benda di sekitar yang dapat memicu rasa penasaran siswa.
- Hal ini akan mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses penyelidikan.

2. Memberikan scaffolding (dukungan) yang sesuai:
- Siswa kelas rendah masih membutuhkan banyak bimbingan dan dukungan dari guru.
- Guru dapat memberikan scaffolding berupa petunjuk, contoh, atau pertanyaan-pertanyaan penuntun untuk membantu siswa dalam melakukan proses penyelidikan.
- Scaffolding yang tepat akan memudahkan siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.

3. Menggunakan pendekatan yang menarik:
- Guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa kelas rendah, seperti pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) atau pembelajaran berbasis proyek (project-based learning).
- Pendekatan yang menarik akan meningkatkan antusiasme dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.

4. Memfasilitasi kerja kelompok:
- Guru dapat membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk melakukan kegiatan penyelidikan.
- Dalam kelompok, siswa yang pasif akan termotivasi untuk terlibat aktif karena adanya interaksi dan dukungan dari teman-teman sekelompoknya.

5. Memberikan penghargaan dan umpan balik:
- Guru dapat memberikan penghargaan (reward) atau umpan balik positif kepada siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran.
- Hal ini akan mendorong siswa yang pasif untuk lebih aktif berpartisipasi agar mendapatkan penghargaan atau umpan balik yang positif.

6. Memperhatikan gaya belajar siswa:
- Guru perlu memahami gaya belajar masing-masing siswa dan menyesuaikan strategi pembelajaran yang digunakan.
- Dengan memperhatikan gaya belajar siswa, guru dapat memfasilitasi keterlibatan aktif siswa yang pasif.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Linda Sukmawati -
Nama: Linda Sukmawati
NPM: 2313053166

Cara membuat siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif pada pembelajaran inkuiri kelas rendah adalah

1. Guru dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dengan memberikan pertanyaan atau diskusi kelompok yang menarik perhatian mereka.

2. Guru memberikan dukungan dan bimbingan yang cukup kepada siswa yang pasif untuk membantu mereka merasa nyaman dan percaya diri dalam berpartisipasi aktif.

3. Guru dapat memilih materi pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa agar mereka merasa terhubung dan termotivasi untuk belajar.

4. Guru dapat memberikan pujian dan umpan balik positif kepada siswa yang aktif berpartisipasi untuk memperkuat perilaku positif mereka.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Sisnadia Rahmawati -
Nama : Sisnadia Rahmawati
NPM : 2313053168
Kelas : 2F

Untuk membuat siswa yang pasif menjadi aktif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah, dapat dilakukan dengan merikan bimbingan langsung kepada siswa yang pasif untuk membantu mereka memulai proses eksplorasi dan penemuan. Berikan contoh konkret dan panduan yang jelas untuk memandu mereka dalam memulai tugas inkuiri. Lalu, ajukan pertanyaan terbuka yang merangsang pemikiran kritis dan reflektif. Dorong siswa untuk berpikir secara mendalam dan menyelidiki topik dengan bertanya-tanya. Selain itu, bentuk kelompok kecil di mana siswa dapat saling mendukung dan berbagi ide. Kolaborasi dalam kelompok dapat membantu siswa yang pasif merasa lebih nyaman untuk berpartisipasi dan berkontribusi. Selanjutnya berikan pujian dan umpan balik positif ketika siswa yang pasif mulai aktif berpartisipasi. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk terlibat lebih aktif dalam pembelajaran inkuiri. Hal yang paling penting yakni menciptakan lingkungan belajar yang menstimulasi dan mendukung, misalnya dengan menyediakan sumber daya yang menarik dan relevan untuk mendukung proses eksplorasi siswa. Dengan menggunakan pendekatan ini, dapat membantu siswa yang pasif menjadi lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Anisa Nur Sabila -
Nama : Anisa Nur Sabila
NPM : 2313053179

Untuk membuat siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah, ada beberapa cara atau strategi yang bisa dilakukan, antara lain sebagai berikut :

1. Berikan contoh nyata
Berikan contoh nyata dan sederhana kepada siswa tentang bagaimana melakukan inkuiri. Misalnya, ajarkan siswa cara mengamati objek di sekitar mereka atau memberi mereka pertanyaan yang menarik untuk diteliti.

2. Mendorong diskusi
Mendorong siswa untuk bertukar pikiran dan berdiskusi satu sama lain. Diskusi dapat memotivasi siswa untuk berpartisipasi lebih aktif dalam berbagi ide dan pengalaman.

3. Berikan tantangan dan tantangan yang menantang
Berikan tugas yang menantang dan relevan dengan minat siswa. Tantangan dapat membantu memotivasi siswa untuk terlibat lebih aktif dalam pembelajaran.

4. Pujian dan Penghargaan
Berikan penghargaan dan pujian kepada siswa sebagai bentuk perhatian terhadap partisipasi mereka dalam proses pembelajaran inkuiri. Penghargaan dan pujian akan membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa dan semangatnya dalam mengikuti pembelajaran.

5. Kelas yang Menyenangkan
Buat suasana kelas yang menyenangkan dan ramah siswa, dan jangan takut untuk mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran. Contohnya dengan menggunakan metode pembelajaran bermain atau metode cerita yang dapat meningkatkan antusiasme siswa terhadap pembelajaran.

