Forum diskusi

Forum diskusi

Forum diskusi

Number of replies: 12

mahasiswa berikut forum diskusi untuk menanggapi artikel yang telah dibaca berikan tanggapan dan berikan solusi terkait permasalahan yang diangkat dalam artikel tersebut

In reply to First post

Re: Forum diskusi

Ira nursanti 2053053024 གིས-
Nama : Ira Nursanti
NPM : 2053053024

Izin menanggapi terkait artikel diatas pak
Pembelajaran dengan pendekatan ecopedagogy dalam menanamkan sikap peduli lingkungan merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan generasi yang akan datang sebagai generasi yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Pembelajaran berbasis ecopedagogy berorientasi pada pencapaian pemahaman secara utuh tentang hakikat manusia dan alam yang memiliki relasi esensial, sehingga hal ini berimplikasi pada tumbuhnya kesadaran kritis dan terbentuknya sikap peserta didik Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, siswa menunjukan peningkatan pemahaman mereka mengenai persoalan lingkungan sekitar, menunjukan perilaku yang peduli pada kebersihan lingkungan tempat mereka berada. Perilaku dalam membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah organik dan anorganik. menyiram tanaman, menggunakan dua lembar kertas, mendaur ulang sumpah kertas dan plastik, serta mengurangi konsumsi produk-produk yang tidak ramah lingkungan menggambarkan kompetensi sikap peduli lingkungan yang ingin ditanamkan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan langkah kecil dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar guna menyiapkan peserta didik sebagai warga masyarakat yang peduli dengan isu-isu lingkungan lokal maupun global. Hasil penelitian ini tidak akan memecahkan masalah-masalah lingkungan seperti pemanasan global, perubahan musim, berkurangnya sumber daya alam, efek rumah kaca, hilangnya beragam jenis makhluk hidup, dan lain sebagainya dalam waktu singkat. Namun untuk menunjang kesinambungan kehidupan yang lebih baik di permukaan bumi, langkah-langkah kecil dalam pendidikan lingkungan dikemas dalam pembelajaran termasuk pembelajaran IPS. Dimulai di lingkungan sekolah, peserta didik dapat dibekali dengan langkah- langkah sederhana dalam menjalani kehidupan yang ramah lingkungan sejak dini yaitu di lingkungan sekolah, di rumah, dan lingkungan masyarakat.

Sekian tanggapan saya pak,terimakasih
In reply to First post

Re: Forum diskusi

Aditya Mahendra 2053053012 གིས-
Nama : Aditya Mahendra
NPM. : 2053053012

Izin menanggapi, Integrasi pendidikan lingkungan melalui pendekatan ecopedagogy dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar merupakan sebuah usaha untuk melibatkan kemampuan siswa dalam bekerja untuk tercapainya integrasi pendidikan lingkungan.

Pendekatan ecopedagogy, yang memadukan pendidikan lingkungan dan pendekatan pedagogis, memungkinkan siswa untuk memahami dan merespons isu-isu lingkungan yang dihadapi oleh masyarakat lokal mereka, sehingga dapat membantu mereka untuk mengambil tindakan konkrit yang terkait dengan pelestarian lingkungan dan konservasi alam.

Melalui pembelajaran IPS, siswa dapat mengeksplorasi berbagai isu sosial, termasuk isu-isu lingkungan, dan belajar bagaimana menerapkan solusi yang berkelanjutan bagi masalah-masalah tersebut.

Integrasi pendidikan lingkungan dalam pembelajaran IPS akan membantu siswa untuk memahami bahwa manusia adalah bagian dari ekosistem dan bahwa tindakan mereka akan memiliki dampak terhadap lingkungan dan keberlangsungan hidup planet Bumi. Dalam konteks ini, mereka akan belajar untuk menjadi pemikir dan pelaku yang bertanggung jawab terhadap lingkungan mereka, dan untuk memperbaiki interaksi mereka dengan dunia alam.

