Lampirkan analisis anda mengenai video berikut dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM. Dilarang melakukan plagiasi.
Forum Analisis Video 1
Nama : Azzahra Rindra Tiara
NPM : 2213053117
Kelas : 3/I
Analisis video 1 "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan"
Berdasarkan video di atas saya dapat mengambil kesimpulan bahwa video tersebut menceritakan seorang pengajar muda yang mengikuti program Indonesia mengajar kemudian ia ditempatkan di pelosok Kalimantan. Cerita pada video tersebut diambil dari kisah pengalaman nyata para anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa-desa terpencil di seluruh pelosok Negeri selama satu tahun. Video tersebut juga menampilkan keindahan alam Indonesia dan juga keunikan kehidupan berbudaya penduduk asli daerah setempat. Dari video tersebut dapat mengajarkan kita untuk selalu bersyukur pada segala hal karena masih banyak orang di luar sana termasuk di daerah terpencil yang membutuhkan dan memerlukan pendidikan. Pemerintah diharapkan dapat membuka mata supaya pendidikan dan kehidupan masyarakat pedalaman khususnya seperti pada video tersebut yaitu di pelosok Kalimantan agar bisa diperhatikan lebih lagi supaya pendidikan dapat merata di seluruh Indonesia dan masyarakat pedalaman juga dapat merasakan hidup yang lebih layak dan adil seperti yang dirasakan masyarakat yang tinggal di perkotaan. Video tersebut menunjukkan potret pemuda yang harus dicontoh Karena ia memiliki semangat yang tinggi menjadi pengajar muda yang memberikan kontribusi nyata dengan mengajar di daerah pelosok agar masyarakat di daerah pelosok juga dapat mendapatkan pendidikan yang adil dengan tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Ia juga memberikan motivasi motivasi kepada anak-anak di daerah pelosok supaya bersemangat untuk pergi ke sekolah. Karena dengan tangan tangan para relawan yang mau mengajar dan memberikan ilmu kepada masyarakat pedalaman tersebut kelak dapat mengukir masa depan masyarakat tersebut.
NPM : 2213053117
Kelas : 3/I
Analisis video 1 "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan"
Berdasarkan video di atas saya dapat mengambil kesimpulan bahwa video tersebut menceritakan seorang pengajar muda yang mengikuti program Indonesia mengajar kemudian ia ditempatkan di pelosok Kalimantan. Cerita pada video tersebut diambil dari kisah pengalaman nyata para anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa-desa terpencil di seluruh pelosok Negeri selama satu tahun. Video tersebut juga menampilkan keindahan alam Indonesia dan juga keunikan kehidupan berbudaya penduduk asli daerah setempat. Dari video tersebut dapat mengajarkan kita untuk selalu bersyukur pada segala hal karena masih banyak orang di luar sana termasuk di daerah terpencil yang membutuhkan dan memerlukan pendidikan. Pemerintah diharapkan dapat membuka mata supaya pendidikan dan kehidupan masyarakat pedalaman khususnya seperti pada video tersebut yaitu di pelosok Kalimantan agar bisa diperhatikan lebih lagi supaya pendidikan dapat merata di seluruh Indonesia dan masyarakat pedalaman juga dapat merasakan hidup yang lebih layak dan adil seperti yang dirasakan masyarakat yang tinggal di perkotaan. Video tersebut menunjukkan potret pemuda yang harus dicontoh Karena ia memiliki semangat yang tinggi menjadi pengajar muda yang memberikan kontribusi nyata dengan mengajar di daerah pelosok agar masyarakat di daerah pelosok juga dapat mendapatkan pendidikan yang adil dengan tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Ia juga memberikan motivasi motivasi kepada anak-anak di daerah pelosok supaya bersemangat untuk pergi ke sekolah. Karena dengan tangan tangan para relawan yang mau mengajar dan memberikan ilmu kepada masyarakat pedalaman tersebut kelak dapat mengukir masa depan masyarakat tersebut.
Nama : Rosa ananta Febrianti
Npm : 2213053288
Analisis Vidio 1. "Sepenggal cerita pengajar muda pelosok Kalimantan"
Berdasarkan video di atas saya dapat mengambil kesimpulan bahwa video tersebut menceritakan seorang pengajar muda yang mengikuti program Indonesia mengajar kemudian ia ditempatkan di pelosok Kalimantan. dari cerita tersebut di ambil dari cerita nyata yang ada, seseorang yang rela mengajar di tetapkan di daerah terpencil atau pelosok yaitu di Kalimantan. Dari Vidio tersebut juga dapat di lihat ada keindahan alam nya yang aman sangat menarik untuk di kunjungi dengan kesejukaan daerah nya. Dari Vidio di atas dapat kita simpulkan harus tetap bersyukur atas apa yang kita anugrahi dalam kehidupan kita. Vidio tersebut mengkontribusikan pekerja menjadi guru di pelosok yang membutuhkan.
Tenaga guru dan juga memberikan sedikit demi sedikit penjelasan tentang pembelajaran atau mentolerir kerja supaya dapat mengatur waktu
Ia juga memberikan motivasi motivasi kepada anak-anak di daerah pelosok supaya bersemangat untuk pergi ke sekolah. Karena dengan tangan tangan para relawan yang mau mengajar dan memberikan ilmu kepada masyarakat pedalaman tersebut kelak dapat mengukir masa depan masyarakat tersebut.
Npm : 2213053288
Analisis Vidio 1. "Sepenggal cerita pengajar muda pelosok Kalimantan"
Berdasarkan video di atas saya dapat mengambil kesimpulan bahwa video tersebut menceritakan seorang pengajar muda yang mengikuti program Indonesia mengajar kemudian ia ditempatkan di pelosok Kalimantan. dari cerita tersebut di ambil dari cerita nyata yang ada, seseorang yang rela mengajar di tetapkan di daerah terpencil atau pelosok yaitu di Kalimantan. Dari Vidio tersebut juga dapat di lihat ada keindahan alam nya yang aman sangat menarik untuk di kunjungi dengan kesejukaan daerah nya. Dari Vidio di atas dapat kita simpulkan harus tetap bersyukur atas apa yang kita anugrahi dalam kehidupan kita. Vidio tersebut mengkontribusikan pekerja menjadi guru di pelosok yang membutuhkan.
Tenaga guru dan juga memberikan sedikit demi sedikit penjelasan tentang pembelajaran atau mentolerir kerja supaya dapat mengatur waktu
Ia juga memberikan motivasi motivasi kepada anak-anak di daerah pelosok supaya bersemangat untuk pergi ke sekolah. Karena dengan tangan tangan para relawan yang mau mengajar dan memberikan ilmu kepada masyarakat pedalaman tersebut kelak dapat mengukir masa depan masyarakat tersebut.
Nama : Miftaudin Mahfudz
NPM : 2253053017
dari analisis video 1, saya menganalisis yaitu :
SEGENGGAM ASA DARI BELANTARA
Sekolah Dasar anak-anak Dayak Kalimantan Utara mereka satu dari sekian banyak keragaman dalam negara kesatuan kita Indonesia. ada seorang pengajar muda yang mengajar yang di tempatkan di desa tanjung Matau Nunukan Kalimantan Utara. sebelum bergabung Indonesia mengajar beliau menjadi relawan di gerakan peduli di Jayapura Papua.
sudah hampir 6 bulan beliau bersama anak-anak SD dari desa Tanjung matau Nunukan kalimantan Utara mengajar kelas 1 dan juga menjadi guru les anak kelas 6. anak-anak Tanjung Matau tersebut masih sedikit yang minat lanjutkan pendidikan setelah tamat SD, orang tua di daerah tersebut masih kurang sadar akan pentingnya pendidikan. anak perempuan di desa penempatanku malah banyak yang menikah di usia dini sekitar umur 12 tahun atau lulus SD sudah ada yang melamar. dan beliau sampai sekarang masih mengajar di SD tersebut
NPM : 2253053017
dari analisis video 1, saya menganalisis yaitu :
SEGENGGAM ASA DARI BELANTARA
Sekolah Dasar anak-anak Dayak Kalimantan Utara mereka satu dari sekian banyak keragaman dalam negara kesatuan kita Indonesia. ada seorang pengajar muda yang mengajar yang di tempatkan di desa tanjung Matau Nunukan Kalimantan Utara. sebelum bergabung Indonesia mengajar beliau menjadi relawan di gerakan peduli di Jayapura Papua.
sudah hampir 6 bulan beliau bersama anak-anak SD dari desa Tanjung matau Nunukan kalimantan Utara mengajar kelas 1 dan juga menjadi guru les anak kelas 6. anak-anak Tanjung Matau tersebut masih sedikit yang minat lanjutkan pendidikan setelah tamat SD, orang tua di daerah tersebut masih kurang sadar akan pentingnya pendidikan. anak perempuan di desa penempatanku malah banyak yang menikah di usia dini sekitar umur 12 tahun atau lulus SD sudah ada yang melamar. dan beliau sampai sekarang masih mengajar di SD tersebut
Nama : Dwi Ratna Asih
NPM : 2213053037
Pada video tersebut yakni menceritakan sebuah cerita ialah yang berjuul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan".