Dengan menggunakan strategi-strategi di atas secara konsisten, diharapkan siswa yang tadinya pasif bisa menjadi siswa yang aktif dalam pembelajaran inkuiri. Namun, perlu diingat bahwa setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda-beda, sehingga perlu disesuaikan dengan kondisi siswa dan lingkungan belajar yang ada.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Rahmah Dwi Asri -
Izin menjawab pak,
Nama : Rahmah Dwi Asri
Npm : 2313053164
Untuk membuat siswa pasti menjadi aktif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah guru dapat menerapkan beberapa strategi, antara lain
1. Menggunakan metode yang menarik dan interaktif, seperti permainan, ekperimen sederhana, dan diskusi yang membangkitkan minat siswa dan menbuat mereka lebih aktif dalam proses pembelajaran
2. Menggunakan bahan ajar yang menarik dan interaktif, seperti pengguna bahan ajar yang relevan dengan kehidupan siswa, serta menggunakan video, dan gambar
3. Memberikan bimbingan, seperti memberikan petunjuk dan arahan yang jelas dalam setiap pembelajaran, membantu siswa merumuskan masalah mengumpulkan data dan menarik kesimpulan, serta memberikan contoh-contoh sederhana dan relevan dengan kehidupan siswa.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Bela Indri Yani -
Nama : Bela Indri Yani
NPM : 2313053183
Kelas : 2/F

Jawaban :
Membuat siswa yang pasif menjadi aktif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah dapat menjadi tantangan, tetapi ada beberapa strategi yang dapat membantu:
1. Model Perilaku Aktif: Guru dapat menjadi contoh yang baik dengan menunjukkan keaktifan dan antusiasme dalam proses inkuiri. Siswa cenderung meniru perilaku guru,
jadi ketika mereka melihat guru yang bersemangat dan aktif, mereka lebih mungkin untuk terlibat dengan cara yang sama.
2. Buat Tugas yang Relevan dan Menarik: Pilih topik atau masalah yang menarik bagi siswa dan relevan dengan kehidupan mereka sehari-hari. Hal ini akan meningkatkan
minat mereka dan mendorong partisipasi aktif.
3. Berikan Dukungan Individual: Berikan dukungan tambahan kepada siswa yang pasif, baik melalui bimbingan langsung, pemberian umpan balik positif, atau pemberian
pujian untuk setiap kontribusi yang mereka berikan.
4. Buat Lingkungan yang Mendukung: Pastikan bahwa lingkungan kelas mendukung partisipasi aktif, termasuk ruang yang aman untuk bereksperimen, mendiskusikan ide-
ide, dan membuat kesalahan tanpa takut dievaluasi.
5. Gunakan Pertanyaan Terbuka: Ajukan pertanyaan terbuka yang mendorong pemikiran kritis dan refleksi. Hindari pertanyaan yang hanya memerlukan jawaban singkat
atau benar-salah. Pertanyaan-pertanyaan ini akan mendorong siswa untuk berpikir lebih dalam dan berkontribusi dalam diskusi.
6. Berikan Tantangan yang Sesuai: Berikan tugas atau proyek yang menantang namun sesuai dengan tingkat pemahaman dan keterampilan siswa. Tantangan yang terlalu
mudah mungkin tidak cukup memotivasi, sedangkan yang terlalu sulit dapat membuat siswa merasa putus asa.
7. Fasilitasi Kolaborasi: Mendorong kerja sama antarsiswa dengan mengorganisir kegiatan atau proyek kolaboratif. Ini akan memberi siswa kesempatan untuk belajar dari
satu sama lain dan merasa lebih nyaman untuk berpartisipasi.
8. Berikan Umpan Balik yang Konstruktif: Berikan umpan balik yang jelas dan konstruktif tentang kontribusi siswa. Dengan memberikan umpan balik yang positif, siswa
akan merasa dihargai dan termotivasi untuk terlibat lebih aktif.
9. Gunakan Berbagai Metode Pembelajaran: Gunakan berbagai metode pembelajaran, seperti permainan peran, diskusi kelompok kecil, percobaan langsung, dan proyek-
proyek kreatif untuk memfasilitasi partisipasi aktif siswa.
10. Evaluasi dan Refleksi Bersama: Lakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran secara berkala bersama siswa. Berikan kesempatan kepada mereka untuk berbagi
pengalaman, refleksi, dan saran untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam pembelajaran inkuiri.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini secara konsisten, guru dapat membantu siswa yang pasif untuk menjadi lebih aktif dalam pembelajaran inkuiri, memperkuat keterampilan berpikir kritis mereka, dan meningkatkan motivasi intrinsik mereka dalam belajar.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Tia virantika -
nama : tia virantika
npm : 2353053016
Membuat siswa yang pasif menjadi aktif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah membutuhkan pendekatan yang cermat dan beragam strategi yang memperhatikan kebutuhan individual siswa. Pertama-tama, penting untuk membangun lingkungan kelas yang mendukung dan memfasilitasi partisipasi aktif. Ini bisa dilakukan dengan menciptakan suasana yang inklusif dan ramah di kelas, di mana setiap siswa merasa nyaman untuk berpartisipasi.

Selanjutnya, guru perlu memberikan contoh yang jelas tentang bagaimana menjadi siswa yang aktif. Ini bisa dilakukan dengan memperlihatkan ketertarikan dan antusiasme dalam proses inkuiri, serta dengan secara aktif mendukung dan mendorong partisipasi siswa. Guru juga perlu memotivasi siswa dengan memberikan umpan balik positif terhadap kontribusi mereka dan menunjukkan penghargaan atas upaya mereka.
Selain itu, penting untuk membangun kepercayaan diri siswa dengan memberikan dukungan dan bimbingan yang diperlukan dalam proses pembelajaran inkuiri. Ini bisa dilakukan dengan memberikan instruksi yang jelas dan memfasilitasi kesempatan bagi siswa untuk berlatih dan mengembangkan keterampilan baru secara bertahap.