Dalam hal ini, tugas guru adalah untuk membimbing siswa dalam merencanakan, merancang, dan menerapkan tindakan-tindakan yang berkelanjutan yang melindungi dan melestarikan lingkungan mereka. Integrasi pendidikan lingkungan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar dapat berkontribusi pada meningkatnya kesadaran lingkungan siswa, serta memberikan landasan yang kuat untuk kebijakan-kebijakan perlindungan lingkungan di masa depan.
In reply to First post

Re: Forum diskusi

Amanda Surya Widiyati 2053053020 གིས-
Nama : Amanda Surya Widiyati
NPM : 2053053020

Artikel pada pertemuan 11 ini berjudul Integrasi Pendidikan Lingkungan Melalui Pendekatan Ecopedagogy Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.dalam pengertiannya ecopedagogy dapat diartikan sebagai gerakan akademik untuk menyadarkan para peserta didik menjadi seorang individu yang memiliki pemahaman, kesadaran dan keterampilan hidup selaras dengan kepentingan pelestarian alam (Kahn, 2010). Berdasarkan hasil observasi partisipatif yang terdapat pada artikel tersebut, wawancara mendalam dan dokumentasi, peserta didik menunjukkan peningkatan pemahaman mereka mengenai persoalan lingkungan sekitar, menunjukkan perilaku yang peduli pada kebersihan lingkungan sekolah dan dapat memperlihatkan kepeduliannya untuk melindungi diri serta lingkungan tempat mereka berada. Dialog dan wawancara dilakukan antara peneliti dengan subjek penelitian (siswa) dan guru mengenai isu lingkungan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari serta pentingnya memiliki sikap peduli lingkungan. Isu lingkungan dan sikap siswa di sekolah dasar yang diteliti adalah sebagai berikut. Pertama, siswa yang pergi dan pulang ke sekolah dengan menggunakan kendaraan berbahan bakar fosil. Situasi lalu lintas kota yang padat dengan tingkat polusi udara yang tinggi. Mereka juga sering menyaksikan tumpukan sampah di tepitepi jalan serta di lingkungan sekitar sekolah yang dibuang oleh masyarakat sekitar. Kondisi seperti itu sedikit banyak dapat mengancam kesehatan mereka, maka kemudian mereka sudah merasakan dan menyaksikan realitas buruknya lingkungan kota sekitar mereka. Pengalaman dari hal demikian dapat menjadi bagian dari materi pembelajaran IPS. Kedua, para siswa menyadari bahwa lingkungan fisik yang hijau dan bersih merupakan tempat yang nyaman bagi mereka. Sebaliknya, para siswa akan merasakan bahwa lingkungan kotor dan berpolusi merupakan salah satu ancaman bagi kesehatan mereka baik pada masa kini maupun masa yang akan datang.

Adapun solusi terkait permasalahan yang diangkat dalam artikel tersebut yaitu sebagai pendidik dapat menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar dengan menerapkan berbagai aktifitas nyata yang dapat membuat peserta didik paham akan sikap peduli lingkungan sekitar.
In reply to First post

Re: Forum diskusi

Diva syafira rahmadani 2053053001 གིས-
Nama : Diva Syafira Rahmadani
NPM : 2053053001

Izin menanggapi artikel diatas pak :
Pembelajaran IPS melalui pendekatan pedagogy mengarahkan dan melatih siswa untuk menanamkan rasa ingin tahu yang lebih mendalam terhadap masalah isu-isu lingkungan saat ini. Siswa juga diharapkan dapat mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal yang dianut oleh masyarakat setempat, oleh karena itu perlu adanya pembelajaran yang menanamkan sikap kepedulian pada siswa terhadap lingkungan.
Pembelajaran dengan pendekatan ecopedagogy dalam menanamkan sikap peduli lingkungan merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan generasi yang akan datang sebagai generasi yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Pembelajaran berbasis ecopedagogy berorientasi pada pencapaian pemahaman secara utuh tentang hakikat manusia dan alam yang memiliki relasi esensial, sehingga hal ini berimplikasi pada tumbuhnya kesadaran kritis dan terbentuknya sikap peserta didik. Dalam hal ini, tugas guru adalah untuk membimbing siswa dalam merencanakan, merancang, dan menerapkan tindakan-tindakan yang berkelanjutan yang melindungi dan melestarikan lingkungan mereka. Integrasi pendidikan lingkungan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar dapat berkontribusi pada meningkatnya kesadaran lingkungan siswa, serta memberikan landasan yang kuat untuk kebijakan-kebijakan perlindungan lingkungan di masa depan. Tujuan ekopedagogi dalam pembelajaran adalah membangun kesadaran kolektif untuk berperan aktif dalam menjaga dan merawat planet bumi, karena alam merupakan ruang pemberi dan pemakna kehidupan, dan bukan hanya sebagai lingkungan hidup (environment) semata. Selain itu, ekopedagogi merupakan pendidikan yangdapat mengubah paradigma ilmu yang hanya dipahami sebagai sesuatu yang bersifat mekanistik, reduksionis, parsial dan bebas nilai menjadi ekologis, holistik dan terikat nilai sehingga dapat tumbuh kearifan