Bagaimana kegiatan mengajar di suatu desa yang sangat plosok iya merupakan pemuda yang telah mengikuti program Indonesia mengajar kemudian ia ditempatkan di pelosok Kalimantan.
Lalu video tersebut merupakan kisah cerita nyata yang di mana telah di ambil dari kisah para relawan yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa-desa terpencil di seluruh pelosok Negeri selama satu tahun.
Dari video tersebut kita sebagai pemuda harus malu jika kita tidak bisa memberikan contoh yang sangat luar biasa seperti pemuda pada di video tersebut telah memberikan hal positif dan contoh yang luar biasa untuk kita semua juga dapat kita lihat bahwa di luar sana masih banyak pendidikan yang sangat membutuhkan banyak fasilitas dan sara prasarana.
NPM : 2213053037
Pada video tersebut yakni menceritakan sebuah cerita ialah yang berjuul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan".
Bagaimana kegiatan mengajar di suatu desa yang sangat plosok iya merupakan pemuda yang telah mengikuti program Indonesia mengajar kemudian ia ditempatkan di pelosok Kalimantan.
Lalu video tersebut merupakan kisah cerita nyata yang di mana telah di ambil dari kisah para relawan yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa-desa terpencil di seluruh pelosok Negeri selama satu tahun.
Dari video tersebut kita sebagai pemuda harus malu jika kita tidak bisa memberikan contoh yang sangat luar biasa seperti pemuda pada di video tersebut telah memberikan hal positif dan contoh yang luar biasa untuk kita semua juga dapat kita lihat bahwa di luar sana masih banyak pendidikan yang sangat membutuhkan banyak fasilitas dan sara prasarana.
Nama : Krisna Farhan Fadillah
NPM : 2213053139
Di dalam video ini berceritakan tentang bagaimana kondisi suatu daerah terpencil di pulau Kalimantan yang masih Tertinggal di dalam kemajuan teknologi dan juga pendidikan. Tinggal ada salah satu pengajar muda bernama Veronica yang bersedia menjadi relawan untuk membantu kebutuhan pendidikan bagi anak-anak di desa tersebut. Minimia pengetahuan dan pendidikan di desa tersebut membuat banyak kebiasaan-kebiasaan yang salah namun menjadi budaya. Dengan adanya Veronica ini menjadi Asa bagi anak-anak di desa tersebut untuk mengenyam pendidikan yang memadai. Dengan ketersediaan sarana prasarana dan juga ruang bangunan yang hanya ada di desa tersebut membuat Veronica Harus berpikir dua kali dan juga mencari cara bagaimana mengajarkan anak-anak agar lebih efektif di dalam belajar. Bagi Veronica belajar itu sebagai cahaya atau lampu yang dapat meraih kita dari kegelapan seseorang yang tidak memiliki pendidikan ataupun ilmu maka dia akan tersesat di dalam kegelapan sehingga tidak mengetahui apa-apa.
NPM : 2213053139
Di dalam video ini berceritakan tentang bagaimana kondisi suatu daerah terpencil di pulau Kalimantan yang masih Tertinggal di dalam kemajuan teknologi dan juga pendidikan. Tinggal ada salah satu pengajar muda bernama Veronica yang bersedia menjadi relawan untuk membantu kebutuhan pendidikan bagi anak-anak di desa tersebut. Minimia pengetahuan dan pendidikan di desa tersebut membuat banyak kebiasaan-kebiasaan yang salah namun menjadi budaya. Dengan adanya Veronica ini menjadi Asa bagi anak-anak di desa tersebut untuk mengenyam pendidikan yang memadai. Dengan ketersediaan sarana prasarana dan juga ruang bangunan yang hanya ada di desa tersebut membuat Veronica Harus berpikir dua kali dan juga mencari cara bagaimana mengajarkan anak-anak agar lebih efektif di dalam belajar. Bagi Veronica belajar itu sebagai cahaya atau lampu yang dapat meraih kita dari kegelapan seseorang yang tidak memiliki pendidikan ataupun ilmu maka dia akan tersesat di dalam kegelapan sehingga tidak mengetahui apa-apa.
Nama : Eva Nesa Lia
NPM : 2253053052
Analisis yang saya dapatkan setelah menonton video tersebut adalah
Pendidikan, masih saja menjadi barang mahal di tanah saudara-saudara kita yang jauh dari pusat. Kebudayaan yang berbeda, fasilitas yang kurang memadai, jarak yang jauh, kurangnya tenaga pengajar, dan masalah-masalah lain masih saja terjadi.
Lalu, bagaimana ceritanya kalau anak-anak muda, generasi penerus bangsa ini tergerak hatinya. Dia adalah pemuda yang rela meninggalkan kenyamanan kota dan jauh dari keluarga untuk mengabdi di pedalaman, sebagai guru.
Dengan itu tentunya sangat berharap akan memotivasi anak-anak supaya mereka belajar dengan sebaik-baiknya. Pengetahuan yang didapat juga harus diberi arahan, bahwa pengetahuan itu akan meningkatkan taraf hidup mereka di masa yang akan datang.
NPM : 2253053052
Analisis yang saya dapatkan setelah menonton video tersebut adalah
Pendidikan, masih saja menjadi barang mahal di tanah saudara-saudara kita yang jauh dari pusat. Kebudayaan yang berbeda, fasilitas yang kurang memadai, jarak yang jauh, kurangnya tenaga pengajar, dan masalah-masalah lain masih saja terjadi.
Lalu, bagaimana ceritanya kalau anak-anak muda, generasi penerus bangsa ini tergerak hatinya. Dia adalah pemuda yang rela meninggalkan kenyamanan kota dan jauh dari keluarga untuk mengabdi di pedalaman, sebagai guru.
Dengan itu tentunya sangat berharap akan memotivasi anak-anak supaya mereka belajar dengan sebaik-baiknya. Pengetahuan yang didapat juga harus diberi arahan, bahwa pengetahuan itu akan meningkatkan taraf hidup mereka di masa yang akan datang.
Alya Rifa Dwi Pangestu
2213053152
3I
Bedasarkan video diatas dapat disimpulkan bahwa video tersebut diambil dari kisah nyata para anak muda yang rela melepaskan karirnya dan kehidupan di kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa kecil seluruh pelosok Negeri. Dari video tersebut juga dapat mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas segala hal yang masih banyak orang di luar sana termasuk di daerah terpencil yang membutuhkan dan memerlukan pendidikan. Pemerintah seharusnya dapat membuka mata agar pendidikan dan kehidupan masyarakat di desa terpncil khususnya seperti di video tersebut yaitu di pelosok Kalimantan agar bisa diperhatikan lebih baik lagi agar pendidikan teersebut dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia supaya dapat merasakan hidup yang lebih baik dan layak seperti masyarakat yang tinggal di perkotaan.
2213053152
3I
Bedasarkan video diatas dapat disimpulkan bahwa video tersebut diambil dari kisah nyata para anak muda yang rela melepaskan karirnya dan kehidupan di kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa kecil seluruh pelosok Negeri. Dari video tersebut juga dapat mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas segala hal yang masih banyak orang di luar sana termasuk di daerah terpencil yang membutuhkan dan memerlukan pendidikan. Pemerintah seharusnya dapat membuka mata agar pendidikan dan kehidupan masyarakat di desa terpncil khususnya seperti di video tersebut yaitu di pelosok Kalimantan agar bisa diperhatikan lebih baik lagi agar pendidikan teersebut dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia supaya dapat merasakan hidup yang lebih baik dan layak seperti masyarakat yang tinggal di perkotaan.
Nama : Nadia Ayu Nurjanah
NPM : 2213053119
Kelas : 3 / i
Dalam video dengan judul “Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan” menceritakan sepenggal pengalaman Martencis Siregar di desa Tanjung Mato Kalimantan Utara sebagai pengajar muda dari Indonesia mengajar. Martencis rela meninggalkan kenyamanan kota dan jauh dari keluarga untuk mengabdi di pelosok negeri sebagai pengajar. Tak sekadar mengajar baca tulis hitung, Veronica juga mengajar banyak nilai-nilai kebaikan. Martencis telah memilih untuk menghabiskan satu tahun usianya untuk menjadi Pengajar Muda. Jiwa social, prinsip mengasihi sesama seperti diri sendiri, pengabdian kepada masyarakat dan nilai-nilai kepemimpinan inilah yang ingin dibagikan Martencis kepada anak, remaja dan kaum muda di daerah penempatannya.
NPM : 2213053119
Kelas : 3 / i
Dalam video dengan judul “Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan” menceritakan sepenggal pengalaman Martencis Siregar di desa Tanjung Mato Kalimantan Utara sebagai pengajar muda dari Indonesia mengajar. Martencis rela meninggalkan kenyamanan kota dan jauh dari keluarga untuk mengabdi di pelosok negeri sebagai pengajar. Tak sekadar mengajar baca tulis hitung, Veronica juga mengajar banyak nilai-nilai kebaikan. Martencis telah memilih untuk menghabiskan satu tahun usianya untuk menjadi Pengajar Muda. Jiwa social, prinsip mengasihi sesama seperti diri sendiri, pengabdian kepada masyarakat dan nilai-nilai kepemimpinan inilah yang ingin dibagikan Martencis kepada anak, remaja dan kaum muda di daerah penempatannya.
