setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-8, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini!
Forum Diskusi Pertemuan-12
Nama : Nazila Amryna
NPM : 2213053140
Kelas : 2F
Izin bertanya
Apa yang perlu diperhatikan dalam melakukan analisis alat penilaian?
Terimakasih
NPM : 2213053140
Kelas : 2F
Izin bertanya
Apa yang perlu diperhatikan dalam melakukan analisis alat penilaian?
Terimakasih
Nama : Indra Ulfayani
NPM : 2213053171
Kelas : 2F
Izin menjawab :
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan analisis alat penilaian antara lain:
1.Validitas alat penilaian, yaitu sejauh mana alat tersebut mengukur apa yang seharusnya diukur.
2.Reliabilitas alat penilaian, yaitu sejauh mana alat tersebut dapat menghasilkan hasil yang konsisten ketika digunakan berulang kali.
3.Daya pembeda alat penilaian, yaitu sejauh mana alat tersebut dapat membedakan antara individu atau kelompok yang berbeda dalam kemampuan atau prestasi yang diukur.
4.Keterkaitan alat penilaian dengan tujuan evaluasi, yaitu sejauh mana alat tersebut relevan dengan tujuan yang ingin dicapai.
5.Kemudahan penggunaan dan interpretasi alat penilaian, yaitu sejauh mana alat tersebut mudah digunakan dan hasilnya mudah diinterpretasi.
NPM : 2213053171
Kelas : 2F
Izin menjawab :
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan analisis alat penilaian antara lain:
1.Validitas alat penilaian, yaitu sejauh mana alat tersebut mengukur apa yang seharusnya diukur.
2.Reliabilitas alat penilaian, yaitu sejauh mana alat tersebut dapat menghasilkan hasil yang konsisten ketika digunakan berulang kali.
3.Daya pembeda alat penilaian, yaitu sejauh mana alat tersebut dapat membedakan antara individu atau kelompok yang berbeda dalam kemampuan atau prestasi yang diukur.
4.Keterkaitan alat penilaian dengan tujuan evaluasi, yaitu sejauh mana alat tersebut relevan dengan tujuan yang ingin dicapai.
5.Kemudahan penggunaan dan interpretasi alat penilaian, yaitu sejauh mana alat tersebut mudah digunakan dan hasilnya mudah diinterpretasi.
Nama:Depi Septiani
Npm:2253053005
Kelas:2F
Izin bertanya: Apa saja jenis-jenis alat penilaian yang biasa digunakan?
Npm:2253053005
Kelas:2F
Izin bertanya: Apa saja jenis-jenis alat penilaian yang biasa digunakan?
Nama : Putri sarah afifah
Npm : 2213053001
Kelas : 2F
izin menjawab pertanyaan dari depi septiani
Ada beberapa jenis alat penilaian yang biasa digunakan, antara lain:
1.Tes tertulis atau tes objektif, seperti pilihan ganda, isian singkat, dan uraian singkat.
2.Tes performa atau praktik, seperti simulasi, tugas nyata, atau penampilan langsung.
3.Observasi, yaitu mengamati perilaku atau kegiatan yang sedang dilakukan.
Wawancara atau tanya jawab, yaitu mengajukan pertanyaan langsung kepada individu atau kelompok yang dievaluasi.
4.Kuesioner atau angket, yaitu menyampaikan pertanyaan tertulis kepada individu atau kelompok yang dievaluasi.
Npm : 2213053001
Kelas : 2F
izin menjawab pertanyaan dari depi septiani
Ada beberapa jenis alat penilaian yang biasa digunakan, antara lain:
1.Tes tertulis atau tes objektif, seperti pilihan ganda, isian singkat, dan uraian singkat.
2.Tes performa atau praktik, seperti simulasi, tugas nyata, atau penampilan langsung.
3.Observasi, yaitu mengamati perilaku atau kegiatan yang sedang dilakukan.
Wawancara atau tanya jawab, yaitu mengajukan pertanyaan langsung kepada individu atau kelompok yang dievaluasi.
4.Kuesioner atau angket, yaitu menyampaikan pertanyaan tertulis kepada individu atau kelompok yang dievaluasi.
Nama: Irvanda Julian Awal
NPM: 2213053069
Kelas: 2F
Izin Bertanya
Jenis penilaian apa yang efektif dan yang sering di gunakan pada pembelajaran saat ini?
NPM: 2213053069
Kelas: 2F
Izin Bertanya
Jenis penilaian apa yang efektif dan yang sering di gunakan pada pembelajaran saat ini?
In reply to Irvanda Julian Awal 2213053069
Re: Forum Diskusi Pertemuan-12
Nama : Vita Novianti
NPM: 2213053238
Kelas : 2F
Izin menjawab pertanyaan dari Irvanda
Jenis penilaian yang saat ini sering digunakan terutama pada kurikulum merdeka yaitu berupa jenis penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif meliputi pengetahuan kemampuan dan sikap peserta didik. Penilaian formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Selajutnya yaitu jenis penilaian sumatif. Penilaian ini mengutamakan penguasaan peserta didik tentang materi pembelajaran yang diberikan. Contoh pelaksanaan UTS dan UAS. Penilaian sumatif bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari satuan pendidikan.