Sekian tanggapan yang dapat saya sampaikan, terima kasih
In reply to First post

Re: Forum diskusi

Intan Bestika Putri 2053053026 གིས-
Nama : Intan Bestika Putri
Npm : 2053053026

Izin menanggapi artikel terkait Integrasi Pendidikan Lingkungan melalui Pendekatan Ecopedagogy dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Pembelajaran dengan pendekatan ecopedagogy dalam menanamkan sikap peduli lingkungan merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan generasi yang akan datang sebagai generasi yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Pembelajaran berbasis ecopedagogy berorientasi pada pencapaian pemahaman secara utuh tentang hakikat manusia dan alam yang memiliki relasi esensial, sehingga hal ini berimplikasi pada tumbuhnya kesadaran kritis dan terbentuknya sikap peserta didik. Pembelajaran ini merupakan langkah kecil dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar guna menyiapkan peserta didik sebagai warga masyarakat yang peduli dengan isu-isu lingkungan lokal maupun global. Untuk menunjang kesinambungan kehidupan yang lebih baik, langkah-langkah kecil dalam pendidikan lingkungan dikemas dalam pembelajaran termasuk pembelajaran IPS. Dimulai di lingkungan sekolah, peserta didik dapat dibekali dengan langkah-langkah sederhana dalam menjalani kehidupan yang ramah lingkungan sejak dini yaitu di lingkungan sekolah, di rumah, dan lingkungan masyarakat.
In reply to First post

Re: Forum diskusi

FUJI BESTARI 2053053019 གིས-
Nama : Fuji Bestari
NPM : 2053053019
Izin menyampaikan tanggapan serta solusi terkait dengan permasalahan yang diangkat dalam artikel tersebut.
Dari artikel tersebut masalah yang ada berkaitan dengan karakter didalam peserta didik terutama dalam hal sikap peduli lingkungan, dimana semakin maju suatu negara harus diimbangin dengan bermutunya SDM di negara tersebut, termasuk lingkungan. Suatu negara harus memiliki lingkungan yang baik dan untuk menciptakan hal tersebut maka perlu ditanamkan sejak dini tentang sikap peduli lingkungan. Salah satu cara nya berkaitan dengan artikel yaitu dengan melakukan pembelajaran dengan metode ecopedagogy. Pembelajaran dengan pendekatan ecopedagogy dalam menanamkan sikap peduli lingkungan merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan generasi yang akan datang sebagai generasi yang memiliki
kepedulian terhadap lingkungan. Cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan pembelajaran yang mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari - hari. Hal ini tentu berpengaruh terhadap pemahaman didalam diri peserta didik.
In reply to First post