Nama : Rizka Selviana Putri
NPM : 2213053254
Vidio tersebut Menceritakan tentang seorang pengajar muda yang mengikuti program Indonesia mengajar dan ia ditempatkan di tempat pelosok Kalimantan sehingga ia bisa menceritakan tentang bagaimana kondisi suatu daerah yang ada di pulau Kalimantan tersebut di mana daerah tersebut masih sangat tertinggal di dalam kemajuan teknologi maupun pendidikannya. Pengajar tersebut bernama martencis Siregar iya rela untuk meninggalkan tempat ia lahir dan kenyamanan kota serta jauh dari keluarga untuk mengabdi di desa Tanjung matuk Kalimantan Utara. Yang memberikan anak-anak di desa tersebut pendidikan serta mengajar baca tulis hitung dan banyak nilai-nilai kebaikan yang dilakukannya . Jiwa sosial yang ia miliki tinggi, prinsip mengasihi sesama seperti diri sendiri, mengabdi kepada masyarakat dan nilai-nilai kepemimpinan inilah yang ingin dibagikan ia kepada anak remaja dan kaum muda di daerah setempat sehingga mereka mengerti bahwa di kehidupan yang akan datang mereka bisa menghadapi masalah-masalah yang timbul ke depannya.
NPM : 2213053254
Vidio tersebut Menceritakan tentang seorang pengajar muda yang mengikuti program Indonesia mengajar dan ia ditempatkan di tempat pelosok Kalimantan sehingga ia bisa menceritakan tentang bagaimana kondisi suatu daerah yang ada di pulau Kalimantan tersebut di mana daerah tersebut masih sangat tertinggal di dalam kemajuan teknologi maupun pendidikannya. Pengajar tersebut bernama martencis Siregar iya rela untuk meninggalkan tempat ia lahir dan kenyamanan kota serta jauh dari keluarga untuk mengabdi di desa Tanjung matuk Kalimantan Utara. Yang memberikan anak-anak di desa tersebut pendidikan serta mengajar baca tulis hitung dan banyak nilai-nilai kebaikan yang dilakukannya . Jiwa sosial yang ia miliki tinggi, prinsip mengasihi sesama seperti diri sendiri, mengabdi kepada masyarakat dan nilai-nilai kepemimpinan inilah yang ingin dibagikan ia kepada anak remaja dan kaum muda di daerah setempat sehingga mereka mengerti bahwa di kehidupan yang akan datang mereka bisa menghadapi masalah-masalah yang timbul ke depannya.
Nama : Habsah afifatul amri
Npm : 2213053153
"Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan"
Berdasarkan video di atas dapat saya simpulkan bahwa video tersebut menceritakan seorang pengajar muda yang mengikuti program Indonesia mengajar, Lalu beliau ditempatkan di pelosok Kalimantan. Ia rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota demi menjadi guru dan mengajar di desa-desa terpencil di seluruh pelosok Negeri selama satu tahun. Dalam video mengajarkan kita untuk selalu bersyukur pada segala hal karena masih banyak orang di luar sana dan daerah terpencil yang membutuhkan dan memerlukan pendidikan. Pemerintah diharapkan dapat membuka mata supaya pendidikan dan kehidupan masyarakat pedalaman seperti pelosok Kalimantan agar bisa diperhatikan lebih lagi supaya pendidikan dapat merata di seluruh Indonesia dan masyarakat pedalaman juga dapat merasakan hidup yang lebih layak dan adil seperti yang dirasakan masyarakat yang tinggal di perkotaan.
Npm : 2213053153
"Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan"
Berdasarkan video di atas dapat saya simpulkan bahwa video tersebut menceritakan seorang pengajar muda yang mengikuti program Indonesia mengajar, Lalu beliau ditempatkan di pelosok Kalimantan. Ia rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota demi menjadi guru dan mengajar di desa-desa terpencil di seluruh pelosok Negeri selama satu tahun. Dalam video mengajarkan kita untuk selalu bersyukur pada segala hal karena masih banyak orang di luar sana dan daerah terpencil yang membutuhkan dan memerlukan pendidikan. Pemerintah diharapkan dapat membuka mata supaya pendidikan dan kehidupan masyarakat pedalaman seperti pelosok Kalimantan agar bisa diperhatikan lebih lagi supaya pendidikan dapat merata di seluruh Indonesia dan masyarakat pedalaman juga dapat merasakan hidup yang lebih layak dan adil seperti yang dirasakan masyarakat yang tinggal di perkotaan.
Nama : Adelia Cherlyana
NPM : 2213053022
Pendidikan merupakan cahaya dan menuntut kita untuk mencapai tujuan.
Video ini mengisahkan tentang guru bernama Martencis Veronica Siregar seorang pengajar muda dari gerakan Indonesia mengajar yang ditempatkan di Tanjung Mato, Kalimantan Utara. Beliau bercerita bahwa orang tua disana kurang memperhatikan pendidikan anak, sehingga banyak anak yang tidak melanjutkan sekolah setelah lulus SD bahkan ada beberapa yang menikah muda walupun usianya masih 12 tahun.
Disana beliau memiliki cita - cita agar anak - anak Tanjung Mato mau pergi ke sekolah, belajar dan punya bekal yang lebih baik untuk masa depannya.
Di desa Tanjung Mato belum terdapat TK ataupun PAUD sehingga kelas 1 SD merupakan awal pendidikan untuk anak - anak disana. Beliau disana mengajak kelas 1 yang dimana anak - anaknya gampang bosan dan jenuh, tetapi beliau dapat mengatasinya dengan menggunakan metode - metode yang cocok dan terkadang beliau juga mengajak murid - muridnya untuk belajar di luar kelas karena belajar itu bisa dari mana saja dan dimana saja.
NPM : 2213053022
Pendidikan merupakan cahaya dan menuntut kita untuk mencapai tujuan.
Video ini mengisahkan tentang guru bernama Martencis Veronica Siregar seorang pengajar muda dari gerakan Indonesia mengajar yang ditempatkan di Tanjung Mato, Kalimantan Utara. Beliau bercerita bahwa orang tua disana kurang memperhatikan pendidikan anak, sehingga banyak anak yang tidak melanjutkan sekolah setelah lulus SD bahkan ada beberapa yang menikah muda walupun usianya masih 12 tahun.
Disana beliau memiliki cita - cita agar anak - anak Tanjung Mato mau pergi ke sekolah, belajar dan punya bekal yang lebih baik untuk masa depannya.
Di desa Tanjung Mato belum terdapat TK ataupun PAUD sehingga kelas 1 SD merupakan awal pendidikan untuk anak - anak disana. Beliau disana mengajak kelas 1 yang dimana anak - anaknya gampang bosan dan jenuh, tetapi beliau dapat mengatasinya dengan menggunakan metode - metode yang cocok dan terkadang beliau juga mengajak murid - muridnya untuk belajar di luar kelas karena belajar itu bisa dari mana saja dan dimana saja.
Nama : Nadila Febilia Afrisa
NPM : 2213053076
Dari vidio 1 yang berjudul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan" dapat saya simpulkan bahwa vidio tersebut menceritakan seorang wanita yang bernama Marthencis veronika siregar sebagai pengajar muda dari gerakan indonesia yang ditempatkan disekolah anak anak dayak kalimantan utara.setiap hari dia mengajar sekolah dan les anak anak didesa tersebut,karna daerahnya yang sangat pelosok anak anak sangat sedikit yang minat melanjutkan pendidikan,orang orang disana masih belum paham akan pentingnya pendidikan,bahwa untuk para wanita disana kebanyakan menikah dini pada saat umur sekitaran 13 an tahun.Marthencis ingin anak anak di tanjung martol mau pergi kesekolah untuk belajar dan bisa punya bekal yang lebih baik untuk masa depanya.
Anak anak disana mudah bosen sehingga veronika mencari inisiatif lain untuk membuat suasa kelas lebih menyenangkan dan mengajar murid belajar diluar kelas.Minimnya sarana dan prasarana disana membuat SD tersebut masih tertinggal untuk itu kepala sekolah berusaha memberikan beasiswa untuk murid yang berprestasi.Seorang relawan muda berkata "pendidikan itu seperti cahaya,jadi ketika kita tidak punya cahaya untuk melakukan perjalanan pasti akan tersesat,tapi ketika kita punya cahaya pasti kita tau arah kita akan kemana dan menuntun ke tujuan yang kita mau".
NPM : 2213053076
Dari vidio 1 yang berjudul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan" dapat saya simpulkan bahwa vidio tersebut menceritakan seorang wanita yang bernama Marthencis veronika siregar sebagai pengajar muda dari gerakan indonesia yang ditempatkan disekolah anak anak dayak kalimantan utara.setiap hari dia mengajar sekolah dan les anak anak didesa tersebut,karna daerahnya yang sangat pelosok anak anak sangat sedikit yang minat melanjutkan pendidikan,orang orang disana masih belum paham akan pentingnya pendidikan,bahwa untuk para wanita disana kebanyakan menikah dini pada saat umur sekitaran 13 an tahun.Marthencis ingin anak anak di tanjung martol mau pergi kesekolah untuk belajar dan bisa punya bekal yang lebih baik untuk masa depanya.