NPM: 2213053238
Kelas : 2F
Izin menjawab pertanyaan dari Irvanda
Jenis penilaian yang saat ini sering digunakan terutama pada kurikulum merdeka yaitu berupa jenis penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif meliputi pengetahuan kemampuan dan sikap peserta didik. Penilaian formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Selajutnya yaitu jenis penilaian sumatif. Penilaian ini mengutamakan penguasaan peserta didik tentang materi pembelajaran yang diberikan. Contoh pelaksanaan UTS dan UAS. Penilaian sumatif bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari satuan pendidikan.
Nama: Selfi Yudia Ellsa Agustina
NPM: 2213053305
Kelas: 2F
Izin bertanya Menurut kalian apa manfaat penilaian bagi guru atau tenaga pendidik. Karena yang kita rasakan selama ini, kita sebagai peserta didik saat melakukan penilaian contohnya ujian bagi kami ujian tersebut adalah suatu proses untuk menguji kemampuan kami yakni peserta didik dan tidak berkaitan dengan kemampuan seorang guru atau tenaga pendidik tersebut.
NPM: 2213053305
Kelas: 2F
Izin bertanya Menurut kalian apa manfaat penilaian bagi guru atau tenaga pendidik. Karena yang kita rasakan selama ini, kita sebagai peserta didik saat melakukan penilaian contohnya ujian bagi kami ujian tersebut adalah suatu proses untuk menguji kemampuan kami yakni peserta didik dan tidak berkaitan dengan kemampuan seorang guru atau tenaga pendidik tersebut.
In reply to Selfi Yudia Ellsa Agustina 2213053305
Re: Forum Diskusi Pertemuan-12
Nama : Vita Novianti
NPM: 2213053238
Kelas : 2F
Izin menjawab pertanyaan dari selfi
Benar apa yang dikatakan oleh penanya bahwa penilaian seorang contohnya ujian yang kita laksanakan adalah suatu cara untuk melatih dan menguji sejauh mana kemampuan peserta didik. Tetapi, penilaian tersebut tidak hanya bermanfaat bagi peserta didik justru penilaian itu sangat bermanfaat bagi guru atau tenaga pendidik tersebut.
Hasil penilaian pembelajaran peserta didik digunakan oleh guru untuk mengetahui apakah materi-materi pelajaran yang disampaikan sudah dikuasai atau belum, kegiatan pembelajaran sudah sesuai atau belum dengan karakteristik peserta didik dan hasil penilaian tersebut digunakan acuan oleh guru untuk mengetahui dan mengukur sudah efektif atau masih memerlukan perbaikan proses pembelajaran yang dilakukannya.
Apabila hasil penilaian menyatakan bahwa lebih dari 50% peserta didik nya mendapatkan nilai yang kurang baik maka seorang guru tersebut akan mengadakan evaluasi dan merencanakan sistem pembelajaran yang lebih baik lagi.
NPM: 2213053238
Kelas : 2F
Izin menjawab pertanyaan dari selfi
Benar apa yang dikatakan oleh penanya bahwa penilaian seorang contohnya ujian yang kita laksanakan adalah suatu cara untuk melatih dan menguji sejauh mana kemampuan peserta didik. Tetapi, penilaian tersebut tidak hanya bermanfaat bagi peserta didik justru penilaian itu sangat bermanfaat bagi guru atau tenaga pendidik tersebut.
Hasil penilaian pembelajaran peserta didik digunakan oleh guru untuk mengetahui apakah materi-materi pelajaran yang disampaikan sudah dikuasai atau belum, kegiatan pembelajaran sudah sesuai atau belum dengan karakteristik peserta didik dan hasil penilaian tersebut digunakan acuan oleh guru untuk mengetahui dan mengukur sudah efektif atau masih memerlukan perbaikan proses pembelajaran yang dilakukannya.
Apabila hasil penilaian menyatakan bahwa lebih dari 50% peserta didik nya mendapatkan nilai yang kurang baik maka seorang guru tersebut akan mengadakan evaluasi dan merencanakan sistem pembelajaran yang lebih baik lagi.