Re: Forum diskusi

Destiana Puanda Ashari གིས-
Destiana Puanda Ashari
2053053021

Izin menanggapi,
Dalam artikel tersebut membahas mengenai integrasi pendidikan lingkungan melalui pendekatan ecopedagogy dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Ecopedagogy dapat diartikan sebagai gerakan akademik untuk menyadarkan para peserta didik menjadi seorang individu yang memiliki pemahaman, kesadaran dan
keterampilan hidup selaras dengan kepentingan pelestarian alam (Kahn, 2010). Tujuan ekopedagogi adalah membangun kesadaran kolektif untuk berperan aktif dalam menjaga dan merawat planet bumi, karena alam merupakan ruang pemberi dan pemakna kehidupan, dan bukan hanya sebagai lingkungan hidup (environment) semata. Selain itu, ekopedagogi merupakan pendidikan yang dapat mengubah paradigma ilmu yang hanya dipahami sebagai sesuatu yang bersifat mekanistik, reduksionis, parsial dan bebas nilai menjadi ekologis, holistik dan terikat nilai sehingga dapat tumbuh kearifan (wisdom). Pembelajaran dengan pendekatan ecopedagogy dalam menanamkan sikap peduli lingkungan merupakan salah satu
upaya untuk menyiapkan generasi yang akan datang sebagai generasi yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Pembelajaran berbasis ecopedagogy berorientasi pada pencapaian pemahaman secara utuh tentang hakikat manusia dan alam yang memiliki relasi esensial, sehingga hal ini berimplikasi pada tumbuhnya kesadaran kritis dan terbentuknya sikap peserta didik.

Untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan para siswa, guru menempuh beberapa langkah dalam classroom action research sebagai berikut. Pertama, melakukan dialog dengan partisipan seperti kepala sekolah, guru, dan siswa, agar semua pihak terkait menyadari adanya persoalan lingkungan hidup. Pembelajaran IPS mengenai lingkungan hidup dapat lebih bermakna bagi siswa apabila materi pembelajaran diangkat dari pengalaman siswa dan bukan hanya bersumber dari buku teks. Kedua, melakukan tindakan langsung (praktik) dalam pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Langkah kedua tersebut disertai dengan langkah ketiga yaitu observasi untuk melihat keberhasilan penanaman sikap peduli lingkungan.

Solusi agar integrasi pendidikan lingkungan melalui pendekatan ecopedagogy dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar berhasil, beberapa solusi yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
- Integrasi dalam kurikulum: Membuat kurikulum IPS yang lebih terintegrasi dengan isu-isu lingkungan hidup. Hal ini dapat dilakukan dengan menyisipkan topik-topik terkait lingkungan hidup dalam materi pelajaran IPS, sehingga peserta didik dapat memperoleh pemahaman yang lebih luas tentang hubungan antara manusia dengan lingkungan hidup.
- Penggunaan metode pembelajaran yang inovatif: Pendidik dapat menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dalam mengajarkan konsep-konsep lingkungan hidup dalam pelajaran IPS. Misalnya, pendidik dapat menggunakan simulasi, diskusi kelompok, studi kasus, atau proyek berbasis komunitas untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup.
- Keterlibatan peserta didik dalam kegiatan lingkungan: Peserta didik dapat dilibatkan dalam kegiatan lingkungan hidup di sekolah dan di lingkungan sekitar mereka. Misalnya, peserta didik dapat terlibat dalam pengelolaan sampah, penanaman pohon, dan kegiatan penghematan energi. Keterlibatan peserta didik dalam kegiatan lingkungan dapat membantu mereka memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang dampak dari perilaku manusia terhadap lingkungan.
- Kerjasama dengan organisasi lingkungan: Sekolah dapat melakukan kerjasama dengan organisasi lingkungan untuk mendukung integrasi pendidikan lingkungan dalam pembelajaran IPS. Organisasi lingkungan dapat membantu memberikan saran dan dukungan dalam mengembangkan kurikulum IPS yang terintegrasi dengan isu-isu lingkungan hidup, serta memberikan sumber daya dan pelatihan bagi pendidik.
- Peningkatan kesadaran peserta didik: Sekolah dapat meningkatkan kesadaran peserta didik tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup dengan melakukan kampanye kesadaran lingkungan di sekolah. Kampanye tersebut dapat dilakukan melalui poster, leaflet, atau kegiatan sosial yang melibatkan peserta didik.
Dengan menerapkan solusi-solusi tersebut, integrasi pendidikan lingkungan melalui pendekatan ecopedagogy dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar dapat berhasil dan memberikan manfaat yang positif bagi peserta didik. Peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara manusia dengan lingkungan hidup, serta memperoleh keterampilan dan kesadaran yang dibutuhkan untuk menjaga lingkungan hidup yang lebih baik.
In reply to First post