Anak anak disana mudah bosen sehingga veronika mencari inisiatif lain untuk membuat suasa kelas lebih menyenangkan dan mengajar murid belajar diluar kelas.Minimnya sarana dan prasarana disana membuat SD tersebut masih tertinggal untuk itu kepala sekolah berusaha memberikan beasiswa untuk murid yang berprestasi.Seorang relawan muda berkata "pendidikan itu seperti cahaya,jadi ketika kita tidak punya cahaya untuk melakukan perjalanan pasti akan tersesat,tapi ketika kita punya cahaya pasti kita tau arah kita akan kemana dan menuntun ke tujuan yang kita mau".
Sebagai balasan Kiriman pertama
Re: Forum Analisis Video 1
Nama : Dian Anjani Cahyaningrum Sasongko
NPM : 2253053018
Dalam video 1 yang berjudul "Sepenggal cerita pengajar muda di pelosok Kalimantan - lentera" saya mendapatkan beberapa materi penting seperti : pendidikan itu seperti cahaya seperti ketika kita tidak punya cahaya untuk berjalan kita bisa tersesat tetapi jika terlihat sebuah cahaya kita akan dapat melihat dan menuju ke jalan yang benar , seorang pengajar muda yang rela dan dan untuk mengajar di pelosok Kalimantan demi membantu anak-anak meraih cita-citanya serta masa depannya untuk membangun desa yang lebih maju lagi. Mirisnya banyak sekali seorang perempuan yang tinggal di pelosok desa ini terutama yang masih muda lebih memilih menikah dini daripada melanjutkan sekolahnya kenapa hal ini bisa terjadi ? karena tentunya kurangnya pengajar yang ada di desa tersebut dan juga tuntutan ilmu serta pendidikan yang sangat kurang untuk diberikan kepada anak-anak di desa tersebut, jadi kita sebagai generasi muda terutama sebagai calon guru hendaknya memikirkan bagaimana cara membantu semua orang untuk mencapai cita-citanya dengan cara apapun sehingga dengan ini akan terciptanya generasi muda lainnya yang akan memajukan desa maupun kotanya maupun daerahnya maupun negaranya.
NPM : 2253053018
Dalam video 1 yang berjudul "Sepenggal cerita pengajar muda di pelosok Kalimantan - lentera" saya mendapatkan beberapa materi penting seperti : pendidikan itu seperti cahaya seperti ketika kita tidak punya cahaya untuk berjalan kita bisa tersesat tetapi jika terlihat sebuah cahaya kita akan dapat melihat dan menuju ke jalan yang benar , seorang pengajar muda yang rela dan dan untuk mengajar di pelosok Kalimantan demi membantu anak-anak meraih cita-citanya serta masa depannya untuk membangun desa yang lebih maju lagi. Mirisnya banyak sekali seorang perempuan yang tinggal di pelosok desa ini terutama yang masih muda lebih memilih menikah dini daripada melanjutkan sekolahnya kenapa hal ini bisa terjadi ? karena tentunya kurangnya pengajar yang ada di desa tersebut dan juga tuntutan ilmu serta pendidikan yang sangat kurang untuk diberikan kepada anak-anak di desa tersebut, jadi kita sebagai generasi muda terutama sebagai calon guru hendaknya memikirkan bagaimana cara membantu semua orang untuk mencapai cita-citanya dengan cara apapun sehingga dengan ini akan terciptanya generasi muda lainnya yang akan memajukan desa maupun kotanya maupun daerahnya maupun negaranya.
Nama: Angga Putra
NPM: 2253053043
Analisis saya terhadap video Youtube yang bejudul " SEPENGGAL CERITA PENGAJAR MUDA DI PLOSOK KALIMANTAN " didalam video ini menceritakan perjalan hidup mengajar seorang guru muda atau pengajar muda yang bergabung dalam program Indonesia Mengajar nah ia ditetapkan atau ditugaskan didaerah plosok Kalimantan yaitu desa Tanjung Matau Nunukan, Kalimantan Utara. Tentunya terdapat beberapa hambatan dalam mengajar didaerah itu salah satunya adalah banyak nya pernikahan usia dini, dan kurangnya perhatian orang tua akan pentingnya pendidikan bagi anak. Dengan ada nya video ini pastinya memberikan kita banyak motivasi dan pandangan akan penting nya pendidikan anak apalagi didesa-desa yang terplosok yang jauh dari kemajuan pendidikan yang dimana kurang nya tenaga pendidik.
NPM: 2253053043
Analisis saya terhadap video Youtube yang bejudul " SEPENGGAL CERITA PENGAJAR MUDA DI PLOSOK KALIMANTAN " didalam video ini menceritakan perjalan hidup mengajar seorang guru muda atau pengajar muda yang bergabung dalam program Indonesia Mengajar nah ia ditetapkan atau ditugaskan didaerah plosok Kalimantan yaitu desa Tanjung Matau Nunukan, Kalimantan Utara. Tentunya terdapat beberapa hambatan dalam mengajar didaerah itu salah satunya adalah banyak nya pernikahan usia dini, dan kurangnya perhatian orang tua akan pentingnya pendidikan bagi anak. Dengan ada nya video ini pastinya memberikan kita banyak motivasi dan pandangan akan penting nya pendidikan anak apalagi didesa-desa yang terplosok yang jauh dari kemajuan pendidikan yang dimana kurang nya tenaga pendidik.
Nama: Mae Lisa Indriyani
NPM : 2253053014
Judul: Sepenggal cerita pengajar muda dipelosok kalimantan oleh lentera indonesia
Dari video diatas bisa kita lihat bahwa ada wilayah di kalimantan yang masih mengalami kesulitan dalam bidang pendidikan. Tidak hanya masyarakat yang sedikit, tetapi pemikiran masyarakat yang masih kurang dalam hal pendidikan. pendidikan sangat penting bagi anak sekolah dasar karena menjadi landasan ilmu pengetahuan dan penciptaan moral itu sendiri. Pendidikan yang masih sulit dijangkau dalam hal pemerataan dan kesadaran akan pentingnya ilmu sangat rentan terjadi. Bisa kita lihat bahwa di desa itu untuk akses jalan saja membutuhkan 7 jam perjalanan, dan untuk pendidikan menegah masih belum ada di desa tersebut.
Kurang nya motivasi belajar menjadi penyebab pendidikan anak-anak menjadi lebih tinggi atau kejenjang selanjutnya. Di desa tanjung matol pendidikan masih jauh dari kata sempurna, salah satunya jauh dari kabupaten nya sendiri. Sehingga penduduk desa tanjung matol lebih sering menuju ke kabupaten sebelah yang jaraknya lebih dekat. Pengajaran tidak selalu dikelas, untuk memotivasi anak kita perlu melihatkan betapa indahnya dan banyaknya jelajah negeri yang perlu dikunjungi. Salah satu peserta didik diajak untuk mengeksplor dunia luar untuk mengetahui bagaimana seru dan luar biasanya pendidikan lanjut. Lalu anak tersebut menceritakan bagaimana perjalanan nya untuk memotivasi anak lainnya agar melanjutkan pendidikan nya.
Pendidikan tidak hanya berdiri sendiri oleh satu orang, tetapi orang-orang disekitar kita sangat berpengaruh dalam membangun bangsa. Pendekatan terhadap calon penerus pendidikan di desa tanjung mantol adalah tujuan indonesia mengajar. Tidak hanya itu motivasi dan semangat belajar peserta didik harus senantiasa dibangun supaya pendidikan di desa tersebut terus berjalan dan tidak terhenti oleh zaman. Cita-cita peserta didik masih banyak dan belum tercapai, kita sebagai calon pendidik menyalurkan dan memberikan motivasi untuk meraih cita-cita tersebut apapun yang dilalui nya.
NPM : 2253053014
Judul: Sepenggal cerita pengajar muda dipelosok kalimantan oleh lentera indonesia
Dari video diatas bisa kita lihat bahwa ada wilayah di kalimantan yang masih mengalami kesulitan dalam bidang pendidikan. Tidak hanya masyarakat yang sedikit, tetapi pemikiran masyarakat yang masih kurang dalam hal pendidikan. pendidikan sangat penting bagi anak sekolah dasar karena menjadi landasan ilmu pengetahuan dan penciptaan moral itu sendiri. Pendidikan yang masih sulit dijangkau dalam hal pemerataan dan kesadaran akan pentingnya ilmu sangat rentan terjadi. Bisa kita lihat bahwa di desa itu untuk akses jalan saja membutuhkan 7 jam perjalanan, dan untuk pendidikan menegah masih belum ada di desa tersebut.
Kurang nya motivasi belajar menjadi penyebab pendidikan anak-anak menjadi lebih tinggi atau kejenjang selanjutnya. Di desa tanjung matol pendidikan masih jauh dari kata sempurna, salah satunya jauh dari kabupaten nya sendiri. Sehingga penduduk desa tanjung matol lebih sering menuju ke kabupaten sebelah yang jaraknya lebih dekat. Pengajaran tidak selalu dikelas, untuk memotivasi anak kita perlu melihatkan betapa indahnya dan banyaknya jelajah negeri yang perlu dikunjungi. Salah satu peserta didik diajak untuk mengeksplor dunia luar untuk mengetahui bagaimana seru dan luar biasanya pendidikan lanjut. Lalu anak tersebut menceritakan bagaimana perjalanan nya untuk memotivasi anak lainnya agar melanjutkan pendidikan nya.