Strategi diferensiasi juga dapat digunakan untuk membantu siswa yang pasif dalam pembelajaran inkuiri. Guru dapat menyesuaikan materi pembelajaran, memberikan dukungan tambahan, atau menyediakan sumber daya yang berbeda sesuai dengan kebutuhan individual siswa. Ini membantu memastikan bahwa setiap siswa merasa dihargai dan didukung dalam proses pembelajaran.
Selain itu, pembelajaran kooperatif dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu siswa yang pasif menjadi lebih aktif. Dalam kerja sama dengan teman sekelas, siswa cenderung merasa lebih termotivasi untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembelajaran. Melalui kerja sama dalam kelompok, siswa juga dapat belajar satu sama lain dan mendukung satu sama lain dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Terakhir, penting untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk memiliki tanggung jawab dalam proses pembelajaran inkuiri. Ini bisa dilakukan dengan memberikan siswa kesempatan untuk memimpin diskusi, mengemukakan pertanyaan, atau menyelidiki topik tertentu secara lebih mendalam. Dengan memberikan tanggung jawab ini, siswa merasa memiliki kontrol atas pembelajaran mereka sendiri dan merasa lebih termotivasi untuk berpartisipasi secara aktif.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Ummu Hafifah -
Nama: Ummu Hafifah
NPM: 2313053171
Strategi untuk meningkatkan partisipasi siswa yang pasif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah melibatkan beberapa pendekatan yang terfokus pada pembimbingan, interaksi, penggunaan sumber belajar, dan evaluasi. Pertama, guru dapat mengarahkan siswa pada proses penemuan dengan memberikan bimbingan kepada siswa yang membutuhkan, sambil memastikan bahwa semua siswa merasa didukung dan diperhatikan, sehingga semangat belajar mereka meningkat.

Kedua, menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing memungkinkan guru untuk memberikan bimbingan kepada siswa yang membutuhkan, sementara siswa lainnya tetap dapat aktif dalam mengeksplorasi pengetahuan melalui proses penemuan.

Ketiga, guru dapat meningkatkan partisipasi siswa dengan menggunakan aktivitas yang lebih interaktif seperti diskusi, eksperimen, dan observasi. Ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik tetapi juga merangsang keterlibatan siswa yang pasif.

Keempat, mengarahkan siswa pada penggunaan sumber belajar yang lebih interaktif seperti tabel dan gambar dapat membantu memperkuat partisipasi siswa dan membuat mereka lebih bersemangat untuk belajar.

Terakhir, menggunakan evaluasi yang lebih efektif memungkinkan guru untuk menilai tingkat pemahaman dan kemampuan siswa serta menyesuaikan pembelajaran sesuai kebutuhan individu mereka, sehingga meningkatkan partisipasi siswa secara keseluruhan.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang partisipasi aktif dari semua siswa, termasuk yang pasif, dan mencapai hasil belajar yang lebih baik dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Nadiva Aulia Putri -
Nama : Nadiva Aulia Putri
Kelas : 2F
NPM : 2313053191

Membuat siswa yang pasif menjadi aktif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah membutuhkan pendekatan yang kreatif dan mendidik. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain:

1. Pertanyaan Terbuka : Ajukan pertanyaan yang merangsang pemikiran kritis dan diskusi, sehingga siswa merasa didengar dan dihargai saat berpartisipasi.
2. Proyek Kolaboratif : Beri kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dalam proyek-proyek yang mendorong eksplorasi dan penemuan bersama.
3. Aktivitas Praktis : Sediakan aktivitas yang melibatkan tangan, seperti percobaan sederhana atau proyek seni, untuk membantu siswa memahami konsep secara konkret.
4. Model Peran : Tunjukkan contoh sebagai guru yang aktif dalam pembelajaran, memperlihatkan antusiasme dan minat pada topik yang dipelajari.
5. Refleksi dan Umpan Balik : Berikan waktu bagi siswa untuk merefleksikan pembelajaran mereka dan berikan umpan balik yang konstruktif untuk mendorong perkembangan mereka.
6. Pilihan dan Kemandirian : Beri siswa pilihan dalam cara mereka mengeksplorasi topik, dan dorong mereka untuk mengambil inisiatif dalam pembelajaran mereka sendiri.
7. Penggunaan Teknologi : Manfaatkan teknologi seperti aplikasi interaktif atau platform pembelajaran online untuk menarik minat siswa dan memberikan pengalaman belajar yang berbeda.
8. Koneksi dengan Dunia Nyata : Buat hubungan antara pembelajaran di kelas dengan situasi nyata atau masalah di dunia nyata, agar siswa merasa relevan dan termotivasi untuk terlibat.
9. Pembelajaran Berbasis Permainan : Gunakan elemen permainan atau kompetisi untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.
10. Dukungan Individual : Berikan dukungan tambahan kepada siswa yang mungkin memerlukan bantuan ekstra untuk berpartisipasi, seperti tutoring atau bimbingan pribadi.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Wulan Zahara Arrum Rizki -
NAMA : WULAN ZAHARA ARRUM RIZKI
NPM : 2313053188