Nama : Septiana Sabila
NPM: 2213053105
Kelas : 2F
Izin bertanya kepada kelompok 8, pertanyaannya :
Sebagaimana yang disampaikan oleh saudari Kinanti terkait bentuk-bentuk penilaian, yang hendak saya tanyakan adalah apakah penilaian sikap yang dilakukan itu memberikan dampak yang berarti pada generasi bangsa? Sebab sama-sama kita ketahui, dominasi generasi bangsa saat ini ketika naik tingkat pendidikan, sikap yang mereka miliki bukannya bergerak ke arah yang lebih baik namun justru bergerak ke arah yang kurang baik, sebagai contoh tidak sopannya generasi muda saat ini untuk berkomentar dalam media sosial. tolong jelaskan pendapat anda
NPM: 2213053105
Kelas : 2F
Izin bertanya kepada kelompok 8, pertanyaannya :
Sebagaimana yang disampaikan oleh saudari Kinanti terkait bentuk-bentuk penilaian, yang hendak saya tanyakan adalah apakah penilaian sikap yang dilakukan itu memberikan dampak yang berarti pada generasi bangsa? Sebab sama-sama kita ketahui, dominasi generasi bangsa saat ini ketika naik tingkat pendidikan, sikap yang mereka miliki bukannya bergerak ke arah yang lebih baik namun justru bergerak ke arah yang kurang baik, sebagai contoh tidak sopannya generasi muda saat ini untuk berkomentar dalam media sosial. tolong jelaskan pendapat anda
Memang betul apa yang disampaikan oleh penanya. Kita sebagai calon pendidik perlu sadar dan menerima hal nyata seperti ini. Saya pribadi merasa sistem penilaian yang banyak diterapkan dilembaga pendidikan di Indonesia ini kurang tepat sehingga penilaian tersebut tak memberikan dampak yang berarti pada generasi bangsa saat ini.
Jika rekan-rekan ingat tentang tabel ini (telah disampaikan ketika presentasi), disini adalah bagaimana idealnya fokus suatu tingkatan pendidikan.
Tingkat SD, fokus utamanya adalah attitude. Lalu disusul oleh skill dan yang terakhir adalah knowladge. Sehingga ketika mereka lanjut ke tahap pendidikan berikutnya, penilaian memberikan dampak yang berarti pada mereka dan tentu akan melekat pada diri mereka. Sebab pendidikan SD adalah pendidikan dasar bagi generasi bangsa.
Lalu ditingkat-tingkat pendidikan selanjutnya rekan-rekan dapat lihat ditabel ini. Dengan menyesuaikan tabel ideal ini, tentu penilaian akan lebih dapat memberikan dampak pada generasi bangsa.
Ini lah tugas kita sebagai calon pendidik untuk membenahi fokus penilaian yang kurang tepat yang saat ini terjadi agar generasi bangsa kita dapat menjadi semakin lebih baik.
Jika rekan-rekan ingat tentang tabel ini (telah disampaikan ketika presentasi), disini adalah bagaimana idealnya fokus suatu tingkatan pendidikan.
Tingkat SD, fokus utamanya adalah attitude. Lalu disusul oleh skill dan yang terakhir adalah knowladge. Sehingga ketika mereka lanjut ke tahap pendidikan berikutnya, penilaian memberikan dampak yang berarti pada mereka dan tentu akan melekat pada diri mereka. Sebab pendidikan SD adalah pendidikan dasar bagi generasi bangsa.
Lalu ditingkat-tingkat pendidikan selanjutnya rekan-rekan dapat lihat ditabel ini. Dengan menyesuaikan tabel ideal ini, tentu penilaian akan lebih dapat memberikan dampak pada generasi bangsa.
Ini lah tugas kita sebagai calon pendidik untuk membenahi fokus penilaian yang kurang tepat yang saat ini terjadi agar generasi bangsa kita dapat menjadi semakin lebih baik.
Nama : Dwi Harianti
NPM : 2213053295
Kelas : 2 F
Izin bertanya, berdasakan materi yang sudah di paparkan oleh kelompok 8 mengenai jenis dan bentuk penilaian, yang ingin saya tanyakan yaitu apa saja manfaat dari penggunaan alat penilaian??
NPM : 2213053295
Kelas : 2 F
Izin bertanya, berdasakan materi yang sudah di paparkan oleh kelompok 8 mengenai jenis dan bentuk penilaian, yang ingin saya tanyakan yaitu apa saja manfaat dari penggunaan alat penilaian??
Nama : Putri sarah afifah
Npm : 2213053001
Kelas : 2F
izin menjawab pertanyaan dari dwi harianti
Manfaat dari menggunakan alat penilaian adalah dapat memberikan informasi yang objektif tentang kemampuan atau prestasi yang diukur, membantu dalam pengambilan keputusan, meningkatkan kualitas program, proyek, atau kegiatan, serta memberikan umpan balik kepada individu atau kelompok yang dievaluasi.
Npm : 2213053001
Kelas : 2F
izin menjawab pertanyaan dari dwi harianti
Manfaat dari menggunakan alat penilaian adalah dapat memberikan informasi yang objektif tentang kemampuan atau prestasi yang diukur, membantu dalam pengambilan keputusan, meningkatkan kualitas program, proyek, atau kegiatan, serta memberikan umpan balik kepada individu atau kelompok yang dievaluasi.