Pendidikan tidak hanya berdiri sendiri oleh satu orang, tetapi orang-orang disekitar kita sangat berpengaruh dalam membangun bangsa. Pendekatan terhadap calon penerus pendidikan di desa tanjung mantol adalah tujuan indonesia mengajar. Tidak hanya itu motivasi dan semangat belajar peserta didik harus senantiasa dibangun supaya pendidikan di desa tersebut terus berjalan dan tidak terhenti oleh zaman. Cita-cita peserta didik masih banyak dan belum tercapai, kita sebagai calon pendidik menyalurkan dan memberikan motivasi untuk meraih cita-cita tersebut apapun yang dilalui nya.
Nama : Ufara Alfadila
NPM : 2213053114
Dari video yang berjudul “Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan” dapat saya simpulkan bahwa ada seorang pengajar muda bernama Martencis Veronica Siregar yang ditempatkan mengajar dipedalaman Kalimantan Utara, Desa Tanjung Mato Kecamatan Nunukan. Ia sudah mengajar selama 6 bulan, ia mengatakan bahwa kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan disini masih rendah sehingga anak-anak banyak yang tidak melanjutkan sekolah setelah tamat SD dan bahkan banyak anak perempuan nikah muda usia 12 atau lulus SD. Martencis menghias kelas agar menciptakan kondisi kelas yang menyenangkan agar anak semangat belajar. Tantangan yang ia hadapai yaitu anak anak yang mudah bosan sehinga ia harus memikirkan cara agar anak tetap mau belajar yaitu dengan mengajaknya belajar secara outdoor yang ternyata ampuh mengatasi rasa jenuh para anak-anak disana.
Untuk meningkatkan semangat anak-anak agar terus bersekolah, Kepala sekolah memberikan hadiah untuk anak yang berprestasi dengan mengajaknya jalan-jalan naik mobil keluar desa Tanjung mato. Hadiah ini bertujuan untuk membuka wawasan baru tentang dunia luar. Pada keesokannya anak yang mendapat hadiah tersebut diminta menceritakan pengalamannya saat diajak jalan-jalan untuk memotivasi teman-temannya agar semangat bersekolah, belajar dan berprestasi.
NPM : 2213053114
Dari video yang berjudul “Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan” dapat saya simpulkan bahwa ada seorang pengajar muda bernama Martencis Veronica Siregar yang ditempatkan mengajar dipedalaman Kalimantan Utara, Desa Tanjung Mato Kecamatan Nunukan. Ia sudah mengajar selama 6 bulan, ia mengatakan bahwa kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan disini masih rendah sehingga anak-anak banyak yang tidak melanjutkan sekolah setelah tamat SD dan bahkan banyak anak perempuan nikah muda usia 12 atau lulus SD. Martencis menghias kelas agar menciptakan kondisi kelas yang menyenangkan agar anak semangat belajar. Tantangan yang ia hadapai yaitu anak anak yang mudah bosan sehinga ia harus memikirkan cara agar anak tetap mau belajar yaitu dengan mengajaknya belajar secara outdoor yang ternyata ampuh mengatasi rasa jenuh para anak-anak disana.
Untuk meningkatkan semangat anak-anak agar terus bersekolah, Kepala sekolah memberikan hadiah untuk anak yang berprestasi dengan mengajaknya jalan-jalan naik mobil keluar desa Tanjung mato. Hadiah ini bertujuan untuk membuka wawasan baru tentang dunia luar. Pada keesokannya anak yang mendapat hadiah tersebut diminta menceritakan pengalamannya saat diajak jalan-jalan untuk memotivasi teman-temannya agar semangat bersekolah, belajar dan berprestasi.
Nama: Florentic Helau
NPM: 2213053023
Seorang pengajar muda bernama Martencis Veronica Siregar menceritakan pengalamannya mengajar didesa Tanjung matau nunukan Kalimantan Utara. Melihat bagaimana kondisi pendidikan di daerah pelosok Kalimantan. Anak anak yang kurang pendidikan sehingga anak perempuan masih banyak yang menikah di usia dini. Kurangnya perhatian orangtua mengenai pendidikan anak yang menjadi persoalan. Ketersediaan sarana prasarana dan juga ruang bangunan yang kurang memadai di desa tersebut membuat Veronica harus berpikir dan memutar otak untuk mengajarkan anak-anak dan membuat mereka betah dan tidak bosan dalam belajar.
NPM: 2213053023
Seorang pengajar muda bernama Martencis Veronica Siregar menceritakan pengalamannya mengajar didesa Tanjung matau nunukan Kalimantan Utara. Melihat bagaimana kondisi pendidikan di daerah pelosok Kalimantan. Anak anak yang kurang pendidikan sehingga anak perempuan masih banyak yang menikah di usia dini. Kurangnya perhatian orangtua mengenai pendidikan anak yang menjadi persoalan. Ketersediaan sarana prasarana dan juga ruang bangunan yang kurang memadai di desa tersebut membuat Veronica harus berpikir dan memutar otak untuk mengajarkan anak-anak dan membuat mereka betah dan tidak bosan dalam belajar.
Nama : Riri Oktavia Erlina
Npm : 2213053098
Analisis Video 1
"Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan - Lentera Indonesia"
Menurut analisis saya kesadaran penduduk Tanjung Matol masih sangat minim akan pentingnya suatu pendidikan bagi anak-anaknya. Seperti halnya dimana pernikahan anak perempuan dibawah umur merupakan hal lumrah terjadi di desa tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi akan menurunnya kesadaran akan pentingnya suatu pendidikan bagi anak-anak desa tersebut yaitu faktor dari suatu adat kebiasaan ataupun tradisi, memiliki pemikiran yang masih tradisional, akses kota yang jauh untuk menempuh pendidikan, tidak adanya akses informasi dan komunikasi bagi masyarakat untuk menambah pengetahuan akan pentingnya suatu pendidikan. Oleh karena itu para pendidik disana merasa bertanggung jawab dan memiliki peran penting untuk memberikan kesadaran akan pentingnya suatu pendidikan terutama bagi masa depan anak bangsa baik pria maupun wanita.
Pendidik yang mengajar disana tentunya harus memiliki kemampuan untuk dapat memberikan pembelajaran menggunakan metode-metode yang kreatif walaupun dengan fasilitas yang terbatas, hal ini dikarenakan di desa tersebut tidak adanya pendidikan TK ataupun paud sehigga kelas 1 SD merupakan kelas yang memiliki perjalanan yang begitu panjang bagi pendidik untuk memulai dan mengajarkan pengetahuan akan ilmu pengetahuan. Diharapkan dengan menggunakan metode yang kreatif ini dapat memberikan motivasi, semanagat dan rasa senang bagi para peserta didik untuk terus mengikuti kegiatan pembelajaran dengan penuh rasa semangat tentunya.
Dari hal tersebut dapat kita simpulkan jika seorang pendidik memiliki pengaruh dan peran penting dalam membangun keasadaran akan pentingnya pendidikan baik bagi peserta didik maupun bagi pandangan orang tua terhadap pendidikan.
Npm : 2213053098
Analisis Video 1
"Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan - Lentera Indonesia"
Menurut analisis saya kesadaran penduduk Tanjung Matol masih sangat minim akan pentingnya suatu pendidikan bagi anak-anaknya. Seperti halnya dimana pernikahan anak perempuan dibawah umur merupakan hal lumrah terjadi di desa tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi akan menurunnya kesadaran akan pentingnya suatu pendidikan bagi anak-anak desa tersebut yaitu faktor dari suatu adat kebiasaan ataupun tradisi, memiliki pemikiran yang masih tradisional, akses kota yang jauh untuk menempuh pendidikan, tidak adanya akses informasi dan komunikasi bagi masyarakat untuk menambah pengetahuan akan pentingnya suatu pendidikan. Oleh karena itu para pendidik disana merasa bertanggung jawab dan memiliki peran penting untuk memberikan kesadaran akan pentingnya suatu pendidikan terutama bagi masa depan anak bangsa baik pria maupun wanita.
Pendidik yang mengajar disana tentunya harus memiliki kemampuan untuk dapat memberikan pembelajaran menggunakan metode-metode yang kreatif walaupun dengan fasilitas yang terbatas, hal ini dikarenakan di desa tersebut tidak adanya pendidikan TK ataupun paud sehigga kelas 1 SD merupakan kelas yang memiliki perjalanan yang begitu panjang bagi pendidik untuk memulai dan mengajarkan pengetahuan akan ilmu pengetahuan. Diharapkan dengan menggunakan metode yang kreatif ini dapat memberikan motivasi, semanagat dan rasa senang bagi para peserta didik untuk terus mengikuti kegiatan pembelajaran dengan penuh rasa semangat tentunya.