Re: Forum diskusi

Nur Meitiana Zalianti 2053053027 གིས-
Nama : Nur Meitiana Zalianti
NPM : 2053053027

Pembelajaran dengan pendekatan ecopedagogy dalam menanamkan sikap peduli lingkungan merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan generasi yang akan datang sebagai generasi yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Pembelajaran berbasis ecopedagogy berorientasi pada pencapaian pemahaman secara utuh tentang hakikat manusia dan alam yang memiliki relasi esensial, sehingga hal ini berimplikasi pada tumbuhnya kesadaran kritis dan terbentuknya sikap peserta didik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, siswa menunjukan peningkatan pemahaman mereka mengenai persoalan lingkungan sekitar, menunjukan perilaku yang peduli pada kebersihan lingkungan tempat mereka berada. Perilaku dalam membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah organik dan anorganik, menyiram tanaman, menggunakan dua lembar kertas, mendaur ulang sampah kertas dan plastik, serta mengurangi konsumsi produk-produk yang tidak ramah lingkungan menggambarkan kompetensi sikap peduli lingkungan yang ingin ditanamkan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan langkah kecil dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar guna menyiapkan peserta didik sebagai warga masyarakat yang peduli dengan isu-isu lingkungan lokal maupun global. Hasil penelitian ini tidak akan memecahkan masalah-masalah lingkungan seperti pemanasan global, perubahan musim, berkurangnya sumber daya alam, efek rumah kaca, hilangnya beragam jenis makhluk hidup, dan lain sebagainya dalam waktu singkat. Namun untuk menunjang kesinambungan kehidupan yang lebih baik di permukaan bumi, langkah-langkah kecil dalam pendidikan lingkungan dikemas dalam pembelajaran termasuk pembelajaran IPS. Dimulai di lingkungan sekolah, peserta didik dapat dibekali dengan langkahlangkah sederhana dalam menjalani kehidupan yang ramah lingkungan sejak dini yaitu di lingkungan sekolah, di rumah, dan lingkungan masyarakat.
Solusinya yaitu Berdasarkan pada prinsip pengembangannya, pembelajaran berbasis ekopedagogik menekankan pada pengembangan materi yang tidak hanya terbatas pada sesuatu yang bersifat tekstual, melainkan perlu dikembangkan melalui pendekatan kontekstual. Artinya bahwa, pembelajaran secara esensial harus dikembangkan dengan menggunakan sumber dan media yang berada dalam konteks kehidupan peserta didik, agar peserta didik mampu mengosntruksi pengetahuan secara bermakna. Berdasarkan hal tersebut, pembelajaran harus berbasis pada pendekatan interdisipliner dalam rangka memperkaya pengetahuan dan pemahaman peserta didik secara komprehensif.
In reply to First post

Re: Forum diskusi

MUKTI SETIAWAN 2053053003 གིས-
nama: mukti setiawan
npm: 2053053003
izin menanggapiartikel di atas,Artikel ini menjelaskan integrasi Pendidikan lingkungan melalui pendekatan ecopedogogik dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar ini merujuk pada sikap peduli lingkungan merupakan salah satu upaya untuk menyikapi generasi yang akan datang sebagai generasi yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar.


