FORUM DISKUSI KEL 9

FORUM DISKUSI KEL 9

FORUM DISKUSI KEL 9

Jumlah balasan: 13

Selamat malam semuanya saya persilahkan kepada teman2 untuk bertanya di forum ini 3 pertanyaan saja utk kel 9. sebelumnya saya mohon maf atas ketidaknyaman saat belajar dikarenakan jaringan yg tidak stabli. terimaksih silahkan dilanjtkan diskusi

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: FORUM DISKUSI KEL 9

oleh ELNI.ARRAHMA21 Elni arrahma -
Nama: Elni arrahma
Npm: 2113053035

Izin bertanya, Menurut kelompok kalian apa apa saja jenis media tiga dimensi? Dan apa saja kriteria media tiga dimensi tersebut?
Sebagai balasan ELNI.ARRAHMA21 Elni arrahma

Re: FORUM DISKUSI KEL 9

oleh SILVIRA SAKILA -
Nama : Silvira Syifa Sakila
Npm : 2163053002
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Elni, ada bebera macam jenis media tiga dimensi yaitu antara lain :
1. Model Padat (solid model)
Yaitu memperlihatkan bagian permukaan luar dari pada objek dan sering kali membuang bagian-bagian yang membingungkan gagasan-gagasan utamanya dari bentuk, warna dan susunannya.

2.Model penampang (cuteway model)
Yaitu memperlihatkan bagaimana sebuah objek itu tampak, apabila bagian permukaannya diangkat untuk mengetahui susunan bagian dalamnya.

3.Model kerja (working model)
Yaitu tiruan dari objek yang memperlihatkan bagian luar dari objek asli. Gunanya untuk memperjelas dalam pemberian materi kepada siswa.

4.Model Susun (Builed-up Model)
Model susun terdiri dari beberapa bagian objek yang lengkap, atau sedikitnya suatu bagian penting dari objek itu.

Sedangkan untuk Karakteristik Media Tiga Dimensi yaitu:
1.Pesan yang sama dapat disebarkan keseluruh siswa secara serentak
2.Penyajiannya berada dalam kontrol guru
3.Cara penyimpanannya mudah (praktis)
4.Dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan indera
5.Menyajikan objek-objek secara diam
6.Terkadang dalam penyajiannya memerlukan ruangan gelap
7.Lebih mahal dari kelompok media grafis
8.Sesuai untuk mengajarkan keterampilan tertentu
9.Sesuai untuk belajar secara berkelompok atau individual
10.Praktis digunakan untuk semua ukuran ruangan kelas
11.Mampu menyajikan teori dan praktik secara terpadu.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: FORUM DISKUSI KEL 9

oleh GALATIA GALUH IVANKA 2113053039 -
Nama: Galatia Galuh Ivanka
NPM:2113053039
Izin bertanya,apakah metode suku kata sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca pada kelas rendah?
Sebagai balasan GALATIA GALUH IVANKA 2113053039

Re: FORUM DISKUSI KEL 9

oleh LUTFI.AQRABAH21 LUTFI.AQRABAH21 -
Nama : Lutfi Aqrabah
NPM : 2113053293

Izin menjawab, Ya. Ini dikarenakan metode suku kata dapat digunakan atau bisa dikatakan sebuah alternatif untuk membantu peserta didik yang kesulitan membaca mengapa demikian? Karena dengan suku kata, mereka dapat mempelajari hubungan antara huruf yang tertulis dengan bunyinya serta pengenalan kata secara tepat (Wolf, Miller, dan Donnelly, 2000) dalam Kumara 2014:60).
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: FORUM DISKUSI KEL 9

oleh SILVIRA SAKILA -

Assalamualaikum, warahmatullahi wabarakatuh. Izin meng-upload makalah dan juga ppt dari kelompok 9 yang ber anggotakan :

1.Luthfi Aqrabah 2113053293

2. Rahmanisa Dai’yah Putri

 2113053301

3. Silvira Syifa Syakila

 2163053002

Terimakasih 

Sebagai balasan SILVIRA SAKILA

Re: FORUM DISKUSI KEL 9

oleh IKA RAHMA DEWI -
Nama: Ika Rahma Dewi
Npm : 2113053240
Bagaimana peran pendidik dalam penerapan model pembelajaran inkuiri ?
Sebagai balasan IKA RAHMA DEWI