Dari hal tersebut dapat kita simpulkan jika seorang pendidik memiliki pengaruh dan peran penting dalam membangun keasadaran akan pentingnya pendidikan baik bagi peserta didik maupun bagi pandangan orang tua terhadap pendidikan.
Efi Yulyana(2213053075)
Dari video 1 dapat di analisis
bahwa video tersebut diambil dari kisah nyata para anak muda yang rela melepaskan karirnya dan kehidupan di kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa kecil seluruh pelosok Negeri. Dari video tersebut juga dapat mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas segala hal yang masih banyak orang di luar sana termasuk di daerah terpencil yang membutuhkan dan memerlukan pendidikan. Pemerintah seharusnya dapat membuka mata agar pendidikan dan kehidupan masyarakat di desa terpncil khususnya seperti di video tersebut yaitu di pelosok Kalimantan agar bisa diperhatikan lebih baik lagi agar pendidikan teersebut dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia supaya dapat merasakan hidup yang lebih baik dan layak seperti masyarakat yang tinggal di perkotaan.
Dari video 1 dapat di analisis
bahwa video tersebut diambil dari kisah nyata para anak muda yang rela melepaskan karirnya dan kehidupan di kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa kecil seluruh pelosok Negeri. Dari video tersebut juga dapat mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas segala hal yang masih banyak orang di luar sana termasuk di daerah terpencil yang membutuhkan dan memerlukan pendidikan. Pemerintah seharusnya dapat membuka mata agar pendidikan dan kehidupan masyarakat di desa terpncil khususnya seperti di video tersebut yaitu di pelosok Kalimantan agar bisa diperhatikan lebih baik lagi agar pendidikan teersebut dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia supaya dapat merasakan hidup yang lebih baik dan layak seperti masyarakat yang tinggal di perkotaan.
Nama : Ayu Arinda
NPM : 2213053079
Video diatas menceritakan tentang seorang volunteer bernama Martencis Veronica Siregar yang mengabdi di sebuah desa terpelosok di Kalimatan tepatnya di desa tanjung matol. Dalam video tersebut diceritakan tentang kondisi suatu daerah terpencil yang berada di pulau Kalimantan, yang dimana dalam daerah tersebut bisa dibilang masih tertinggal jauh dalam kemajuan teknologi dan pendidikan. Minimnya pengetahuan dan pendidikan di daerah tersebut sehingga muncul kesalahan yang dijadikan budaya turun-temurun, seperti menikah muda. Seharusnya pendidikan harus diibaratkan sebagai sebuah cahaya yang dimana ketika kita tidak punya cahaya untuk melakukan perjalanan kita dapat saja tersesat, lain hal apabila ketika kita memiliki cahaya maka kita akan tahu arah yang akan kita tuju.
NPM : 2213053079
Video diatas menceritakan tentang seorang volunteer bernama Martencis Veronica Siregar yang mengabdi di sebuah desa terpelosok di Kalimatan tepatnya di desa tanjung matol. Dalam video tersebut diceritakan tentang kondisi suatu daerah terpencil yang berada di pulau Kalimantan, yang dimana dalam daerah tersebut bisa dibilang masih tertinggal jauh dalam kemajuan teknologi dan pendidikan. Minimnya pengetahuan dan pendidikan di daerah tersebut sehingga muncul kesalahan yang dijadikan budaya turun-temurun, seperti menikah muda. Seharusnya pendidikan harus diibaratkan sebagai sebuah cahaya yang dimana ketika kita tidak punya cahaya untuk melakukan perjalanan kita dapat saja tersesat, lain hal apabila ketika kita memiliki cahaya maka kita akan tahu arah yang akan kita tuju.
Nama : Rafa Lola Amanda
NPM : 2213053245
Video tersebut memberikan gambaran yang mendalam tentang pengalaman guru muda sebagai relawan di Tanjung Mato, Jayapura, Papua. Guru tersebut mengajar anak-anak dengan tantangan unik, termasuk jarak tempuh yang cukup jauh dan tantangan terkait minat anak-anak terhadap pendidikan. Upaya guru muda itu untuk menciptakan kelas yang kondusif dan memberikan pengalaman baru kepada murid-murid, seperti hadiah perjalanan, menunjukkan dedikasi nya terhadap pendidikan mereka. Meskipun menghadapi realitas sosial dan budaya yang berbeda, guru tersebut terlihat berusaha memberikan wawasan dan memotivasi murid-murid Anda.
NPM : 2213053245
Video tersebut memberikan gambaran yang mendalam tentang pengalaman guru muda sebagai relawan di Tanjung Mato, Jayapura, Papua. Guru tersebut mengajar anak-anak dengan tantangan unik, termasuk jarak tempuh yang cukup jauh dan tantangan terkait minat anak-anak terhadap pendidikan. Upaya guru muda itu untuk menciptakan kelas yang kondusif dan memberikan pengalaman baru kepada murid-murid, seperti hadiah perjalanan, menunjukkan dedikasi nya terhadap pendidikan mereka. Meskipun menghadapi realitas sosial dan budaya yang berbeda, guru tersebut terlihat berusaha memberikan wawasan dan memotivasi murid-murid Anda.
Nama : F. Riska Elisa
NPM : 2213053249
Kelas : 3/I
Yang dapat saya simpulkan dari video diatas yaitu di dalam video bercerita tentang seorang guru muda yang mengikuti kurikulum bahasa Indonesia dan kemudian dibawa ke daerah terpencil di Kalimantan. Kisah dalam video merupakan kisah nyata pengalaman anak-anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kehidupan stabil di kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa-desa terpencil di seluruh dunia selama setahun. Semoga dengan hal ini pemerintah dapat membuka mata agar pendidikan dan kehidupan masyarakat dan daerah terpencil di Kalimantan , dapat mendapat perhatian lebih agar pendidikan dapat merata di seluruh wilayah Indonesia.
NPM : 2213053249
Kelas : 3/I
Yang dapat saya simpulkan dari video diatas yaitu di dalam video bercerita tentang seorang guru muda yang mengikuti kurikulum bahasa Indonesia dan kemudian dibawa ke daerah terpencil di Kalimantan. Kisah dalam video merupakan kisah nyata pengalaman anak-anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kehidupan stabil di kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa-desa terpencil di seluruh dunia selama setahun. Semoga dengan hal ini pemerintah dapat membuka mata agar pendidikan dan kehidupan masyarakat dan daerah terpencil di Kalimantan , dapat mendapat perhatian lebih agar pendidikan dapat merata di seluruh wilayah Indonesia.
Analisis Video 1
Nama : Aziyatun Adinda Fitria
NPM. : 2213053239
Video tersebut menampilkan tentang cerita dari pengajar muda dari gerakan indonesia mengajar di kalimantan bernama martencis veronica siregar, ia mengajar di daerah plosok kalimatan selatan. Masyarakat pada tanjung matol terutama anak-anak masih sedikit yang berminat untuk melanjutkan pendidikan bahkan terdapat anak-anak disana yang menikah di usia dini terutama perempuan. Orang tua disana juga belum memahami mengenai pentingnya pendidikan. Anak-anak disana cepat merasa jenuh aaat belajar sehingga pendidik harus berusaha untuk membuat anak-anak tidak cepat jenuh seperti membuat media pembelajaran yang menarik bagi mereka. Kepala sekolah juga memberikan reward bagi siswa yang berprestasi yaitu dengan mengajak siswa berjalan-jalan keluar desa secara gratis, agar dapat menambah wawasan baru mengenai dunia luar serta menambah semangat belajar mereka.
Nama : Aziyatun Adinda Fitria
NPM. : 2213053239
Video tersebut menampilkan tentang cerita dari pengajar muda dari gerakan indonesia mengajar di kalimantan bernama martencis veronica siregar, ia mengajar di daerah plosok kalimatan selatan. Masyarakat pada tanjung matol terutama anak-anak masih sedikit yang berminat untuk melanjutkan pendidikan bahkan terdapat anak-anak disana yang menikah di usia dini terutama perempuan. Orang tua disana juga belum memahami mengenai pentingnya pendidikan. Anak-anak disana cepat merasa jenuh aaat belajar sehingga pendidik harus berusaha untuk membuat anak-anak tidak cepat jenuh seperti membuat media pembelajaran yang menarik bagi mereka. Kepala sekolah juga memberikan reward bagi siswa yang berprestasi yaitu dengan mengajak siswa berjalan-jalan keluar desa secara gratis, agar dapat menambah wawasan baru mengenai dunia luar serta menambah semangat belajar mereka.
Nama : Rahmawati
NPM : 2213053210
Analisis Video 1
Dalam video tersebut terdapat seorang pengajar muda yang bernama Martencis Veronica Siregar dari gerakan Indonesia Mengajar yang di tempatkan di Kalimantan Utara. Martencis rela melepaskan karirnya dan kehidupan di kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa kecil seluruh pelosok Negeri. Pemerintah seharusnya dapat membuka mata agar pendidikan dan kehidupan masyarakat di desa terpencil yang jauh dari jangkauan untuk bisa diperhatikan lebih baik lagi supaya pendidikan dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia khususnya anak-anak SD yang tinggal di daerah terpencil mereka mempunyai semangat untuk belajar yang tinggi.