Cara membuat siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif pada pembelajaran inkuiri kelas rendah, yaitu :
1. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Bisa dengan membentuk kelompok diskusi, atau melakukan praktik sederhana mengenai pembelajaran IPA atau mata pelajaran lainnya.
2. Memberikan dorongan kepada siswa. Bisa dengan membahas masalah atau kehidupan sehari-hari mereka.
3. Membimbing siswa secara individu maupun kelompok dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam pembelajaran.
4. Menggunakan media pembelajaran interaktif, seperti video, gambar, atau animasi kartun yang dapat menarik perhatian dan minat siswa.
5. Memberikan pujian atau reward terhadap keberhasilan mereka dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran di kelas. 
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by DAFFA RISWADI -
NAMA: DAFFA RISWADI
NPM: 2313053165

Untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran inkuiri kelas rendah, berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan:
Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing: Model ini memungkinkan guru untuk memberikan bimbingan dan arahan pada siswa, sementara siswa tetap memiliki kesempatan untuk berpikir dan berinisiatif dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat membantu siswa yang pasif menjadi lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran

.Penggunaan Kegiatan Awal yang Menarik: Kegiatan awal yang menarik dan relevan dengan materi dapat membantu meningkatkan minat dan keaktifan siswa. Guru dapat menggunakan berbagai strategi seperti diskusi, permainan, atau simulasi untuk membuat siswa lebih aktif dan terlibat

.
Penggunaan Pertanyaan yang Spesifik dan Menantang: Guru dapat menggunakan pertanyaan yang spesifik dan menantang untuk membangkitkan minat dan keaktifan siswa. Hal ini dapat membantu siswa yang pasif menjadi lebih aktif dan berpikir kritis

Penggunaan Kegiatan Inti yang Interaktif: Kegiatan inti yang interaktif seperti diskusi, perdebatan, atau presentasi dapat membantu meningkatkan keaktifan siswa. Guru dapat menggunakan strategi ini untuk membuat siswa lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran

.
Penggunaan Kegiatan Akhir yang Menantang: Kegiatan akhir yang menantang dapat membantu meningkatkan keaktifan siswa. Guru dapat menggunakan strategi seperti proyek, presentasi, atau laporan untuk membuat siswa lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran
Penggunaan Feedback yang Konstruktif: Feedback yang konstruktif dapat membantu meningkatkan keaktifan siswa. Guru dapat menggunakan feedback untuk memberikan arahan dan bimbingan pada siswa, serta membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka

.
Penggunaan Teknologi yang Inovatif: Penggunaan teknologi yang inovatif seperti simulasi, gamifikasi, atau e-learning dapat membantu meningkatkan keaktifan siswa. Guru dapat menggunakan strategi ini untuk membuat siswa lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran
Penggunaan Keterampilan dan Kemampuan Guru: Guru harus memiliki keterampilan dan kemampuan yang sesuai untuk mengajar dengan model pembelajaran inkuiri. Guru harus dapat memberikan bimbingan dan arahan pada siswa, serta membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka

.
Penggunaan Kegiatan yang Berbasis Proyek: Kegiatan yang berbasis proyek dapat membantu meningkatkan keaktifan siswa. Guru dapat menggunakan strategi ini untuk membuat siswa lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran
Penggunaan Kegiatan yang Berbasis Masalah: Kegiatan yang berbasis masalah dapat membantu meningkatkan keaktifan siswa. Guru dapat menggunakan strategi ini untuk membuat siswa lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran

.
Dengan menggunakan strategi-strategi di atas, guru dapat membantu meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran inkuiri kelas rendah.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by selly meita safira -
Nama : Selly Meita Safira
NPM : 2313063167
Kelas : 2F

Cara yang tepat untuk membuat siswa yang pasif menjadi aktif pada pembelajaran inkuiri kelas rendah adalah dengan menggunakan pendekatan berbasis game, yang dimana pembelajarannya seperti permainan dengan tantangan, misi atau memberikan sebuah hadiah yang menarik jika berhasil menjawab pertanyaan. hal ini dapat mendorong keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Selanjutnya dengan cara pengalaman langsung, contohnya seperti kunjungan lapangan, pemaparan langsung, atau eksperimen sederhana untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa, hal ini dapat memberikan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan menarik. Serta guru guru dapat memberikan dukungan atau pujian, memberikan dukungan dan pujian kepada siswa ketika mereka berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan mendorong siswa untuk berpartisipasi lebih lanjut.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Melita Amanda -
NAMA : MELITA AMANDA
NPM : 2353053015

Cara mengubah siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif dalam pembelajar inkuiri kelas rendah adalah
1. Menerapkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
2. Mengenalkan sebuah fenomena yang menarik
3.Permainan Words in a question
4.Memberikan pertanyaan pancingan⁠⁠
5.Membentuk kelompok belajar dalam kegiatan pengamatan dan bertanya
6.Berikan pilihan cara menyelesaikan tugas
7.Memberikan penghargaan
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Alvina Elysia Rizky -
Nama : Alvina Elysia Rizky
NPM : 2313053190

