Silakan diskusi tertulis di forum ini, setelah menyimak presentasi.
Diskusi on line
Materi : Diskusi Kelompok Kecil dan Keterampilam Mengelola Kelas
Anggota Kelompok 3:
Fauzan Amirudin Basith (2213025041)
Muhammad Ikmal Khoiru Zad (2263025001)
Resti Aprillia Dewi (2213025009)
Vindi Wahyu Tamara (2213025019)
In reply to Fauzan Amirudin Basith 2213025041
Re: Diskusi on line
Sebelumnya izin bertanya kepada klmpk 3, saya mewakili klmpk 9 :
Bagaimana seorang guru dapat mengukur keberhasilan diskusi kelompok kecil dalam mencapai tujuan pembelajaran
Terimakasih
Bagaimana seorang guru dapat mengukur keberhasilan diskusi kelompok kecil dalam mencapai tujuan pembelajaran
Terimakasih
Baik trimakasih aurel atas pertanyaannya,saya mewakili klmpk 3 izin menjawab :
Seorang guru dapat mengukur keberhasilan diskusi kelompok kecil dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan beberapa cara, seperti:
1. Mengamati partisipasi: Guru dapat memantau sejauh mana setiap anggota kelompok berpartisipasi dalam diskusi. Partisipasi aktif dan kontribusi positif dapat menjadi indikator keberhasilan.
2. Menggunakan rubrik evaluasi: Guru dapat menggunakan rubrik evaluasi yang jelas untuk menilai pemahaman konsep, argumentasi, atau solusi yang dibahas dalam diskusi.
3. Pertanyaan dan tanggapan: Guru dapat mengamati sejauh mana siswa mengajukan pertanyaan yang relevan dan memberikan tanggapan yang mendukung dalam diskusi.
4. Hasil produk: Jika diskusi mengarah pada penciptaan produk atau proyek tertentu, guru dapat menilai hasil akhirnya sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
5. Evaluasi sendiri: Meminta siswa untuk mengevaluasi diri mereka sendiri atau anggota kelompok mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran dari diskusi.
6. Tes atau tugas: Guru juga dapat mengukur keberhasilan diskusi dengan mengadakan tes atau memberikan tugas terkait materi yang telah dibahas dalam kelompok.
Dengan menggunakan berbagai metode evaluasi ini, seorang guru dapat lebih mudah mengukur keberhasilan diskusi kelompok kecil dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Bagaimana aurel apakah jawabannya sudah cukup?
Seorang guru dapat mengukur keberhasilan diskusi kelompok kecil dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan beberapa cara, seperti:
1. Mengamati partisipasi: Guru dapat memantau sejauh mana setiap anggota kelompok berpartisipasi dalam diskusi. Partisipasi aktif dan kontribusi positif dapat menjadi indikator keberhasilan.
2. Menggunakan rubrik evaluasi: Guru dapat menggunakan rubrik evaluasi yang jelas untuk menilai pemahaman konsep, argumentasi, atau solusi yang dibahas dalam diskusi.
3. Pertanyaan dan tanggapan: Guru dapat mengamati sejauh mana siswa mengajukan pertanyaan yang relevan dan memberikan tanggapan yang mendukung dalam diskusi.
4. Hasil produk: Jika diskusi mengarah pada penciptaan produk atau proyek tertentu, guru dapat menilai hasil akhirnya sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
5. Evaluasi sendiri: Meminta siswa untuk mengevaluasi diri mereka sendiri atau anggota kelompok mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran dari diskusi.
6. Tes atau tugas: Guru juga dapat mengukur keberhasilan diskusi dengan mengadakan tes atau memberikan tugas terkait materi yang telah dibahas dalam kelompok.
Dengan menggunakan berbagai metode evaluasi ini, seorang guru dapat lebih mudah mengukur keberhasilan diskusi kelompok kecil dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Bagaimana aurel apakah jawabannya sudah cukup?
Baik Terimakasih