NPM : 2213053210
Analisis Video 1
Dalam video tersebut terdapat seorang pengajar muda yang bernama Martencis Veronica Siregar dari gerakan Indonesia Mengajar yang di tempatkan di Kalimantan Utara. Martencis rela melepaskan karirnya dan kehidupan di kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa kecil seluruh pelosok Negeri. Pemerintah seharusnya dapat membuka mata agar pendidikan dan kehidupan masyarakat di desa terpencil yang jauh dari jangkauan untuk bisa diperhatikan lebih baik lagi supaya pendidikan dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia khususnya anak-anak SD yang tinggal di daerah terpencil mereka mempunyai semangat untuk belajar yang tinggi.
Nama : Andini Puspitasari
NPM : 2213053099
Daerah yang bisa kita bilang pelosok menjadi perbincangan dalam hal pendidikan. Dimana masih banyak orang tua yang tidak menganggap penting pendidikan. Bahkan banyak anak perempuan yang tidak melanjutkan pendidikan kan dan memilih untuk menikah pada usia dini. Oleh karena itu butuh perhatian khusus dari pihak pemerintah atas kelanjutan pendidikan untuk anak-anak yang tinggal di pedalaman/pelosok.
NPM : 2213053099
Daerah yang bisa kita bilang pelosok menjadi perbincangan dalam hal pendidikan. Dimana masih banyak orang tua yang tidak menganggap penting pendidikan. Bahkan banyak anak perempuan yang tidak melanjutkan pendidikan kan dan memilih untuk menikah pada usia dini. Oleh karena itu butuh perhatian khusus dari pihak pemerintah atas kelanjutan pendidikan untuk anak-anak yang tinggal di pedalaman/pelosok.
Nama : Putu Nia Rahmawati
Npm : 2213053283
Analisis video yang pertama dengan judul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan" membahas tentang mengangkat kisah-kisah pengalaman nyata para anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan di kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa-desa terpencil di seluruh pelosok negeri selama satu tahun. Program ini memberikan gambaran tentang pengabdian dan tantangan yang dihadapi oleh para pengajar muda di daerah terpencil, serta keunikan kehidupan berbudaya di daerah tersebut.
Npm : 2213053283
Analisis video yang pertama dengan judul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan" membahas tentang mengangkat kisah-kisah pengalaman nyata para anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan di kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa-desa terpencil di seluruh pelosok negeri selama satu tahun. Program ini memberikan gambaran tentang pengabdian dan tantangan yang dihadapi oleh para pengajar muda di daerah terpencil, serta keunikan kehidupan berbudaya di daerah tersebut.
Nama : Anggun Putri Pradani
NPM : 2213053172
Dari video yang berjudul " Sepenggal Cerita Pengajar Muda Di Pelosok Kalimantan " dapat disimpulkan bahwa Pendidikan bagaikan cahaya, ketika kita tidak mempunyai cahaya kita akan tersesat, dan ketika kita punya cahaya kita akan mengerti arah akan kemana, dan pendidikanlah yang akan menuntun sampai ketujuan yang kita mau.
Pendidikan di segelintir daerah di Indonesia sangatlah penting bagi anak-anak penerus bangsa untuk kedepannya, karena pendidikan yang menentukan masa depan mereka. Untuk memberikan semangat bagi siswa dapat dilakukan berbagai cara, dengan cara memberikan hadiah bagi anak yang berprestasi adalah jalan keluarnya supaya dapat di jadikan contoh atau semangat bagi anak didik lainya agar lebih giat dan semangat untuk belajar.
Dari sini kita paham bagaimana pentingnya pendidikan bagi anak-anak di Indonesia, pendidikan lah yang menjadikan penentu bagi mereka di masa yang akan datang.
NPM : 2213053172
Dari video yang berjudul " Sepenggal Cerita Pengajar Muda Di Pelosok Kalimantan " dapat disimpulkan bahwa Pendidikan bagaikan cahaya, ketika kita tidak mempunyai cahaya kita akan tersesat, dan ketika kita punya cahaya kita akan mengerti arah akan kemana, dan pendidikanlah yang akan menuntun sampai ketujuan yang kita mau.
Pendidikan di segelintir daerah di Indonesia sangatlah penting bagi anak-anak penerus bangsa untuk kedepannya, karena pendidikan yang menentukan masa depan mereka. Untuk memberikan semangat bagi siswa dapat dilakukan berbagai cara, dengan cara memberikan hadiah bagi anak yang berprestasi adalah jalan keluarnya supaya dapat di jadikan contoh atau semangat bagi anak didik lainya agar lebih giat dan semangat untuk belajar.
Dari sini kita paham bagaimana pentingnya pendidikan bagi anak-anak di Indonesia, pendidikan lah yang menjadikan penentu bagi mereka di masa yang akan datang.
Nama : Ladaina Fahrun Nada
NPM : 2213053044
Dalam video pertama yang berjudul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan- Lentera Indonesia" dapat diketahui mengenai anak muda yang merelakan peluang karir di perkotaan demi menjadi guru untuk mengajar di desa-desa terpencil di seluruh pelosok negeri selama satu tahun, kemudian mengeksplorasi keragaman budaya yang ada di Indonesia salah satunya di di daerah tanjung matau yang dapat ditempuh 7 jam perjalanan dari pusat kota, sehingga kurangnya kesadaran orangtua akan pendidikan yang menyebabkan ketertinggalan dan menyebabkan banyak kasus pernikahan di usia dini, maka dari itu cita-cita dari anak muda tersebut hanya untuk membuat peserta didiknya hadir ke sekolah untuk belajar. Kemudian pemuda tersebut melaksanakan kegiatan tersebut pada tahun 2016. Metode belajar yang dilakukan juga sangat bervariasi agar lebih menarik peserta didik. Peserta didik yang berprestasi diberikan motivasi atau hadiah contohnya dengan berkunjung ke kota dan menceritakan ke teman-temannya saat pembelajaran selanjutnya. Bahkan anak muda tersebut mengambil tantangan seperti memasuki hutan untuk mencari makanan agar bertahan hidup.
Pada video juga terlihat anak muda tersebut sangat diterima oleh masyarakat dan dapat diteruskan tujuannya oleh guru-guru hebat serta semangat yang ada di daerah tersebut.
NPM : 2213053044
Dalam video pertama yang berjudul "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan- Lentera Indonesia" dapat diketahui mengenai anak muda yang merelakan peluang karir di perkotaan demi menjadi guru untuk mengajar di desa-desa terpencil di seluruh pelosok negeri selama satu tahun, kemudian mengeksplorasi keragaman budaya yang ada di Indonesia salah satunya di di daerah tanjung matau yang dapat ditempuh 7 jam perjalanan dari pusat kota, sehingga kurangnya kesadaran orangtua akan pendidikan yang menyebabkan ketertinggalan dan menyebabkan banyak kasus pernikahan di usia dini, maka dari itu cita-cita dari anak muda tersebut hanya untuk membuat peserta didiknya hadir ke sekolah untuk belajar. Kemudian pemuda tersebut melaksanakan kegiatan tersebut pada tahun 2016. Metode belajar yang dilakukan juga sangat bervariasi agar lebih menarik peserta didik. Peserta didik yang berprestasi diberikan motivasi atau hadiah contohnya dengan berkunjung ke kota dan menceritakan ke teman-temannya saat pembelajaran selanjutnya. Bahkan anak muda tersebut mengambil tantangan seperti memasuki hutan untuk mencari makanan agar bertahan hidup.
Pada video juga terlihat anak muda tersebut sangat diterima oleh masyarakat dan dapat diteruskan tujuannya oleh guru-guru hebat serta semangat yang ada di daerah tersebut.
Nama: Ahmad Sheca Rahmadi
NPM: 2213053102
Di dalam video ini berceritakan tentang bagaimana kondisi suatu daerah terpencil di pulau Kalimantan yang masih Tertinggal di dalam kemajuan teknologi dan juga pendidikan. Tinggal ada salah satu pengajar muda bernama Veronica yang bersedia menjadi relawan untuk membantu kebutuhan pendidikan bagi anak-anak di desa tersebut. Minimia pengetahuan dan pendidikan di desa tersebut membuat banyak kebiasaan-kebiasaan yang salah namun menjadi budaya. Dengan adanya Veronica ini menjadi Asa bagi anak-anak di desa tersebut untuk mengenyam pendidikan yang memadai. Dengan ketersediaan sarana prasarana dan juga ruang bangunan yang hanya ada di desa tersebut membuat Veronica Harus berpikir dua kali dan juga mencari cara bagaimana mengajarkan anak-anak agar lebih efektif di dalam belajar. Bagi Veronica belajar itu sebagai cahaya atau lampu yang dapat meraih kita dari kegelapan seseorang yang tidak memiliki pendidikan ataupun ilmu maka dia akan tersesat di dalam kegelapan sehingga tidak mengetahui apa-apa.