Untuk meningkatkan partisipasi siswa yang pasif dalam pembelajaran inkuiri kelas rendah, dapat menerapkan penggunaan sumber daya pembelajaran yang menarik dan relevan dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan teknologi, media visual, permainan edukatif, atau bahan ajar interaktif untuk menghidupkan pembelajaran dan merangsang partisipasi siswa.
Lalu guru juga dapat membentuk kelompok belajar yang terdiri dari siswa-siswa yang memiliki kemampuan dan minat yang berbeda dapat membantu siswa yang pasif untuk lebih aktif dalam berpartisipasi. Dalam kelompok, siswa dapat berbagi ide dan menemukan jawaban sendiri serta memberikan umpan balik yang konstruktif dan memotivasi dapat membantu siswa yang pasif untuk merasa dihargai dan termotivasi untuk berpartisipasi lebih aktif di kelas. Guru dapat memberikan pujian atas usaha dan kontribusi siswa, serta memberikan arahan untuk perbaikan atau pengembangan lebih lanjut.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Dita Fadila Aida Fitri -
Nama: Dita Fadila Aida Fitri
NPM: 2313053187

Untuk membuat siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif dalam pembelajaran inkuiri kelas rendah, berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan:

1. Orientasi pada Pengembangan Intelektual Guru harus memusatkan perhatian pada pengembangan kemampuan siswa, seperti berpikir kritis dan analisis, untuk meningkatkan kemampuan otak dan ketepatan dalam bertindak
2. Prinsip Interaksi
Guru harus memungkinkan siswa untuk berinteraksi secara aktif, tidak hanya dari guru, tapi juga dari aktivitas siswa sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan tugas yang memerlukan kerja tim dan diskusi
3. Prinsip Bertanya
Guru harus banyak bertanya untuk memancing berpikir siswa dan memungkinkan mereka untuk menjawab pertanyaan dengan cara yang kreatif dan analitis
4. Prinsip Berpikir
Guru harus memungkinkan siswa untuk berpikir secara mandiri dan tidak hanya mengingat, namun juga menganalisis masalah, sehingga kemampuan otak kanan dan kirinya dapat bekerja dengan seimbang
5. Prinsip Keterbukaan
Guru harus memungkinkan siswa untuk mengembangkan hipotesis secara masing-masing dan memungkinkan mereka untuk berpikir secara kreatif dan bebas


Dengan menggunakan strategi-strategi di atas, guru dapat meningkatkan partisipasi siswa dan membuat mereka menjadi siswa yang aktif dalam pembelajaran inkuiri kelas rendah.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Sindi Novitasari -
Nama : Sindi Novitasari
Npm : 2313053185

Cara membuat membuat siswa yang pasif menjadi aktif pada pembelajaran kelas rendah adalah

1. Memulai pembelajaran dengan menciptakan lingkungan yang mendukung partisipasi aktif dari semua siswa.
2. Melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan cara mengajukan pertanyaan terbuka yang mendorong pemikiran kritis dan menantang mereka untuk berpikir lebih dalam.
3. Memberi kesempatan kepada siswa yang aktif dan pasif untuk bekerja dalam kelompok kecil atau berpasangan, di mana mereka dapat saling mendiskusikan ide dan berbagi pemahaman.
4. Memberikan tugas proyek yang melibatkan kerja sama antar siswa dalam mencari solusi atas masalah tertentu. Ini akan mendorong siswa yang pasif untuk bekerja sama dan aktif berkontribusi.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by SHOFIANA FADHILA PRASETIYA -
NAMA : SHOFIANA FADHILA PRASETIYA
NPM : 2313053162
KELAS : 2F

Untuk meningkatkan partisipasi siswa yang pasif dalam pembelajaran di kelas rendah, beberapa strategi dapat diterapkan. Pertama, guru harus berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam mencari jawaban sendiri, bukan sebagai pengajar yang hanya memberikan informasi.

Kedua, guru harus menggunakan model pembelajaran inkuiri yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Misalnya, untuk siswa kelas rendah, guru dapat menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, yang memungkinkan siswa untuk menemukan konsep dengan bantuan LKS (Lembar Kegiatan Siswa).

Ketiga, guru harus memadukan dan menyalakan proses pembelajaran secara terus-menerus untuk mengetahui bagaimana siswa berpartisipasi dan apa yang perlu diperbaiki.

Keempat, guru dapat menggunakan berbagai alat dan sumber belajar yang interaktif dan menarik, sehingga siswa lebih tertarik dan aktif dalam proses pembelajaran.

Kelima, guru harus memperhatikan kelemahan dan ragam tingkat kemampuan siswa dan menggunakan informasi tersebut sebagai bahan acuan untuk meningkatkan strategi pembelajaran.

Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, guru dapat meningkatkan partisipasi siswa yang pasif dalam pembelajaran inkuiri kelas rendah dan mencapai hasil belajar yang lebih baik
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Lutfiatun Nisa -
Nama: Lutfiatun Nisa
Nomor: 2313053175
kelas : 2F

Untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran inkuiri kelas rendah, beberapa strategi dapat diterapkan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:
1.Meningkatkan Kesadaran dan Keterlibatan Siswa.
2. Menggunakan Metode yang Interaktif.
3. Mengembangkan Keterampilan Siswa.
4. Meningkatkan Kesempatan Siswa untuk Bertanya.
5. Menggunakan Media yang Interaktif.
6. Meningkatkan Kesadaran Siswa terhadap Tujuan Pembelajaran.
7. Mengembangkan Keterampilan Siswa dalam Berpikir Kritis.
8. Meningkatkan Kesempatan Siswa untuk Berbagi Ide.
9. Menggunakan Model Pembelajaran yang Berorientasi pada Siswa.
10. Meningkatkan Kesadaran Siswa terhadap Pentingnya Pembelajaran. 

Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, guru dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran inkuiri kelas rendah dan mencapai tujuan pembelajaran yang lebih efektif.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Putri Ayu Bestari -
Nama:Putri Ayu Bestari
Npm:2313053177

Untuk membuat siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif pada pembelajaran inkuiri kelas rendah,seharusnya guru harus bisa memahami bahwa siswa yang pasif dalam pembelajaran inkuiri biasanya karena mereka tidak memiliki kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar. Oleh karena itu, guru harus menciptakan situasi yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar, seperti dengan memberikan tugas, serta memungkinkan siswa untuk berdiskusi dan berbagi ide dengan teman-teman mereka.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Allya Septia Faradina -
Nama: Allya Septia Faradina
NPM: 2313053181

Untuk membuat siswa yang pasif menjadi aktif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah guru dapat memberikan bimbingan dan dukungan secara individu kepada siswa yang pasif, misalnya dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan khusus atau tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuan mereka untuk membantu mereka terlibat secara bertahap. Selain itu, guru dapat membentuk kelompok-kelompok kecil yang heterogen, sehingga siswa yang pasif dapat belajar dari teman-teman yang lebih aktif. Guru juga dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan pemancing yang mendorong rasa ingin tahu siswa dan mengajak mereka untuk berpikir kritis. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat dirancang sedemikian rupa sehingga siswa merasa tertantang untuk mencari jawabannya.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Nia Sartika ningsih -
Nama: Nia sartika Ningsih
NPM: 2313053193

Membuat siswa yang pasif menjadi aktif dalam pembelajaran di kelas rendah bisa melibatkan beberapa langkah yang pertama pastikan dan buatlah materi pembelajaran yang disampaikan menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka, kemudian gunakan pendekatan yang interaktif seperti diskusi kelompok atau eksperimen, buat pembelajaran menyenangkan buat suasana pelajaran yang menyenangkan dan menarik gunakan permainan aktivitas kreatif atau media visual untuk membuat pembelajaran lebih menarik bagi siswa, Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi mereka. biasanya anak cenderung lebih suka melakukan kegiatan yang menarik dan membuat mereka merasa bahagia yang akan meningkatkan rasa keaktifan mereka. selanjutnya beri dorongan partisipasi dan pertanyaan terbuka yang merangsang berpikir kritis dan diskusi, yang terakhir berikan Umpan balik positif untuk memperkuat siswa yang aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, beritahu mereka bahwa mereka berharga dan penting juga berikan dorongan kepada siswa yang pasif untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan kontribusi.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Zahrah Umi Hasanah -
NAMA : ZAHRAH UMI HASANAH
NPM : 2313053173

Cara yang dapat dilakukan untuk membuat siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif pada pembelajaran inkuiri di kelas rendah yaitu seperti :
1. Guru dapat memberikan dukungan dan dorongan kepada siswa yang pasif untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran inkuiri seperti memberikan pujian ketika mereka mencoba untuk berkontribusi.
2. Guru dapat mencoba untuk mengaitkan pembelajaran inkuiri dengan minat dan hobi siswa. Dengan pendekatan seperti ini siswa akan lebih termotivasi untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
3. Guru dapat melibatkan siswa dalam merencanakan dan melaksanakan eksperimen atau penelitian. Dengan melibatkan siswa dalam hal ini, guru dapat membantu siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan lebih baik dan lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
4. Guru dapat memberikan tantangan yang sesuai dengan kemampuan siswa. Tantangan yang tidak terlalu mudah atau terlalu sulit dapat membantu siswa untuk meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam pembelajaran inkuiri.
5. Selain itu juga harus memastikan bahwa lingkungan belajar di kelas rendah mendukung pembelajaran inkuiri, misalnya dengan menyediakan peralatan dan fasilitas yang diperlukan untuk eksperimen atau penelitian.
6. Guru dapat membuat pembelajaran inkuiri menjadi menyenangkan dan menarik bagi siswa, misalnya dengan menggunakan permainan edukatif atau media pembelajaran yang interaktif.
7. Guru dapat mendorong siswa untuk bekerja sama dan berkolaborasi dalam aktivitas pembelajaran inkuiri. Hal ini bisa membantu siswa yang pasif untuk lebih aktif berpartisipasi dan belajar dari teman-temannya.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Desti Rahmawati -
NAMA : DESTI RAHMAWATI
NPM : 2313053176
KELAS : 2F

Untuk membuat siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah. Menurut saya ada beberapa cara yaitu antara lain :

1. Menciptakan lingkungan yang mendukung dan aman bagi siswa untuk berpartisipasi. Dengan menciptakan suasana yang ramah dan mendorong siswa untuk berbagi ide dan pendapat mereka, mereka menjadi lebih termotivasi untuk terlibat dalam pembelajaran.

2. Memberikan tugas atau proyek yang menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dengan menggunakan contoh-contoh nyata atau masalah yang menarik bagi siswa, sehingga mereka merasa tertantang dan ingin mencari solusi melalui inkuiri.

3. Memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa. Dengan cara memberikan pertanyaan yang terbuka dan mendorong mereka untuk berpikir kritis serta mengeksplorasi ide-ide mereka sendiri.

4. ⁠Mengadakan diskusi kelompok kecil atau diskusi kelas untuk memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi antara siswa.

5. Menggunakan berbagai alat pembelajaran yang interaktif, seperti media visual, permainan, atau eksperimen sederhana. Hal ini membantu menghidupkan pembelajaran dan membuat siswa lebih aktif dalam mencari jawaban atau solusi.