Solusi yang harus dicapai dalam artikel tersebut yaitu penunjukan peningkatan mengenai persoalan lingkungan sekitar oleh peserta didik tentang kepedulian terhadap kebersihan lingkungan setempat seperti membuang sampah, menanam pohon atau menyiram tanaman serta bisa juga mendaur ulang sampah kertas ataupun plastik hal tersebut merupakan solusi langkah kecil dari kesadaran peserta didik usia dini. Dapat terasa dengan baik karena menyelesaikan masalah-masalah lingkungan hal ini terjadi karena banyaknya dampak negatif dari hal tersebut seperti pemanasan global perubahan musim, dan kurangnya sumber daya alam yang hampir habis dan efek rumah kaca yang sangat meningkat hal tersebut pembelajaran IPS sangat mampu membekali peserta didik dengan langkah-langkah sederhana dalam menjalani kehidupan ada di sekitar rumah dan di sekitar lingkungan
In reply to First post

Re: Forum diskusi

Komang Cittan Larasati Suradnya 2053053005 གིས-
Nama: Komang Cittan Larasati Suradnya
NPM: 2053053005
Izin menanggapi, Pak
Setelah membaca artikel di atas, saya sangat setuju dengan pentingnya penanaman sikap peduli lingkungan melalui pengintegrasiannya ke dalam sebuah pembelajaran, salah satunya dengan pendekatan ecopedagogy. Pendekatan ecopedagogy adalah gerakan akademik untuk menyadarkan para peserta didik menjadi seorang individu yang memiliki pemahaman, kesadaran dan keterampilan hidup selaras dengan kepentingan pelestarian alam. Lingkungan selalu berkaitan dengan dampak yang ditimbulkan oleh manusia melalui kegiatan pemenuhan kebutuhan hidupnya terhadap semua elemen di lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, penanaman sikap peduli terhadap lingkungan perlu dilakukan oleh pendidik agar peserta didik mampu memahami dan berfikir mengenai dampak yang akan timbul jika mereka bertindak sesuatu pada alam.
Solusi lain yang dapat dilakukan terkait permasalahan yang diangkat dalam artikel tersebut yakni, pendidik dapat memberikan teladan yang baik kepada peserta didik dan melibatkan peserta didik secara langsung dalam kegiatan-kegiatan peduli lingkungan.
In reply to First post

Re: Forum diskusi

Regita Tri Astuti 2053053016 གིས-
Nama : regita tri astuti
Npm : 2053053016

Izin menanggapi artikel berjudul “ INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN ECOPEDAGOGY DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR “

Tanggapan saya yaitu Pembelajaran dengan pendekatan ecopedagogy dalam menanamkan sikap peduli lingkungan merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan generasi yang akan datang sebagai generasi yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Pembelajaran berbasis ecopedagogy berorientasi pada pencapaian pemahaman secara utuh tentang hakikat manusia dan alam yang memiliki relasi esensial, sehingga hal ini berimplikasi pada tumbuhnya kesadaran kritis dan terbentuknya sikap peserta didik

Solusi atas permasalahan ecopedagogy ini yaitu membiasakan siswa untuk membawa bekal makanan dari rumah serta membawa botol minum isi ulang, sehingga mengurangi konsumsi plastik dan mengurangi jumlah sampah plastik di sekolah.

Sekian , terimakasih
In reply to First post

Re: Forum diskusi

Reni Dwi yulianti 2053053013 གིས-
Nama : Reni dwi yulianti
Npm : 2053053013

Izin menanggapi
Pendekatan ecopedagogy, yang memadukan pendidikan lingkungan dan pendekatan pedagogis, memungkinkan siswa untuk memahami dan merespons isu-isu lingkungan yang dihadapi oleh masyarakat lokal mereka, sehingga dapat membantu mereka untuk mengambil tindakan konkrit yang terkait dengan pelestarian lingkungan dan konservasi alam.
Integrasi pendidikan lingkungan dalam pembelajaran IPS akan membantu siswa untuk memahami bahwa manusia adalah bagian dari ekosistem dan bahwa tindakan mereka akan memiliki dampak terhadap lingkungan dan keberlangsungan hidup planet Bumi. Dalam konteks ini, mereka akan belajar untuk menjadi pemikir dan pelaku yang bertanggung jawab terhadap lingkungan mereka, dan untuk memperbaiki interaksi mereka dengan dunia alam.
Solusi agar integrasi pendidikan lingkungan melalui pendekatan ecopedagogy dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar berhasil, beberapa solusi yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: Integrasi dalam kurikulum, Penggunaan metode pembelajaran yang inovatif, peningkatan kesadaran peserta didik.