NPM: 2213053102
Di dalam video ini berceritakan tentang bagaimana kondisi suatu daerah terpencil di pulau Kalimantan yang masih Tertinggal di dalam kemajuan teknologi dan juga pendidikan. Tinggal ada salah satu pengajar muda bernama Veronica yang bersedia menjadi relawan untuk membantu kebutuhan pendidikan bagi anak-anak di desa tersebut. Minimia pengetahuan dan pendidikan di desa tersebut membuat banyak kebiasaan-kebiasaan yang salah namun menjadi budaya. Dengan adanya Veronica ini menjadi Asa bagi anak-anak di desa tersebut untuk mengenyam pendidikan yang memadai. Dengan ketersediaan sarana prasarana dan juga ruang bangunan yang hanya ada di desa tersebut membuat Veronica Harus berpikir dua kali dan juga mencari cara bagaimana mengajarkan anak-anak agar lebih efektif di dalam belajar. Bagi Veronica belajar itu sebagai cahaya atau lampu yang dapat meraih kita dari kegelapan seseorang yang tidak memiliki pendidikan ataupun ilmu maka dia akan tersesat di dalam kegelapan sehingga tidak mengetahui apa-apa.
Nama : Khalidah Aurora
NPM 2212053200
Video tersebut menceritakan seorang pengajar muda memberikan cara yang kreatif dengan mengajak anak berikeliling untuk membuka wawasannya. Walaupun mengelilingi daerah yang terpencil namun terdapat keindahan alam yang aman dan sangat menarik untuk dikunjungi dengan suasana yang sejuk. Pengajar tersebut juga memberikan motivasi kepada anak anak serta memberikan penjelasan mengenai pembelajaran, di harapkan peserta didik tersebut dapat mengukur masa depan diri nya.
NPM 2212053200
Video tersebut menceritakan seorang pengajar muda memberikan cara yang kreatif dengan mengajak anak berikeliling untuk membuka wawasannya. Walaupun mengelilingi daerah yang terpencil namun terdapat keindahan alam yang aman dan sangat menarik untuk dikunjungi dengan suasana yang sejuk. Pengajar tersebut juga memberikan motivasi kepada anak anak serta memberikan penjelasan mengenai pembelajaran, di harapkan peserta didik tersebut dapat mengukur masa depan diri nya.
Memorila Dini Oktavia
2213053289
Video berisi tentang kondisi pendidikan yang ada di pedalaman Kalimantan. Hal itu diceritakan oleh salah satu orang yang mengikuti gerakan Indonesia mengajar kemudian beliau ditempatkan di pelosok yang jauh dari tempat asalnya. Ditempat penempatannya di Tanjung Matol, orang tua masih kurang memperhatikan dan mengerti pentingnya pendidikan bagi anak. Di sana banyak anak perempuan yang lulus SD sudah siap dan mau diajak untuk menikah. Kak Veronika bercita-cita agar anak-anak Tanjung mau sekolah dan belajar agar menjadi bekal untuk masa depan. Kak Veronika selalu berusaha menerapkan metode belajar yang membuat peserta didiknya tidak jenuh dan tetap bersemangat.
2213053289
Video berisi tentang kondisi pendidikan yang ada di pedalaman Kalimantan. Hal itu diceritakan oleh salah satu orang yang mengikuti gerakan Indonesia mengajar kemudian beliau ditempatkan di pelosok yang jauh dari tempat asalnya. Ditempat penempatannya di Tanjung Matol, orang tua masih kurang memperhatikan dan mengerti pentingnya pendidikan bagi anak. Di sana banyak anak perempuan yang lulus SD sudah siap dan mau diajak untuk menikah. Kak Veronika bercita-cita agar anak-anak Tanjung mau sekolah dan belajar agar menjadi bekal untuk masa depan. Kak Veronika selalu berusaha menerapkan metode belajar yang membuat peserta didiknya tidak jenuh dan tetap bersemangat.
Nama : Christin Ananta Putri
NPM : 2213053061
Analisis video 1 "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan"
Berdasarkan video di atas saya dapat mengambil kesimpulan bahwa video tersebut menceritakan seorang pengajar muda yang mengikuti program Indonesia mengajar kemudian ia ditempatkan di pelosok Kalimantan. Cerita pada video tersebut diambil dari kisah pengalaman nyata para anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa-desa terpencil di seluruh pelosok Negeri selama satu tahun. Video tersebut juga menampilkan keindahan alam Indonesia dan juga keunikan kehidupan berbudaya penduduk asli daerah setempat. Dari video tersebut dapat mengajarkan kita untuk selalu bersyukur pada segala hal karena masih banyak orang di luar sana termasuk di daerah terpencil yang membutuhkan dan memerlukan pendidikan. Pemerintah diharapkan dapat membuka mata supaya pendidikan dan kehidupan masyarakat pedalaman khususnya seperti pada video tersebut yaitu di pelosok Kalimantan agar bisa diperhatikan lebih lagi supaya pendidikan dapat merata di seluruh Indonesia dan masyarakat pedalaman juga dapat merasakan hidup yang lebih layak dan adil seperti yang dirasakan masyarakat yang tinggal di perkotaan. Video tersebut menunjukkan potret pemuda yang harus dicontoh Karena ia memiliki semangat yang tinggi menjadi pengajar muda yang memberikan kontribusi nyata dengan mengajar di daerah pelosok agar masyarakat di daerah pelosok juga dapat mendapatkan pendidikan yang adil dengan tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Ia juga memberikan motivasi motivasi kepada anak-anak di daerah pelosok supaya bersemangat untuk pergi ke sekolah. Karena dengan tangan tangan para relawan yang mau mengajar dan memberikan ilmu kepada masyarakat pedalaman tersebut kelak dapat mengukir masa depan masyarakat tersebut.
NPM : 2213053061
Analisis video 1 "Sepenggal Cerita Pengajar Muda di Pelosok Kalimantan"
Berdasarkan video di atas saya dapat mengambil kesimpulan bahwa video tersebut menceritakan seorang pengajar muda yang mengikuti program Indonesia mengajar kemudian ia ditempatkan di pelosok Kalimantan. Cerita pada video tersebut diambil dari kisah pengalaman nyata para anak muda yang rela melepaskan peluang karir dan kemapanan kehidupan kota besar untuk menjadi guru dan mengajar di desa-desa terpencil di seluruh pelosok Negeri selama satu tahun. Video tersebut juga menampilkan keindahan alam Indonesia dan juga keunikan kehidupan berbudaya penduduk asli daerah setempat. Dari video tersebut dapat mengajarkan kita untuk selalu bersyukur pada segala hal karena masih banyak orang di luar sana termasuk di daerah terpencil yang membutuhkan dan memerlukan pendidikan. Pemerintah diharapkan dapat membuka mata supaya pendidikan dan kehidupan masyarakat pedalaman khususnya seperti pada video tersebut yaitu di pelosok Kalimantan agar bisa diperhatikan lebih lagi supaya pendidikan dapat merata di seluruh Indonesia dan masyarakat pedalaman juga dapat merasakan hidup yang lebih layak dan adil seperti yang dirasakan masyarakat yang tinggal di perkotaan. Video tersebut menunjukkan potret pemuda yang harus dicontoh Karena ia memiliki semangat yang tinggi menjadi pengajar muda yang memberikan kontribusi nyata dengan mengajar di daerah pelosok agar masyarakat di daerah pelosok juga dapat mendapatkan pendidikan yang adil dengan tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Ia juga memberikan motivasi motivasi kepada anak-anak di daerah pelosok supaya bersemangat untuk pergi ke sekolah. Karena dengan tangan tangan para relawan yang mau mengajar dan memberikan ilmu kepada masyarakat pedalaman tersebut kelak dapat mengukir masa depan masyarakat tersebut.
Nama : Rifki Zibral Mahardika
NPM : 2213053224
Berdasarkan isi video tersebut, dapat disimpulkan bahwa cerita yang tergambar merupakan kisah nyata sekelompok anak muda yang rela meninggalkan karir dan kehidupan di kota besar demi menjadi guru di desa terpencil di berbagai daerah di Indonesia. Pesan yang dapat diambil dari video tersebut adalah pentingnya rasa syukur terhadap kesempatan dan kehidupan yang dimiliki, sementara masih banyak daerah terpencil yang membutuhkan perhatian, khususnya dalam hal pendidikan. Diharapkan pemerintah dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah-daerah terpencil seperti yang tergambar dalam video, seperti di pelosok Kalimantan, sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat merasakan manfaatnya dan memiliki akses ke pendidikan yang layak, menciptakan kehidupan yang lebih baik dan setara dengan masyarakat perkotaan.
NPM : 2213053224
Berdasarkan isi video tersebut, dapat disimpulkan bahwa cerita yang tergambar merupakan kisah nyata sekelompok anak muda yang rela meninggalkan karir dan kehidupan di kota besar demi menjadi guru di desa terpencil di berbagai daerah di Indonesia. Pesan yang dapat diambil dari video tersebut adalah pentingnya rasa syukur terhadap kesempatan dan kehidupan yang dimiliki, sementara masih banyak daerah terpencil yang membutuhkan perhatian, khususnya dalam hal pendidikan. Diharapkan pemerintah dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah-daerah terpencil seperti yang tergambar dalam video, seperti di pelosok Kalimantan, sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat merasakan manfaatnya dan memiliki akses ke pendidikan yang layak, menciptakan kehidupan yang lebih baik dan setara dengan masyarakat perkotaan.