Re: FORUM DISKUSI KEL 9

oleh SILVIRA SAKILA -
Nama Silvira Syifa Sakila
Npm : 2163053002
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Ika,kita sebagai pendidik tentunya memiliki peran penting dalam proses pembelajaran dan juga perkembangan peserta didik,Peranan pendidik dalam pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri adalah sebagai pembimbing dan fasilitator. Tugas pendidik adalah memilih masalah yang perlu disampaikan kepada kelas untuk dipecahkan. Namun dimungkinkan juga bahwa masalah yang akan dipecahkan dipilih oleh peserta didik.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: FORUM DISKUSI KEL 9

oleh ANGGITA SARI 2113053134 -
nama: anggita sari
npm: 2113053134
izin bertanya faktor apa saja yang mempengaruhi dalam penentuan metode pembelajaran di kelas
Sebagai balasan ANGGITA SARI 2113053134

Re: FORUM DISKUSI KEL 9

oleh Rahmanisa Da'iyah Putri 2113053301 -
izin menjawab, Faktor-faktor Pemilihan Metode Pembelajaran diantaranya, meliputi: tujuan pembelajaran, bahan/materi pembelajaran, sumber belajar, warga belajar, sarana/fasilitas belajar, waktu pembelajaran dan besar-kecilnya kelompok.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: FORUM DISKUSI KEL 9

oleh DANTI OKTARINA -
Nama : Danti Oktarina
NPM : 2113053223
Kelas : 4 H
Izin bertanya kepada kelompok 9, kira-kira apa yang harus dipertimbangkan di dalam memilih model pembelajaran yang akan di gunakan untuk proses berlangsungnya pembelajaran?
Sebagai balasan DANTI OKTARINA

Re: FORUM DISKUSI KEL 9

oleh Rahmanisa Da'iyah Putri 2113053301 -
Nama : Rahmanisa Da'iyah Putri
NPM : 2113053301

izin menjawab, Setiap model pembelajaran mempunyai tahap-tahap (sintaks) yang dapat dilakukan siswa dengan bimbingan guru. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik sebagaimana yang diterapkan pada kurikulum 2013, sebaiknya dipadukan secara sinkron dengan langkah/tahapan kerja (syntax) model pembelajaran.

Memilih atau menentukan model pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kondisi Kompetensi Dasar (KD), tujuan yang akan dicapai dalam pengajaran, sifat dari materi yang akan diajarkan, dantingkat kemampuan peserta didik.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: FORUM DISKUSI KEL 9

oleh IHDA LAILATUL BAROKAH -
Nama : Ihda Lailatul Barokah
Npm : 2163053004

Izin bertanya, Dari metode inkuiri dan discovery, menurut kalian mana yang lebih baik diterapkan dalam pembelajaran IPA SD, berikan alasannya.
Sebagai balasan IHDA LAILATUL BAROKAH

Re: FORUM DISKUSI KEL 9

oleh LUTFI.AQRABAH21 LUTFI.AQRABAH21 -
Nama : Lutfi Aqrabah
NPM : 2113053293

Sebelumnya kita akan mengulas apa itu metode inquiry dan metode discovery.

- metode inquiry based learning mengutip dari Ontario Ministry of education inquiry based learning adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada pertanyaan, ide, dan pengamatan siswa. Pada model pembelajaran ini seringkali dibantu oleh seorang fasilitator.

- metode discovery learning merupakan model pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk membangun pengetahuan baru dengan menemukan fakta melalui penggunaan intuisi, imajinasi dan kreativitas mereka dan mengkorelasikan pengetahuan baru tersebut dengan pengalaman dan pengetahuan pada masa lalu.

Jadi metode yang cocok pada IPA SD menurut kami adalah discovery learning. Karena pada metode ini pengetahuan bertahan lama dan mudah diingat titik hasil belajar memiliki efek transfer yang lebih baik. Juga meningkatkan penalaran siswa dan kemampuan berpikir bebas melatih keterampilan keterampilan kognitif siswa untuk menemukan dan memecahkan masalah tanpa pertolongan orang lain.