6. Memberikan penghargaan dan pujian kepada siswa atas partisipasi dan kontribusi mereka. Ini akan memotivasi mereka untuk terus aktif dalam pembelajaran inkuiri.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by WINI JIHAN FIRLIANI 2313053178 -
NAMA: WINI JIHAN FIRLIANI
NPM: 2313053178

Mengatasi siswa yang pasif dalam pembelajaran merupakan tantangan yang sering dihadapi oleh para guru. Pertama, kesadaran dan pemahaman guru tentang penyebab siswa menjadi pasif sangat penting. Guru perlu memahami apakah kurangnya minat, rasa takut, atau masalah pribadi yang memengaruhi partisipasi siswa. Kesadaran ini membantu guru mengambil tindakan yang lebih efektif.

Kedua, variasi metode pengajaran dapat membantu memotivasi siswa. Gunakan beragam strategi pengajaran, seperti diskusi kelompok, eksperimen, atau proyek. Libatkan siswa dalam pengambilan keputusan terkait proses pembelajaran. Berikan contoh nyata yang relevan dengan materi yang dipelajari agar siswa merasa tertarik.

Ketiga, peningkatan interaksi sosial juga penting. Fasilitasi diskusi mendalam untuk meningkatkan pemahaman siswa. Membuat kelompok diskusi dan mengajukan pertanyaan yang menantang dapat membangkitkan minat belajar.

Terakhir, menghadirkan cerita menarik juga dapat membantu. Cerita memiliki daya tarik tersendiri pada semua kalangan usia. Guru dapat mengintegrasikan cerita menarik dengan materi pembelajaran. Pastikan cerita relevan dan bawakan dengan baik untuk memotivasi siswa.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Masra Mita -
Nama : Masramita
Npm : 2313053192
Kelas : 2F

Untuk membuat siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif pada pembelajaran inkuiri di kelas rendah , yaitu:
1. Menciptakan suasana pembelajaran yang aman dan menyenangkan. Memberikan penghargaan serta pujian kepada siswa yang berpartisipasi untuk membangun rasa percaya diri mereka.
2. Melibatkan siswa dalam perencanaan pembelajaran. Mengajak siswa untuk memberikan masukan topik yang menarik bagi mereka atau pertanyaan-pertanyaan yang ingin mereka eksplorasi.
3. Memberikan tugas yang relevan dan menantang agar siswa berfikir kritis.
4. Memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa yang pasif dalam pembelajaran.
5. Menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan, seperti vidio, gambar, atau alat praga.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Rava Amelia Rosali -
Nama : Rava Amelia Rosali
NPM : 2313053170
Untuk dapat membuat peserta didik yang pasif menjadi aktif dalam pembelajaran inkuiri perlu melakukan pembelajaran secara kolaboratif dengan menggabungkan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran lain dan disesuaikan dengan kebutuhan dari setiap peserta didik, selain itu pendidik juga bisa menggunakan beberapa cara lain misalnya dengan mengajak peserta didik berdiskusi dengan memberikan contoh yang relevan dengan kehidupan sehari hari, mengajak peserta didik untuk membuat eksperimen atau permainan sederhana yang melibatkan peserta didik secara langsung, dan terakhir pendidik bisa memberikan motivasi atau pujian kepada peserta didik yang telah terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by RATNA AYU ANTIKA PURI -
Nama : Ratna Ayu Antika Puri
Kelas : 2F
NPM : 2313053189

Pendidik dapat membagi siswa ke dalam kelompok kecil untuk mengerjakan tugas inkuiri yang membutuhkan kerja sama antar anggota kelompok, Karena biasanya siswa yang pasif lebih nyaman saat berpartisipasi dan berkontribusi dalam kelompok kecil. Pendidik juga dapat memberikan pujian atau dukungan positif saat siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran inkuiri hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk berkontribusi secara aktif.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Andini Aulia Zahra -
Nama: Andini Aulia Zahra
NPM: 2313053169

Untuk meningkatkan keterlibatan siswa yang pasif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah, beberapa strategi dapat diterapkan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Meningkatkan Keterlibatan Emosi dan Motivasi: Pembelajaran inkuiri dapat memanfaatkan emosi dan motivasi siswa untuk memotivasi mereka dalam belajar. Guru dapat membuat materi yang relevan dengan kehidupan siswa, sehingga siswa lebih tertarik dan aktif dalam proses belajar.
2. Mengembangkan Kemampuan Problem Solving: Pembelajaran inkuiri dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuannya untuk memecahkan masalah. Guru dapat memberikan tugas yang memerlukan analisis dan sintesis, sehingga siswa harus aktif dalam mencari informasi dan mengevaluasi jawaban.
3. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Pembelajaran inkuiri mempromosikan keterampilan berpikir kritis dari siswa. Guru dapat memberikan pertanyaan yang memerlukan analisis dan sintesis, sehingga siswa harus aktif dalam berpikir kritis dan menemukan jawaban.
4. Meningkatkan Kemampuan Kolaboratif: Pembelajaran inkuiri lebih menekankan pada pembelajaran yang sifatnya kolaboratif. Guru dapat mengorganisir diskusi dan kerjasama antar siswa, sehingga siswa dapat belajar dari satu sama lain dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar.
5. Meningkatkan Keterkaitan dengan Kehidupan Nyata: Pembelajaran inkuiri lebih menempatkan materi pembelajaran di dalam konteks yang sangat relevan dengan kehidupan siswa. Guru dapat membuat materi yang relevan dengan kehidupan siswa, sehingga siswa lebih tertarik dan aktif dalam proses belajar.
6. Meningkatkan Keterlibatan Aktif: Pembelajaran inkuiri mengembangkan keterampilan berpikir secara kritis dan kreatif serta melatih keterampilan berkolaborasi secara terbuka bagi peserta didik. Guru dapat memberikan tugas yang memerlukan analisis dan sintesis, sehingga siswa harus aktif dalam mencari informasi dan mengevaluasi jawaban.
7. Meningkatkan Literasi: Pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan literasi siswa. Guru dapat memberikan sumber-sumber belajar yang tersedia secara digital, sehingga siswa dapat memanfaatkan informasinya melalui proses belajar inkuiri.
8. Meningkatkan Keterlibatan Guru: Guru harus memiliki peran aktif dalam proses pembelajaran inkuiri. Guru dapat memberikan bimbingan dan saran yang tepat, sehingga siswa dapat belajar dengan efektif dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar.

Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, guru dapat meningkatkan keterlibatan siswa yang pasif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah, sehingga siswa dapat menjadi siswa yang aktif dan lebih efektif dalam belajar.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Auren Wang -
Nama: Auren Wang
NPM: 2313053184

Dalam meningkatkan partisipasi siswa yang pasif ke dalam pembelajaran inkuiri, guru dapat melakukan beberapa strategi sebagai berikut :

1. Adanya Praktek Langsung
Dalam hal ini, pendidik dapat memberikan sampel atau contoh kepada siswa mengenai kegiatan yang akan dilakukan agar siswa memiliki pencerahan dan arahan yang jelas.

2. Adanya Pendekatan Kepada Siswa
Pendekatan yang dilakukan oleh guru dapat di implementasi kan dengan cara memberi perhatian khusus terhadap siswa dan membangkitkan rasa percaya diri siswa sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berpartisipasi aktif dalam proses belajar.

3. Proyek Yang Menarik
Guru berperan penting dalam menciptakan proyek yang menarik, relevan dan menantang kepada siswa agar siswa dapat menjadi siswa yang aktif serta antusias dalam proses pembelajaran inkuiri.

4. Mengadakan Evaluasi Pembelajaran
Dalam hal ini, guru dapat mengevaluasi proses pembelajaran secara terus-menerus untuk memastikan bahwa seluruh siswa dapat berpartisipasi secara aktif dan hasil belajar mereka meningkat.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by FERISKA LISTY -
Nama : Feriska Listy
NPM : 2353053014
Kelas : 2F

=>Untuk membuat siswa yang pasif menjadi aktif pada pembelajaran inkuiri kelas rendah, maka terdapat beberapa strategi yang dapat diterapkan, yaitu sebagai berikut :
• Variasi Kegiatan
Pendidik dapat menambahkan variasi kegiatan agar semua peserta didik mendapatkan bagian untuk dapat dikerjakan.
• Tutor Teman Sejawat
Berikan tutor teman sejawat untuk membantu peserta didik yang kurang aktif.
• Berikan Pujian dan Penghargaan
Pendidik dapat memberikan pujian dan penghargaan untuk setiap peserta didik yang telah berhasil mengerjakan tugas. Hal tersebut dapat
• Menyiapkan pedoman penilaian
Pendidik dapat menyiapkan pedoman penilaian yang jelas serta spesifik untuk memastikan peserta didik memenuhi tujuan pembelajaran dan dapat berpartisipasi secara aktif.
• Mengupayakan Suasana Pembelajaran Yang Menarik
Pendidik dapat menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan kondusif sehingga peserta didik lebih antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Riko Prasetya -
NAMA : RIKO PRASETYA
NPM : 2353053013
KELAS : 2F

Untuk membuat bagaimana cara membuat siswa yang pasif menjadi aktif dalam pembelajaran inkuiri di kelas rendah, yiatu dengan cara mengenali minat dan kebutuhan siswa tersebut. Hal ini dapat dapat membantu meningkatkan motivasi dari diri mereka untuk berpartisipasi secara aktif didalam sebuah pembelajaran (dikelas).
lalu sebagai guru kita harus memberikan suasana yang mendukung dan nyaman, yaitu lingkungan kelas yang aman bagi semua siswa untuk berpartisipasi, dan memberikan pujian dan dukungan kepada siswa yang berani berbicara atau mencoba hal baru.
In reply to First post

Re: Diskusi 2

by Ainawa Hasna Haura -
nama : Ainawa Hasna Haura
NPM : 2313953172
Untuk meningkatkan kemampuan siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif dalam pembelajaran inkuiri, berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan:
-Mengidentifikasi dan Mengatasi Masalah : Dalam model inkuiri, guru harus memastikan bahwa siswa memiliki kesempatan untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang dihadapi. Dengan demikian, siswa akan lebih aktif dalam mencari solusi dan berpikir kritis.
-Meningkatkan Partisipasi Siswa : Guru dapat meningkatkan partisipasi siswa dengan memberikan tugas yang relevan dan menarik, serta memungkinkan siswa untuk berkontribusi dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menyenangkan dalam proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi mereka untuk berpartisipasi.
-Menggunakan Bahan Ajar yang Menarik : Guru dapat menggunakan bahan ajar yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan minat siswa dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berpikir kritis. Bahan terbuka yang menarik dapat mencakup gambar, video, dan permainan yang terkait dengan materi yang dipelajari.